anjing pug

Anjing Pug: Sejarah, Ciri dan Cara Merawatnya

Posted on

Anjing Pug – Anjing adalah salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan. Dengan tingkah lakunya yang lucu membuat hewan yang satu ini bersahabat dengan mudah dengan manusia.

Tidak hanya sebatas hewan peliharaan saja, anjing juga sering mendapatkan perhatian khusus layaknya anak sendiri oleh pecinta anjing. Ada banyak sekali jenis anjing yang bisa untuk anda pelihara.

Salah satu jenis anjing yang sering dipelihara di rumah adalah jenis anjing Pug. Nah, bagi kalian yang baru ingin memulai untuk memelihara anjing, anjing Pug adalah pilihan yang tepat. Jika anda belum tahu karakteristik atau cara merawat anjing, kali ini saya akan membahas nya lebih rinci lagi. Berikut merupakan penjelasannya.

Sejarah Anjing Pug

Sejarah Anjing Pug
Kata “Pug” berasal dari bahasa latin yang memiliki arti “Kepalan Tangan”. Nah alasan kenapa jenis anjing yang satu ini diberi nama anjing Pug adalah karena memiliki wajah yang mirip seperti kepalan tangan manusia.

Anjing Pug mulai melanglang buana saat Tiongkok mulai membuka perdagangan di Eropa pada sekitar abad 1500. Salah seorang pedagang asal Belanda membeli jenis anjing ini dan juga membawanya pulang. Di negara Belanda sendiri anjing ini terkenal dengan nama Mopshond.

Anjing Pug selanjutnya menjadi anjing resmi untuk Dinasti Oranye di negara Belanda setelah anjing Pug milik Pangeran William akhirnya menyelamatkannya dari orang Spanyol yang ingin membunuh Pangeran William tersebut ketika dia sedang tidur malam hari.

Kemudian anjing Pug menjadi semakin populer untuk kalangan aristokrat di Eropa. pangeran William juga membawa anjing Pug kesayangannya tersebut ke Inggris setelah dirinya menikah pada tahun 1688.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Kepopuleran dari anjing Pug berhenti sampai situ saja. Namun seniman-seniman terkenal di era 1700 an seperti William Hogarth dan juga Goya ikut menampilkan anjing Pug dan menuangkannya pada setiap karya-karya mereka pada era 1700 an.

Tidak lama setelah itu, Anjing Pug kemudian langsung menyebar ke seluruh penjuru Eropa termasuk di Perancis. Di Perancis, anjing ini disebut dengan nama Carlin. Banyak tokoh terkenal di Perancis yang juga memiliki anjing Pug ini di rumahnya, salah satu yang terkenal adalah Josephine Bonaparte dan juga Marie Antoinette.

Selanjutnya pada abad berikutnya mulai ditetapkan dua garis keturunan dari anjing Pug di Inggris. Garis keturunan tersebut yang pertama adalah Morrison yang saat itu ada di antara anjing kerajaan Inggris, yaitu milik Ratu Charlotte.

Keturunan dari anjing Morrison tersebut dikenal dengan nama Willoughby yang kemudian diternakan oleh pasangan bangsawan Willoughby setelah mereka mendapatkan anjing Pug pertama miliknya dari Hungaria dan juga Rusia.

Anjing Pug dari dua garis keturunan ini kemudian dikawinkan dengan anjing asli dari keturunan Tiongkok yang bernama Click. Hasil kawin silang tersebut yang membuat anjing Pug mencapai puncak ketenaran di era Victoria.

Perlu anda ketahui bahwa anjing Pug adalah salah satu anjing yang tertua di dunia. Bahkan, anjing Pug sudah diyakini ada sejak abad ke-400 sebelum masehi, loh. Peneliti mengatakan bahwa anjing Pug berasal dari asia yaitu di kerajaan dinasti Tionghoa pada jaman dulu. Anjing Pug dikenal bisa bersahabat dengan manusia dengan mudah.

Ciri-Ciri Anjing Pug

Ciri-Ciri Anjing Pug
Anjing Pug memiliki tubuh kecil yang gempal dan memiliki kepala bulat dengan hidung yang pesek. Anjing Pug memiliki ciri khas wajah yang kerutan di wajah. Nama Pug juga diambil karena wajah anjing ini mengepal seperti kepalan tangan.

Anjing Pug memiliki bulu pendek yang halus dan mulus. Kebanyakan anjing Pug berwarna apricot, fawn, hitam dan silver. Untuk memudahkan anda dalam mengetahui anjing Pug, berikut adalah beberapa ciri-ciri anjing Pug yang wajib anda ketahui.

1. Wajah Anjing Pug

Yang paling mencolok dari anjing Pug ini adalah terletak pada bagian wajahnya. Dengan kulit yang bulat dan berkerut-kerut, hidung yang sangat pesek dan juga mata yang besar, rahang bawah yang lebih maju dibandingkan rahang atas, ditambah lagi ekspresi wajah anjing yang membuat orang selalu tersenyum ketika melihat wajahnya adalah ciri utama dari anjing Pug Ini.

2. Daun Telinga Anjing Pug

Berikutnya anjing Pug memiliki daun telinga yang lembut dan terkesan jatuh. Terdapat dua jenis telinga dari anjing Pug, Yang pertama adalah jenis telinga kancing atau button dan yang kedua adalah mawar atau rose.

Jenis telinga kancing merupakan anjing yang daun telinganya menekuk ke depan dan juga menutupi semua lubang telinga. Jenis mawar merupakan anjing Pug dengan daun telinganya yang sedikit naik pada bagian pangkal sebelum daun telinga tersebut melengkung ke depan.

Dari kedua jenis telinga anjing Pug ini, yang paling terkenal dan banyak disukai oleh pecinta anjing di seluruh dunia adalah Anjing Pug dengan telinga kancing. Alasannya tentu saja karena anjing Pug dengan telinga kancing memiliki bentuk telinga yang lucu dan menggemaskan.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

3. Moncong Berwarna Coklat

Berikutnya ciri-ciri anjing Pug terletak pada moncongnya yang berwarna coklat tua atau hitam. Ditambah lagi anjing Pug ini memiliki bercak hitam pada pipi di dekat mata yang sering disebut dengan “beauty spot”.

4. Bentuk Tubuh Anjing Pug

Terakhir untuk mengetahui anjing Pug ini bisa anda lihat dari postur tubuhnya yang gempal, pendek dan terlihat berbentuk seperti kotak. Dengan memiliki ekor yang melengkung. Kebanyakan berat tubuh dari anjing Pug ini tidak sampai melebihi 8 kilogram untuk jantan maupun betina.

Karakteristik Anjing Pug

Karakteristik Anjing Pug
Anjing Pug dikenal sangat suka bermain. Anjing Pug juga tidak akan rewel jika ditempatkan di ruang yang sempit, asalkan anda berada disitu. Karena sifatnya yang mudah untuk bersahabat dengan manusia, anjing Pug banyak dipilih untuk menjadi hewan peliharaan dirumah. Anjing Pug juga cocok bagi anda yang baru ingin memulai untuk memelihara anjing.

Anjing Pug juga ramah dengan anjing lain. Anjing ini juga jarang sekali menggonggong seperti ras anjing yang lain. Anjing Pug memang dikenal sangat suka bermain karena memiliki energi yang lebih tinggi daripada ras anjing yang lain. Selain itu, anjing Pug juga memiliki kecerdasan yang cukup baik sehingga akan mudah untuk melatih nya.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Anjing Pug juga merupakan anjing jenis penjaga yang sangat baik, patuh dan juga tidak berisik. Anjing Pug ini bisa rukun dengan hewan peliharaan kita yang lainnya dalam rumah. Anjing Pug yang tidak mempunyai pemilik dengan sifat kepemimpinan yang kuat tentu saja akan membuatnya menjadi anjing yang mudah cemburu.

Anjing ini akan memperlihatkan sikap menjaga, misalnya seperti menjaga makanan, menjaga perabotan rumah, dan juga menjaga spot lainnya di dalam rumah.

Cara Merawat Anjing Pug

Cara Merawat Anjing Pug

Merawat anjing Pug tentu saja akan membuat orang yang belum pernah sama sekali merawat hewan peliharaan kebingungan. Untuk anda yang ingin mengadopsi atau membeli anjing Pug sebaiknya anda harus memperhatikan bagaimana sih cara merawat anjing Pug dengan baik dan benar tersebut.

Merawat anjing Pug tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri untuk diri Anda. Karena disisi lain hewan tersebut dapat menjadi teman anak dan juga keluarga. Berikut adalah cara merawat anjing Pug.

1. Kandang Anjing

Sebaiknya anda harus memiliki kandang anjing Pug jika ingin mengadopsi anjing jenis ini. Anjing Pug adalah anjing yang tidak banyak tingkah ketika di dalam rumah dan juga bukan jenis anjing yang dapat menggonggong dengan keras, oleh sebab itu jenis anjing ini juga sangat aman bagi anda yang ingin membawa atau memeliharanya di apartemen.

Anjing Pug adalah anjing yang sangat sensitif terhadap udara yang panas atau dingin. Hal ini bisa terjadi karena anjing Pug memiliki hidung yang pesek. Untuk itu jangan sampai anda membiarkan anjing kesayangan anda ini tidur di luar rumah karena anjing jenis ini adalah jenis anjing yang harus tinggal di dalam rumah atau kandang.

2. Menjaga Kebersihan Anjing Pug

Merawat anjing bisa dibilang butuh ketelatenan. Kerutan di wajahnya perlu dibersihkan setiap hari, karena bisa dengan mudah menyimpan kotoran. Kuku anjing juga harus anda potong jika sudah panjang, karena dengan tidak sengaja bisa menggores mata nya yang besar. Untuk memandikannya, hanya cukup 1 bulan sekali saja.

Meskipun memiliki bulu yang pendek, namun bulu anjing Pug ternyata mudah untuk rontok. Ada baiknya anda mempunyai penyedot debu di rumah untuk membersihkan bulu anjing Pug. Anjing Pug memerlukan 100 kalori setiap harinya. Anda bisa memberikan makan untuk anjing Pug 3 kali sehari. Anjing Pug juga sensitif terhadap udara panas.

Baca Juga  Burung Hantu: Jenis, Makanan dan Cara Merawatnya

3. Makanan Anjing Pug

Setiap hari rata-rata anjing Pug kecil akan membutuhkan sekitar 100 kalori dalam satu kilogram berat tubuhnya. Sebaiknya anda berikan makan tiga kali dalam sehari. Sementara untuk anjing Pug dewasa akan memerlukan sekitar 100 kalori per satu kilogram berat anjing.

Dengan banyaknya aktivitas, metabolisme tubuh dan juga kesehatan tentu saja ikut mempengaruhi banyak atau sedikitnya makanan yang dikonsumsi oleh anjing Pug dalam setiap harinya.

Anda juga bisa memberikan kudapan yang sehat untuk diberikan sebagai hadiah setelah anjing Pug kesayangan anda tersebut sukses melakukan perintah yang anda berikan. Anda juga bisa memberikan daging segar atau biji-bijian, buah-buahan dan sayuran untuk menjaga kesehatan anjing Pug ini.

Untuk anda yang ingin memberikan sayuran pada anjing Pug ini, anda dapat memberikan kacang polong, beras merah, wortel, ubi, bayam, semangka, brokoli, pisang atau buah beri.

Harga Anjing Pug

Harga Anjing Pug
Setelah membaca artikel diatas tentu saja anda akan langsung tertarik ingin mengadopsi atau memelihara anjing Pug kan? Nah lalu pertanyaannya adalah berapa harga anjing Pug sekarang?

Saat ini ada banyak sekali orang yang menjual anjing Pug dengan harga yang mahal. Anjing Pug dijual dengan kisaran harga 7 sampai 12 juta.

Hal ini karena anjing Pug adalah salah satu jenis anjing yang memiliki fans paling banyak di dunia. Dengan tingkah laku yang menggemaskan dan juga sangat terawat membuat harga anjing Pug ini semakin mahal tentu saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *