Hewan Karnivora

Hewan Karnivora: Pengertian, Contoh dan Ciri-Cirinya

Posted on

Hewan Karnivora – Sebagai makhluk hidup, tentu saja agar hewan bisa bertahan hidup mereka harus mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan seperti kebutuhan nutrisi dan sebagainya.

Berdasarkan makanannya, hewan dikelompokkan menjadi beberapa jenis kategori seperti hewan omnivora, hewan herbivora dan juga hewan karnivora.

Hewan karnivora biasanya akan lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti daging-dagingan. Sementara untuk hewan herbivora adalah hewan yang lebih banyak memakan tumbuhan, sayuran dan juga biji-bijian.

Untuk kategori ini, kebanyakan hewan yang menjadi hewan karnivora merupakan hewan buas. Untuk itu jika kita bertemu dengan hewan karnivora, kita harus berhati-hati karena bisa saja kita dimangsa oleh hewan karnivora tersebut.

Pengertian Hewan Karnivora

pengertian Hewan Karnivora

Kata karnivora sebenarnya berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu cao dan juga vorare. Cao sendiri berarti daging dan juga vorare berarti makanan, jadi kata karnivora ini bisa disimpulkan sebagai hewan yang mempunyai kebiasaan makan daging-dagingan. Jadi kesimpulannya adalah Hewan karnivora adalah hewan yang mempunyai kemampuan berburu mangsa untuk diambil dan dikonsumsi dagingnya

Dalam beberapa studi kasus yang dilakukan, hewan karnivora ini sangat identik dengan hewan yang mempunyai kemampuan berburu mangsa yang sangat kuat. Jadi bisa dikatakan hewan karnivora ini adalah hewan yang sangat buas, walaupun ada juga hewan karnivora yang bisa bersahabat dengan manusia seperti anjing dan juga kucing.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

Hewan karnivora ini mempunyai kemampuan untuk berburu yang aktif dan juga berburu yang cerdas sampai bisa mendapatkan mangsa yang akan dimakan. Kemudian selain itu, jenis spesies hewan karnivora ini juga mempunyai cara berlari yang jauh lebih cepat dan juga memiliki kemampuan mengintai yang sangat pandai.

Keterampilan berburu ini membuat banyak jenis hewan karnivora ini dianggap sebagai hewan yang buas dan juga berbahaya. Namun walaupun begitu, ada juga beberapa jenis hewan karnivora yang bisa dikatakan tidak buas seperti kucing.

Contoh Hewan Karnivora

ciri Hewan Karnivora

Karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging beberapa hewan karnivora biasanya adalah binatang buas. Berikut adalah contoh hewan karnivora.

1. Singa

Dijuluki sebagai raja hutan yang juga termasuk salah contoh hewan karnivora. Masih termasuk dalam jenis kucing singa hidup dengan cara berkelompok.

Diantaranya dalam beberapa singa betina terdapat satu singa jantan hal itu digunakan sebagai perlindungan dari mangsa yang lebih kuat darinya disamping itu dalam habitat singa betina lebih produktif dalam mencari mangsa ketimbang singa jantan.

Singa juga termasuk dalam salah satu fauna yang menyusui atau hewan mamalia. Dengan kemampuan berlari yang diatas rata-rata dibandingkan hewan berkaki empat lainnya, singa bisa berlari sampai kecepatan 50 mil per jam.

Selain memiliki kecepatan berlari yang cepat tersebut, singa juga dilengkapi dengan gigi taring yang kuat dan juga cakar tajam sehingga bisa mengoyak tubuh mangsa dengan cepat. Oleh sebab itu tidak heran jika singa menjadi salah satu hewan karnivora yang paling ditakuti di dunia ini.

Tidak hanya hewan lain saja yang takut jika bertemu dengan singa, namun pastinya manusia juga akan takut jika bertemu dengan singa.

2. Harimau

hewan dilindungi asal indonesia

Memiliki ciri tubuh yang lebih besar daripada jenis kucing lainnya harimau memiliki kemampuan berburu yang sangat baik. Karena harimau memiliki kelincahan dan kecepatan saat mencari mangsanya.

Contoh hewan karnivora yang satu ini termasuk ke dalam jenis kucing yang memiliki ukuran besar. Dengan kekuatan dalam mengincar mangsa ditambah lagi kecepatan geraknya yang sangat cepat tentu saja dalam hal berburu harimau bisa menjadi hewan yang sangat buas dan ditakuti mangsanya.

Ketika harimau berburu mangsanya, mereka akan lebih memilih untuk berburu mangsa dengan ukuran yang besar. Mangsa dari harimau tersebut seperti domba, kijang, babi dan hewan lainnya yang memiliki ukuran besar. Rata-rata hewan yang menjadi incaran dari singa adalah hewan yang termasuk dalam hewan herbivora.

Bahkan yang lebih menakutkan dari hewan harimau ini adalah harimau juga bisa menjadi kanibal. Hal ini karena tidak jarang juga harimau akan memakan harimau lainnya.

Baca Juga  12 Hewan Langka Indonesia dan Cara Melindunginya

3. Macan Tutul

Memiliki ciri khas tubuh yang dipenuhi dengan bintik bintik di sekujur tubuhnya membuat macan tutul dengan mudah dapat dikenali. Memiliki porsi tubuh yang sama dengan jenis mamalia kucing lainnya macan tutul cenderung sedikit lebih ramping.

Macan tutul sebenarnya masih termasuk dalam ras harimau namun dengan motif yang khas di sekujur tubuhnya yaitu memiliki bintik hitam dengan ukuran sedang. Saat ini macan tutul juga termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi karena banyak diburu manusia untuk diambil kulitnya.

4. Cheetah

cheetah

Terkenal dengan hewan tercepat di dunia hingga kemampuan berlari hingga mencapai 110 km/jam.

Sekilas cheetah hampir sama dengan macan tutul karena corak bintik pada sekujur tubuhnya namun saat diperhatikan cheetah lebih memilih punuk yang lebih bidang daripada macan tutul. Cheetah banyak tersebar di hutan liar dan memangsa seperti zebra, rusa dan lainnya.

Cheetah memiliki ukuran tubuh yang sama seperti harimau dan juga mempunyai ciri khas bintik hitam yang serupa seperti macan tutul di sekujur tubuhnya. Saat sedang mencari mangsa, cheetah bukan hanya memangsa berkelompok namun juga memangsa hewan targetnya sendiri atau secara individu.

5. Serigala

Termasuk dalam keluarga anjing, serigala lebih memilih berburu sejenis burung dan hewan pengerat untuk dijadikan makannya. Serigala sendiri mempunyai kebiasaan yang sangat mengerikan di malam hari yaitu melolong.

Lolongan dari serigala ini bisa membuat ketakutan siapapun yang mendengarkannya. Untuk jenis hewan karnivora yang satu ini biasanya akan memangsa hewan lainnya terutama burung.

Sebenarnya serigala mempunyai ukuran dan juga bentuk tubuh yang mirip seperti anjing. Namun yang membedakan keduanya adalah dari sifat kedua hewan ini. Anjing mempunyai sifat yang jauh lebih jinak dan bisa berbaur dengan manusia.

Sementara untuk serigala sendiri adalah hewan yang mempunyai insting berburu dan bisa menyerang dengan ganas sehingga sangat sulit serigala dijadikan sebagai hewan peliharaan.

6. Buaya

Predator yang biasa tinggal di muara ini masih termasuk dalam jenis hewan reptil yang memiliki tulang belakang dan berkembang biak dengan cara ovovivipar. Buaya ini tersebar di beberapa perairan tawar seperti sungai, danau dan lain lain.

Selain termasuk dalam kategori hewan karnivora, buaya juga termasuk dalam keluarga hewan reptil. Walaupun kebanyakan buaya hidup di air tawar, namun ada juga buaya yang dapat hidup di perairan payau atau danau.

7. Hiu

Jenis karnivora yang hidup di air dan memiliki kerangka tulang rawan yang lengkap ini biasanya hanya memakan ikan yang lebih kecil darinya, namun banyak kasus yang mencatat bahwa ikan hiu juga memangsa manusia.

Hewan ini bernafas dengan memiliki lima liang insang, bahkan terkadang ada juga hiu yang mempunyai enam hingga tujuh insang. Hal tersebut tergantung dari jenis spesies hiu itu sendiri.

Hiu ini memiliki tubuh yang berlapis kulit dermal denticles agar bisa melindungi tubuhnya dari gesekan dan juga menambah dinamika di dalam air. Biasanya hiu juga memiliki deret gigi yang dapat digantikan.

8. Elang

burung elang

Makanan utama dari burung ini biasanya adalah tikus, ayam , tupai dan lain lain. Elang memiliki paruh yang runcing guna untuk mengoyak daging mangsa disamping itu elang juga memiliki kuku kaki yang sangat kuat untuk mencengkram mangsanya. Elang juga memiliki penglihatan yang tajam saat membidik mangsanya dari kejauhan.

Elang merupakan satu-satunya hewan yang hidup dan juga berkembang biak di penjuru Indonesia. Elang juga termasuk dalam kategori spesies hewan pemangsa dari keluarga accipitridae genus aquila. Kemudian bburung elang juga termasuk dalam jenis hewan berdarah panas yang siap memburu hewan lainnya.

9. Burung hantu

Contoh hewan karnivora berikutnya adalah burung hantu. Burung yang mencari makan saat malam hari ini memiliki ciri khas yaitu matanya yang bulat dan menghadap ke depan disamping itu burung hantu memiliki kemampuan untuk memutar kepalanya hingga 180 derajat menuju belakang.

Burung hantu adalah salah satu hewan nokturnal yang di Indonesia sendiri sering dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. Namun dibalik hal mistis tersebut, burung hantu memiliki keindahan dari kedua bola matanya yang lebar seperti manusia.

10.Musang

Sama seperti burung hantu musang mencari makan saat malam hari. Musang memiliki keahlian untuk mengecoh musuh dimana saat ia dihampiri musuh ia akan berpura pura untuk mati sehingga musuh akan menjauhinya.

Walaupun musang ini terlihat lucu karena mempunyai gerak gerik yang aktif dan memiliki kebiasaan sering memanjat. namun hewan ini termasuk dalam hewan karnivora loh karena hewan ini mengkonsumsi daging sebagai makanan utamanya.

11. Anjing

Sejarah Anjing Pug

Binatang yang terkenal pintar ini menjadi hewan karnivora yang memiliki kawasan persebaran yang luas sebab anjing dijadikan hewan peliharaan untuk sebagian orang.

Karena memiliki indera penciuman yang sangat tajam tentu saja membuat anjing dapat dengan cepat langsung mengidentifikasikan lokasi dimana musuhnya sedang berada dan juga bisa mengetahui dimana lokasi temannya.

Jika kita bandingkan dengan contoh hewan karnivora lainnya, anjing adalah hewan karnivora yang pintar karena anjing dapat dilatih untuk melakukan beberapa pekerjaan yang bisa membantu manusia.

12.Kucing

Hewan yang menggemaskan ini juga termasuk dalam hewan karnivora sama seperti anjing kawasan persebaran kucing yang luas membuat kucing dengan mudah ditemui dimana saja. Kucing adalah salah satu contoh dan bukti bahwa tidak semuanya hewan karnivora itu hewan yang buas.

Buktinya kucing bahkan sudah bisa berbaur dengan manusia selama lebih dari 5000 tahun lamanya. Karena keindahan dan juga tingkah laku yang lucu dari hewan ini membuat kucing banyak dipelihara oleh manusia untuk dijadikan teman.

Baca Juga  10 Jenis Ayam Hias Paling Populer untuk Dipelihara

13. Komodo

Salah satu jenis hewan purba yang termasuk dalam jenis kadal besar yang memiliki ukuran hingga 3 meter ini memangsa sapi, kerbau dan rusa ini dikenal memiliki air liur yang amat sangat mematikan karena dalam air liur yang dimiliki komodo terdapat ribuan bakteri yang bisa membunuh mangsa dengan gigitan.

14.Beruang Madu

Beruang madu adalah salah satu hewan yang berasal dari kelompok ursidae dan menjadi hewan terkecil dari delapan spesies beruang lainnya yang ada di dunia.

Beruang madu sendiri termasuk dalam hewan yang berasal dari Bengkulu dan menjadi maskot dari daerah Bengkulu. Hewan ini selain menjadi maskot dari Bengkulu juga menjadi simbol dari kota Balikpapan.

Beruang madu bisa memiliki panjang tubuh mencapai 1.5 m dengan tinggi punggung yang bisa mencapai 70 cm. Untuk berat badan dari beruang madu ini rata-rata untuk usia dewasa adalah 50 kg. dengan kulit yang berwarna hitam, berbulu pendek dan juga berkilau.

15.Macan Dahan

Contoh hewan karnivora berikutnya adalah macan dahan. Dimana macan dahan ini merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki ukuran sedang. Panjang tubuh dari macan dahan ini bisa mencapai 90 cm untuk usia dewasa. Macan dahan ini mempunya bulu yang berwarna abu-abu kecoklatan dengan memiliki motif yang indah seperti awan.

Beruang madu juga mempunyai bintik hitam di seluruh tubuhnya. Dengan kaki yang pendek, hewan ini namun mempunyai telapak kaki yang besar dan juga mempunyai ekor yang sangat panjang loh.

Pada dasarnya macan dahan ini berkembang biak dan hidup di dataran rendah dan juga pegunungan. Daerah yang menjadi persebaran dari macan dahan ini adalah di sekitaran Asia Tenggara. macan dahan juga tergolong sebagai hewan nokturnal yang menggencarkan perburuan mangsa nya saat malam hari.

16.Rajawali Totol

Contoh hewan karnivora yang terakhir adalah rajawali totol. Dimana hewan ini termasuk jenis burung rajawali yang tinggal dan juga hidup disekitar hutan dataran rendah. Rajawali totol ini bisa menyebar hingga di Benua Eropa dan juga Benua Asia.

Rajawali Totol ini juga bisa menyebar sampai Tiongkok. Karena termasuk dalam kategori hewan karnivora, maka makanan utama dari rajawali totol ini adalah daging-dagingan.

Pada dasarnya rajawali totol ini mempunyai ukuran hingga 70 cm untuk usia dewasa. Dengan bulu yang gelap pucat dan juga bulu-bulu yang ramping, hewan ini mempunyai kemampuan untuk bisa terbang dalam durasi yang lama dan juga tinggi.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Hewan Karnivora

Kita bisa mengamati ciri-ciri hewan karnivora ini berdasarkan karakteristik dan juga makanan yang banyak dimakan.

Namun walaupun begitu masih ada banyak sekali kesamaan tentang sifat hewan satu dengan hewan yang lainnya walaupun memiliki jenis makanan yang berbeda. Untuk itu berikut dibawah ini adalah ciri-ciri hewan karnivora.

* Memiliki makanan utama yang berupa daging-dagingan.

* Hewan karnivora termasuk ke dalam hewan mamalia atau hewan yang mempunyai kelenjar susu.

* Kebanyakan hewan karnivora ini termasuk dalam hewan vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang.

* Hewan karnivora memiliki kemampuan untuk berburu mangsa yang baik, oleh sebab itu kebanyakan hewan karnivora adalah hewan yang buas.

Baca Juga  7 Jenis Hewan Buas yang Paling Berbahaya Di Dunia

* Kebanyakan hewan karnivora hidup di darat, walaupun ada juga hewan karnivora yang hidup di air contohnya adalah hiu.

* Hewan karnivora kebanyakan merupakan hewan buas.

* Hewan karnivora memiliki taring dan juga kuku yang tajam agar bisa mengoyak daging mangsa.

* Memiliki pergerakan yang sangat cepat untuk membantu mengejar mangsanya.

* Mempunyai penglihatan dan juga pendengaran yang tajam.

* Memiliki budaya hidup dengan cara berkelompok.

* Kebanyakan hewan karnivora berkembang biak dengan cara vivipar atau beranak.

* Termasuk dalam kategori hewan berdarah dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *