burung macaw

10 Jenis Burung Macaw dan Kisaran Harganya

Posted on

Burung Macaw – Siapa yang tidak kenal dan sayang dengan burung Macaw? Burung eksotis ini pasti sudah dilirik oleh banyak pecinta burung di seluruh dunia. Termasuk Anda bukan?

Saking indah dan menariknya Burung Macaw, salah satu rumah produksi film terbaik dunia pernah menjadikannya pemeran utama dalam film tersebut. Yap! Film itu adalah film Rio, apakah Anda sudah menontonnya? Bagaimana, burung yang indah bukan?

Yang ditampilkan dalam film tersebut mungkin hanya beberapa jenis saja, padahal burung macaw ini banyak jenisnya. Selain jenis yang cukup banyak, Anda juga mungkin akan sedikit menguras dompet jika ingin memeliharanya, itu karena untuk membeli burung eksotis ini, Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam.

Harga burung macam ini tidak main-main loh, sama juga dengan perawatannya sangat tidak main-main. Meski begitu sangat disayangkan ketika burung ini sudah populer, banyak orang mengambil paksa mereka dari habitat aslinya, lalu diperjual belikan secara ilegal.

10 Jenis Burung Macaw dan Kisaran Harganya

Jenis Burung Macaw

Berikut ini akan kami sajikan 10 Jenis burung Macaw, lengkap dengan kisaran harga burung macaw tersebut. Apakah Anda siap? Baiklah mari kita ulas

1. Blue and Gold Macaw

Jenis yang pertama dari burung macaw adalah Blue and Gold Macaw, kalau dalam bahasa Indonesia berarti Macaw berwarna Biru dan Kuning Emas. Waaaah, sangat cantik!

Nyatanya yang jenis ini sangat tidak disarankan untuk memelihara pemula. Jadi Anda yang baru merasa suka dan hobi dengan burung, mungkin harus mengurungkan niat untuk membeli burung ini, kenapa bisa begitu ya?

Untuk merawat burung yang berukuran besar ini, lalu dengan suara yang nyaring (kadang) menjerit kencang, Anda disarankan sudah memiliki keahlian khusus dalam merawat burung.

Anda dituntut untuk sabar dan telaten dalam menggali karakter burung yang ceria, ramah, cerdas dan senang bersosialisasi. Jika perawatannya baik dan sesuai, bukan tidak mungkin Anda dan Macaw jenis Blue and Gold ini akan memiliki ikatan yang sangat kuat.

Untuk membeli burung ini, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 5.000.000 untuk Macaw berumur 6 bulan. Dan sekitar Rp 15.000.000 untuk yang Dewasa.

Baca Juga  Yuk Mengenal Burung Kolibri Ninja dan Harganya

2. Greenwings Macaw

Selanjutnya yang akan kita ulas adalah burung yang sayapnya berwarna hijau, seperti namanya : Green Wings atau sayap hijau

Karakter burung ini begitu manis, ketika Anda melatihnya, ia akan senantiasa memberikan respon yang baik. Sangat dianjurkan untuk memberikan lingkungan yang baik, urungkan niat Anda untuk mengabaikannya, karena jenis ini tidak suka dicuekin atau parahnya Anda meninggalkan dia.

Berbeda dengan yang pertama, untuk membeli burung jenis ini berumur 6 bulan, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 14.000.000 dan Rp. 40.000.000 untuk yang ukuran dewasa. Wooow harga yang sesuai menurut kami karena sifatnya yang manis dan mudah untuk dilatih.

3. Hahn’s Macaw

Jika dua sebelumnya Anda melihat bentuk burung yang cukup besar, maka yang ketiga ini bentuknya kecil, sesuai dengan namanya Hahn’s Macaw yang berarti Macaw mini.

Meski berbentuk kecil imut, burung ini terkenal super dan pintar loh. Bisa dikatakan bahwa jenis ini adalah jenis terimut, terkecil dan terpintar yang pernah ada.

Mereka akan cenderung mudah dekat dengan siapapun yang memberikan perawatan kepadanya. Tentu dengan perawatan yang baik ya. Dan jika anda tekun berlatih dengannya, bukan tidak mungkin loh ya Anda bisa membuatnya pandai berbicara

Untuk Hahn’s Macaw berukuran dewasa, anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 16.000.000

4. Macaw Hyacinth

harga burung macaw

Berbeda jauh dengan mini macaw atau Hahns Macaw, dia memiliki postur yang besar. Bahkan bisa dikatakan terbesar diantara jenis lainnya.

Untuk melatih macaw jenis ini, sepertinya Anda harus cukup bersabar, itu karena dia akan membutuhkan latihan yang rutin, dan lebih sering. Berbeda dengan jenis Macaw lainnya.

Cukup terkenal dengan karakter yang sulit dilatih, yang ingin memiliki burung ini sudah tentu harus memiliki kepribadian yang senantiasa sabar, dan ulet. Karena bagaimanapun, burung ini bisa menjadi burung tercerdas yang pernah ada jika ditangani dengan benar, dengan keuletan dan kesabaran.

Oh ya, seperti yang kami sebutkan diawal, bahwa ada jenis macaw yang pernah dijadikan pemeran utama dalam film tersebut. Yap! Film Rio dengan Macaw Hyacinth sebagai aktornya.

Kocek yang harus anda rogoh untuk jenis ini adalah sekitar Rp 50.000.000 sampai dengan Rp 70.000.000. Fantastis!

5. Macaw Hybrid

Selanjutnya adalah Macaw Hybrid. Jenis yang membutuhkan pemilik yang cukup berpengalaman, menjadi sabar saja tidak cukup untuk menjadikan Hybrid Macaw sebagai jenis yang elok dan berkualitas.

Harga burung Macaw jenis ini berkisar antara Rp 20.000.000 untuk anakan, dan sekitar Rp. 50.000.000 untuk yang Dewasa

6. Macaw Illiger / Blue Winged Macaw

Jenis keenam yang akan kita ulas adalah macaw Illiger atau Blue Winged Macaw. Burung ini kalau dijual, harga termahalnya bisa sampai Rp. 120.000.000 loh.

Mungkin karena selain keindahan yang ada pada dirinya, Macaw Illiger memiliki sifat yang ramah dan mudah berinteraksi dengan manusia. Apalagi jika interaksi itu terjalin ketika usia Illiger masih muda.

Baca Juga  Lovebird Biola : Jenis, Karakteristik dan Harganya

7. Military Macaw

Berikutnya adalah burung yang masih terjaga reputasinya. Sebagai burung yang asyik dan menyenangkan.

Military Macaw memiliki karakter yang asyik, berjiwa sosial tinggi, memiliki rasa ingin tahu (kepo-an), senang bermain, senang sekali jika berinteraksi dengan manusia. Meskipun kita tahu bahwa suaranya berisik.

Mereka akan sangat senang jika pemiliknya sering berinteraksi dengan mereka. Banyak menghabiskan waktu dengan mereka. Karena dengan keakraban itu, membuat mereka menjadi lebih berenergi

Harga burung macaw jenis ini sekitar Rp.20.000.000

8. Scarlet Macaw

Scarlet Macaw

Yang kesembilan dari jenis macaw yang akan kita ulas adalah Scarlet Macaw. Sosok Macaw yang jika anda ingin menjadikannya jinak lagi memiliki kecerdasan yang berkembang, maka Anda harus memberikan interaksi rutin dengan dia. Seperti memberikan stimulasi dan sosialisasi rutin setiap hari.

Jangan buat dia bosan ya. Anda harus be benar-benar memastikan dengan memperhatikannya. Satu tips buat Anda, belikan lah dia mainan, jika dia terlihat mulai jenuh.

Untuk jenis ini, kocek yang harus dirogoh adalah sekitar Rp. 16.000.000 sampai dengan Rp. 22.000.000 untuk satu ekor

9. Severe Macaw

Yang satu ini memiliki karakter lucu dan ramah. Tentu bisa Anda jadikan teman atau sahabat yang asyik dan menyenangkan.

Mudah diberikan latihan, ramah, bisa bersosialisasi dengan baik, memungkinkan anda dan dia bisa memiliki hubungan yang sangat erat. Jika anda serius dan sabar melatihnya, bukan tidak mungkin Anda akan dibuat terkesan dengan suaranya.

Harga untuk jenis ini berkisar antara Rp. 11.000.000 sampai dengan Rp. 30.000.000 per ekor ukuran anakan.

10. Yellow Collared Macaw

Burung ini dikenal sebagai Macaw yang banyak akal, dan penyayang. Namun burung ini juta bisa sedikit nakal loh ya.

Seperti Macaw yang lainnya, Yellow Collared pun haus perhatian. Anda bahkan harus kebal jika mereka terus mencari perhatian, bagaimana pun caranya.

Harga Yellow Collared Macaw Dewasa adalah sekitar Rp. 20.000.000 per ekor.

10 jenis burung macaw beserta harganya sudah kami sajikan spesial secara keseluruhan. Nah, apakah Sahabat JH berminat meminang salah satunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *