anjing herder

Anjing Herder : Ciri, Cara Merawat, Jenis dan Harganya

Posted on

Anjing Herder – Anjing Herder merupakan salah satu jenis anjing yang berasal dari Jerman. Jenis anjing ini adalah salah satu ras murni anjing yang sangat populer. Anjing Herder dalam bahasa latin disebut sebagai German Shepherd atau Anjing Gembala Jerman.

Dahulunya, Anjing Herder digunakan untuk menjadi penggembala domba. Anjing Herder memiliki sifat yang tenang dan tidak agresif sehingga mendapat kepercayaan dari manusia untuk bertugas sebagai penggembala ternak.

Anjing Herder memang sangat hebat ketika mendapatkan tanggung jawab untuk menggembala ternak. Mereka dapat menggiring sekaligus menjaga ternak dengan baik.

 Mengenal Anjing Herder

 Mengenal Anjing Herder

Anjing Herder atau Anjing Gembala Jerman merupakan jenis anjing yang dikenal sebagai hewan yang pintar. Nenek moyang Anjing Herder bekerja sebagai penjaga dan pelindung ternak.

Saat ini, Anjing Herder telah dipercaya oleh polisi untuk melakukan tugas sosial dan menerima tanggung jawab lain.

German Shepherd atau Ras Herder sering bertugas dalam bentuk keamanan, pencarian jejak, serta deteksi aroma. Mereka juga sering dijadikan sebagai anjing penjaga keamanan di komplek rumah atau toko.

Beberapa orang merawat ras herder sebagai anjing penjaga dan pelindung anggota keluarga maupun barang dari gangguan tertentu. Mereka merupakan salah satu ras anjing yang sangat setia, ramah, dan memiliki loyalitas yang tinggi.

Ketika Anjing Herder merasa waspada dan memiliki rasa kecurigaan, maka Anjing Herder yang memiliki pendengaran sangat baik ini akan menggonggong sangat keras untuk memberitahu kepada pemiliknya.

 Ciri-Ciri Anjing Herder

 Ciri-Ciri Anjing Herder

German Shepherd Dog atau Anjing Herder terkenal sebagai jenis anjing besar yang memiliki panjang tubuh proporsional dibandingkan dengan tinggi badannya. Sehingga Anjing Herder terlihat lebih kuat dan kokoh.

Anjing Herder juga memiliki kelebihan pada bulunya yang tetap baik walaupun dalam suhu yang tidak bersahabat. Bulu tersebut dapat memberikan kemudahan bagi Anjing Herder dalam beradaptasi pada kondisi panas atau dingin. Adapun ciri-ciri Anjing Herder lainnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Anjing Bulldog: Jenis, Ciri dan Cara Merawatnya
  • Anjing Herder relatif tidak memiliki banyak variasi warna. Pada umumnya variasi warna Anjing Herder adalah hitam dan coklat.
  • Memiliki hidung yang umumnya berwarna hitam dan ada juga beberapa yang berwarna biru atau merah hati.
  • Memiliki mata berwarna gelap dengan bentuk seperti almond
  • Memiliki telinga yang berdiri tegak dan lebar di bawah serta meruncing ke atas
  • Memiliki kaki yang tampak lurus dari depan, rapi serta sejajar dan sesuai dengan ukuran dada
  • Rata-rata memiliki tinggi badan antara 60-65 cm dan berat 30-60 kg untuk kelompok dewasa
  • Memiliki 3 jenis bulu, yaitu long rough, long haired, dan rough coated
  • Lama usia sekitar 13 tahun

 Cara Merawat Anjing Herder

Cara Merawat Anjing Herder

Anjing Herder adalah jenis ras anjing yang aktif dan membutuhkan olahraga atau aktivitas rutin sekitar 2 jam dalam sehari. Jika anda ingin memelihara Anjing Herder di rumah, maka anda harus mempersiapkan waktu lebih dibandingkan dengan memelihara anjing jenis lain.

Anda bisa mengajak Anjing Herder untuk latihan berjalan, joging, atau lari bersama. Sebagai pemilik, anda harus menunjukkan sifat pack leader kepada sang anjing. Untuk permainan, Anjing Herder sangat menyukai permainan bola.

Anda bisa melatih Anjing Herder dengan cara apa saja. Namun, yang terpenting adalah Anjing Herder memerlukan latihan berjalan atau jogging setiap harinya guna memenuhi naluri sang anjing untuk berjalan.

Anjing Herder dapat dilatih berenang dengan sangat baik. Mereka tangkas dan cepat mengerti dalam menerima latihan.

Maka dari itu untuk menjaga kekuatan dan kegesitan sangat diwajibkan untuk anda sebagai pemilik melatih permainan ketangkasan. Anda dapat melatihnya dengan permainan mengambil dan mengejar bola, lari, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Untuk memelihara Anjing Herder, anda tidak disarankan untuk mengurung anjing sepanjang hari. Hal tersebut dapat menyebabkan anjing mudah stres dan bosan.

 Cara Merawat Bulu Anjing Herder

 Cara Merawat Bulu Anjing Herder

Selain melakukan latihan untuk menjaga keseimbangan gerak Anjing Herder, perawatan kesehatan untuk anjing juga perlu diperhatikan.

Anjing Herder memiliki bulu yang sering rontok. Maka perlu perawatan dengan disisir setiap harinya. Aktivitas di luar juga mungkin dapat menyebabkan bulu menjadi terlihat lebih kusam dan kotor. Selain menyisir, anda perlu memandikannya secara teratur.

Namun, memandikan Anjing Herder secara rutin bukan berarti anda memandikannya sesering mungkin. Apabila anda memandikan Anjing Herder terlalu sering maka akan menyebabkan kulit Anjing Herder menjadi iritasi.

Iritasi kulit disebabkan karena terlalu sering Anjing Herder dimandikan sehingga menyebabkan menipisnya minyak kulit dan terjadi iritasi.

Lebih baik anda meminta saran kepada dokter hewan untuk memastikan jadwal yang paling tepat memandikan Anjing Herder. Karena bulu Anjing Herder yang lebat dan panjang, memang sangat wajar ras Herder membutuhkan perawatan yang baik agar bulu tidak rontok berlebihan.

Tips Menyisir Bulu Anjing Herder

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Anjing Herder memiliki bulu yang tebal dan panjang. Maka perlu perawatan yang rutin seperti menyisir bulunya secara rutin.

Untuk tips menyisir bulu Anjing Herder, bawalah anjing ke tempat yang datar seperti lantai agar bulu yang rontok tidak menempel di sofa.

Untuk Anjing Herder dewasa yang sudah mendapatkan pelatihan dengan baik, mereka akan terbiasa dengan pola menyisir. Berbeda dengan anak Anjing Herder yang belum mendapatkan pelatihan khusus.

Anak Anjing Herder akan lebih aktif dan cenderung tidak bisa diam ketika disisir. Tetapi perlu dicatat, jangan memarahi anak anjing ketika mereka terlalu aktif. Sisir dengan lembut bulu mereka dengan pola dari atas ke bawah atau ke belakang.

Jika terlihat ada bulu yang kusut, kamu bisa menggunakan sisir jarang. Jika anak Anjing Herder terlalu aktif dan susah untuk menyisir, kamu bisa menggunting bulu yang kusut tersebut.

Makanan Anjing Herder

 Makanan Anjing Herder

Untuk memelihara hewan peliharaan, anda harus memastikan asupan gizi melalui makanan terhadap hewan. Khususnya pada Anjing Herder, berikut adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk merawat Anjing Herder.

  •  Protein

Sama seperti manusia, Anjing Herder juga membutuhkan asupan protein. Semakin tinggi asupan protein yang ada di makanan anjing, maka akan semakin baik.

Biasanya, pada makanan anjing terdapat formula kandungan protein sekitar 25%. Namun, untuk Anjing Herder alangkah lebih baik jika anda mencari makanan anjing yang memiliki kandungan protein lebih dari 50%.

Karena Anjing Herder membutuhkan protein untuk mempertahankan kekuatannya

  • Buah dan Sayur

Selain makanan pokok seperti daging, Anjing Herder juga tetap membutuhkan makanan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda dapat membeli buah dan sayur untuk Anjing Herder di petshop. Dianjurkan untuk membeli makanan yang mengandung berbagai bahan buah dan sayur yang berbeda. Jangan memilih makanan yang hanya mengandung satu sumber nutrisi.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Direkomendasikan untuk anda yang mencari makanan buah dan sayur, carilah makanan yang memiliki kandungan buah dengan antioksidan yang tinggi seperti raspberry, kacang polong, wortel, dan lainnya.

  • Lemak

Jika anda memelihara Anjing Herder jenis Border Collies, anda perlu memberi makan dengan kandungan lemak agar menjaga kecantikan bulunya yang tebal dan panjang. Makanan yang mengandung lemak juga berfungsi sebagai tambahan energi.

Adapun beberapa merk makanan yang mengandung lemak dan bisa didapatkan di toko petshop adalah sebagai berikut

  • Royal Canin
  • Jerhigh
  • Pro Plan
  • Science Diet
  • Alpo Prime Cuts

Merk di atas merupakan makanan-makanan yang sudah mengandung nutrisi yang diperlukan oleh Anjing Herder.

 Saat anda mencari makanan untuk Anjing Herder, ada beberapa yang tidak boleh tertinggal. Karena Anjing Herder merupakan jenis anjing yang sangat aktif dan membutuhkan nutrisi  yang tepat. Dianjurkan untuk memberikan makanan yang kaya akan protein seperti daging-dagingan.

Selain daging, sajikan makanan dengan bahan sayuran berdaun. Anjing Herder juga disarankan mengkonsumsi makanan biji-bijian dan gandum yang berbasis karbohidrat.

Anjing Herder memiliki usus yang kecil sehingga sulit bagi mereka untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Maka, makanan yang kaya akan serat dapat membantu mereka menyerap nutrisi yang dibutuhkan dengan optimal.

Hati-hati juga saat menentukan kandungan lemak. Beberapa jenis Anjing Herder yang mengkonsumsi lemak terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk itu, kandungan lemak pada makanan Anjing Herder  ini disarankan sekitar 5% – 8%.

Makanan Anjing Herder juga harus memiliki sumber baik seperti glukosamin dan kondroitin. Kedua bahan tersebut dapat menjaga sendi dan tulang rawan anjing agar tetap sehat.

Memilih makanan Anjing Herder juga harus mempertimbangkan usia dan tingkat aktivitas anjing tersebut. Setiap Anjing Herder memiliki kebutuhan makanan yang berbeda-beda.

Satu tips untuk menyajikan makanan bagi Anjing Herder untuk mengurangi kembung, sebaiknya anda mengurangi porsi makan Anjing Herder menjadi lebih sedikit dengan jangka waktu pemberian makanan yang lebih sering.

Hal tersebut juga dapat mengatur Anjing Herder agar tidak menjadi terlalu aktif. Anjing Herder sendiri sangat rentan terhadap masalah pencernaan. Sehingga anda harus menjaga makanan Anjing Herder yang akan anda adopsi nantinya.

 7 Jenis dan Karakter Anjing Herder

Karakter Anjing Herder

Sebetulnya Anjing Herder memiliki beberapa jenis variasi yang tersebar di dunia. Adapun beberapa jenis Anjing Herder yang ada di dunia adalah sebagai berikut.

  • Border Collie

Border Collie adalah jenis Anjing Herder tertua dari negara Inggris. Anjing Herder jenis Border Collie memiliki postur tubuh dengan bulu yang lebat dan lincah. Sehingga Anjing Herder jenis ini digunakan sebagai penggembala.

Anjing Herder jenis Border Collie memiliki ekor yang selalu aktif bergoyang. Karakteristiknya adalah dia merupakan anjing yang setia dan cerdas.

Diperlukan perawatan khusus untuk Anjing Herder jenis ini karena memiliki bulu yang panjang dan lapisan bawah bulu yang sangat halus.

  •  The German Shepherd

Jenis The German Shepherd adalah Anjing Herder yang berasal dari negara Jerman. Karakteristik dari Anjing Herder jenis ini adalah memiliki sifat yang penuh kasih sayang, setia, bersemangat, ramah dengan anak kecil, dan mudah dilatih.

Karena karakternya tersebut, anjing ini sering digunakan sebagai anjing penjaga atau anjing polisi. Anda harus siap untuk melatih mental dan fisik Anjing Herder jenis The German Shepherd, seperti memberinya kegiatan untuk melatih kelincahan dengan melacak, menyelam, atau menggiring.

  • Beauceron

Anjing Herder jenis Beauceron adalah jenis anjing gembala yang asalnya dari negara Perancis. Anjing ini pertama kali lahir pada tahun 1500-an di Beauceron sehingga disebut sebagai Anjing Beauceron.

Anjing Herder jenis ini memiliki karakteristik yakni mempunyai naluri untuk menjaga alam, setia, lembut, penuh kasih sayang, sangat cerdas, dan tidak pernah lelah. Sehingga anda perlu mengajak anjing jenis ini untuk berolahraga setiap harinya secara rutin.

  • The Canaan Dog

Anjing Herder jenis Canaan ini berasal dari zaman Alkitab ketika anjing ini menjaga kawasan ternak yang ada di Israel dan juga menjaga kambing atau domba yang berada di tanah Kanaan.

Anjing Herder satu ini adalah anjing yang setia dan juga unik. Anjing ini sangat mencintai keluarganya sehingga pas untuk dijadikan sebagai teman atau hewan peliharaan. Anjing ini sangat membatasi areanya sehingga dapat dengan mudah mengenali orang-orang asing yang perlu dicurigai.

Selain itu, Anjing Herder jenis ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan yang artinya The Canaan Dog ini sangat mudah dirawat.

Baca Juga  Anjing Shih Tzu : Sejarah, Kepribadian dan Cara Merawatnya
  • Puli

Anjing Herder jenis Puli berasal dari negara Hungaria. Anjing Herder jenis ini memiliki karakteristik yakni protektif, waspada, cerdas, pintar, dan penuh kasih sayang. Sehingga cocok untuk anda menjadikan anjing ini sebagai pengawas serta menjadikannya sebagai teman.

Sama dengan Anjing Herder jenis lainnya, Anjing Puli ini perlu dilatih dengan rutin setiap harinya.

  • Australian Shepherd

Anjing Herder jenis Australian Shepherd cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Anjing Herder jenis ini memiliki karakter yang gemar menjaga, aktif, menggiring, lincah dalam berjalan dan berlari.

Anjing ini sering dijumpai dalam turnamen persaingan ketangkasan dalam olahraga koboi. Sehingga Australian Shepherd dikenal sebagai anjing adu. Anjing ini dapat anda latih dan bekerja bersama.

  • Australian Cattle Dog

Anjing Herder jenis Australian Cattle Dog mulai ada pada tahun 1800-an di negara Australia. Awalnya, Australian Cattle Dog digunakan untuk bekerja karena memiliki energi yang tinggi dan sangat cerdas.

Australian Cattle Dog adalah salah satu jenis Anjing Herder yang sangat terampil, berani, dan kuat. Anjing Herder jenis ini sangat giat dalam, bekerja di area terbuka yang luas.

Pemilik dapat dengan mudah menjalin hubungan dengan Anjing Herder jenis Australian Cattle Dog karena mereka juga merupakan anjing yang sangat setia. Namun, Australian Cattle Dog membutuhkan perawatan khusus. Pemilik harus rutin memandikan dan menyikat bulunya.

Kisaran Harga Anjing Herder

Kisaran Harga Anjing Herder

Jika anda akan memelihara jenis Anjing Herder, maka perlu dipastikan anda memiliki waktu untuk memberinya pelatihan fisik dan mental secara rutin. Pastikan Anjing Herder yang akan diadopsi dalam keadaan sehat dengan melihat keaktifannya.

Pastikan Anjing Herder bersih dalam segi badan, mata, hidung, gusi, dan mata. Cek apakah Anjing Herder memiliki luka atau borok. Jangan mengadopsi Anjing Herder dengan gusi yang pucat atau cenderung coklat hitam karena pada dasarnya warna gusi mereka adalah merah.

Terakhir, kamu bisa memberikan makanan kepada anjing untuk memastikan Anjing Herder sehat. Mereka akan melahap makanan walaupun sedang kenyang. Dan pastikan poop anjing adalah padat tidak cair.

Ini dia beberapa daftar harga dari Anjing Herder sesuai dengan jenisnya.

  • Border Collie = Rp 560.000 – Rp 5.000.000
  • The German Shepherd = Rp 14.000.000
  • Beauceron = Rp 450.000 – Rp 1.500.000
  • The Canaan Dog = Rp 1.050.000 – Rp 2.200.000
  • Puli = Rp 750.000 – Rp 1.200.000
  • Australian Shepherd = Rp 5.000-000 – Rp 9.000.000
  • Australian Cattle Dog = Rp 360.000 – Rp 2.000.000

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *