budidaya ikan gurame

Budidaya Ikan Gurame, Hasilkan Omset Jutaan Rupiah!

Posted on

Olahan ikan gurame merupakan salah satu menu kuliner yang digemari banyak orang. Memandang fenomena itu, pasti sangat menarik bila memandang budidaya ikan gurame selaku kesempatan bisnis yang menjanjikan.

Buat mengawali bisnis ini, Anda membutuhkan modal paling tidak sekira Rp10 juta– Rp11 juta. Modal tersebut dibutuhkan buat membuat kolam, membeli bibit gurame, pakan, obat- obatan, serta lain- lain.

Pengeluaran tersebut sebanding dengan pemasukan yang didapat bila sukses melaksanakan bisnis ini. Jika Anda memandang harga ikan gurame di pasaran, lumayan besar serta relatif normal, sehingga tidak perlu takut harga hendak anjlok.

Metode Budidaya Ikan Gurame buat Pemula

budidaya gurame

1. Memilah Induk buat Budidaya Ikan Gurame

Langkah awal dalam ternak gurame merupakan memilah induk yang siap berbuah. Umumnya, induk yang sudah siap berbuah merupakan ikan gurame yang berusia 3 hingga 7 tahun.

2. Membuat Sarang Ternak Gurame

Sarang ikan gurame ini berperan selaku tempat penyimpanan telur ikan gurame. Sarang dapat Anda buat dari pakis, rajutan karung, ataupun sabut kelapa. Buatlah anyaman tali di ujung kolam, kemudian letakkan bahan sarang tersebut di atasnya.

Perihal ini hendak mempermudah induk jantan membuat sarangnya sendiri. Siapkan pula rumput kering ataupun ijuk supaya induk betina bisa menutup lubang telur.

Baca Juga  Ikan Buntal Air Tawar : Jenis dan Cara Merawatnya

3. Metode Mengawinkan Ikan Gurame

Biar jumlah ikan gurame di dalam budidaya gurame ini terus menjadi banyak, pasti Anda wajib mengawinkan induk jantan serta induk betinanya.

budidaya telur ikan gurame

4. Menjaga Telur Ikan Gurame

Saat sebelum mengambil telur hasil pemijahan, yakinkan telur sudah matang. Identitas telur ikan gurame yang matang merupakan ada minyak di atas sarang pemijahan serta tercium bau amis pada telur. Umumnya telur hendak menetas dalam waktu 3 hari.

Perkenankan benih ikan gurame terletak di bak penetasan sepanjang 10 hari. Selanjutnya pada hari ke-11, lalu pindahkan akan benih tersebut ke sebuah bak pembenihan.

5. Pembenihan

Salah satu metode budidaya ikan gurame supaya kilat besar merupakan melaksanakan pendederan ataupun pembenihan yang baik. Buat pembenihan, siapkanlah bak spesial.
Dimensi bak tersebut dapat kalian sesuaikan buat kebutuhan.

Selaku contoh, bila mempunyai 2. 000 benih ikan, kalian butuh bak berdimensi 2, 5 m x 4, 5 m. Pembenihan biasa dicoba sepanjang 14 hari. Jangan kurang ingat berikan makan benih ikan gurame memakai ikan daphnia.

6. Membuat Kolam Budidaya Ikan Gurame

Anda tidak butuh membuat kolam dari beton sebab budidaya ikan gurame di kolam terpal dapat dicoba secara gampang. Anda dapat membeli terpal di toko perlengkapan pertanian.

tips budidaya ikan gurame

Alternatif yang lain, Anda dapat memakai plastik yang lumayan tebal serta transparan. Sehabis membeli terpal ataupun plastik, kalian wajib membuat bilik selaku penopang kolam ikan.

7. Berikan Pakan Ikan Gurame

Metode budidaya ikan gurame supaya kilat besar merupakan dengan berikan pakan yang bermutu. Tidak hanya itu perhatikan pula waktu pemberikan pakan ikan gurame. Waktu sangat baik buat pemberian pakan merupakan 2 kali satu hari, pada pagi serta sore hari.

Baca Juga  Hobi Mancing, Coba 4 Racikan Umpan Ikan Lele Ini

8. Tambahkan juga Eceng Gondok Pada Kolam

Buat menghindari sorot cahaya matahari secara kelewatan ke kolam, taruhlah sebagian tumbuhan eceng gondok. Tidak hanya itu, supaya ikan gurame bisa berkembang dengan sehat, pastikanlah perputaran air pada kolam berjalan baik.

9. Panen Ikan Gurame

Memanen ikan gurame juga tidak dapat sembarangan. Paling tidak, dikala dipanen, ikan gurame wajib mempunyai bobot 7 ons. Bila di dini masa pembudidayaan menyimpan bibit ikan gurame seberat 2, 5 ons, kalian memerlukan waktu sekira 5 bulan sampai masa panen tiba.

tips budidaya gurame

Inilah seputar informasi dalam budidaya gurame. Jadi, kunci dalam melaksanakan bisnis ini merupakan kesabaran serta telaten.

Comments

comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *