Burung Pleci

Burung Pleci :Jenis, Cara Merawat dan Harganya

Posted on

Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diburu oleh para pecintanya. Burung pleci dianggap unik, sebab mempunyai ukuran tubuh yang kecil, namun bisa menghasilkan suara keras. Pleci juga sering dikenal sebagai burung kacamata oleh para pecintanya.

Pada umumnya pleci merupakan jenis burung yang tinggal di daerah dengan iklim tropis. Jenis burung ini sangat mudah ditemukan di daratan Asia dan Australia. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai burung kicau jenis pleci yang menarik untuk diketahui.

Karakteristik Burung Pleci

Karakteristik Burung Pleci

Burung yang satu ini mempunyai karakteristik yang unik, sehingga banyak diburu. Pleci kerap kali dilombakan karena mempunyai suara kicauan yang merdu dan bulunya indah. burung yang satu ini juga mempunyai harga lumayan tinggi.

Pleci tidak hanya dikenal sebagai burung kicau saja, melainkan juga petarung. Burung ini juga sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya, sehingga tidak mengalami stres. Simak ulasan lengkap terkait karakteristik dari burung kicau pleci berikut ini.

* Ukuran Kepala

Burung kicau yang satu ini mempunyai kepala berbentuk bulat. Ukuran kepala antara pleci jantan dan betina mempunyai perbedaan. Kepala dari burung kicau pleci jantan mempunyai ukuran lebih besar daripada betinanya.

* Ukuran Ekor

Ciri khas yang selanjutnya dari burung pleci adalah ukuran ekornya. Pleci jantan mempunyai ekor yang berukuraan Panjang dan lancip. Ujung ekor milik pleci jantan pada umumnya akan berbentuk seperti huruf V yang lancip.

Pleci bertina mempunyai ekor yang lebih pendek jika dibandingkan dengan si jantan. Bentuk ekor pleci betina juga mempunyai sedikit perbedaan, yaitu lebih lancip jika dibandingkan dengan yang jantan.

* Ukuran Paruh

Ukuran paruh pada pleci jantan dan betina mempunyai perbedaan yang cukup mudah untuk dilihat. Pleci jantan mempunyai ukuran paruh lebih pendek jika dibandingkan dengan burung yang betina. Perbedaan ini mudah dilihat untuk mengenali jenis kelamin dari burung kicau pleci.

* Bentuk Badan

Tubuh pleci jantan mempunyai ukuran yang panjang dan dan ramping. Hal ini berbanding terbalik dengan ukuran tubuh pleci betina yang lebih pendek dan bulat. Ukuran tubuh yang berbeda membuat harga burung pleci juga lebih bervariasi.

Burung yang jantan juga mempunyai dubur yang berukuran Panjang dan ditumbuhi banyak bulu di sekitarnya. Sementara pleci betina mempunyai dubur lebih kecil dengan sedikit bulu yang tumbuh di sekitarnya.

Baca Juga  Burung Jalak Bali : Ciri, Cara Merawat dan Harganya

* Bagian Tenggorokan

Pleci mempunyai corak warna pada bulu tenggorokan di bagian kiri dan kanan. Burung yang jantan mempunyai corak bulu tenggorokan berwarna hitam. Sedangkan pleci betina mempunyai corak bulu tenggorokan berwarna merah jambu.

* Bagian Klep Mata

Klep mata pada pleci jantan Nampak seolah-olah terputus dan menebal pada bagian bawahnya. Sementara klep mata dari burung yang betina menebal di seluruh bagian, sehingga terlihat seperti kacamata.

Jenis Jenis Burung Pleci

Jenis Jenis Burung Pleci

Burung kicau satu ini mempunyai banyak jenis yang terkadang jarang dikenal oleh masyarakat. Setiap jenis burung kicau ini mempunyai karakteristik dan bentuk tubuh berbeda. Perbedaan dari setiap burung ini tergolong mencolok, sehingga mudah untuk membedakan berbagai jenis pleci.

Harga burung pleci juga bervariasi tergolong dari jenisnya. Lalu, apa saja jenis pleci yang biasa untuk dipelihara maupun dilombakan? Berikut adalah daftar dan ulasan secara lengkap mengenai berbagai jenis burung kicau yang satu ini.

* Pleci Dakun Maput

Dakun maput merupakan jenis pleci dengan suara kicauan yang dianggap paling merdu jika dibandingkan dengan lainnya. Pleci dakun maput sering diburu oleh para pecinta burung untuk diikutkan ajang perlombaan kicau.

Pleci muria atau dakun maput juga merupakan burung yang tangguh dalam bertarung. Harga dari pleci dakun maput juga bervariasi, tergantung pada kualitas suara dan keindahan tampilannya. Burung dakun maput yang sering memenangkan perlombaan kicau bisa djual dengan harga jutaan rupiah.

* Pleci Auriventer

Pleci auriventer termasuk ke dalam kategori burung yang langka dan susah untuk didapatkan. Burung pleci auriventer mempunyai bulu yang sangat cantik, sehingga banyak yang mengincarnya. Umumnya penjual tidak akan langsung menyediakan burung jenis ini, kecuali ada yang memakainya lebih dahulu.

Ciri khas dari pleci auriventer adalah bagian tubuh bawahnya yang berwarna abu-abu. Sementara bagian atas dari burung auriventer mempunyai warna kuning menyala yang sangat cantik. Meskipun langka, harga pleci auriventer tidak terlalu mahal, yaitu berkisar ratusan ribu saja.

* Pleci Montanus

Apabila Anda ingin menceri jenis burung yang mempunyai durasi kicauan lama, maka pleci montanus adalah pilihan tepat. Pleci montanus juga merupakan jenis burung kicau yang mempunyai ukuran tubuh paling besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Tubuh dari pleci montanus mempunyai rarna kecoklatan dengan corak abu-abu pada bagian perutnya. Harga dari pleci berjenis montanus berkisar anatara 200 hingga 400 ribu per ekornya. harga ini cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan kicauan dari pleci montanus.

Baca Juga  9 Fakta Menarik Burung Kedasih yang Sangat Unik

* Pleci Dakun Macok

Burung dakun macok mempunyai harga yang paling dari semua jenis pleci yang ada. Pleci dakun macok mempunyai mata indah yang berwarna kecoklatan. Sementara tubuh dari burung kicau yang satu ini mempunyai warna kuning pada bagian dadanya.

Harga dari pleci dakun macok yang dikenal sangat murah membuatnya banyak dipilih. Banyak pecinta dari pleci yang memilih untuk memelihara dakun macok. Di samping harganya yang murah, cara perawatan pleci dakun macok juga dianggap tidak terlalu sulit.

* Pleci Buxtoni

Jenis terakhir dari burung pleci yang biasa dicari untuk dilombakan adalah buxtoni. Karakter dari burung kacamata buxtoni secara umum tidak jauh berbeda dengan jenis pleci yang lainnya. Pleci buxtoni juga banyak diminati oleh para pecinta burung karena mempunyai suara kicauan merdu.

Pleci buxtoni merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diincar. Harga dari jenis burung yang satu ini semakin meningkat seiring dengan kualitas suaranya. Pleci buxtoni yang sering memenangkan kontes kicau umumnya juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

Pakan Untuk Pleci

Burung Pleci

Makanan yang diberikan kepada pleci tidak boleh dipilih secara asal. Burung kicauan yang satu ini harus diberikan makanan dengan nutrisi cukup agar kualitas suaranya tetap terjaga. Di sampng itu, makanan bergizi yang diberikan kepada pleci juga kakan membantu memperbaiki performanya.

Pleci yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya bisa menghasilkan suara kicauan merdu dan bertahan lama. Berikut adalah beberapa jenis dari makanan yang layak diberikan sebagai pelengkap nutrisi untuk burung pleci.

* Sayur Segar

Pleci membutuhkan makanan berupa sayuran guna membuat bulunya bertumbuh semakin cantik. Di samping itu, sayuran yang diberikan kepada burung kicau ini bisa membuat tubuhnya tetap bugar. Tubuh pleci yang bugar dan bulu indahnya akan membuat burung ini terlihat semakin cantik.

Sayuran segar yang diberikan kepada pleci bisa disesuaikan dengan makanan lainnya. Burung ini bisa diberikan makanan berupa sayur dan buah segar secara bergantian. Jenis sayuran yang baik untuk diberikan kepada burung ini adalah wortel, tomat, dan mentimun.

Apabila Anda menginginkan untuk memberikan jenis sayuran lain, maka pilihlah yang mempunyai kandungan vitamin A dan C tinggi. Jenis kandungan dari sayur segar ini bisa membuat pleci bisa tumbuh dengan baik dan semakin merdu suara kicauannya.

* Buah Segar

Pemberian makanan berupa buah-buahan segar kepada pleci dapat diberikan secara rutin setiap hari. Buah segar ini akan membuat kualitas suara pleci semakin berkembang lebih baik dan dapat berkicau dengan lantang.

Pleci yang diberi makanan buah segar setiap hari juga akan bisa mempunyai tubuh yang sehat dan berkembang baik. Jenis buah segar yang bisa diberikan untuk pleci diantaranya adalah, belimbing, papaya, kelengkeng, apel, pear, dan pisang.

Buah-buahan segar bisa diberikan kepada burung kicau yang satu ini dengan jenis berbeda setiap harinya. Cara ini perlu dilakukan agar pleci tidak merasa bosan dengan satu jenis makanan saja dan membuat nutrisi yang dibutuhkannya dapat terpenuhi.

Baca Juga  Lovebird Biola : Jenis, Karakteristik dan Harganya

* Makanan Tambahan

Makanan tambahan untuk pleci dapat diberikan sesekali agar burung ini tidak merasa bosan. Di samping itu, makanan tambahan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan protein dari pleci. Gizi berupa protein ini akan membantu pleci untuk bertumbuh dengan baik.

Jenis makanan tambahan yang dibutuhkan untuk pleci adalah beberapa jenis hewan kecil. Makanan tambahan ini antara lain adalah kroto, ulat, dan jangkrik. Jenis ulat yang bisa dijadikan sebagai makanan kroto adalah ulat hongkong dan kendang.

Extra food atau makanan tambahan ini tidak perlu diberikan setiap hari kepada burung pleci. Berikan makanan ini beberapa hari atau satu minggu sekali. Sementara kebutuhan nutrisi harian pleci bisa dipenuhi dengan makanan berupa sayur dan buah segar.

Cara Merawat Burung Pleci Dewasa

Cara Merawat Burung Pleci
Image: id.wikipedia.org/

Hal berikutnya yang perlu diketahui oleh para pecinta burung kicau berjenis pleci adalah cara perawatannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemeliharaan burung kicau pleci, diantaranya adalah sebagai berikut.

* Menggantung Beberapa Sarang Burung Pleci Berdekatan

Perawatan pertama yang perlu dilakukan untuk burung ini adalah menggantung beberapa sarang pleci dengan jarak berdekatan. Hal ini ditujukan agar burung-burung yang berada di dalam sarang tersebut bisa terangsang untuk mengeluarkan suara kicauannya yang merdu.

Penggantungan sarang burung secara berdekatan ini bisa dilakukan secara rutin, terutama saat pleci akan diikutkan kontes kicau. Sarang dari burung kicau ini bisa digantung berdekatan di teras depan rumah agar sekaligus bisa terkena sinar matahari.

* Melakukan Pengembunan Sarang Secara Rutin

Proses pengembunan dari sarang burung kicau ini ditujukan agar tetap nyaman untuk dihuni pleci. Sarang yang mendapatkan pengembunan secara rutin akan tetap terjaga kebersihannya, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas burung di dalamnya.

* Memberi Pakan Tambahan Burung

Pemberian pakan tambahan kepada burung pleci merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Burung ini tidak akan bisa bertumbuh dengan baik hanya dengan mengandalkan makanan harian berupa sayur da buah yang biasa diberikan.

Makanan tambahan yang baik diberikan kepada pleci adalah beberapa jenis hewan kecil. Jenis makanan yang paling tepat untuk hewan ini adalah kroto dan ulat. Kedua makanan ini akan membuat tubuh dari pleci terlihat semakin bugar dan bertumbuh dengan sehat.

* Sesekali Bawa Burung Pleci Jalan-Jalan

Pleci ternyata merupakan jenis burung yang bisa mengalami rasa stress. Burung ini bisa mengalami stress jika secara terus menerus dilatih dan hanya diberikan makanan saja. Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stress dari burung ini adalah dengan mengajaknya jalan-jalan.

Pemilik dari burung ini bisa sesekali mengajaknya jalan-jalan untuk bisa menemukan udara segar. Hal ini bisa dilakukan dengan memindahkan sarang pleci ke tempat lain yang mengundang suasana baru. Burung yang tidak stress akan bisa berkicau dengan lebih merdu.

Baca Juga  Cara Master Kacer agar Suara Cepat Gacor dan Siap Lomba

* Melatih Burung Pleci Pada Kandang Umbaran

Kandang umbaran untuk pleci akan membuat burung ini semakin merasa bebas, sehingga bisa terhindar dari stres. Pleci yang bisa dilatih dengan kandang umbaran akan menjadi terbiasa di tempat lebih luas dan bisa berkicau dengan lebih lama.

Melatih pleci menggunakan kendang umbaran juga akan membuat burung ini tidak mudah merasa bingung pada tempat yang baru. Kandang umbaran akan membantu pleci untuk bisa lebih mudah beradaptasi kedepannya.

* Memandikan Pleci Secara Rutin

Burung kicau yang satu ini juga perlu dimandikan secara rutin. Pleci dapat dimandikan dua kali sehari dengan cara disemprot air saat berada di dalam sangkar. Selanjutnya pleci yang sudah dimandikan bisa diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Memandikan pleci secara rutin juga berguna untuk mencegah kuman yang mungkin saja akan menempel pada burung ini. Kuman ini bisa berasal dari kotoran burung itu sendiri atau sisa makanan yang diberikan kepada pleci.

* Istirahatkan Burung Secara Rutin

Pleci merupakan burung kicau yang biasa banyak diikutkan kontes kicau. Pemelihara burung ini harus melatihnya secara rutin agar pleci bisa menghasilkan suara yang merdu. Namun, pemelihara pleci juga harus tetap memperhatikan waktu istirahat dari burung ini.

Burung kicau yang mempunyai waktu istirahat kurang malah akan tidak maksimal ketika berkicau. Pleci tetap membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Hal ini ditujukan agar latihan yang sudah dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Waktu istirahat dari ini bisa dilakukan secara berkala dan rutin dengan cara meletakkan burung di dalam rumah. Selanjutnya, tutup sangkar pleci menggunakan kelambu khusus agar burung ini bisa beristirahat dengan tenang dan tidak terganggu dengan suasana yang ada di luar.

* Lakukan Perawatan Secara Rutin Untuk Pemasteran Burung Pleci

Jenis perawatan terakhir yang perlu diberikan kepada burung kicau berjenis pleci adalah melakukan pemasteran secara rutin. Pemasteran pleci ini bertujuan agar burung kicau ini dapat menghasilkan suara yang merdu dan bertahan dengan lama.

Cara yang bisa dilakukan untuk pemasteran adalah dengan menyalakan audio kicauan burung untuk memancing pleci. Selanjutnya, ajarkan pleci untuk bisa berkicau dengan merdu secara bertahap agar burung ini bisa terbiasa.

Rekaman suara kicauan yang diputar ini lama kelamaan akan membuat pleci menjadi lebih terbiasa. Pleci yang mempunyai suara kicau indah akan siap untuk mengikuti kontes. Pemasteran ini bisa dilakukan secara rutin agar kualitas kicau dari pleci semakin meningkat.

Perawatan Kandang Pleci

Kandang burung ini juga membutuhkan perawatan yang baik agar tetap nyaman untuk dihuni. Pleci yang memiliki kandang nyaman akan tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kandang pleci agar tetap nyaman untuk dihuni burung tersebut.

* Bersihkan Kotoran Pleci

Kotoran yang ada di kandang pleci harus dibersihkan secara rutin agar tidak ada kuman menumpuk dalam sangkar. Kandang dari pleci harus dibersihkan setiap hari agar burung yang menghuninya tetap nyaman dan sehat.

Apabila kandang tidak dibersihkan secara rutin, maka akan menyebabkan penumpukan kotoran. Hal ini akan memicu timbulnya penyakit yang akan membuat kesehatan pleci menjadi terganggu. Kuman yang ada karena penumpukan kotoran ini juga akan memicu beberapa kerusakan fisik pada bulu pleci.

* Membersihkan Tempat Makan dan Minum

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memelihara kandang pleci adalah membersihkan tempat makan dan minum burung secara rutin. Anda harus rajin mengganti minuman dari burung kicau ini untuk memastikannya tetap bersih.

Tempat makan dari burung kicau ini juga perlu dibersihkan secara rutin bersamaan dengan penggantian makanan pleci. Hal ini agar makanan dari pleci tetap dalam keadaan segar dan bisa dinikmati oleh burung tersebut. Tempat yang bersih juga akan membuat selera makan pleci meningkat.

Baca Juga  Mudah, Ini 15 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

* Menentukan Ukuran Jenis dan Kandang Untuk Pleci

Cara terakhir yang perlu dilakukan untuk merawat kandang dari burung kicau ini adalah menentukan ukuran yang tepat. Pleci mempunyai ukuran yang cukup bervariasi, sehingga pemelihara burung ini harus bisa menentukan ukuran kandang yang tepat.

Usahakan kandang yang dipilih tidak terlalu kecil untuk burung kicau ini. Ukuran kandang juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kicauan dari pleci. Sebab burung yang tidak nyaman dengan kandangnya tidak akan bisa berkicau dengan merdu dan bertahan lama.

Harga Burung Pleci

harga burung pleci
Image: id.wikipedia.org.

Burung pleci mempunyai harga yang bervariasi, tergantung pada jenis, kualitas, serta ukurannya. Sebelum membeli burung ini alangkah baiknya untuk mengetahui kisaran harganya terlebih dahulu. Berikut adalah daftar harga terbaru dari burung kicau jenis pleci yang perlu untuk diketahui.

* Pleci Mata Putih

Jenis pleci yang satu ini mempunyai keunikan dengan keindahan bola mata berwarna putih. Harga dari burung ini berkisar antara 100 hingga 200 ribu. Besaran harga dari burung ini relatif murah jika dibandingkan dengan keunikannya.

* Pleci bahan

Pleci bahan merupakan salah satu varian burung ini yang sangat terkenal sebagai burung petarung. Umumnya, burung ini dipelihara dengan tujuan untuk diikutsertakan pada kontes. Hal inilah yang membuat harga dari pleci bahan semakin mahal.

Kisaran harga dari pleci jenis bahan ini adalah sekitar 100 hingga 200 ribu untuk jenis biasa. Sementara harga untuk burung yang sering diikutsertakan dalam kontes akan melambung tinggi. Hal ini menyesuaikan dengan kuaitas dan ukuran dari pleci bahan.

* Pleci Jantan

Burung yang jantan mempunyai harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan betinanya. Pleci jantan dipatok dengan harga hingga 350 ribu per ekornya. Harga dari pleci jantan ini disesuaikan dengan kualitas suaranya. Pleci jantan yang sudah menjadi bakalan juga siap untuk dilombakan.

Baca Juga  Burung Parkit : Jenis, Harga dan Tips Merawatnya

* Pleci Dakun

Harga burung pleci dakun mempunyai suara kicauan sangat merdu dan lebih mudah untuk dilatih. Burung yang satu ini dibandrol dengan harga antara 100 ribu hingga 250 ribu. Biasanya burung berjenis pleci jakun ini banyak ditemukan pada kontes kicau.

* Pleci Malang

Jenis terakhir yang perlu diketahui harganya adalah pleci malang. Nama ini disesuaikan tempat dimana burung ini mudah di temukan, yaitu di kota malang. Harga dari pleci malang adalah berkisar hingga 250 ribu, tergantung pada usia dan kualitasnya.

Menarik bukan jenis burung yang satu ini? Jadi, pleci mana yang Sahabat JH suka? Jika Anda adalah pecinta burung, khususnya pleci, pilih salah satu sesuai selera dan budget yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *