Anjing Shih Tzu

Anjing Shih Tzu : Sejarah, Kepribadian dan Cara Merawatnya

Posted on

Anjing shih tzu adalah jenis anjing yang lincah dan sangat ramah dengan manusia. Anjing shih tzu ini mempunyai watak yang periang dan juga sangat bersahabat untuk berinteraksi sosial bersama makhluk lain. Nama SHih tzu ini sendiri mengandung arti singa.

Namun jangan takut dengan Anjing shih tzu ini karena walaupun memiliki arti sebagai anjing singa, namun kepribadian dari anjing ini tidak seperti singa kok. Bahkan kepribadian dari Anjing shih tzu ini cenderung sangat lucu dan cocok untuk dipelihara di dalam rumah.

Anjing shih tzu ini adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang memiliki bulu panjang sehingga dibutuhkan perawatan yang ekstra bagi pemilik yang ingin tetap menjaga kesehatan bulu dari hewan Anjing shih tzu.

Mungkin untuk Anda yang ingin memelihara Anjing shih tzu, nantinya Anda akan di capekan dengan aktivitas bersama anjing kesayangan kalian tersebut. Hal ini karena jenis anjing ini tidak bisa duduk diam dan cenderung lebih aktif sepanjang hari dengan mengikuti pemiliknya kemanapun pergi.

Sejarah Anjing Shih Tzu

Sejarah Anjing Shih Tzu

Anjing Shih Tzu ini diperkirakan sudah ada sejak dulu dan menjadi anjing tertua dari Tiongkok yang dikenal dengan nama lain, Chinese Lion Dog. Anjing ini bisa mencapai bulu yang panjang sampai menutupi seluruh tampilan kupingnya menjadi tersembunyi di balik bulu panjangnya.

Perkembangan anjing yang sudah ada sejak tahun 1000 an ini diperkirakan memiliki nenek moyang yang berasal dari Tiongkok atau dari Tibet.

Baca Juga  Jenis Anjing: Cara Perawatan dan Memilih Makanannya

Sebelum jatuhnya dinasti Manchuria di tahun 1991, ras Shih Tzu ini dikenal menjadi hewan yang sangat istimewa karena memiliki tempat yang terhormat dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana genetik asli yang mengalami beberapa perubahan membuat perkawinan campuran.

Dulunya anjing Shih Tzu ini dikenal sebagai hewan yang melambangkan keistimewaan, kekayaan dan juga melambangkan keagungan. Oleh sebab itu dulunya hanya kalangan tertentu saja yang mampu memelihara dan memiliki Anjing Shih Tzu tersebut.

Kepribadian Anjing Shih Tzu

Kepribadian Anjing Shih Tzu
Anjing Shih Tzu ini adalah anjing kecil yang mempunyai karakter menyenangkan, bersemangat,berani dan pintar serta menjadi anjing penjaga yang sangat waspada terhadap sesuatu.

Anjing jenis ini sangat menyukai bersama manusia dan baik dengan hewan peliharaan jenis lainnya.

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Cara Merawat Anjing Shih Tzu
Terkadang karena anjing jenis ini memiliki bulu yang sangat panjang bahkan terkadang sampai menutupi bagian telinganya, membuat banyak orang ragu untuk memelihara anjing Shih Tzu karena beranggapan bahwa cara perawatan jenis anjing ini yang sangat ribet dan merepotkan.

Padahal pada dasarnya cara merawat anjing Shih Tzu ini tidak begitu menyulitkan dan merepotkan. Untuk itu, di bawah ini sudah saya tuliskan bagaimana cara merawat anjing shih tzu dengan benar.

1. Tempat Tinggal Yang Sesuai

Jenis anjing ini adalah jenis anjing atau jenis hewan peliharaan yang cocok untuk tinggal di tempat yang tidak begitu luas dan besar. Sebagai ras hewan rumahan, anjing jenis ini kurang tepat jika berada di luar rumah dalam waktu yang lama karena bisa terpengaruh oleh suhu dingin dan suhu panas yang tidak terduga.

Anjing jenis ini biasanya tinggal di tempat dengan suhu ruangan yang sejuk dan umumnya ada di dalam ruangan, walaupun ruangan itu tidak memiliki ukuran luas.

Karakter dari anjing shih tzu sebagai anjing yang ramah dengan makhluk lainnya menjadikan anjing jenis ini bisa bersahabat dengan anggota keluarga lain di dalam rumah. Sifat manja dan juga senang untuk diperhatikan membuat anjing jenis ini memiliki interaksi sosial yang cukup tinggi dengan manusia.

Sifat anjing shih tzu inilah yang membuatnya sulit untuk berada sendirian dan dalam kondisi sepi di waktu yang lama. Anjing jenis ini yang tidak dilatih oleh pemiliknya, ketika dewasa akan mempunyai ketergantungan yang tinggi saat Anda akan pergi meninggalkan anjing ini.

2. Perhatikan Makanan Yang Sesuai Dengan Anjing Shih Tzu

Anjing shih tzu adalah jenis hewan peliharaan yang terbiasa berada di dalam rumah yang wajib mendapatkan asupan makanan rutin.

Pada umumnya, jatah makanan dari anjing shih tzu dewasa ini setengah sampai satu cangkir makanan kering dengan bahan yang berkualitas tinggi, tujuannya adalah untuk menjamin kesehatan bulu serta kebutuhan kalorinya.

Dari total satu cangkir takaran tadi, Anda bisa membagi menjadi dua bagian yang sama rata untuk makan malam. Aktivitas dari anjing jenis nii yang kurang aktif dibandingkan jenis hewan peliharan lain, oleh sebab itu takaran yang tidak tepat bisa meningkatkan berat badan anjing jadi lebih cepat gemuk.

Jadi bahan makanan yang digemari oleh anjing jenis ini adalah makanan seperti daging ayam, ikan, daging sapi, daging domba dan jenis sayuran tertentu.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

3. Sisir Bulu Dengan Rutin

Jenis ras anjing ini adalah hewan yang memiliki tubuh kecil dengan ciri khas di bagian bulu yang tebal dan juga bulu yang panjang. Anjing jenis ini bisa berbulu tebal dan juga panjang sehingga bisa menutupi bagian telinga hewan dan terkesan mempunyai janggut atau kumis yang panjang, padahal itu adalah bulu dari tubuh mereka.

Masa pertumbuhan dari bulu anjing ini mirip seperti mantel ganda. Akan semakin meingkat setelah anjing ini memasuki usia dewasa atau sekitar usia 10 sampai 12 bulan.

Menyisir bulu anjing ini ketika sudah dewasa wajib dilakukan guna menjaga kesehatan bulu hewan. Dengan menyisir hewan ini setiap hari dan juga memandikannya satu minggu sekali bisa merawat kilau bulu dan juga mencegah bulu rontok karena kusut dan gatal.

4. Memandikan Secara Rutin

Salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dari anjing shih tzu adalah dengan memandikan anjing secara rutin untuk menjaga kesehatan dan juga kebersihan anjing.

Kegiatan mandi ini berguna untuk menjaga kesehatan dari anjing yang tidak dapat kita sepelekan. Anjing jenis ini sebagai anjing dengan bulu yang tebal dan panjang, tentu saja akan rentan mengalami kusut sehingga tumbuhnya jamur bisa saja terjadi jika kita tidak memperhatikan kebersihan tubuhnya.

Memandikan anjing shih tzu ini bisa dijadwalkan paling tidak seminggu sekali apa bisa mencegah gatal dan juga peradangan karena zat dan juga benda lain yang ada di dalam bulu.

Beberapa perawatan lainnya untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan dari anjing jenis ini adalah memperhatikan kebersihan dari gigi. Perawatan gigi ini bisa dilakukan secara teratur dalam seminggu untuk menjaga kesehatan gusi serta kekuatan gigi dari sisa makanan bandel yang menempel.

Untuk kegiatan memotong kuku ini bisa dilakukan minimal satu bulan sekali agar kuku hewan tidak tajam sehingga memudahkan mereka untuk bisa beraktivitas dalam kondisi kaki yang nyaman.

5. Interaksi Dengan Anjing Shih Tzu

Terakhir, selain harus mencukupi kebutuhan makanan yang berkualitas tinggi dan juga menyediakan tempat tinggal yang nyaman. Anda juga harus tahu bahwa anjing shih tzu ini memiliki sifat sosial yang tinggi dan harus diperhatikan pemiliknya.

Anda wajib memberikan waktu yang luang untuk bersama dengan mereka. Pemilik anjing shih tzu yang sibuk bekerja dapat meluangkan waktu untuk bermain sekitar paling tidak setengah jam selama satu hari untuk menyalurkan hasrat bersama anjing jenis ini.

Kurangnya berinteraksi dengan anjing jenis shih tzu ini bisa berakibat untuk anjing ini yang beresiko bisa merusak benda yang ada di dalam rumah sekaligus mencegah anjing ini merasa stress.

Merawat jenis anjing shih tzu ini bisa dilakukan dengan memperhatikan dan mempraktekkan beberapa tips yang sudah saya jelaskan diatas.

Bahkan seorang pemula pun bisa merawat anjing jenis ini dengan memprioritaskan terhadap cara memberikan makanan yang benar, merawat bulu dengan menyisir bulu anjing setiap harinya, memandikan dengan shampo khusus anjing dan juga memperhatikan kebersihan lainnya.

Termasuk juga kebersihan kuku dan juga badan mereka agar tetap terjaga bersih sehingga bisa membuat hewan menjadi lebih nyaman dan juga terhindar dari penyakit yang umum terjadi di anjing yang memiliki bulu lebat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *