in

Grooming Kucing : Manfaat, Harga, dan Caranya 

grooming kucing

Grooming Kucing – Jika anda memelihara kucing atau anjing yang memiliki bulu lebat, pasti sudah tak asing lagi dengan kegiatan grooming. Untuk anda yang baru ingin memelihara kucing, grooming adalah salah satu aktivitas yang harus rutin untuk dilakukan.

Walaupun kucing memiliki naluri alami untuk membersihkan dirinya sendiri, sebagai pemilik anda tentu memiliki kewajiban untuk merawatnya. Terutama pada daerah tubuh kucing yang sulit dijangkau oleh sang kucing.

 Manfaat Grooming Kucing

 Manfaat Grooming Kucing

Grooming kucing merupakan aktivitas memandikan dan membersihkan kucing agar bulunya yang lebat tetap bersih dan terbebas dari kutu atau jamur.

Grooming kucing adalah aktivitas dimana kucing akan mendapatkan perawatan dari mulai mandi, potong kuku, hingga merapikan bulu kucing

Selain membuat kucing tetap bersih dan terhindar dari kutu yang mengganggu, grooming kucing bermanfaat untuk mencegah kucing terkena penyakit kulit. Grooming kucing juga memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:

Baca Juga  Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya
  • Menjaga rambut atau bulu kucing agar tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah rontok
  • Menghilangkan dan menjaga bulu serta kulit kucing dari gangguan jamur, virus, dan bakteri
  • Membuat kucing merasa lebih nyaman dan merasa sejuk pada kondisi cuaca yang panas
  • Menjaga agar kucing tetap wangi, bersih, dan menggemaskan
  • Menjaga bulu agar tidak rontok
  • Mengurangi risiko kucing tersangkut bulunya sendiri saat sedang membersihkan tubuhnya secara mandiri
  • Mempererat hubungan antara pemilik dan kucing peliharaannya

Perhatikan Bulu Sebelum Melakukan Grooming Kucing

grooming kucing adalah

Untuk melakukan grooming kucing, anda dapat memperhatikan terlebih dahulu jenis bulu kucing peliharaan anda.

Jika kucing anda memiliki bulu yang pendek, maka perawatan bulu dan proses grooming kucing akan lebih sederhana dan singkat. Kucing dengan bulu yang pendek jarang mengalami kerontokan bulu. Tetapi tetap memerlukan grooming kucing setidaknya seminggu sekali.

Berbeda dengan kucing yang memiliki bulu tebal dan panjang. Anda harus grooming kucing secara rutin dan menyisirnya setiap hari agar bulu tidak kusut dan rontok.

Kucing jenis Himalaya dan Persia membutuhkan perawatan atau grooming kucing setiap harinya. Hal ini dikarenakan bulu kucing jenis tersebut panjang dan tebal. Maka, anda perlu menyisirnya setiap hari.

Baca Juga  Kucing Bengal: Ciri, Cara Merawatnya dan Harganya

Sedangkan untuk kucing jenis Maine Coon yang memiliki lapisan bulu yang berminyak dan tidak mudah terkena air, tidak akan mudah kotor. Sehingga, anda hanya perlu menyisirnya rutin secara mingguan.

Apabila ras kucing anda adalah Devon Rex dan Cornish Rex yang memiliki bulu keriting, anda tidak perlu selalu menyisirnya. Jika anda terlalu sering menyisir, justru akan merusak bentuk keriting dari bulu kucing tersebut.

Disarankan untuk anda yang memiliki ras kucing berbulu keriting untuk memandikannya saja daripada menyisir.

Untuk kucing berbulu sedikit dan pendek seperti Sphinx dan Peterbald, anda tetap harus memandikannya untuk membersihkan minyak yang ada di permukaan kulit. Tetapi, anda tidak perlu menyisirnya.

Kisaran Harga Grooming Kucing di PetShop

Harga Grooming Kucing di PetShop

Untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu atau kurang ahli dalam memandikan kucing, anda dapat melakukan grooming kucing di Petshop.

Pasalnya, ada saja kucing yang tidak ingin tubuhnya terkena air, sehingga cukup sulit untuk memandikannya. Maka, anda bisa menyerahkannya kepada Petshop.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

Banyak Petshop yang sudah memiliki layanan grooming kucing yang dilakukan dengan cara profesional dengan peralatan yang bersih dan terjamin aman.

Sehingga hasil grooming di Petshop akan lebih memuaskan apabila dibandingkan dengan anda grooming kucing sendiri  di rumah.

Untuk kalian yang ingin grooming kucing di Petshop, ini dia daftar kisaran harga grooming kucing yang bisa dijadikan patokan.

Kategori Grooming Kucing Ukuran Kucing Harga
Mandi Biasa Kucing Ukuran Kecil Rp 50.000
Kucing Ukuran Besar Rp 120.000
Mandi Anti Kutu Kucing Ukuran Kecil Rp 75.000
Kucing Ukuran Besar Rp 150.000
Mandi Anti Jamur Kucing Ukuran Kecil Rp 75.000
Kucing Ukuran Besar Rp 150.000
Mandi Kombinasi Kucing Ukuran Kecil Rp 100.000
Kucing Ukuran Besar Rp 200.000
Mandi Maintenance Kucing Ukuran Kecil Rp. 200.000
Kucing Ukuran Besar Rp 300.000

 Biaya Cukur Kucing

Jenis Cukur Harga
Cukur Minor Rp 150.000 – Rp 250.000
Cukur Mayor Rp 175.000 – Rp 300.000

Harga di atas merupakan kisaran harga pada umumnya. Maka, harga pasti untuk grooming kucing di Petshop memiliki variasi harga yang berbeda tergantung Petshop masing-masing.

Di beberapa Petshop, harga grooming kucing ditentukan tergantung dengan ukuran kucing yang dimiliki. Tetapi, beberapa Petshop juga mematok harga hanya dengan membedakan anak kucing dan kucing dewasa.

Selain grooming kucing, anda juga bisa mendapatkan suntik vitamin untuk kulit dan bulu atau suntik obat kutu dan jamur untuk kucing anda. Harganya suntik vitamin atau suntik obat di Petshop berkisar mulai Rp 100.000 – Rp 200.000.

Tips Grooming Kucing di Rumah

Tips Grooming Kucing di Rumah

Selain melakukan grooming kucing di Petshop, anda juga dapat melakukan grooming kucing di rumah sendiri dengan menggunakan peralatan yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

 Sebelum melakukan grooming kucing, anda perlu memastikan bahwa kucing anda sedang dalam mood yang bagus. Jangan membuat kucing anda justru menjadi stres. Jadikanlah grooming kucing sebagai suasana yang menyenangkan.

Untuk anda yang ingin melakukan grooming kucing di rumah, ini dia tips yang harus anda perhatikan.

1. Umur Kucing Sudah Cukup

Tips pertama untuk melakukan grooming kucing sendiri di rumah adalah usia kucing yang sudah tepat. Setidaknya kucing anda harus berusia 3 bulan atau sudah tidak menyusu kepada induknya untuk melakukan grooming kucing.

2. Lihat Kondisi Kucing

Tips selanjutnya adalah selalu perhatikan kondisi dan mood kucing anda. Sebelum anda melakukan grooming kucing di rumah, pastikan mood kucing sedang dalam keadaan baik, sehat, dan tidak stres.

Jika anda melakukan grooming kucing saat kucing sedang tidak fit, keadaannya bisa menjadi lebih parah dan melemah.

Maka lakukanlah grooming kucing saat kucing anda sedang dalam kondisi yang baik agar saat dimandikan kucing tidak akan agresif.

3. Lihat Kondisi Cuaca

Lihatlah kondisi cuaca sebelum anda melakukan grooming pada kucing anda. Anda bisa melakukan grooming kucing di rumah jika cuaca sedang cerah dan akan ada cahaya matahari dalam waktu lama.

Apabila keadaan atau kondisi cuaca sedang gelap, dingin, atau hujan, maka anda harus mempersiapkan alat pengering seperti hair dryer.

4. Gunakan Air Hangat

Menggunakan air hangat saat grooming kucing sendiri di rumah sangat bermanfaat untuk membasmi jamur, bakteri, dan kutu yang ada pada bulu dan kulit kucing.

Menggunakan air hangat juga akan membuat kucing lebih nyaman dan tidak agresif saat dimandikan.

5. Langsung Keringkan Tubuh Kucing

Jika sudah memandikan kucing, anda harus segera mengeringkannya. Anda bisa mengeringkan tubuh kucing di bawah matahari langsung atau dengan hair dryer atau handuk.

Cara Grooming Kucing Sendiri di Rumah

 Cara Grooming Kucing Sendiri di Rumah

Jika anda baru mencoba untuk melakukan grooming kucing sendiri di rumah, ini dia cara-cara yang bisa anda ikuti untuk grooming kucing anda di rumah.

Menyiapkan Alat Grooming Kucing

Siapkan alat grooming sebelum anda melakukan grooming kucing. Adapun alat yang harus anda siapkan adalah:

  1. Shampoo untuk kucing
  2. Gunting kuku
  3. Sisir
  4. Handuk
  5. Hairdryer

Memijat Kucing

Mulai grooming kucing dengan memijat tubuh kucing. Kegiatan ini dapat membuat kucing peliharaan anda terbiasa dengan sentuhan tangan pemiliknya. Kucing akan merasa nyaman dan tidak mudah stres.

Baca Juga  Jenis jenis Kucing, Karakteristik, dan Harganya

Menggunting Kuku Kucing

Cara grooming kucing di rumah selanjutnya adalah dengan memotong kuku kucing. Anda hanya perlu memotong pada bagian cakarnya saja. Tidak perlu memotong kuku kucing hingga habis.

Memotong kuku berfungsi agar anda tidak tercakar saat sedang memandikannya. Anda juga bisa melindungi perabotan rumah dari cakaran kucing.

Menyisir Bulu Kucing

Sisir terlebih dahulu bulu kucing agar tidak rontok saat dimandikan. Untuk menyisir bulu kucing, gunakan sisir khusus kucing agar kucing anda merasa nyaman.

Jangan lupa untuk perhatikan jenis bulu kucing anda sebelum melakukan grooming seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Membersihkan Telinga Kucing

Bersihkan telinga kucing dari noda coklat atau hitam yang menempel pada dinding telinga. Anda bisa menggunakan kapas atau cotton bud yang diberikan baby oil saat membersihkan telinga kucing.

Jika kucing memiliki kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan kapas atau cotton bud, gunakan obat tetes telinga khusus untuk kucing.

Memandikan Kucing

Setelah selesai melakukan cara-cara di atas, mulailah memandikan kucing dengan air hangat. Guyur air pada tubuh kucing secara perlahan lalu tambahkan shampoo dan bilas.

Mengeringkan Tubuh Kucing

Apabila telah selesai dimandikan, segera keringkan bulu atau kulit kucing menggunakan hair dryer atau blower atau bisa menjemurnya di bawah sinar matahari.

 Itu dia informasi mengenai grooming kucing yang bisa anda lakukan di rumah ataupun di Petshop. Sebagai pemilik kucing, Sahabat JH memiliki kewajiban untuk merawatnya dengan baik dan benar. Selamat mencoba grooming kucing di rumah!

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
jalak putih jantan

Jalak Putih Jantan : Ciri, Perbedaan dan Cara Merawatnya

ikan air payau

Mari Mengenal Jenis-Jenis Ikan Air Payau Disini