Burung Kolibri

Burung Kolibri : Jenis, Makanan, dan Cara Merawatnya

Posted on

Burung kolibri merupakan jenis burung yang banyak dikenal orang dengan sebutan burung paling kecil di dunia. Tetapi jangan salah, meski memiliki badan yang kecil burung ini juga memiliki beberapa kelebihan yang sangat mengagumkan, mulai dari suaranya yang merdu hingga kelebihan lainnya.

Jika Anda ingin mendengar kolibri rajin berbunyi tentu hal ini merupakan sesuatu yang tidak gampang. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti melakukan perawatan yang maksimal dan pemberian pakan setiap harinya. Supaya lebih jelas lagi, simak penjelasan dibawah ini.

Seperti Apa Burung Kolibri Ini?

jenis kolibri

Kolibri merupakan sebuah jenis burung yang memiliki suara cantik dengan bentuk burung yang sangat mungil. Meskipun bentuk tubuhnya minimalis, burung kolibri juga memiliki kualitas terbang yang sangat baik. Jadi, sudah tidak heran lagi jika jenis burung yang satu ini memiliki banyak peminat.

Burung yang terkenal di dunia dengan sebutan hummingbird ini terdapat dalam berbagai jenis. Meski ada berbagai jenis, burung jenis ini semuanya sama-sama memiliki bentuk paruh yang melengkung dengan warna yang sangat cerah. Sedangkan untuk bulu pada burung ini warnanya bervariasi.

Baca Juga  Burung Jalak Bali : Ciri, Cara Merawat dan Harganya

Bentuk tampilan dari burung ini sangat indah dilengkapi dengan hiasan bulu yang memiliki berbagai warna. Warna tersebut diantaranya seperti merah, ungu, hitam, kuning, hijau, biru dan masih banyak lagi warna campuran lainnya.

Habitat dan Penyebaran Burung Kolibri

Habitat dan Penyebaran Burung Kolibri

Burung kolibri memiliki penyebaran habitat yang cukup luas. Penyebaran habitatnya mulai dari wilayah Afrika hingga ke Timur Tengah. Selain itu, burung ini juga tersebar dari Asia Selatan, Asia Tenggara, Cina Selatan, Indonesia dan yang terakhir Australia Utara.

Keragaman spesies tertinggi dari burung yang satu ini tersebar di daerah khatulistiwa. Sedangkan pada daerah Afrika burung tersebut banyak ditemukan di Afrika Sub Sahara dan tersebar juga di Madagaskar dan mesir. Sedangkan tersebarnya kolibri di Asia mulai dari laut merah hingga ke Israel.

Selain tersebar di Iran, kolibri juga masuk ke daerah Cina Selatan dan Indonesia. Spesies burung yang satu ini juga banyak dijumpai di Papua Nugini hingga ke Kepulauan Solomon. Untuk habitat yang paling cocok untuk hidupnya burung ini yaitu di hutan hujan primer.

Baca Juga  Lovebird Biola : Jenis, Karakteristik dan Harganya

Memang benar habitat burung yang satu ini sangat luas. Bukan di hutan hujan primer saja, tetapi habitat lain yang menjadi tempat kolibri ini yaitu hutan sekunder terganggu, hutan terbuka dan semak belukar terbuka. Bahkan, sabana dan semak belukar juga bisa menjadi habitat dari burung mungil ini

Spesies lain burung ini juga bisa Anda temukan di dekat kawasan pemukiman kehidupan manusia seperti di daerah perkebunan dan lahan. Bahkan di wilayah pegunungan pun bisa karena burung ini juga mampu hidup di ketinggian hingga 4900 MDPL.

Jenis Burung Kolibri

Jenis Burung Kolibri

Berbicara mengenai jenisnya, sebenarnya burung ini terdapat dalam banyak varian. Beberapa diantara jenis burung kolibri ini bisa Anda kenali dalam daftar berikut.

* Kolibri Ninja

Kolibri jenis ini tampilannya sangatlah cantik dan sedikit sangar. Kolibri ninja juga memiliki suara yang nyaring dan bisa mengagetkan orang yang mendengarnya. Jenis yang satu ini bisa didapat mulai harga 130 ribuan hingga 200 ribuan.

* Kolibri Wulung

Untuk jenis kolibri wulung bisa dikategorikan sebagai burung yang cukup agresif, sehingga akan lebih sulit ditangkap. Ukuran burung ini pun sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kolibri pada umumnya.

Baca Juga  Burung Tledekan : Karakter, Jenis dan Cara Merawatnya

* Kolibri Sepah Raja

Sepah raja merupakan jenis kolibri yang banyak ditemukan di Indonesia. Pada dasarnya, ciri khas burung ini sma dengan burung cirikhas kolibri pada umumnya. Satu hal yang membuatnya berbeda adalah ketahanan tubuhnya yang lebih kuat.

Makanan Burung Kolibri

Makanan Burung Kolibri

Jenis makanan dari burung kolibri sebenarnya tidak susah. Terdapat pakan yang bisa Anda gunakan. Bahkan, jenis makanan tersebut sangat mudah dijumpai disekitar. Lalu, apa saja daftarnya? Ini beberapa makanan yang burung tersebut sukai.

* Madu

Madu merupakan makanan paling disukai oleh kolibri. Manfaat dari madu yaitu membuat kolibri semakin hangat tubuhnya dan lebih fighter. Tetapi, tidak bagus jika diberikan setiap hari.

* Kroto

Makanan ini merupakan pakan yang mengandung banyak protein. Tetapi makanan burung kolibri yang satu ini bukan termasuk jenis pakan yang utama. Manfaat dari pakan ini adalah membuat kolibri semakin memiliki suara yang kicau nyaring dan stamina untuk berbunyi.

Baca Juga  Cara Master Kacer agar Suara Cepat Gacor dan Siap Lomba

* Susu

Susu yang bisa digunakan berupa susu kental manis karena itu memiliki manfaat supaya burung menjadi terlihat segar dan mengkilap. Akan tetapi, susu kental manis juga tidak baik jika diberikan secara terus menerus. Dampak yang bisa terjadi adalah, burung akan menjadi gemuk dan tidak lincah.

* Air Gula atau Sirup Buatan

Jenis makanan keempat yaitu air gula atau sirup buatan. Makanan ini cocok diberikan kepada kolibri sebab kandungan gulanya baik dijadikan sumber energi kolibri. Jika kolibri mengkonsumsi pakan ini, maka sumber energi akan terpenuhi dan burung akan semakin sehat, gesit, dan lincah.

Meski demikian, Anda jangan memberikan air gula atau sirup ini secara terus menerus, karena kolibri juga membutuhkan makanan tambahan lainnya. Jadi, nutrisinnya harus seimbang.

Jika tidak diberikan makanan tambahan burung akan menjadi kurus. Tidak hanya itu, burung bisa mati jika mengkonsumsi gula banyak.

Cara Merawat Burung Kolibri

Cara Merawat Burung Kolibri

Cara merawat burung kecil yang satu ini cukup mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pakan yang berkualitas. Sama halnya dengan merawat hewan lain, supaya burung tetap sehat, Anda bisa memberikan makan dengan teratur. Selain itu, kualitas makanannya juga diperhatikan.

Cara perawatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memandikan untuk mencegah stress pada burung. Waktu yang baik untuk memandikan burung adalah antara pagi atau sore. Setiap hari cukup memandikan sekali saja dengan menggunakan semprotan air supaya bisa bersih secara menyeluruh.

Jika Anda sudah memandikannya, maka disarankan untuk mengeringkan burung tersebut. Kolibri bisa dijemur, tetapi jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari yang terik. Ada baiknya burung dijemur di paparan sinar matahari sekitar jam 9 hingga 10 pagi.

Baca Juga  Mudah, Ini 15 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Tidak hanya menjemur saja, untuk merawat burung supaya selalu berkicau Anda bisa meletakkannya di tempat yang sejuk. Kolibri bisa dikeluarkan sekitar jam 5 pagi dengan suasana udara yang masih mengembun. Namun, jangan terlalu lama mengeluarkannya, cukup 2 jam saja.

Fakta Unik Burung Kolibri

Kolibri merupakan sebuah jenis burung yang tidak luput dengan sifat unik yang dimilikinya. Burung yang satu ini juga disebut dengan burung yang serba cepat. Bagaimana tidak? Ternyata kolibri memiliki detak jantung yang cepat yaitu 1200 detak per menit. Manusia saja dikalahkan karena hanya 60-100 per menit.

Bukan hanya itu, burung jenis kolibri juga memiliki kepakan sayap yang sangat cepat. Ketika musim kawin, kolibri bisa mengepakkan sayapnya hingga kecepatan 200 kepakan per detik.

Padahal, dalam kondisi normal, kepakan sayap dari burung ini hanya 90 kepakan per detik. Karena kelebihan ini, burung tersebut dikenal dengan sebutan hummingbird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *