Hamster Campbell

Hamster Campbell : Habitat, Karakter dan Makanannya

Posted on

Hasmter Campbell – Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan hewan hamster. Salah satu hewan yang masuk keluarga pengerat ini terkenal sangat lucu dan menggemaskan. Hewan yang berasal dari daerah padang pasir ini terdapat dalam beberapa jenis dan salah satunya adalah hamster campbell.

Hamster yang terkenal dengan nama latin Phodopus campbelli ini lebih populer dibandingkan jenis hamster lainnya.

Hamster jenis ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis lainnya. Hewan ini lebih cepat bereproduksi dibandingkan yang lain. Supaya Anda lebih yakin untuk memeliharanya, berikut ulasannya:

Habitat Hamster Campbell

Habitat Hamster Campbell

Hamster adalah hewan berhabitat utama padang pasir, padang rumput, tanah yang keras, dan semi gurun. Hewan pengerat yang paling banyak dicari dan dipelihara karena kelucuannya ini sangat pemilih dalam hal tempat tinggal. Hewan ini sangat memperhitungkan beberapa hal sebelum menetap untuk tinggal.

Habitat hamster secara umum memiliki temperatur suhu antara 25 sampai 26 derajat celcius. Suhu lingkungan hamster juga harus disesuaikan dengan kelembabannya yang mencapai 75% kering. Hamster adalah hewan pengerat yang tidak hobi dengan air, kepanasan bahkan terkena angin.

Hamster bisa dibilang hewan yang sangat perhitungan karena sangat sensitif. Ketika Anda mengadopsi hewan ini untuk dipelihara, ketersediaan kandang dengan kondisi yang memadai juga harus diperhatikan. Kandang hamster harus memiliki karakteristik yang menyerupai habitat aslinya.

Baca Juga  Kucing Maine Coon : Ciri, Fakta dan Cara Merawatnya

Tujuan menyesuaikan kandang hamster dengan habitat yang asli adalah supaya hamster mudah menyesuaikan diri dengan cepat. Hewan ini adalah salah satu peliharaan yang sangat sulit beradaptasi. Faktor yang menghambat kesulitan adaptasi paling banyak adalah tidak kecocokan tempat tinggal.

Penyesuaian kandang dengan habitatnya yang asli biasanya dengan menambah alas kandang atau bedding dari serbuk kayu. Tujuan pemanfaatan serbuk kayu selain memperindah interior kandang hamster juga menjaga kestabilan suhu badan hamster saat beristirahat.

Karakteristik Hamster Campbell

Karakteristik Hamster Campbell

Hamster jenis ini mempunyai jumlah yang lebih banyak dibandingkan jenis kerabatnya yang lain. Banyak orang yang mengembang biakkan hewan ini karena permintaanya dipasaran cukup signifikan. Alasan banyak orang menggemari hamster jenis ini salah satunya karena karakteristiknya.

Hamster adalah hewan pengerat yang paling lucu karena bulunya lembut dan menarik. Bulu hamster memiliki keragaman warna dan ukuran. Hamster jenis ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis hamster lainnya. Ukuran hewan ini berkisar antara 9 sampai 12 cm saja.

Karakteristik hewan ini yang sangat menonjol di kalangan pecinta binatang adalah keagresifannya. Hewan ini tidak akan segan untuk menggigit musuhnya bila merasa terancam dengan giginya yang tajam. Hamster adalah hewan yang cukup mawas karena dengan pemiliknya saja ia bisa sering menggigit sampai berdarah.

Baca Juga  6 Karakteristik Kucing Ini Perlu Anda Ketahui

Karakteristik dari hewan lucu ini yang lain adalah termasuk nokturnal. Hamster adalah hewan yang aktif di malam hari dan low aktif saat matahari muncul. Kebiasaan hamster aktif pada malam hari sangat umum seperti hewan pengerat lainnya untuk mencari makan dan sejenisnya.

Hamster jenis ini lebih ramah dibandingkan jenis syrian. Ketika masih kecil hamster jenis ini akan senang berkumpul dan bersosialisasi dengan kerabatnya. Saat usianya menginjak dewasa, hewan ini akan lebih memilih menyendiri dibandingkan berkumpul karena akan memicu pertengkaran sesama jenis.

Makanan dan Minuman Hamster Campbell

Makanan dan Minuman Hamster Campbell

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi hamster campbell, Anda harus memperhitungkan pola hidupnya terlebih dahulu. Perlu diketahui sebelumnya bahwa hamster jenis ini selalu menyukai makanan dan minuman tetap ada meskipun bukan jam makan sebagai bentuk tanggung jawab pemiliknya.

Hamster akan mengalami gangguan mental bila kebutuhannya akan makanan dan minuman tidak terpenuhi meskipun hanya sekedar sebagai persediaan. Anda harus selalu memastikan air bersih untuk minum dan makanan cadangan hamster selalu ada di tempatnya.

Hamster menyukai makanan dalam bentuk apapun mulai dari pellet maupun makanan racikan lainnya. Makanan hamster baiknya lebih banyak mengandung sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sayur dan buah yang dibutuhkan hewan ini harus banyak mengandung vitamin A dan D.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Kedua jenis vitamin tersebut biasanya dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan nutrisi yang membuat gemuk hewan ini. Hamster secara naluriah sama dengan pengerat lainnya yang suka menyimpan stok makanan sendiri. Ketika memelihara hewan ini Anda harus peka memberikan makanan yang sesuai.

Penyediaan makanan agar sesuai untuk makan sekaligus stok hamster bisa dikira-kirakan sekitar 20 gram per harinya. Hamster lebih suka makanan kering dari pada berair sehingga lebih banyak makanan instan hewan ini yang berasal dari sayur dan buah sudah kering berwujud biji.

Penyakit Yang Kerap Diderita Hamster Campbell

Penyakit Yang Kerap Diderita Hamster Campbell

Hamster adalah hewan pengerat aktif dan tidak bisa tinggal dengan berdiam diri. Tidak jarang di kandang hamster dilengkapi berbagai alat untuk menunjang kenyamanan hamster di kandang. Alat-alat yang disediakan biasanya berhubungan dengan hobby bermain hamster yang tidak terbendung.

Terkenal dengan hewan yang aktif tidak menutup kemungkinan hewan ini juga memiliki kelemahan. Hamster sangat rentan terkena beberapa penyakit. Hewan ini lebih sering mengidap penyakit kulit karena faktor lingkungan. Penyakit lain yang umum terjadi pada hamster adalah diabetes.

Baca Juga  Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya

Pada umumnya hamster memiliki kegemaran mengkonsumsi fruktosa dari buah-buahan sehingga rentan mengidap diabetes. Hamster yang telah terjangkit diabetes biasanya memiliki kebiasaan berbeda dengan kondisinya yang sehat.

Hewan ini akan cenderung memiliki keinginan minum lebih banyak dibandingkan biasanya. Hamster juga akan buang air secara berlebihan. Badan hamster yang biasanya prima akan terlihat lemas dan bulunya lebih lepek dari biasanya.

Ketika Anda memutuskan memelihara hamster campbell disarankan untuk memilih yang usianya lebih muda agar dapat dipelihara lebih lama. Ketahui juga bahwa hamster jenis ini menyukai tempat tinggal yang didekor menarik dan tempat tinggal yang terjamin kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *