Cara Merawat Kucing Persia

7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

Posted on

Cara Merawat Kucing Persia – Jika kita bicara tentang kucing, tentu saja ada banyak sekali jenis kucing yang sering dipelihara dan dirawat oleh orang-orang. Salah satu jenis kucing yang paling populer di Indonesia adalah kucing Persia.

Kucing Persia adalah kucing yang berasal dari Iran, dimana kucing Persia ini mempunyai karakteristik yang memang khas dan berbeda dari jenis kucing lainnya. Tentu saja dalam memelihara kucing Persia ini ada beberapa cara merawat kucing Persia khusus yang harus Anda ketahui supaya kucing kesayangan Anda tersebut bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna.

Kucing Persia memang identik dengan bulu yang indah dan lucu sehingga sangat cocok jika kita jadikan sebagai hewan peliharaan. Namun dengan bulu yang indah dan lucu tersebut tentu saja kucing Persia membutuhkan cara perawatan khusus dan tidak bisa sembarangan dalam memelihara nya. Ada cara merawat kucing Persia khusus agar bisa membuatnya tumbuh dengan bulu yang tetap sehat dan indah.

Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik

Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik

Kucing Persia umumnya memiliki tubuh yang besar, gemuk dan tambun Dengan bentuk hidung yang lebih pesek dibandingkan kucing lainnya serta memiliki wajah bulat tentu saja membuatnya tampil beda dan lucu sehingga banyak orang yang ingin memelihara kucing Persia ini.

Nah bagi Anda yang ingin memelihara kucing Persia, namun tidak tahu bagaimana sih cara merawat kucing Persia. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan tutorial lengkap mengenai cara merawat jenis kucing Persia dengan benar.

Baca Juga  4 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Merawatnya Sesuai Usia

1. Siapkan Kandang Dan Jaga Kebersihan Kandang

Cara merawat kucing Persia yang pertama tentu saja adalah Anda harus memPersiapkan dulu kandang yang bisa dijadikan tempat dari kucing Persia untuk beristirahat. Usahakan agar kAndang tersebut memang diperuntukkan khusus untuk kucing Persia, artinya ukuran dari kandang memang tepat dan juga memiliki ventilasi udara yang cukup untuk kucing Persia tersebut.

Anda bisa menempatkan kandang pada ruangan yang sedikit terbuka supaya sirkulasi udara dalam kandang bisa lancar, pastikan juga sinar matahari bisa masuk dalam kandang. Dan yang terpenting adalah, Anda harus memastikan kondisi kandang selalu terjaga kebersihannya. Anda harus rutin membersihkan sisa makanan yang berjatuhan hingga membersihkan kandang rutin.

Perlu Anda ketahui jika kandang yang kotor dan juga tidak terawat bisa saja menjadi sarang penyakit dari kucing Persia yang Anda rawat, terutama bagi anak kucing Persia yang masih rentan terhadap berbagai bakteri, sehingga terkena sedikit bakteri bisa membuatnya menjadi sakit.

2. Perhatikan Tempat Makan Dan Minum Kucing

Cara merawat kucing anggora berikutnya tentu saja Anda harus memperhatikan tempat makan dan minum kucing anggora tersebut.

Walaupun hanya bersifat aksesoris, namun tempat makan dan juga minum khusus untuk kucing bisa membantu kalian dalam menjaga kebersihan rumah loh. Selain itu, kucing juga bisa makan tanpa berantakan atau berceceran dimana-mana.

Saya sarankan agar Anda mencari tempat makan yang sudah termasuk tempat minumnya. Artinya antara tempat makan dan minum menjadi satu dalam satu wadah. Pastikan juga agar lubang tempat makan dan minum kucing anggora tidak terlalu cekung ke dalam karena lidah kucing Persia ini berbeda dengan lidah kucing lainnya, dimana lidah kucing anggora tergolong pendek.

Kemudian pastikan juga jika Anda menaruh tempat makan di posisi yang sama setiap harinya. Sehingga kucing bisa mengetahui dimana mereka bisa mencari dan menemukan makanan sehari-hari.

3. Beri Makanan Yang Sehat Dan Bergizi

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan makanan yang sehat dan juga bergizi. Jika kita ingin memiliki kucing Persia yang sehat, tentu saja kita harus memperhatikan kualitas makanan yang kita berikan.

Kita tidak bisa memberikan makanan sisa untuk kucing Persia. Lebih baik berikan makanan yang bisa mendukung pertumbuhan sekaligus kesehatan kucing Persia, terutama untuk menjaga kesehatan tulang dna juga bulu-bulu kucing Persia.

Beberapa makanan kucing Persia yang dianjurkan adalah makanan seperti daging, entah itu daging ayam, daging sapi atau ikan bisa kita berikan kepada kucing Persia. Namun pastikan jika makanan daging tersebut sudah kita cacah terlebih dahulu agar kucing Persia bisa memakannya dengan mudah.

Jika Anda tidak mau susah-susah menyiapkan daging untuk makanan kucing Persia, Anda bisa kok memberi kucing Persia dengan makanan buatan pabrik seperti Royal Canin, Pro Plan atau Whiskas yang memang sudah terbukti berkualitas untuk dikonsumsi kucing Persia peliharaan kita.

Jangan lupa untuk memberikan air putih untuk diminum kucing, jika Anda ingin memberikan susu maka kita tidak bisa memberikan sembarangan susu untuk kucing. Pilih Lah susu khusus kucing.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

4. Mandikan Kucing Persia Secara Rutin

Cara merawat kucing Persia berikutnya tentu saja adalah dengan memandikan kucing Persia secara rutin. Memang kucing memiliki cara tersendiri untuk membersihkan tubuhnya, yaitu dengan menjilati sendiri bagian-bagian tubuhnya. Namun Anda harus tahu jika terkadang cara ini tidak bisa membuat tubuh kucing menjadi bersih dengan sempurna.

Sebaiknya Anda memandikan kucing Persia secara rutin agar kesehatan dan juga kebersihan kucing kesayangan kita tersebut tetap terjaga.

Minimal Anda bisa memandikan kucing Persia sebulan sekali, lebih baik jika seminggu sekali. Anda bisa memandikan dengan sampo khusus dan jangan lupa untuk mengeringkan kucing setelah dimandikan dengan handuk yang bersih atau juga bisa dengan hair dryer.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk memandikan kucing, Anda bisa menyerahkannya pada salon khusus kucing yang bisa memandikan sekaligus memberikan perawatan kepada kucing Persia kesayangan kita.

5. Siapkan Pasir Untuk Kucing

Siapkan Pasir Untuk Kucing

Jika Anda sudah terbiasa merawat dan memelihara kucing, tentu saja Anda juga sudah tidak asing lagi dengan fungsi dari pasir. Fungsi pasir untuk kucing sendiri sering digunakan untuk media dalam mengurangi bau sekaligus mengeringkan kotoran dari kucing itu sendiri.

Nah namun dalam cara merawat kucing Persia dengan benar ini saya sarankan agar Anda tidak menggunakan sembarangan pasir. Anda bisa menggunakan pasir jenis zeolit yang memang cocok untuk kucing Persia.

Namun yang terpenting jika Anda memberikan pasir untuk kucing Persia, saya sarankan agar Anda mengganti pasir tersebut 3 hari sekali. Hal ini karena kita juga tahu jika fungsi dari pasir adalah sebagai media untuk tempat kencing dan juga kucing membuang kotorannya.

Jika kita tidak mengganti pasir secara rutin tentu saja bisa membuat kucing merasa tidak nyaman bahkan stress karena kebersihan lingkungan yang tidak terjaga.

6. Bersihkan Area Yang Susah Dijangkau

Dalam merawat kucing Persia, tentu saja Anda harus tahu jika ada beberapa bagian dari tubuh kucing yang susah untuk dijangkau dan juga mudah kotor. Salah satu bagian tubuh kucing yang susah dijangkau dan mudah ktoro adalah bagian telinga, mulut dan juga mata kucing. Untuk bagian mulut, terutama pada gigi kucing sering mengalami pembengkakan gusi.

Terkadang kucing juga bisa mengalami masalah karang gigi karena sering mengkonsumsi makanan yang basah. Untuk itu Anda bisa membersihkan gigi dan mulut kucing setelah mereka menyantap makanan.

Selain gigi, telinga kucing juga paling mudah muncul kotoran atau kutu. Untuk itu Anda bisa membersihkan telinga kucing dengan menggunakan cotton bud yang basah, namun tetap hati-hati ya.

Anda juga bisa membersihkan mata kucing yang terkadang suka berair dengan cotton bud yang sudah Anda basahi terlebih dahulu, pastikan tetap hati-hati jangan sampai kucing merasa kesakitan saat Anda mencoba membersihkan area yang susah dijangkau tersebut.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

7. Rutin Memberikan Vaksin

Perlu Anda ketahui jika kucing Persia berbeda dengan kucing kampung atau kucing liar lainnya. Kucing Persia memerlukan vaksin untuk membantu pertumbuhan dan juga menjaga kesehatannya.

Jadi selain kontrol secara berkala ke dokter hewan, Anda juga harus memberikan vaksin kepada kucing Persia terutama bagi anak kucing Persia untuk membantu menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh anak kucing tersebut.

Dengan memberikan kucing Persia vaksin tentu saja bisa menjaga kucing tersebut aman dan terhindar dari serangan virus dan berbagai penyakit lainnya. Selain memberikan vaksin, kita juga perlu memberikan obat cacing kepada kucing Persia.

Pemberian obat cacing berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan kucing Persia. Jika sistem pencernaan kucing terganggu tentu saja bisa membuat nafsu makan kucing menjadi turun sehingga tubuhnya akan sulit untuk gemuk. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi pada kucing Persia kesayangan Anda kan? untuk itu berilah obat cacing secara rutin.

Nah itulah bagaimana cara merawat kucing Persia dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah Anda harus bisa menjaga kesehatan dan juga kebersihan dari kucing Persia kesayangan Anda.

Dengan memberikan makanan kucing Persia yang bergizi, menjaga kebersihan lingkungan adalah hal dasar yang wajib Anda terapkan untuk merawat kucing Persia agar tetap sehat dan tumbuh besar semoga bermanfaat ya Sahabat JH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *