Ayam Kate

Ayam Kate: Jenis, Harga dan Cara Memeliharanya

Posted on

Ayam kate termasuk dalam kategori ayam yang memiliki basis penggemar tersendiri di kalangan pecinta ayam hias di Indonesia.

Dengan bentuk yang mungil, warna bulu yang juga beraneka ragam membuat ayam kate ini menjadi salah satu jenis ayam favorit di Indonesia.

Dari segi produktivitas daging ayam kate ini memang kurang bisa untuk diandalkan. Namun produktivitas dari telur ayam kate ini cukup menjanjikan.

Bahkan dalam sekali produksi mereka bisa menghasilkan telur sebanyak 12 sampai 8 butir. Untuk itu, apabila anda memelihara ayam kate mereka bisa berkembang biak dengan sangat pesat.

Jenis-Jenis Ayam Kate Di Indonesia

Jenis-Jenis Ayam Kate Di Indonesia

Ayam Kate adalah salah satu jenis ayam hias asli dari Indonesia yang memang dikenal memiliki keunikan yaitu bentuk yang sangat kecil dan ukurannya yang hanya 2/3 dari ukuran ayam biasa.

Setidaknya terdapat tiga jenis ayam kate yakni ayam kate asli atau original, miniatur yang merupakan ayam kate hasil persilangan dna juga ayam kate hasil dari rekayasa genetik.

Untuk lebih lanjut, berikut adalah beberapa jenis-jenis ayam kate yang ada di indonesia serta bagaimana cara merawatnya supaya bisa tumbuh sehat dengan corak yang tetap terjaga kecantikannya.

1. Ayam Kate Serama

Jenis ayam kate yang pertama adalah ayam kate Serama. Ayam jenis ini adalah salah satu jenis ayam kate yang paling banyak disukai dan juga dipelihara masyarakat Indonesia.

Ciri utama dari ayam kate jenis serama adalah mempunyai ekor yang panjang lurus dengan postur tubuh yang kecil namun tegak. Corak dari ayam serama ini sangat beragam dimana tergantung dari jenisnya, karena sudah ada banyak sekali kawin silang dari ayam kate Serama ini sehingga menghasilkan corak yang beragam.

Walaupun memiliki postur tubuh yang kecil, ayam kate serama ini pernah dijual dengan harga sampai Rp. 30.000.000 pada kontes kecantikan ayam.

Yang menarik dari ayam kate serama ini adalah semakin kecil bentuk ayam maka semakin tinggi juga harga jual dari ayam kate ini.

2. Ayam Kate Berbulu

Jenis ayam kate berikutnya adalah ayam kate berbulu. DIlihat dari namanya saja sudah dapat ditebak jika jenis ayam ini mempunyai bulu yang sangat lebat sehingga dinamakan ayam kate berbulu.

Yang unik dari ayam kate jenis ini adalah memiliki bulu yang lebat hanya ada bagian kaki saja. Dengan bentuk yang kecil lengkap dengan tumpukan bulu yang ada pada bagian kaki membuat ayam kate jenis ini semakin lucu dan cocok untuk kita jadikan ayam peliharaan.

3. American Game Bantam

Berikutnya ada ayam kate jenis American Game Bantam yang merupakan ayam kate yang berasal dari daerah Amerika Serikat.

Walaupun termasuk dalam kategori ayam hias, namun tidak sedikit juga orang yang menjadikan ayam kate ini sebagai ayam kate aduan.

Dengan bentuk yang kecil dan juga corak warna yang cantik tidak berpengaruh terhadap kekuatan yang dimiliki oleh ayam jenis ini. Kekuatannya bahkan tidak kalah juga dari jenis ayam petarung lainnya.

4. Ayam Kate Burma

Sesuai dengan namanya, jenis ayam kate burma ini berasal dari daerah Burma. Dengan tampilan yang sangat unik yakni bulu yang sangat lebat di bagian kepala.

Bahkan bulu yang lebat pada bagian kepala ini bisa membuat matanya tidak dapat terlihat dengan jelas. Bulu dari ayam kate Burma ini didominasi dengan warna putih yang sangat lebat.

Untuk anda yang ingin memelihara ayam kate Burma ini tentu saja anda harus rajin-rajin memandikan dan juga merawat ayam jenis ini agar tidak terlihat kumuh karena warnanya yang putih mudah kotor tersebut.

5. Ayam Kate Pictave

Selanjutnya ada jenis ayam kate Pictave yang mempunyai corak warna yang hampir mirip seperti aam jenis jago. COrak warna yang dimiliki ini berwarna hitam, merah keorenan dan juga putih.

Bentuk dan juga postur dari ayam kate pictave ini juga hampir sama seperti ayam Jago, hanya saja yang membedakan adalah ayam jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan juga tidak bisa tumbuh besar seperti ayam jago.

6. Ayam Kate Jepang

Sama seperti namanya, jenis ayam kate ini berasal dari negeri Samurai atau Jepang. Ayam jenis ini mempunyai ciri khas warna yang sama seperti negara asalnya.

Dengan bulu berwarna putih di bagian badan, sementara kepala dan jenggernya berwarna merah, sementara pada bagian ekornya biasanya akan berwarna hitam. Dengan perpaduan warna yang seperti ini menjadikan ayam kate ini menjadi ayam hias yang terlihat elegan.

Baca Juga  Seputar Ayam Joper dan Cara Beternak Bagi Pemula

7. Ayam Kate Batik

Ayam kate batik adalah jenis ayam yang terkenal dengan corak yang berbentuk cantik seperti batik. Ciri khas dan juga keunikan dari ayam hias ini adalah pada setiap ujung bulu yang terdapat garis hitam sehingga bentuknya sama seperti corak batik.

Walaupun banyak ditemukan di Indonesia dan diberi nama ayam kate batik. Namun sebenarnya ayam ini berasal dari Inggris. Dengan motif dan juga corak di bulu yang bervariasi, namun biasanya warna dari ayam kate ini didominasi dengan warna emas, putih dan juga coklat.

8. Ayam Rosecomb Bantam

Jenis ayam kate ini berasal dari daerah di Inggris dan termasuk dalam tipe ori yang berarti ayam kate ini tidak ada versi besar ya. Sementara ciri dari ayam kate Rosecomb Bantam adalah warnanya yang gelap hasil campuran dari warna hijau dan hitam.

Pada bagian kepala dari ayam ini memiliki warna merah dengan jenggernya yang memiliki warna putih. Yang unik dari ayam kate Rosecomb Bantam ini adalah memiliki bulu ekor yang berhelai besar dan juga terpisah. Karena keunikan ini tentu saja menambah nilai kecantikan dari ayam hias jenis ini.

9. Belgian Bearded d’Anvers

Jenis ayam kate berikutnya adalah Belgian Bearded d’Anvers. Bisa dibilang jenis ayam kate yang satu ini menjadi jenis ayam kate dengan nama yang paling rumit dan sulit untuk diucapkan.

Sesuai dengan namanya, jenis ayam kate ini berasal dari negara Belgia. Ayam ini memiliki corak yang unik dan juga bentuk muka yang sangat lucu.

Sebenarnya jenis ayam kate ini mempunyai banyak nama lain seperti Antwerp Belgian, Bearded d’Anvers Bantam dan juga Antwerpse Baardkriel.

10.Ayam Kate Jambul Mekar

Terakhir ada jenis ayam kate jambul mekar yang sama seperti ayam CEmani. Karena sama seperti ayam cemani ini maka Ayam Kate jambul mekar ini mempunyai corak berwarna hitam pekat.

Perbedaan dari ayam cemani dengan ayam kate jambul mekar adalah walaupun memiliki bulu yang berwarna hitam, pada bagian badan yang ada di dalam bulu ini berwarna putih sedikit coklat.

Cara Merawat Ayam Kate

Cara Merawat Ayam Kate

Setelah anda mengetahui beberapa jenis ayam kate. tentu saja ada beberapa hal dasar yang harus anda ketahui terkait bagaimana cara merawat ayam kate. Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan untuk merawat ayam kate.

1. Berikan Makanan Yang Sesuai

Cara merawat ayam kate yang pertama tentu saja adalah anda harus memberikan makanan ayam kate yang sesuai. Agar bulu dari ayam kate tetap cantik dan kesehatan tetap terjaga, anda harus memberikan makanan yang menyehatkan dan juga sesuai dengan porsi yang dianjurkan yakni 2 kali sehari.

Makanan yang dianjurkan untuk ayam kate adalah biji-bijian misalnya seperti jagung, beras merah, voer ayam dan juga perlu sedikit tambahan vitamin.

Khusus untuk memberikan makanan untuk anak ayam kate, lebih baik anda haluskan dulu agar dapat dicerna dengan sempurna oleh anak ayam kate.

2. Perawatan Khusus Untuk Ayam Kate

Untuk merawat anak ayam kate, karena bulunya belum bisa tumbuh dengan sempurna tentu saja anak ayam kate ini sangat sensitif terhadap suhu di sekitar dan juga sangat rentan terkena penyakit.

Untuk itu anda perlu menambahkan penutup yang kedap air di atas kandang. Bahkan jika perlu anda bisa memberikan perlindungan ekstra dengan memasang lampu yang akan menjadi pemanas di sekitar kandang agar tetap hangat.

Baca Juga  Ayam Laga : Jenis, Ciri dan Cara Merawatnya

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Apabila anda ingin memelihara ayam kate yang sehat tentu saja anda harus memperhatikan kebersihan kandang.

Paling tidak anda harus membersihkan kandang dua hari sekali dengan air yang bersih supaya kandang tidak dipenuhi dengan kotoran ayam atau sisa makanan. Guna membersihkan kandang tentu saja adalah agar kandang tidak lembab dan licin.

4. Bersihkan Bulu Ayam Secara Rutin

Bulu ayam kate adalah bagian paling penting dan yang paling dilihat saat ayam kate mengikuti suatu kompetisi atau saat ayam ingin dijual. Tentu saja bulu sangat penting untuk dirawat dengan baik.

Bulu dan juga corak yang terdapat pada ayam kate hias ini tentu saja akan terlihat sangat cantik jika kita berhasil merawatnya secara rutin dengan rajin-rajin membersihkannya.

5. Berikan Waktu Bermain Yang Cukup

Terakhir, cara merawat ayam kate yang paling sering dilupakan oleh para pemelihara adalah dengan memberikan waktu bermain yang cukup pada ayam kate ini.

Sesekali biarkan ayam kate keluar dari kandang dan biarkan bermain di sekitar halaman rumah. Hal ini harus dilakukan supaya ayam kate tidak stress dan juga bulunya tidak rontok.

Kisaran Harga Ayam Kate 

Harga Ayam Kate 

Untuk anda yang ingin memelihara ayam kate yang sudah dewasa tentu saja dibutuhkan referensi harga ayam kate dewasa tahun 2020 kan? Nah untuk itu di bawah ini sudah saya jelaskan secara lengkap harga ayam kate yang bisa anda jadikan sebagai referensi:

* Ayam Kate Serama – Rp. 250.000

* Ayam Kate Betina – Rp 50.000

* Ayam Kate Sepasang – Rp. 100.000

* Ayam Kate Kapas – Rp. 150.000

* Ayam Kate Putih – Rp. 500.000

Baca Juga  Ayam Bangkok Super : Sejarah, Ciri, dan Pembudidayaannya

Harga diatas memang bukan harga pasti ayam kate di bulan Oktober, namun setidaknya daftar harga yang sudah saya jelaskan diatas bisa anda jadikan sebagai referensi untuk anda yang ingin membeli atau memelihara ayam kate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *