Anjing Bulldog

Anjing Bulldog: Jenis, Ciri dan Cara Merawatnya

Posted on

Anjing Buldog – Ketika kita mendengar kata Bulldog, tentu saja kita akan langsung tertuju pada anjing. Bulldog Sendiri merupakan anjing yang memiliki kaki pendek dan memiliki wajah yang menakutkan.

Namun walaupun memiliki wajah yang menakutkan sebenarnya anjing bulldog ini termasuk dalam salah satu jenis anjing perusahaan yang ramah. Dimana karakteristik dari anjing bulldog ini merupakan anjing yang suka bermain dengan pemiliknya.

Jika kita melihat sejarahnya, anjing bulldog ini termasuk dalam salah satu ras anjing tertua yang berasal dari Inggris. Dimana anjing ini dulunya sering dikaitkan sebagai anjing nasional dari Inggris.

Dulunya anjing ini dipelihara agar bisa diadu dengan banteng atau sapi. Namun tahun 1835 lalu, pemerintah sudah mulai melarang diadakannya pertarungan anjing. Semenjak itu, Bulldog juga mulai dipelihara dan dijadikan sebagai anjing keluarga yang loyal.

Ciri-Ciri Anjing Bulldog

Cara merawat Anjing Bulldog

Setiap hewan memiliki ciri-ciri fisik tersendiri tak terkecuali pada anjing. Anjing yang satu ini sangat memiliki ciri khas untuk dikenali.

Umumnya anjing bulldog memiliki tubuh yang lebih besar dan memiliki moncong yang pendek bukan itu saja yang seringkali orang kenali bahwa itu adalah anjing bulldog yaitu jenis anjing yang cenderung memiliki tubuh yang kerdil dan kulit tubuhnya yang berlipat dan seakan membuat tubuhnya semakin terlihat tambun.

Baca Juga  12 Jenis Kucing Hutan Di Indonesia, Mana Favoritmu?

Sedangkan dari segi bulu yang dimiliki anjing bulldog ini memiliki bulu yang mengkilap dan tentunya bulunya yang halus dan tentunya lurus. Jika dilihat dengan jelas anjing bulldog memiliki hidup yang berwarna hitam dan besar dan lubang hidung yang besar juga.

Sedangkan telinga anjing ini seperti bunga mawar yang tipis dan kecil. Pada usia yang dewasa anjing ini akan tumbuh taring rahang bawah yang menonjol keluar dan membuat anjing ini semakin garang.

Anjing ini memiliki variasi warna yang berbeda beda dan banyak sebelum anda membeli dan memelihara anjing ini perlu mempertimbangkan warna yang akan dipilih agar tidak bingung.

Jenis-jenis Anjing Bulldog

jenis anjing buldog

Saat ini ada banyak sekali jenis anjing Bulldog yang dapat kita pelihara dan bisa kita beli di Pet Shop. Mungkin untuk anda yang tertarik ingin memelihara anjing Bulldog namun masih bingung atau tidak tahu jenis varian apa yang akan anda pelihara, berikut dibawah ini adalah beberapa jenis anjing Bulldog yang bisa anda pelihara.

1. English Bulldog

Jenis bulldog yang paling tua dan biasanya dikenal dengan anjing nasional Inggris ini memiliki bobot saat dewasa hingga mencapai 25 kg untuk jantan dan betina yang hampir 20kg.

Jenis bulldog ini memiliki variasi warna yang lumayan banyak tetapi yang sering ditemui adalah coklat dan putih. Pada jenis ini memiliki jenis dada yang lebih kekar walaupun pendek jenis ini memiliki kepala yang besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Untuk jenis anjing Bulldog inggris ini memiliki bulu dengan jumlah yang sangat banyak. Kebanyakan warna dari anjing Bulldog ini adalah berwarna putih dan juga berwarna cokelat.

Jenis anjing Bulldog ini mempunyai tubuh yang sangat kekar dan juga pendek. Sementara untuk dada dari anjing ini terkesan lebih besar dan ukuran kepala yang jauh lebih besar tubuhnya.

2. French Bulldog

Bulldog yang berasal dari Prancis ini merupakan bagian dari ras mastiff yang masih dikembangkan di Perancis anjing jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada jenis bulldog yang lain.

Pada jenis bulldog ini hampir sama dengan jenis English Bulldog namun perbedaannya terdapat pada daun telinga yang lebih tegak daripada jenis English bulldog.

Sama dengan jenis anjing Bulldog Inggris, untuk jenis anjing Bulldog yang satu ini juga mempunyai tubuh yang kecil tapi berotot.

Ukuran kepala dari anjing ini juga jauh lebih besar dibandingkan ukuran badannya. Bulldog Prancis ini mempunyai daun telinga yang lebih tega dan yang menjadi pembeda dari anjing bulldog Inggris.

3. American Bulldog

Jenis American ini masih menjadi ras dari jenis English bulldog yang pada saat jaman kolonialisme dibawa oleh orang jaman dahulu.

Anjing jenis ini jaman dahulu di peruntukan untuk penjaga peternakan namun seiring perkembangan jaman anjing ini mulai mengikuti perkembangan keadaan alam di Amerika dan membuatnya semakin berbeda dengan English bulldog.

Walaupun pada dasarnya mereka adalah masih satu ras. Namun pada jenis ini bulldog lebih memiliki bobot yang lebih besar dan tinggi dan memiliki kepala yang lebih seimbang dengan badannya dan membuat jenis ini terlihat lebih ramping daripada jenis sebelumnya.

Baca Juga  Anjing Pug: Sejarah, Ciri dan Cara Merawatnya

4. Older English Bulldog

Jenis anjing bulldog yang terakhir merupakan anjing bulldog Olde English. Hal unik dari anjing Bulldog ini adalah tercipta karena dulunya dilakukan percobaan terhadap varian american untuk bisa menghasilkan anjing yang sama seperti nenek moyangnya dari Inggris.

Namun sayangnya hasil berkata lain karena malah menghasilkan anjing yang berbeda dengan anjing bulldog Inggris. jenis ini telah dilindungi oleh pemerintah pada Januari 2014 lalu oleh Amerika serikat karena anjing ini dianggap paling langka.

Karakteristik Anjing Bulldog

Karakteristik Anjing Bulldog

Setiap anjing di dunia tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari masing-masing jenis anjing tersebut. Begitu juga yang terjadi pada anjing bulldog yang tentu saja juga memiliki karakteristiknya sendiri.

Dengan mengetahui karakteristik dari anjung bulldog tentu saja kita bisa lebih paham tentang perawatannya. Berikut dibawah ini adalah beberapa karakteristik anjing bulldog.

Setia

Anjing bulldog adalah salah satu jenis anjing yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap pemiliknya. Anjing ini bukan hanya bisa dijadikan sebagai teman namun juga bisa dijadikan sebagai perlindungan diri kita.

Cerdas

Selain memiliki karakteristik yang setia, anjing bulldog juga tergolong sebagai anjing yang cerdas. Oleh sebab itu tidak heran jika anjing bulldog sering mendapatkan pekerjaan mulai dari menjadi penjaga rumah sampai penjaga ladang.

Tidak Agresif

Terakhir yang wajib anda ketahui adalah bahwa anjing bulldog ini adalah anjing yang tidak agresif. Hal ini tentu saja bisa membuat anjing bulldog ini nyaman untuk dipelihara bahkan jangan takut untuk membiarkan anjing bulldog berinteraksi dengan anak kecil.

Cara Merawat Anjing Bulldog Dewasa

Cara merawat Anjing Bulldog

Berikutnya untuk bisa merawat anjing bulldog tentu saja kita harus mengetahui beberapa poin-poin penting dari perawatan anjing bulldog tersebut. Untuk anda yang masih baru dalam memelihara anjing bulldog, berikut dibawah ini adalah cara merawat anjing bulldog dewasa dan anak-anak.

Bersihkan Anjing Dengan Teliti

Pada perawatan bulu anda hanya perlu menyisir bulunya yang pendek itu yang bertujuan menghindari kerontokan dan memastikan bulunya terhindar dari parasit seperti kutu.

Untuk membersihkan telinga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai telinga dan telapak kaki dan anda hanya perlu memandikannya satu kali dalam seminggu.

Pastikan Kandang Dan Tempat Makan Bersih

Agar anjing bulldog merasa nyaman anda hanya perlu memastikan kandang bersih tidak ada kotoran dan tempat makan yang bersih dan lebih higienis.

Bersihkan kandang dari kotoran dan juga pastikan kandang bebas dari bekas makanan yang mereka makan setiap hari dengan sabun.

Apabila anda sedang sibuk, anda hanya wajib memastikan jika tidak ada kotoran di tempat tinggal anjing yang bisa membuat anjing menjadi tidak nyaman.

Baca Juga  Anjing Shih Tzu : Sejarah, Kepribadian dan Cara Merawatnya

Periksa Ke Dokter Jika Perlu

Dalam melihat kesehatan dan perkembangan anda memerlukan dokter untuk memastikan anjing anda dalam keadaan yang baik baik saja dan tidak ada penyebab lain dalam mempengaruhi kesehatan anjing.

Anda dapat membawa anjing bulldog kesayangan anda tersebut ke dokter hewan setempat di daerah anda dan melakukan konsultasi secara langsung terhadap masalah kesehatan dan juga perkembangan anjing.

Yang terpenting adalah bukan hanya masalah kesehatan anjing bulldog anda, namun pengaruh dari kesehatan anjing bulldog anda terhadap keluarga di rumah yang tinggal bersama anjing bulldog.

Berikan Makanan Bernutrisi Lengkap

Untuk bisa merawat anjing bulldog tentu saja kita harus memberikan makanan yang mengandung nutrisi. Hal ini karena sangat penting dan juga berguna agar pertumbuhan anjing bulldog kita bisa sempurna.

Untuk kandungan dari makanan yang memiliki nutrisi lengkap biasanya seperti makanan yang mengandung vitamin, lemak, protein dan juga mineral yang memiliki jumlah tepat.

Selain itu kita juga bisa memberikan makanan yang berbentuk konsentrat untuk anak anjing bulldog supaya anjing bulldog bisa menerima semua gizi yang dibutuhkan tanpa mempengaruhi sistem pencernaan anjing.

Saat ini untuk bisa mencari kebutuhan makanan untuk anjing bulldog sebenarnya tidak sulit, kita hanya perlu pergi ke petshop dan membelikan makanan yang bergizi dan bernutrisi terhadap anjing bulldog.

Grooming Di Waktu Yang Tepat

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan saat ingin merawat anjing bulldog adalah melakukan grooming. Sebaiknya kita sudah membiasakan grooming sejak usia dini.

Hal ini karena kegiatan grooming ini jika sudah dilakukan sejak kecil, maka saat dewasa anjing bulldog akan terbiasa dengan grooming. Pilihlah shampo yang tepat untuk menggrooming anjing bulldog kalian.

Pada umumnya shampo yang baik untuk melakukan grooming anjing merupakan shampoo dengan kandungan PH seimbang yaitu sekitar 7. Hindari menggunakan shampoo yang memiliki pewarna sintetis dan juga bahan pewangi karena bisa membuat kulit anjing mengalami iritasi.

Sikat Gigi Dengan Rutin

Menyikat gigi di anjing sebenarnya sama pentingnya seperti kita menyingkat gigi sendiri. Hal ini karena jika kita tidak menyikat gigi anjing secara rutin bisa berdampak buruk terhadap anjing seperti bau nafas, karang gigi dan juga masalah gusi yang bisa membuat anjing bulldog dan kita sebagai pemiliknya tidak nyaman.

Oleh sebab itu kita harus membiasakan menyikat gigi anjing dengan pasta dan juga sikat gigi khusus untuk anjing. Karena jika kita salah atau malah menggunakan pasta gigi manusia tentu saja bisa berdampak negatif terhadap kesehatan anjing bulldog kita.

Bersihkan Telinga Anjing Bulldog Secara Rutin

Sama seperti manusia, telinga anjing bulldog tentu saja juga tidak boleh kotor. Karena jika kita membiarkan telinga anjing kotor maka bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan anjing bulldog.

Oleh karena itu kita harus memperhatikan dan membersihkan kesehatan telinga anjing dengan membersihkannya menggunakan kapas yang sebelumnya sudah kita basahi terlebih dahulu dengan lotion khusus untuk anjing yang bisa kita dapatkan di petshop.

Lakukan pembersihan telinga anjing ini secara rutin satu minggu sekali supaya bisa mencegah berbagai macam bakteri dan jamur yang bisa mengganggu kesehatan dan kebersihan telinga anjing bulldog kita.

Potong Kuku Secara Rutin

Kuku di anjing bulldog juga akan terus berkembang menjadi panjang sama seperti yang terjadi pada manusia. Untuk anjing liar tentu saja kukunya bisa terkikis dengan sendirinya karena mereka sering berjalan di trotoar dan bebatuan.

Namun untuk anjing bulldog kesayangan kita tentu saja kukunya bisa panjang karena tidak akan terkikis. Untuk itu pastikan agar anda memotong kuku anjing secara rutin agar terhindar dari bakteri dan kotoran yang sering menempel di kuku anjing kita.

Vaksinasi Anjing Bulldog

Vaksinasi merupakan salah satu kegiatan wajib untuk merawat dan menjaga kesehatan anjing. Fungsi dilakukan vaksinasi adalah agar bisa merangsang kekebalan tubuh anjing terhadap beberapa penyakit yang bisa saja menyerang anjing. Contohnya adalah menangkal jenis penyakit yang berbahaya seperti flu dan juga rabies.

Luangkan Waktu Untuk Bermain Dengan Anjing

Walaupun anda sibuk, namun karena anda sudah berkomitmen untuk memelihara anjing maka anda memiliki kewajiban untuk mengajak anjing kesayangan anda bermain. Paling tidak ajaklah anjing bulldog anda untuk bermain di sore hari.

Sebenarnya bermain dengan anjing bulldog ini tidak perlu di luar ruangan, namun bermain dengan anjing di dalam rumah juga bisa menjadi cara yang paling menyenangkan untuk membuat anjing tidak stress.

Cara Mengawinkan Anjing Bulldog

Cara Mengawinkan Anjing Bulldog

Jika anda ingin mengawinkan Anjing bulldog anda perlu diketahui keturunan anjing berasal dari anjing yang sehat atau bukan jika anda mengalami kebingungan disarankan untuk mengundang ahli agar tidak terjadi kesalahan yang akan berdampak fatal bagi kedua anjing.

Anjing Bulldog betina yang sedang mengalami birahi biasanya mereka akan mempunyai kemampuan mengeluarkan feromon dan hal ini tentu saja bisa menarik anjing jantan agar mendekat. Hal ini bisa dilihat dengan tanda warna kemerahan dan juga terjadinya pembengkakan di kelamin betina dan akan mengeluarkan cairan bening pelumas.

Sementara anjing jantan yang tertarik nanti akan naik ke atas punggung betina dan juga akan langsung melakukan proses perkawinan. Bantuan yang diperlukan jika memang anjing jantan tidak ahli adal dengan menggunakan pawang anjing.

Harga Anjing Bulldog

Harga Anjing Bulldog

Anjing bulldog merupakan salah satu jenis anjing yang dipatok dengan harga jual yang tinggi di pasaran. Apalagi jika anjing bulldog yang akan dijual merupakan anjing bulldog murni.

Untuk anjing bulldog murni yang lahir di Indonesia sendiri memiliki harga jual yang berkisar antara 5 sampai 10 juta dari anakan sampai anjing dewasa.

Untuk jenis anjing bulldog lainnya seperti anjing bulldog prancis atau inggris, biasanya harga jualnya bisa lebih mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah dan biasanya juga dipengaruhi oleh usia anjing bulldog yang akan dijual tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *