cara memelihara ikan cupang

7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar

Posted on

Cara Memelihara Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan ikan hias kecil yang sangat unik dan juga sangat menarik.

Di masa pandemi seperti ini tentu saja memelihara ikan cupang bisa menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan bahkan juga menjadi trend baru di Indonesia.

Kegiatan ini menjadi trend di Indonesia entah untuk menyalurkan hobi atau untuk budidaya yang kemudian akan dijual luas tentu saja cara memelihara ikan cupang harus kita benar-benar perhatikan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang bisa bertahan lama karena memiliki sifat yang agresif. Namun walaupun memiliki rentang hidup yang lama tentu saja kita juga harus tetap memberikan perawatan yang benar terhadap ikan cupang.

Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Benar

Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Benar

Tren budidaya dan memelihara ikan cupang di masa pandemi yang semakin populer membuat banyak orang yang mulai memeliharanya entah untuk dibudidayakan atau untuk sekedar mengisi waktu luang.

Nah mungkin anda adalah salah satu diantara banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan cupang tersebut namun tidak tahu bagaimana cara memelihara ikan cupang.

Namun tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan informasi terkait bagaimana sih cara memelihara ikan cupang agar berhasil.

1. Pilih Tempat Ikan Yang Sesuai Dengan Ukuran Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupang yang pertama adalah kita harus bisa memilih tempat ikan cupang yang sesuai dengan ukuran dari ikan cupang yang akan kita pelihara. Sebenarnya ikan cupang ini bisa hidup di dalam jenis akuarium apa saja, namun tentu saja lebih baik anda memelihara ikan cupang di dalam akuarium yang berukuran kecil saja.

Hal ini karena ikan cupang adalah ikan yang kecil jadi tentu saja kita hanya membutuhkan wadah atau tempat ikan yang kecil juga agar sesuai dengan ukuran ikan cupang yang kita pelihara tersebut.

2. Air Ikan Cupang

Air menjadi hal yang sangat penting dan juga sangat krusial untuk kita perhatikan sebelum kita memutuskan untuk memelihara jenis ikan apapun. Apa saja jenis ikan yang akan kita pelihara tentu saja kita harus memperhatikan salah satu aspek penting ini, karena tentu saja semua jenis ikan memerlukan jenis air yang berbeda-beda.

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan air tawar, nah untuk itu cara merawat ikan cupang yang benar tentu saja adalah dengan cara memberikan air tawar di dalam akuarium atau wadah dari ikan cupang tersebut. Hal ini karena air tawar adalah habitat asli dari ikan tawar tersebut.

Ikan cupang sendiri biasa hidup di perairan sawah atau rawa-rawa. Sebenarnya anda bisa membeli air tawar di toko ikan atau jika tidak ada anda juga bisa menggunakan air PAM saja.

Saran yang bisa anda lakukan adalah untuk bisa membuat ikan cupang menjadi lebih nyaman dengan cara mendiamkan terlebih dahulu air cupang di dalam ember atau tempat air lainnya sebelum anda menggantinya. Untuk waktu yang tepat dalam mengganti air ikan cupang paling tidak selama tiga hari.

Baca Juga  Jenis Cupang Plakat : Si Cantik yang Kini Naik Daun

3. Membersihkan Tempat Ikan Cupang Secara Rutin

Cara memelihara ikan cupang berikutnya tentu saja adalah kita harus bisa menjaga kebersihan tempat ikan cupang. Hal ini tentu saja bukan tanpa tujuan, karena tempat ikan atau akuarium yang kotor malah bisa meningkatkan resiko dan juga tingkat kematian untuk ikan cupang.

Oleh sebab itu, paling tidak anda harus bisa membersihkan tempat ikan cupang secara rutin sebelum tempat tersebut kotor.

Jika anda merasa kerepotan karena harus mengganti air selama tiga hari sekali mungkin karena anda harus bekerja, maka anda bisa mengganti air untuk ikan cupang paling tidak minimal satu minggu sekali. Dengan begitu anda bisa mengganti air ikan cupang di hari minggu atau hari sabtu ketika anda libur bekerja.

Untuk membersihkan akuarium atau tempat ikan cupang, anda lebih baik jangan menggunakan sabun atau menggunakan deterjen. karena jika anda menggunakan sabun atau deterjen bisa-bisa malah meracuni ikan cupang.

Cukup dengan menggunakan spons atau busa ketika membersihkan akuarium ikan cupang. Jika anda memiliki hiasan akuarium seperti tanaman palsu atau batu, anda juga harus membersihkan hiasan tersebut agar tempat tinggal ikan cupang benar-benar bersih.

4. Makanan Yang Tepat Untuk Ikan Cupang

makanan ikan cupang

Selain air, makanan juga sangat penting untuk kita perhatikan. Ikan cupang sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang lebih tertarik untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa mengambang di atas permukaan air.

Oleh sebab itu tentu saja sebagai pemilik, ketika anda ingin memberi makanan ikan cupang. Lebih baik anda berikan makanan sedikit demi sedikit. Jika ternyata makanan yang sudah anda berikan tersebut ternyata habis, anda tambahkan lagi makanan baru namun dengan jumlah yang sudah adna sesuaikan lebih sedikit dari sebelumnya.

Hindari memberikan makanan terlalu banyak karena makanan yang terlalu banyak bisa membuat makanan tersebut bisa mengotori akuarium atau wadah ikan cupang yang anda miliki.

Air yang kotor malah bisa membuat ikan cupang bisa gampang mati. Hal ini karena resiko ikan cupang terkena penyakit juga semakin besar. Oleh sebab itu pastikan anda harus menghindari memberikan makanan terlalu banyak.

Makanan yang tepat untuk ikan cupang diantaranya adalah seperti kutu air, udang, dedaunan atau anda juga bisa memberikan jentik nyamuk dan juga garam supaya ikan cupang menjadi lebih cantik lagi.

5. Jangan Lupa Menjemur Ikan Cupang

Cara memelihara ikan cupang berikutnya adalah jangan lupa untuk menjemur ikan cupang secara rutin. Menjemur ikan cupang ini wajib kita lakukan agar bisa membuat ikan cupang ajdi lebih segar dan juga bisa membunuh semua bakteri dan juga jamur yang kemungkinan tinggal di akuarium.

Lalu bagaimana cara menjemur ikan cupang dengan benar? Untuk cara menjemur ikan cupang dengan benar anda bisa melakukannya dengan cara meletakkan akuarium atau tempat ikan cupang di tempat dengan suhu yang stabil.

Hindari menjemur ikan cupang di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Menjemur ikan cupang ini bisa anda lakukan sesekali saja. Dan waktu yang tepat untuk menjemur ikan cupang adalah jam 8 pagi sampai jam 10 pagi.

Sementara durasi dalam menjemur ikan cupang tentu saja juga tidak boleh terlalu lama. Paling tidak anda harus menjemur ikan cupang selama 15 menit, dan jangan sampai melebihi 30 menit.

Ketika anda menjemur ikan cupang, perhatikan juga gerak gerik dari ikan cupang. Apabila ikan cupang memperlihatkan gerak gerik panik, maka lebih baik untuk anda cepat memindahkan ikan cupang di tempat yang jauh lebih teduh agar ikan cupang merasa nyaman.

Baca Juga  6 Jenis Ikan Nemo :  Cara Merawat dan Harganya

6. Tambahkan Juga Daun Ketapang Kering Di Dalam Akuarium

Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan baik

Daun ketapang merupakan antibiotik alami untuk ikan cupang. Dimana daun ketapang ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis luka yang terjadi di ekor ikan cupang. Untuk itu dengan penambahan daun ketapang tentu saja juga bisa memberikan pH air yang lebih optimal lagi.

Untuk itu anda bisa memberikan daun ketapang kering agar bisa membuat ikan cupang lebih sehat lagi. Untuk anda yang tidak tahu dimana bisa mendapatkan daun ketapang kering ini, anda bisa mendapatkannya di toko ikan hias.

Saat anda memberikan daun ketapang di dalam akuarium, maka airnya akan berubah menjadi kekuningan. Namun jangan panik, karena warna kuning ini bukan berarti air di dalam akuarium kotor.

7. Tambahkan Garam Ke Dalam Air Akuarium

Cara memelihara ikan cupang terakhir adalah dengan cara menambahkan garam ke dalam air akuarium. Namun jangan sembarangan garam ya, kita tidak bisa menambahkan garam dapur ke dalam air akuarium. Hal ini karena garam untuk ikan hias dan juga garam untuk dapur sangat berbeda.

Anda bisa membeli garam khusus ikan hias di toko ikan hias. Dengan memberi tambahan garam ke dalam air akuarium bisa membantu menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupang. Untuk dosis yang bisa anda berikan adalah setiap 1 liter air anda harus menambahkan 10 gram garam khusus ini. 

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *