Beruang Madu

Berkenalan dengan Beruang Madu dan 5 Faktanya

Posted on

Beruang Madu – Mendengar kata beruang pasti akan terbayangkan hewan berbulu coklat dengan ukuran yang lebih besar dari manusia. Ketika marah beruang akan memperlihatkan taringnya yang tajam dan mengerikan.

Inilah definisi beruang yang banyak di benak manusia, tapi beruang itu banyak sekali jenisnya. Tidak selalu beruang berukuran sangat besar, contohnya saja beruang madu. Beruang yang satu ini ukurannya paling kecil di antara jenisnyanya.

Beruang yang juga mendapat julukan Sun Bear ini menjadi telah menjadi karakter kartun yaitu Winnie The Pooh. Tak hanya suka dengan snack madu, beruang ini juga suka dengan serangga. Seperti apakah profil dan apa saja yang menarik dari Sun Bear?

Profil Singkat Beruang Madu

Profil Singkat Beruang Madu

Sun bear memiliki nama latin Helarctos Malayanus dan merupakan hewan mamalia dengan bulu hitam. Disebut dengan Sun bear karena adanya motif putih di bagian dadanya yang berbentuk seperti matahari terbit.

Hewan dengan tinggi mencapai 140 cm ini memiliki berat antara 50 kg hingga 65 kg. Bulunya yang berwarna hitam terlihat mengkilap dan mereka bisa hidup sampai umur 25 tahun.

Beruang madu adalah hewan yang banyak tinggal di area hutan di Asia Tenggara. Mereka memiliki kemampuan memanjat pohon dengan ketinggian 2-7 meter. Menghabiskan waktu bersantai di atas pohon adalah hobi yang selalu dilakukan.

Bagaimana dengan makanannya? Tak seperti jenis beruang lainnya yang merupakan karnivora. Sun bear adalah beruang omnivora yang sangat suka dengan serangga, dedaunan, kadal, dan buah beri.

Baca Juga  Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Snack favorit mereka adalah madu, kebiasaan inilah yang menjadikan ciri khas pada karakter Winnie The Pooh. Beruang ini memiliki lidah yang panjangnya 25 cm dan digunakan untuk mengekstrak seluruh madu dari luar.

Walaupun ada banyak lebah, sang beruang tidak akan terganggu dengan sengatannya. Beberapa negara yang menjadi habitat Sun bear adalah Indonesia di pulau Kalimantan dan Sumatera, Cina Selatan dan juga Burma.

Untuk urusan perkembang biakan, hewan ini biasanya memiliki anak 1 sampai 2 setelah hamil selama 95 sampai 96 hari. Tidak ada musim kawin seperti yang terjadi pada hewan-hewan lainnya. Mereka akan membuat sarang di gua-gua dan berkembang biak di sana.

Pada saat masih bayi, mereka belum memiliki bulu dan lemah kebanyakan tidak dapat bertahan hidup. Induk mereka akan merawat selama dua tahun hingga akhirnya dapat hidup secara mandiri.

5 Fakta Menarik Beruang Madu

Fakta Menarik Beruang Madu

Kebun binatang di Indonesia selalu memiliki beruang jenis ini. Mereka akan terlihat lucu dan bermalasan-malasan saat siang hari namun aktif di malam hari. Saat ini populasinya termasuk terancam dan menjadi hewan yang hampir langka.

Untuk lebih mengenal seperti apa beruang madu, berikut ini beberapa fakta menarik tentangnya.

1. Memiliki julukan lain selain beruang madu

Beruang madu adalah salah satu julukan yang paling banyak didengarkan. Penyebabnya karena mereka sangat suka dengan madu dan berani untuk mengambilnya langsung dari sarang lebah.

Selain julukan tersebut, masih ada istilah lain yang digunakan. Di malaysia beruang ini disebut dengan ‘’malay bear’’. Ada juga julukan ‘’dog face bear’’ karena memang wajahnya yang mirip seperti anjing bulldog.

Julukan utamanya tetap adalah Sun Bear karena ciri khas dari tanda yang ada di dadanya.

2. Tidak melakukan hibernasi

Beruang adalah hewan yang terkenal dengan hibernasi yaitu istirahat dan tidak melakukan kegiatan apapun. Hibernasi hanya berlaku untuk jenis beruang yang tinggal di empat musim seperti beruang Grizzly.

Beruang Grizzly akan melakukan hibernasi pada saat musim dingin dan kembali aktif di musim semi. Siklus ini tidak dimiliki oleh Sun bear yang tinggal di wilayah tropis. Selain itu sumber makanan mereka pun bisa didapatkan sepanjang tahun.

3. Memiliki penciuman yang tajam dan rahang yang kuat

Sun bear memiliki penciuman yang sangat tajam lebih dari yang dimiliki manusia. Mereka dengan mudah mencium manakah yang merupakan makanan. Ditambah lagi kekuatan dari rahang mereka sangat besar.

Kelapa adalah salah satu jenis makanan mereka dan dengan rahang yang kuat dengan mudah mengupas kelapa untuk memakan dagingnya. Mereka juga akan menggunakan kuku panjang untuk mencari serangga di dalam batang pohon.

Baca Juga  8 Panduan Budidaya Ulat Jerman Lengkap Untuk Pemula

4. Memiliki sifat agresif

Beruang madu sekilas terlihat ramah namun mereka juga memiliki sifat agresif seperti hewan liar lainnya. Mereka mudah terkejut dan akan menyerang jika dikagetkan. Biasanya yang menjadi predator utama dari hewan ini adalah manusia.

Hewan yang lain yang memiliki potensi untuk menjadi predator Sun bear adalah macan dan juga ular phyton. Pernah terjadi di Kalimantan seekor ular phyton memangsa Malay bear yang sedang tidur.

Hingga saat ini populasi dari Sun bear sendiri hanya 30% di tiga puluh tahun terakhir. Membunuh hewan ini dilarang dalam hukum, hingga saat ini ada banyak habitatnya yang diubah menjadi lahan pertanian dan dibunuh karena dagingnya dianggap sebagai obat.

5. Memiliki fingerprint pada bagian dada

Disebut Sun bear karena terdapat tanda motif seperti matahari terbit di bagian dada mereka. Tanda ini memiliki warna yang putih kekuningan hingga berwarna abu-abu sampai orange.

Tapi tahukah kamu bahwa tanda di setiap beruang ini adalah fingerprint bagi mereka. Tak akan ada tanda yang sama dari masing-masing mereka dan dijadikan pembeda. Sungguh unik bukan?

Keunikan dari beruang madu ini harus selalu kita jaga dengan menjaga habitatnya tetap nyaman dan tidak berburu apalagi memakan dagingnya. Dengan begitu spesies ini masih akan terus bertahan hidup di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *