Cara Memandikan Kucing

Tidak Sulit, Ini 7 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

Posted on

Cara Memandikan Kucing – Tentu saja juga sudah tahu kan jika dalam merawat kucing kita harus memandikan kucing secara rutin untuk menjaga bulu kucing agar tetap halus. Mandi juga menjadi cara paling efektif agar tubuh kucing menjadi benar-benar bersih.

Memang sih kucing memiliki kebiasaan untuk menjilati tubuhnya, tapi cara tersebut terbukti tidak begitu efektif untuk membersihkan tubuh atau badan mereka tersebut.

Nah bagi anda yang masih awam atau pemula dalam memelihara kucing tentu saja akan kebingungan tentang bagaimana sih cara memandikan kucing dengan baik dan benar tersebut?

7 Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

Memandikan kucing memang tidak semudah yang kita bayangkan, bahkan terkadang malah susah dan menjadi merepotkan. Apalagi seperti yang sudah kita ketahui jika kucing adalah hewan yang tidak suka dengan air, walaupun ada juga beberapa kucing yang tidak masalah jika badannya terkena air.

Namun kebanyakan kucing akan berontak ketika kita akan memandikannya. Nah oleh sebab itu kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara memandikan kucing dengan baik dan benar

1. Pilihlah Waktu Yang Tepat

Hal pertama dan yang paling dasar sebelum anda memandikan kucing adalah anda harus memilih waktu yang tepat untuk memandikan kucing. Waktu yang tepat agar si kucing mau dimandikan adalah ketika mood kucing tersebut sedang baik atau senang.

Pastikan sebelum anda mulai mengajak si kucing mandi, anda harus memanjakan kucing terlebih dahulu. Misalnya anda mengajaknya bermain bersama, memberinya makanan kesukaan dan hal lain yang bisa membuat moodnya bagus.

Jangan sampai anda memandikan kucing dalam keadaan perut mereka yang kosong. Perut yang kosong bisa membuat kucing menjadi cepat rewel dan mudah berontak ketika akan dimandikan.

Setelah mood dari kucing sudah baik atau senang, baru deh anda bisa memandikan kucing dengan mudah tanpa berontak. Sebaiknya juga anda memandikan kucing di pagi hari atau saat cuaca masih hangat supaya mereka tidak kedinginan setelah anda mandikan. Pilihlah Waktu Yang Tepat

Baca Juga  4 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Merawatnya Sesuai Usia

2. Pilih Shampo Yang Tepat

Cara memandikan kucing berikutnya adalah anda harus menyiapkan shampo terlebih dulu. Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan sampo ketika mandi.

Shampo pada kucing berguna untuk tetap menjaga kondisi bulu dari kucing tersebut agar tetap sehat lebat dan juga lembut. Untuk itu anda harus benar-benar memilih shampo yang cocok untuk kucing kesayangan anda tersebut.

Kita bisa mendapatkan shampo kucing di pet shop atau toko-toko swalayan terdekat. Nah untuk kucing yang memiliki bulu tebal seperti kucing siberia atau kucing persia, sebaiknya anda pilihlah shampo yang lembut. Bahkan jika memang tersedia, anda bisa memberikan tetes vitamin bulu dulu pada shampo yang akan anda pakaikan pada kucing.

Vitamin pada bulu kucing ini berguna untuk mengurangi dan menjaga bulu agar tidak rontok. Sedangkan bagi anda yang memiliki kucing dengan rambut pendek, anda bisa memandikan kucing tersebut dengan semua jenis shampo.

Lebih baik anda pilihlah shampo kucing yang memiliki fungsi atau khasiat sebagai anti kutu untuk menghindari kucing kesayangan kalian kutuan.

3. Selalu Gunakan Air Hangat

Cara Memandikan Kucing sendiri

Berikutnya dalam cara memandikan kucing dengan baik dan benar adalah sebaiknya anda gunakan air hangat. Dengan memandikan kucing menggunakan air hangat tentu saja agar menjaga mood kucing tetap nyaman dan tidak berontak saat dimandikan.

Anda bisa menyediakan air hangat satu ember besar, dan yang terpenting jangan sampai air yang anda siapkan tersebut tidak merendam badan kucing sepenuhnya.

Hindari memandikan kucing dengan air dingin karena bisa membuat kucing kedinginan dan berontak karena tidak mau dimandikan. Apalagi ketika mood kucing sedang tidak bagus, ditambah anda memandikannya dengan air dingin, sudah pasti kucing akan berontak dan tidak mau dimandikan.

4. Buat Kucing Merasa Nyaman

Hal terpenting untuk membuat kucing tidak berontak ketika dimandikan adalah anda harus membuat kucing merasa nyaman ketika anda mandikan. Jika ini adalah pertama kali anda memandikan kucing kesayangan anda tersebut, anda harus memastikan jika mereka tidak kaget saat anda mandikan. Anda bisa menggunakan air hangat untuk menenangkan saraf kucing.

Langkah penting adalah anda harus meletakkan kucing di samping ember yang berisi air hangat tadi, kemudian anda basahi tubuh kucing dengan perlahan serta lembut. Anda basahi mulai dari kaki, punggung sampai ekor secara perlahan. Jangan sampai kucing merasa kesakitan, buat kucing merasa nyaman agar mereka tidak berontak ketika anda mandikan tersebut.

Mulailah dengan mengusap-usap kepala kucing dengan tangan yang sudah anda basahi tadi. Dengan pergerakan lembut tersebut tentu saja bisa membuat kucing menjadi sedikit rileks dan santai, kucing pun dijamin tidak akan berontak ketika anda mandikan.

Baca Juga  Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya

5. Bersihkan Secara Menyeluruh

tips Memandikan Kucing Dengan Benar

Kemudian dalam cara memandikan kucing dengan baik dan benar berikutnya adalah anda harus benar-benar membersihkan semua area tubuh kucing secara menyeluruh. Yang paling harus diperhatikan adalah bagian kaki dan juga telinga kucing.

Dua bagian ini mempunyai celah yang kecil sehingga akan sulit untuk dibersihkan. Dalam membersihkan dua bagian tubuh kucing ini dibutuhkan penanganan yang ekstra. Nah berikut adalah bagaimana cara memandikan kucing pada area kaki dan telinga.

Cara Membersihkan Kaki Kucing

* Pertama anda bersihkan dulu kaki ucung dengan cara merendam kaki dalam air hangat.

* Selanjutnya anda pijat pada bagian kaki dan juga sela-sela kaki kucing dengan jempol hingga bersih.

* Berikutnya anda juga bisa memakai cotton buds untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel pada sela-sela kuku kaki kucing.

Cara Membersihkan Telinga Kucing

* Hal pertama yang harus anda ketahui adalah jangan pernah menyiram semua bagian kepala kucing, gunakan tangan yang basah untuk menyeka bagian wajah kucing.

* Kemudian anda bersihkan telinga dulu dengan tangan yang basah dengan cara diusap pelan-pelan.

* Selanjutnya anda gunakan tisu basah atau kapas yang sebelumnya telah anda rendam di air hangat untuk membantu membersihkan telinga bagian dalam.

* Anda juga bisa membersihkan telinga kucing ini dengan cotton buds saat kucing telah selesai mandi.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

6. Bilas Dengan Air Hangat

Setelah semua badan kucing selesai anda gosok dengan shampo, langkah berikutnya dalam cara memandikan kucing adalah harus membilas badan kucing dengan air yang hangat. Anda bisa membilas tubuh kucing dengan air yang hangat dari bagian leher kucing hingga ekor secara perlahan-lahan.

Jangan tergesa-gesa dalam mengguyur badan kucing dengan air karena malah bisa membuatnya berontak.

Sembari anda bilas, pastikan jika tidak ada bekas shampo yang masih tertinggal menempel di tubuh kucing kesayangan anda tersebut.

7. Keringkan Kucing Dan Manjakan Kucing

Langkah terakhir tentu saja setelah anda selesai memandikan kucing kesayangan adalah mengeringkan seluruh tubuh dan badan kucing kesayangan anda tersebut. Anda bisa mengeringkan seluruh badan tubuh kucing dengan handuk yang kering dan lembut.

Jangan biarkan kucing anda berkeliaran di dalam rumah dengan keadaan bulu yang masih basah karena bisa menyebabkan penyakit flu bagi kucing tersebut.

Anda juga bisa mengeringkan badan kucing kesayangan dengan cara menjemur di bawah paparan sinar matahari yang hangat. Jika kucing anda bukan kucing yang penakut, anda bisa menggunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan bulu kucing.

Nah itulah bagaimana cara memandikan kucing dengan benar supaya tidak berontak. Semoga bermanfaat ya Sahabat JH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *