Belalang Sembah

Belalang Sembah dan Fakta-Fakta Uniknya

Posted on

Belalang sembah disebut juga belalang sentadu yang merupakan jenis serangga yang paling banyak dijumpai di area persawahan.

Hewan ini berwarna termasuk dalam ordo Mantodea, dan disebut juga praying mantis, serta banyak dikenal sebagai sebutan walang kekek dalam bahasa Jawa.

Pada nama hewan ini disematkan istilah ‘sembah’ karena memang bentuknya unik seperti menyembah sesuatu. Serangga ini termasuk serangga predator oligofagus yang banyak memakan jenis mangsa berbeda.

8 Fakta Unik Belalang Sembah

Fakta Unik Belalang Sembah

Selain keunikan fisik yang dimiliki, ada banyak fakta-fakta unik dari belalang ini yang belum banyak diketahui. Beberapa fakta tersebut adalah sebagai berikut.

1. Gesit dan Licik Dalam Memangsa Musuh

Meskipun bentuknya cukup besar, namun belalang ini sangat lincah dan gesit saat berpindah dan berburu mangsa. Tipe mulut jenis penggigit dan pengunyah yang dimilikinya menambah kelincahannya dalam mencabik-cabik mangsa dan melindungi diri dari lawan.

Teknik licik belalang jenis ini untuk mengelabui mangsanya adalah dengan berkamuflase atau berubah sesuai dengan lingkungan disekitarnya, entah menyerupai rumput atau batang pohon. Setelah mendapatkan kesempatan menyerang, serangga ini akan langsung menghampiri mangsanya.

2. Dapat Memutar Kepalanya 180 Derajat

Kelebihan unik yang dimiliki oleh belalang yang satu ini sangat tidak biasa, yaitu dapat memutar kepalanya 180 derajat. Cara ini dilakukan untuk melihat pada seluruh arah di sekelilingnya apakah ada yang membahayakan atau ada calon mangsa yang bisa dijadikan target olehnya.

Selain menggunakan kepala, mata fokus dari belalang ini juga digunakan sebagai teknik mencari mangsa dengan memproses informasi visual yang didapat. Letak fokus matanya yaitu terdapat pada tingkat kecerahan diantara dua obyek yang dilihat, dan dengan ini, ia dapat mengukur jarak obyek yang dilihat.

3. Dapat Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

Tidak seperti kebanyakan belalang yang pemakan tumbuhan, Belalang yang satu ini ternyata karnivora yang begitu rakus. Perawakannya yang tegak dan besar membuatnya sangat mudah dalam berburu mangsa di sekitarnya dengan menggunakan indera penglihatannya yang tajam.

Umumnya, belalang memakan hewan kecil seperti kumpang, laba-laba, dan kupu-kupu. Namun, ternyata belalang ini dapat memakan hewan yang lebih besar yang masuk dalam daftar incarannya.

Sifat predatornya akan menggerogoti otak serta tengkorak hewan yang lebih besar darinya seperti reptil dan burung kecil. Hal itu ditambah dengan dukungan dari struktur kaki panjang yang dimiliki, yaitu bertekstur keras dan kering.

Pada ujung kakinya juga terdapat duri-duri tajam yang bisa mencengkeram mangsa dengan erat dan menggigit mangsa yang lebih besar dengan jenis mulut penggigit dan pengunyahnya.

Baca Juga  Daur Hidup Belalang : Reproduksi, Siklus dan Jenisnya

4. Dianggap Dewa Oleh Suku San Afrika

Bentuk tubuhnya yang terlihat seperti berdoa membuat suku di Afrika Selatan yakni suku San, penduduk gurun Kalahari menganggap hewan ini sebagai dewa Khoi. Suku San percaya bahwa hewan ini memiliki kekuatan supranatural untuk menginformasikan sesuatu kepada umat mereka.

5. Menetas Setelah Lima Bulan

makanan Belalang Sembah

Fakta menyebutkan bahwa belalang sembah menetaskan telur-telurnya dalam waktu yang sangat lama, yaitu setelah umur lima bulan.

Nimfa akan keluar dari telur belalang dengan ukuran kecil-kecil menyerupai belalang dewasa. Nimfa belalang tersebut dapat mengalami pergatian kulit hingga 10 kali.

6. Melindungi Telur Dengan Busa

Belalang betina jenis ini akan menghasilkan busa di musim gugur saat ia sedang hamil yang disebut Oothecae. Busa yang dihasilkan tersebut membentuk kantong busa yang dapat dijadikan sebagai pelindur telur-telurnya sebelum menetas.

7. Membunuh Pasangan Setelah Kawin

Perilaku belalang jenis ini memang cukup mengerikan karena dengan segala hal yang ia punyai digunakan untuk menyerang mangsa dan melindungi dirinya sendiri. Dalam hal ini, bahkan hewan tersebut akan membunuh hidup-hidup pasangan kawinnya.

Seperti yang banyak diketahui, beberapa serangga memang setelah melakukan kawin salah satu dari mereka akan mati. Belalang betina akan membunuh belalang jantan yang akan digunakan sebagai sumber makanan untuk calon telurnya nanti.

Belalang jantan tersebut akan dipenggal kepalanya oleh belalang yang betina tidak lama setelah berhubungan. Meskipun begitu, belalang jenis ini dengan jenis kelamin jantan tersebut tetap rela dibunuh demi melestarikan populasi mereka.

Baca Juga  7 Tahapan Budidaya Ulat Hongkong yang Labanya Menggiurkan

8. Dijadikan Sebagai Hewan Resmi

Jangan sembarangan meremehkan jenis belalang yang satu ini karena ia banyak dijadikan sebagai hewan resmi di beberapa negara. Diantaranya seperti adalah di Sentadu Eropa bagian Connecticut, dan di Sentadu California bagian South California.

Selain fakta-fakta unik diatas, belalang ini juga dijadikan dasar gerakan seni bela diri di Cina yang mengadaptasi gerak-gerik dari hewan tersebut. Serial animasi Kungfu Panda yang menirukan karakter . hewan yang kecil tapi sangat kuat dan lincah di dalamnya juga terinspirasi dari jenis belalang ini,

Demikian adalah beberapa fakta-fakta unik mengenai belalang sembah yang mungkin tidak banyak diketahui. Tidak menyangka bukan jika ada spesies belalang yang bersifat predator dan karnivora yang sangat ganas dan rakus? Meski sederhana, tentu saja informasi ini bisa menambah wawasan Sahabat JH yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *