in

Mudah, Ini Cara Merawat dan Menjinakan Burung Hantu Celepuk

burung hantu celepuk

Burung Hantu Celepuk – Burung Hantu Celepuk merupakan salah satu jenis burung hantu yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Burung hantu merupakan hewan jenis nokturnal yang aktif di malam hari. Burung hantu sering digunakan oleh petani sebagai hewan pembasmi hama. Sehingga burung hantu menjadi  hewan yang banyak dipelihara.

Salah satu jenis burung hantu yang menjadi pilihan untuk dipelihara adalah Burung Hantu Celepuk. Burung Hantu Celepuk dijual dengan harga yang cukup murah. Selain harganya yang murah, anda dapat merawat Burung Hantu Celepuk dengan mudah.

Cara Merawat dan Menjinakan Burung Hantu Celepuk

cara merawat burung hantu celepuk
Image: id.wikipedia.org/

Bagi anda yang ingin memelihara Burung Hantu Celepuk ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai Burung Hantu Celepuk.

Mulai dari cara merawat, makanan, dan cara menjinakan Burung Hantu akan dibahas pada artikel kali ini.

Ada beberapa tips dalam merawat Burung Hantu Celepuk yang bisa anda pelajari dan pahami sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis burung primadona ini.

Baca Juga  Yuk Mengenal Burung Kolibri Ninja dan Harganya

Perhatikan Ukuran Sangkar

Perawatan Burung Hantu Celepuk pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran sangkar atau kandangnya. Jangan menggunakan sangkar yang berukuran kecil. Gunakan sangkar atau kandang yang luas.

Burung Hantu Celepuk merupakan hewan yang aktif bergerak. Sehingga memilih sangkar yang luas adalah hal tepat agar Burung Hantu Celepuk dapat bergerak dengan leluasa.

Jika kandang atau sangkar sempit, maka sangat mudah Burung Hantu Celepuk ini mengalami stress. Ketika setress, Burung Hantu Celepuk bahkan tidak mau makan.

Perhatikan Penempatan Sangkar

Karena burung hantu merupakan hewan nokturnal, maka hewan ini sangat aktif di malam hari. Sehingga sangkar atau kandang harus ditempatkan di tempat yang teduh.

Burung Hantu Celepuk bukanlah burung kicau seperti umumnya yang harus dijemur. Upayakan Burung Hantu Celepuk tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung.

Ketika malam hari, anda bisa mematikan lampu di sekitar tempat sangkar. Ini membuat siklus metabolisme pada Burung Hantu Celepuk tetap bagus dan tidak akan mudah sakit.

Selain itu, burung hantu akan memiliki penglihatan yang lebih baik dan tajam apabila sekitarnya memang dalam keadaan gelap.

Pastikan Sangkar Selalu Bersih

Menjaga kebersihan memang harus selalu dilakukan pada jenis hewan peliharaan apapun. Sama dengan manusia, hewan peliharaan juga akan menyukai tempat yang bersih.

Burung Hantu Celupuk sendiri merupakan hewan karnivora yang tidak memiliki gigi sehingga harus mencabik terlebih dahulu makanan burung hantu celepuk dengan paruh.

Apabila makanan burung hantu celepuk tidak dapat dicerna, maka Burung Hantu Celupuk akan langsung memuntahkannya. Oleh karena itu perlu membersihkan kandang Burung Hantu Celupuk secara rutin.

Hal ini juga bertujuan agar Burung Hantu Celupuk tidak mudah sakit karena sisa makanan burung hantu celepuk dan minumannya.

Cukup bersihkan sangkar dengan air biasa dan cucilah peralatan makan seperti tempat makan dan tempat minum dengan bersih. Ganti juga air minum dengan air yang bersih.

Mandikan Burung Hantu Celepuk

Memandikan Burung Hantu Celepuk dapat meminimalisir agar Burung Hantu Celepuk tidak mudah stress. Memandikannya cukup mudah, anda hanya perlu menyemprotkan air menggunakan semprotan burung. Semprotkan ke arah Burung Hantu Celepuk.

Memandikan Burung Hantu Celepuk tidak harus sering. Tidak harus setiap hari. Anda bisa memandikannya seminggu sekali saja.

Beri Nama

harga burung hantu cepluk

Jika anda ingin melatih peliharaan anda dan dapat berkomunikasi dengan mereka, anda perlu memberikan nama.

Sama halnya dengan Burung Hantu Celepuk yang juga harus diberi nama agar pemilik dapat lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi. Ini juga akan membuat anda lebih akrab dengan peliharaan anda.

Melatih Burung Hantu Celepuk

Untuk membuat Burung Hantu Celepuk menjadi jinak, maka anda harus melatihnya. Salah satu cara melatih Burung Hantu Celepuk adalah dengan siulan.

Gunakan siulan untuk memancing dan melatih agar burung melihat ke arah anda. Anda bisa memancing dengan makanan agar Burung Hantu Celepuk mendatangi anda.Anda juga dapat melatihnya agar Burung Hantu Celepuk ikut bersiul.

Cara lainnya adalah dengan menempatkan Burung Hantu Celepuk pada tempat yang tinggi. Kemudian, anda bisa memancing Burung Hantu Celepuk dengan makanan seperti jangkrik agar mendatangi anda.

Lakukan ini secara terus menerus hingga mereka percaya kepada anda. Lalu, Burung Hantu Celepuk akan menjadi jinak.

Cek Kesehatan Burung Hantu Celepuk

Burung Hantu Celepuk tetap berisiko sakit. Maka, anda harus memperhatikan tanda-tanda yang diperlihatkan oleh sang burung ketika ia sedang sakit.

Burung Hantu Celepuk akan memberikan tanda pada mata. Apabila mata Burung Hantu Celepuk selalu tertutup pada siang dan malah hari, ini menandakan burung sedang sakit.

Anda perlu memberikannya minyak ikan yang bagus. Selain itu berikan Burung Hantu Celepuk jangkrik setiap hari.

Apabila Burung Hantu Celepuk memberikan tanda-tanda seperti murung, mata yang sering tertutup, dan tidak nafsu makan, itu tandanya Burung Hantu Celupuk anda mengalami setres.

Cara menghilangkan stres pada Burung Hantu Celepuk adalah dengan memberikan ia jangkrik dan tikus putih. Pastikan tikus putihnya adalah tikus putih yang bersih. Kasih makanan jangkrik dan tikus putih tersebut selama 4 hari berturut-turut.

Jika Burung Hantu Celepuk tidak mau berdiri dan selalu menunduk, maka itu adalah tanda-tanda bahwa Burung Hantu Celepuk sedang sakit dan akan mati.

Burung Hantu Cepuluk tidak bisa berdiri stabil dan akan muntah. Lalu badannya menggigil dan gemetar. Maka, anda cukup menghangatkan Burung Hantu Celepuk dengan menjemur sebentar.

Jemur Burung Hantu Celepuk sebentar. 1 jam mulai pukul 6 hingga pukul 7 pagi. Jangan lama-lama dalam menjemur. Dikarenakan Burung Hantu Celepuk adalah hewan nokturnal.

Beri Perawatan Khusus Saat Moulting

Apabila Burung Hantu Celepuk sedang mengalami masa pergantian bulu atau Moulting, beri burung perawatan yang khusus.

Masa moulting akan dialami oleh Burung Hantu Celepuk dalam 6 bulan sekali selama 10 hari. Beri Burung Hantu Celepuk makanan jangkrik dan olesi terlebih dahulu dengan madu agar Burung hantu Celepuk terasa nyaman.

Makanan Burung Hantu Celepuk

Makanan Burung Hantu Celepuk

Memilih makanan untuk Burung Hantu Celepuk harus menyesuaikan dengan ukuran tubuh  sang burung. Lalu apa saja jenis makanan Burung Hantu Celepuk?

  1. Jangkrik
  2. Kecoa
  3. Daging Ayam
  4. Burung Emprit
  5. Burung Puyuh Kecil
  6. Burung Gereja
  7. Tikus Putih
  8. Siput
  9. Ikan Mas
  10. Cacing Putih

Untuk memberi makan burung hantu kecil atau anak Burung Hantu Celepuk, anda harus memotong-motong makanan menjadi kecil agar mempermudah.

Berbeda dengan Burung Hantu Celepuk dewasa. Lebih baik anda memberikannya makanan utuh hewan yang masih hidup. Ini akan membantu Burung Hantu Celepuk dalam berlatih memburu agar Burung Hantu Celepuk dapat memiliki naluri yang tajam.

Untuk makanan berupa jangkrik, anda wajib memotong kaki gergaji dari jangkrik tersebut. Hal ini agar Burung Hantu Celepuk dapat makan dengan nyaman dan tidak ada yang tersangkut di tenggorokan.

Menyajikan makanan pada Burung Hantu Celepuk memang harus dalam keadaan yang segar dan hidup. Apabila anda sedang memberi makan anakan Burung Hantu Celepuk, makanan yang sudah dipotong harus segera diberikan.

Hal ini agar makanan yang dimakan tidak menyebabkan timbulnya penyakit pada Burung Hantu Celepuk yang anda rawat.

Baca Juga  Burung Jalak Bali : Ciri, Cara Merawat dan Harganya

Untuk minuman, anda hanya perlu menyajikan air putih dari air kran maupun air mineral yang anda minum sehari-hari. Asalkan minuman tersebut tetap bersih.

Pola makan Burung Hantu Celepuk juga berbeda. sesuai dengan ukuran dan usianya. Untuk anakan Burung Hantu Celepuk, anda dapat memberinya makan 3 kali sehari dengan porsi yang disesuaikan dengan burung.

Untuk takaran pasti memang sulit dihitung. Karena, kebutuhan makan memang disesuaikan dengan Burung Hantu Celepuk masing-masing.

Ada Burung Hantu Celepuk yang kuat untuk makan jangkrik banyak hingga 10 ekor dan ada juga yang cukup memakan jangkrik sebanyak 3 hingga 5 ekor saja.

Cara Menjinakkan Burung Hantu Celepuk

Cara Menjinakkan Burung Hantu Celepuk

Menjinakan Burung Hantu Celepuk memang sedikit sulit bagi sekian orang. Oleh karena itu ini dia beberapa tips yang akan dibahas agar anda dapat menjinakan Burung Hantu Celepuk.

Beri Makan Secara Langsung Dengan Tangan

Tips pertama menjinakan Burung Hantu Celepuk adalah dengan memberinya makan langsung dengan tangan anda.

Ini akan mendorong Burung Hantu Celepuk untuk mengenal anda sebagai majikannya. Lalu burung akan bersikap friendly.

Ketika anda sudah merasa Burung Hantu Celepuk jinak, maka anda tidak perlu lagi melakukan tips ini. Ketika memberi makan, anda boleh langsung menaruhnya di tempat makan Burung Hantu Celepuk yang sudah disediakan.

Anda bisa mengiming-imingnya saat Burung Hantu Celepuk dalam keadaan lapar. Lakukan hingga Burung Hantu Celepuk bersikap jinak.

Beri Interaksi Yang Sering

makanan burung hantu celepuk

Anda bisa berinteraksi dengan menatap mata Burung Hantu Celepuk. Lakukan lah tips tersebut selama 2 kali sehari. Dengan begitu Burung Hantu Celepuk dan anda akan lebih dekat.

Perlakukanlah Burung Hantu Celepuk seperti seorang teman. Usap, mandikan, dan berilah makan secara teratur pada Burung Hantu Celepuk agar cepat akrab.

Baca Juga  Lovebird Biola : Jenis, Karakteristik dan Harganya

Jangan Sering Meletakkan Burung Di Sangkar

Disarankan kamu memiliki tempat untuk Burung Hantu Celepuk bertengger. Perch yang terbuat dari ranting kayu.

Jika terlalu sering ditaruh di sangkar, burung akan mudah stres. Maka biarkan Burung Hantu Celepuk ini bertengger. Jangan lupa untuk merantai kaki burung agar tidak terbang.

Sering-Sering Menyentuh

Sentuhlah Burung Hantu Celepuk dengan lembut dan tidak mengagetkannya. Sama dengan peliharaan lainnya, Burung Hantu Celepuk juga akan lebih jinak apabila sering disentuh.

Burung Hantu Celetuk juga memiliki kepekaan yang kuat terhadap sentuhan manusia. Lakukan secara sering agar anda cepat akrab dengan Burung Hantu Celepuk.

 Burung Hantu Celepuk merupakan burung yang memiliki sifat penurut dan mudah untuk diatur. Sehingga ketika sudah dekat dengan pemiliknya, Burung Hantu Celepuk akan selalu setia kepada pemiliknya.

Beberapa informasi sudah dijelaskan untuk mempermudah anda dalam merawat Burung Hantu Celepuk. Pastikan anda merawat dan menjaga Burung Hantu Celepuk ini dengan benar dan hati-hati.

Baca informasi hewan lainnya untuk menambah pengetahuan anda hanya di jendelahewan.com.

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
anjing siberian husky

Anjing Siberian Husky : Ciri, Perawatan, Cara Mengawinkan

makanan burung jalak suren

10 Makanan Burung Jalak Suren Ini Bikin Rajin Bunyi