Beruang Kutub

6 Fakta Menakjubkan Beruang Kutub sebagai Mamalia Laut

Posted on

Beruang Kutub – Beruang adalah salah satu mamalia yang berukuran besar di dunia dan polar bear adalah yang paling terkenal. Banyak yang mengira bahwa mamalia ini adalah salah satu hewan darat tapi sebenarnya ia termasuk mamalia laut.

Beruang kutub merupakan mamalia laut sama halnya dengan singa laut dan lumba-lumba. Mengapa disebut mamalia laut? Karena ia adalah hewan yang mampu bertahan hidup bergantung dengan ekosistem laut.

Hidup mereka tergantung dengan lautan es dengan berenang dan berburu ikan. Mereka bahkan bisa mendayung menggunakan telapak kakinya. Fakta ini membuat beruang besar ini bernama ilmiah Ursus Maritimus yang artinya beruang laut.

Profil Beruang Kutub

Profil Beruang Kutub

Dilihat secara profilnya beruang ini memiliki ukuran 4 sampai 5,5 meter untuk ukuran dewasa. Dengan besar badan tersebut mereka bisa memiliki berat 350 sampai 700 kg. Beruang betina biasanya memiliki besar dan berat setengah dari beruang jantan.

Termasuk sebagai hewan karnivora yang mampu berlari dengan kecepatan 40 kph/ 25 mph. Makanan utamanya adalah singa laut, rusa, burung hingga telur. Mereka dapat bertahan hidup 25 sampai 35 tahun lamanya.

Habitat mereka ada di pegunungan es berlokasi di Kanada, Alaska, Greenland, Rusia hingga Norwegia. Bulu yang mereka miliki paling tebal di antara spesies beruang lainnya bahkan sampai di bagian kaki.

Baca Juga  Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Bulu yang tebal mampu memberikan kehangatan dan juga insulasi yang berada di bawah bulu. Mereka memiliki leher yang cukup panjang dan tulang sempit berbeda dengan jenis beruang lainnya.

Kaki bagian depan beruang kutub besar dan rata yang membantu mereka dalam hal berenang. Saat ini populasinya sekitar 22.000 sampai 31.000 menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Fakta Menarik dari Beruang Kutub

Fakta Menarik dari Beruang Kutub

Sebagai beruang terbesar, ia juga menjadi hewan predator di darat yang paling besar. Mereka termasuk ‘’hyper-carnivore’’ yang membutuhkan makanan terbuat dari lemak sebanyak 70%.

Julukan tersebut tentu saja dibantu dengan struktur tubuhnya di mana memiliki 42 gigi yang akan membantu mengunyah daging. Struktur gigi yang mereka miliki mirip dengan buaya, lumba-lumba dan beberapa jenis ikan hiu.

Terbiasa dengan iklim dingin yang sangat keras, ada beberapa fakta menarik mengenai beruang kutub. Apa saja itu?

1. Memiliki kemampuan berenang jarak jauh

Menjadi hewan mamalia laut tentunya kemampuan berenangnya tak diragukan. Mereka adalah perenang yang sangat kuat ditambah dengan bentuk telapak kaki yang datar. Catatan terjauh beruang putih ini berenang adalah sejauh 200 miles di lautan es.

Namun kemampuan berenang ini juga akan menguras tenaga, jadi kebanyakan yang melakukannya adalah beruang dewasa. Berenang dalam jarak jauh cukup berbahaya bagi anak beruang yang belum berpengalaman.

2. Pencarian tempat tinggal cukup sulit bagi beruang betina

Kehidupan cukup sulit dialami beruang betina ketika mencari tempat tinggal. Beruang betina harus mencari tempat tinggal yang aman selama hamil dan melahirkan. Biasanya beruang yang hamil akan menggemukkan badan di musim panas dan musim gugur.

Mereka membutuhkan lemak yang cukup sebelum masuk ke hibernasi di musim dingin dan melahirkan. Lokasi tempat tinggal biasanya berada di atas tanah dimana gundukan salju akan tebal.

Usai musim dingin mereka akan mengasuh anak beruang hingga memiliki berat 20 sampai 30 pounds. Pada waktu inilah anak beruang akan keluar dari sarang pertama kali. Ibu beruang akan mengajarkan berburu dan bertahan hidup kemudian.

3. Warna bulu beruang tidaklah putih

Jika dilihat di film-film dokumenter beruang yang terlihat dari kejauhan memiliki bulu warna putih seperti salju. Padahal aslinya tidak, setiap lapisan bulu tidak memiliki pigmen dan berwarna transparan.

Namun karena refleksi dari cahaya di salju dan gunung es membuatnya terlihat putih. Mereka akan terlihat sangat putih ketika bulu bersih dan angle dari matahari tepat di atas. Biasanya terjadi ketika musim panas hampir berakhir.

Sebelum musim panas berakhir bulu mereka akan terlihat kekuningan. Penyebabnya adalah terlalu banyak memakan singa laut.

Baca Juga  Sugar Glider: Jenis, Makanan, Harga dan Cara Merawatnya

4. Menyukai bergulung di atas salju

habitat Beruang Kutub

Kebiasaan unik yang dimiliki beruang adalah bergulung-gulung. Jika beruang grizzly yang baru saja keluar dari hibernasi mereka akan menggosokan punggung ke pohon. Fungsinya untuk memberikan bau atau tanda.

Berbeda dengan beruang grizzly, beruang kutub sangat suka berguling di atas salju. Mereka bergulung karena merasa bulunya kotor, misalnya saja setelah makan. Mereka akan bergulung-gulung sampai bulu bersih.

Beruang yang tinggal di wilayah dingin ini sangat suka kebersihan dan kering karena bulu yang kotor bahkan tertutup kotoran akan menciptakan isolator yang buruk. Karena tinggal di wilayah yang dingin secara ekstrim membutuhkan isolator yang baik.

5.Saling menyentuh hidung untuk meminta makan

Ada satu kebiasaan unik dari beruang kutub yaitu menyentuh hidung sesamanya untuk meminta sesuatu salah satunya makanan. Saling menyentuh hidung artinya menyapa beruang lain.

Hanya saja beruang sebagai tamu harus mendekati secara perlahan dan memutari beruang lainnya. Mereka akan perlahan menyentuhkan hidungnya ke hidung beruang lain untuk meminta izin mendapatkan makanan.

6. Tidak memiliki teritorial

Beruang ini satu-satunya jenis yang tidak membuat teritorial seperti hewan lainnya. Habitat yang sulit untuk diprediksi seperti mendapatkan makanan dan temperatur yang dingin menghilangkan kebiasaan memiliki wilayah.

Jangkauan sarang pun sangat bervariasi, jadi bisa saja sarang keluarga beruang dekat dengan beruang lainnya.

Sungguh menarik ketika mengamati kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki beruang yang satu ini. Sayangnya karena masalah global warming banyak es yang mencair, padahal es merupakan tempat bertahan hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *