burung parkit

Burung Parkit : Jenis, Harga dan Tips Merawatnya

Posted on

Burung Parkit – Di zaman sekarang ini memelihara burung tengah menjadi suatu tren untuk beberapa kalangan yang ada di masyarakat kita.

Bukan hanya menjadi hiburan di rumah, namun burung juga bisa menjadi ladang bisnis untuk orang yang membudidayakan dan juga memelihara burung. Wajar saja, karena ada beberapa jenis burung yang mempunyai harga jual mahal karena suara yang bagus.

Salah satu jenis burung dengan harga yang mahal dan banyak diikutkan perlombaan oleh pemiliknya adalah burung parkit.

Memang jika kita perhatikan belakangan ini semakin banyak semua jenis lomba burung yang diadakan di sekitar kita. Hadiah yang ditawarkan juga tidak hanya sekedar piala dan sertifikat melainkan juga berupa uang tunai.

Namun hal tersebut sepertinya tidak menyurutkan niat dari para pecinta burung sebab mengikuti perlombaan untuk mereka adalah rasa bangga di atas semuanya.

Burung parkit adalah salah satu jenis burung yang mempunyai bulu warna warni dan juga pandai untuk menirukan suara dari burung lain.

Burung parkit ini termasuk dalam keluarga burung yang berparuh bengkok. Di alam bebas, burung parkit ini akan memakan semua jenis biji bijian, kacang kenari, padi, beras merah, jewawut dan juga sayuran lain seperti kangkung, brokoli, jagung muda dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Burung Parkit

Jenis-Jenis Burung Parkit

Burung parkit sendiri menjadi salah satu jenis burung yang memiliki ukuran kecil dan juga suara yang merdu. Asal usul dari burung parkit sendiri berasal dari seorang penulis buku Zoologi.

Dimana ia memberikan nama tersebut dengan sebutan Melopsittacus Undulatus yang berasal dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani Melopsittacus Undulatus berarti Nyanyian. Burung parkit ini memiliki beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis burung parkit yang harus anda ketahui.

Baca Juga  Mempesona, Ini Kumpulan Jenis Burung Kenari Lengkap

1. Burung Parkit Lokal

Memang kita tidak bisa memastikan burung parkit jenis ini berasal asli dari Indonesia atau bukan, namun sudah ada banyak orang yang membudidayakan jenis burung parkit ini. hasil kawin silang dari burung ini bisa menghasilkan anakan burung yang beragam warna mulai dari warna biru, hijau, kuning, biru langit, hitam hingga violet.

Burung parkit lokal ini biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan burung parkit lainnya.

Pada bagian kepala burung ini memiliki garis mulai dari kepala sayam hingga ekor. Burung ini mempunyai paruh yang bengkok dengan ujung paruh yang berwarna kuning. Untuk warna kaki burung parkit lokal ini memiliki warna abu-abu.

2. Burung Parkit Australia

Sama seperti namanya, jenis burung parkit ini sebenarnya memang berasal dari Australia dan menjadi burung endemik dari negara tersebut. jika kita melihat ukurannya, burung parkit ini mempunyai ukuran paling kecil dibandingkan jenis burung parkit lainnya.

Burung parkit australia ini mempunyai 5 varian warna yaitu Cinnamon, Albino, Lutino, White Face dan juga domain Silver.

Burung parkit Australia ini biasanya memiliki jambul yang berada di atas kepalanya, jambul inilah yang membuat burung parkit Australia unik dan cantik untuk dipelihara.

Burung parkit jenis ini juga memiliki lingkaran berwarna merah yang seperti oranye di kedua sisi pipi burung. Untuk ukuran, burung parkit Australia memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran burung parkit Lokal.

3. Parkit Lutino

Jika anda mencari burung parkit dengan harga mahal maka Jenis parkit ini jawabanya. Burung parkit jenis Lutino ini dikenal sebagai burung parkit yang sulit untuk ditemukan dan langka sehingga tidak heran harga dari burung parkit ini menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis burung parkit lainnya.

Bahkan harga burung parkit ini bisa mencapai angka jutaan, di Indonesia sendiri harga dari seekor burung Parkit Lutino bisa mencapai 1,5 jutaan per ekornya.

Burung parkit Lutino ini memiliki ciri-ciri ukuran yang besar seperti burung parkit lokal, seluruh tubuh burung parkit jenis ini berwarna kuning, dengan mata yang berwarna merah inilah yang menjadikan burung parkit ini istimewa dan mahal.

Untuk warna paruh burung parkit ini memiliki warna paruh kuning tua, sedangkan pada bagian kaki burung ini memiliki kaki yang berwarna merah.

4. Burung Parkit Holland

Burung parkit jenis ini berasal dari Belanda. Burung parkit ini terkenal memiliki kepribadian yang sangat jinak dan juga cukup kesulitan untuk beradaptasi dengan daerah yang memiliki kondisi iklim tropis.

Keunggulan dari burung parkit Holland ini adalah jika sudah jinak burung parkit jenis ini tidak mungkin akan meninggalkan tempat dari pemiliknya, jadi anda tidak perlu khawatir kehilangan burung parkit Holland ini.

Burung parkit Holland mempunyai warna yang lebih bervariasi jika dibandingkan dengan burung parkit lokal. Untuk ukuran tubuh dari burung parkit jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung parkit lokal.

Burung parkit jenis ini juga memiliki kepala dan ekor yang bergaris, untuk warna paruh burung ini memiliki warna merah kecoklatan. Sedangkan warna kaki burung ini adalah jambu pucat.

Tips Merawat Burung Parkit

Tips Merawat Burung Parkit

Setelah kalian mengetahui beberapa jenis dari burung parkit, mungkin kalian juga tertarik untuk memelihara burung parkit. Namun sebelum itu, sebaiknya anda harus mengetahui dulu bagaimana sih tips merawat burung parkit. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat burung parkit.

1. Pilih Sangkar Burung Yang Sesuai

Pemilihan kandang yang tepat adalah hal pertama yang harus kalian perhatikan ketika akan merawat burung parkit ini. Karena ukuran burung yang relatif lebih kecil dibandingkan burung lainnya, jadi burung parkit ini tidak membutuhkan ukuran kandang yang besar.

Anda hanya perlu menggunakan kandang yang memiliki ukuran 60 x 40 x 40 cm saja sudah cukup untuk menampung burung parkit ini.

Sementara untuk bahan kandang, anda bebas bisa memilih kandang yang terbuat dari bahan kayu ataupun kandang yang terbuat dari besi. Kedua jenis bahan ini sudah sesuai untuk dijadikan sebagai kandang burung parkit.

2. Memberi Makanan yang Tepat

Selanjutnya setelah anda memilih kandang yang tepat, anda juga harus bisa memberikan makanan burung parkit yang tepat. Anda harus bisa memilih hanya makanan yang tepat saja untuk diberikan kepada burung parkit yang Anda pelihara tersebut.

Makanan yang tepat bisa memberikan asupan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh burung parkit tersebut dan burung parkit akan tetap terjaga kesehatannya.

Jenis makanan burung parkit yang tepat adalah biji bijian, sayuran, dan juga buah. Anda bisa memberikan wortel, pepaya dan makanan lainnya untuk burung parkit.

Baca Juga  27 Jenis Lovebird: Harga, Cara Ternak dan Makanannya

3. Rutin Membersihkan Kandang Burung

Penyakit yang menyerang dan juga mengganggu kesehatan dari burung parkit ini biasanya bermula dari kandang burung yang kotor.

Untuk itu cara termudah untuk menjaga kesehatan dari burung parkit adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang burung parkit. Kandang yang selalu bersih tentu saja bisa mencegah berkembang biaknya kuman, jamur dan juga bakteri patogen yang dapat membuat burung parkit sakit.

Anda harus rutin membersihkan kandang dari burung parkit minimal 2 kali sehari agar kebersihan kandang burung tetap terjaga. Anda bisa membersihkan semuanya termasuk juga tempat makanan dan juga minum burung parkit tersebut.

4. Memandikan Burung Setiap Hari

Anda juga harus rajin selalu memandikan burung parkit setiap hari agar burung parkit tetap merasa sama seperti di habitat aslinya. Saat berada di alam bebas, burung parkit selalu mandi setiap hari dan itu dapat membuat mereka menjadi lebih bahagia.

Jika burung parkit sudah bahagia, tentu saja juga akan membuat burung parkit menjadi lebih sehat. Memandikan burung parkit juga sangat mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu menggunakan semprotan yang dapat anda beli dengan mudah di toko manapun.

Anda gunakan semprotan tersebut untuk memandikan burung parkit minimal selama 30 menit sampai 1 jam lamanya. JIka sudah dimandikan anda bisa menjemur burung parkit saat pagi hari sebelum matahari mulai memanas ya.

Cara perawatan burung parkit yang benar tentu bisa membantu anda untuk mendapatkan burung yang berkualitas pula. Apalagi jika anda memang berniat untuk mengikutsertakan burung parkit dalam perlombaan atau dijadikan sebagai ladang bisnis.

Itulah beberapa jenis-jenis burung parkit dan juga bagaimana cara merawat burung parkit. Seperti yang sudah saya bilang diatas bahwa kunci kesuksesan dari Anda merawat dan juga membudidayakan burung adalah selalu menjaga kebersihan kandang dan juga kebersihan dari burung agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Apalagi burung parkit sendiri juga tergolong menjadi salah satu jenis burung yang memiliki harga jual mahal. Harga burung parkit yang sudah matang sendiri bisa mencapai angka jutaan rupiah hanya untuk satu ekornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *