ayam birma

Ayam Birma: Ciri, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

Posted on

Ayam Birma- Terdapat beragam jenis jenis ayam sabung atau aduan yang dimanfaatkan untuk bertarung. Namun, dari sekian ragam jenis ayam aduan, ada beberapa jenis ayam yang paling ditakuti ketika bertanding sabung ayam. Satu di antara jenis ayam tersebut adalah ayam jenis birma.

Birma merupakan jenis ayam yang sangat dikenal karena memiliki sifat pantang menyerah dan bermental baja ketika bertarung di arena.

Tak jarang, pukulan ayam ini mampu menewaskan ayam lawan. Selain itu, ayam ini juga mempunyai gaya bertarung yang didominasi dengan menyerang.

Ciri-Ciri Ayam Birma

Ciri-Ciri Ayam Birma

Untuk mengetahui jenis ayam birma yang asli, pelajari selengkapnya mengenai ciri-ciri ayam birma di bawah ini:

– Ayam berjenis birma mempunyai postur tubuh sedang dan dengan bobot 2 hingga 2,5 kg. Tubuh yang relatif kecil itu membuat pergerakannya sangat lincah dan sulit diprediksi ayam lawan sehingga ayam lawan akan sulit menghalau serangan ayam ini.

– Birma memiliki wajah yang mirip dengan ayam kampung dan ayam bangkok, yaitu paruh lebih kecil, mata kurang cekung, tubuh kurang kekar, dan bentuk telinga yang terkadang agak besar.

– Tak seperti jenis ayam Thailand pada umumnya, ayam jenis birma ini mempunyai bulu yang berwarna merah dan coklat, dengan didominasi oleh warna abu-abu.

– Ayam ini memiliki jengger seperti tanduk ular, yaitu kecil dan tegak. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui diketahui yaitu ayam yang bagus biasanya memiliki jengger kecil. Umumnya, ayam seperti itu mempunyai memiliki gaya bertarung yang lincah dan gesit.

Baca Juga  Kambing Kacang: Ciri, Cara Merawat dan Cara Ternaknya

– Ayam birma asli mempunyai tanda putih pada telinganya. Adanya warna putih itu menandakan bahwa ayam tersebut masih tergolong ayam liar. Meskipun ayam birma telah banyak mendapatkan perkawinan silang, tetapi ayam jenis birma yang asli pasti memiliki tanda putih tersebut.

– Ayam ini memiliki mata yang tampak melotot sehingga menimbulkan kesan ganas, liar, dan menakutkan. Ayam ini juga tampak lebih ganas dari ayam sabung lainnya seperti ayam Saigon, Bangkok, dan Thailand

– Ayam asal Myanmar ini mempunyai tulang yang lebih tipis dan kecil. Selain itu, jari-jari kakinya juga kecil dan panjang. Meski demikian, tetapi ayam ini memiliki pukulan yang tepat sasaran dan sangat kuat terhadap lawan-lawannya.

Itulah ciri-ciri ayam berjenis birma dari genetik asli. Selain yang asli, ada juga jenis super dari ayam sabung birma tersebut. Jenis super ini juga terkadang disebut dengan ayam kaisar.

Dibandingkan dengan ayam Bangkok, ayam berjenis birma ini mempunyai kasta yang lebih rendah. Adapun birma kaisar atau super yaitu ayam yang muncul akibat adanya persilangan antara jenis bangkok dengan birma asli.

Ayam birma super atau birma kaisar ini dikenal dengan pukulannya yang begitu kuat. Namun, birma dengan genetik asli tetap mempunyai keistimewaan yang lebih. Birma super atau kaisar juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda dari jenis birma asli.

Perbedaan mendasar dari kedua jenis ayam birma tersebut terletak pada ukuran tubuhnya. Awal mula terjadinya persilangan antara ayam Bangkok dengan birma, yaitu ketika para penggemar sabung ayam ingin ayam dengan teknik tarung seperti birma, tetapi memiliki postur tubuh seperti jenis ayam bangkok.

Perbedaan Ayam Birma Super dan Asli

Perbedaan Ayam Birma Super dan Asli

Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan birma kaisar dan birma asli di bawah ini:

– Birma asli memiliki bobot tubuh sebesar 2 hingga 4 kg, sedangkan birma kaisar memiliki bobot tubuh 4 hingga 6 kg.

– Jenis birma kaisar memiliki pukulan yang lebih kuat dibandingkan jenis birma asli.

– Birma kaisar memiliki warna kaki lebih terang seperti ayam bangkok, sedangkan birma asli memiliki warna kaki yang lebih gelap .

– Birma asli lebih banyak melancarkan serangan dari depan, sedangkan birma kaisar tidak terlalu sering melakukannya.

– Birma kaisar memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan dengan birma asli.

Cara Merawat dan Latihan Ayam Birma

Cara Merawat Ayam Birma

Setelah mengetahui ciri dari ayam birma serta perbedaan birma asli dengan birma kaisar (super), kini akan kami jelaskan bagaimana merawat ayam sabung asal Myanmar tersebut.

Sebenarnya, perawatan ayam sabung ini tak berbeda dengan perawatan ayam sabung lainnya. Namun, ayam asal Myanmar ini memerlukan perawatan tambahan untuk meningkatkan kemampuan bertarungnya. Di bawah ini kami uraikan perawatan yang harus Anda lakukan:

– Berikan pakan ayam khusus untuk ayam aduan sejak ayam masih kecil. Pakan khusus tersebut biasanya memiliki kode 591-595 yang disesuaikan dengan usia ayam.

– Siapkan kandang ayam yang bersih demi kesehatan ayam.

– Setiap pagi, beri ayam sarapan seadanya. Kemudian mandikan ayam menggunakan spons untuk menggosok tubuhnya, lalu jemur ayam selama 1 hingga 2 jam

– Tempatkan ayam birma yang sudah dijemur ditempat teduh dan beri air minum jika ayam sudah tidak mogok.

– Setiap hari, lompatkan ayam sebanyak sepuluh kali. Naikkan jumlah lompatan setelah satu minggu sesuai dengan kondisi ayam (tidak perlu dipaksakan).

Baca Juga  Kelinci Rex: Jenis, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

– Selesai melakukan latihan, masukkan ayam ke dalam kandang berserta tangkringannya agar ayam dapat melompat sesuai kehendaknya.

– Biarkan ayam berada di dalam kandang selama 3 hingga 4 jam. Lakukan hal tersebut seminggu dua kali.

– Jika ayam telah mencapai usia dewasa, maka pisahkan kandangnya dengan ayam lain, dan pindahkan ke kandang yang lebih besar dengan lantai rumput atau pasir.

– Jangan lupa untuk meletakkan tangkringan dalam kandang agar ayam sering melompat sehingga otot kakinya akan terlatih dengan baik dan hewan ini semakin kuat.

Kisaran Harga Ayam Birma

Harga Ayam Birma

Di negara asalnya Myanmar, ayam birma dibanderol dengan harga sekitar 5.900 hingga 15.000 TBH. Di Indonesia sendiri, ayam ini juga ditawarkan dengan harga yang berbeda.

Jenis & Usia Ayam Birma Harga Ayam Birma

Ayam Birma Ori indukan IDR 2.100.000

Ayam Birma Silang Bangkok IDR 2.000.000

Ayam Birma Asli Usia 6 Bulan IDR 1.600.000

Ayam Birma Sardot Junior 7bln IDR 1.000.000

Ayam Birma Saigon Silang Bangkok IDR 900.000

Ayam Birma Tinggi 5 5 Berat 4 5 Kg IDR 800.000

Ayam Birma Anakan 11 Bulan IDR 600.000

Ayam Birma betina F1 IDR 500.000

Ayam Birma Anakan IDR 150.000

Ayam Birma Anakan Vietnam IDR 40.000

Baca Juga  Ayam Hutan: Jenis, Ciri, Habitat, dan Harganya

Demikianlah uraian mengenai ayam birma, mulai dari ciri, perbedaan hingga harganya. Ayam ini memiliki keistimewaan dibandingkan ayam sabung lainnya sehingga harga yang ditawarkan di atas tak akan terasa mahal bagi penggemarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *