hewan omnivora

Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Posted on

Hewan Omnivora – Ada tiga jenis hewan berdasarkan bahan makanan apa yang mereka makan. Yaitu, karnivora, herbivora, dan omnivora. Penjelasan seperti ini nampaknya sudah diajarkan ketika kita masih menginjak SD.

Karnivora adalah jenis hewan yang pemakan daging. Sedangkan untuk hewan herbivora adalah hewan dengan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Lalu, omnivora adalah hewan dengan pemakan daging dan tumbuhan. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan hewan omnivora itu? Lalu apa saja hewan yang termasuk ke dalam jenis omnivora. Berikut merupakan penjelasannya.

Apa Itu Hewan Omnivora?

omnivora adalah

Seperti yang sudah kita pelajari sejak kecil, yang dimaksud dengan hewan omnivora adalah hewan yang memakan segala jenis makanan seperti tumbuhan, hewan, alga, dan jamur. Meskipun omnivora bisa memakan tumbuhan, namun berbeda dengan hewan herbivora.

Hewan omnivora hanya bisa memakan beberapa jenis tumbuhan tertentu dan bagian tertentu saja, tidak seperti hewan herbivora yang bisa memakan segala jenis tumbuhan.

Selain itu, hewan omnivora juga memiliki kesempatan lebih besar untuk hidup dalam kondisi yang sulit jika dibandingkan dengan hewan karnivora dan herbivora.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Setelah kalian mengetahui beberapa contoh dari hewan Omnivora, sekarang saatnya saya akan membagikan kepada Anda beberapa ciri-ciri dari hewan Omnivora agar kalian dapat membedakan jenis hewan berdasarkan jenis makanan dari hewan itu sendiri. Ciri-ciri hewan omnivora adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Ayam Birma: Ciri, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

* Memakan semuanya termasuk daging dan juga tumbuhan.

* Mempunyai sistem pencernaan yang sangat kompleks.

* Mempunyai bentuk gigi yang tajam di bagian depan.

* Mempunyai bentuk gigi yang datar di bagian belakang.

* Sebagian besar bukan termasuk dalam kategori hewan yang menyusui atau hewan mamalia dan juga sebagian ada yang termasuk dalam kategori hewan menyusui atau mamalia.

* Kebanyakan berkembang biak dengan cara bertelur, walaupun ada juga sebagian hewan omnivora yang berkembang biak dengan cara beranak.

Contoh Hewan Omnivora

Contoh Hewan Omnivora

Hewan omnivora juga bisa beradaptasi dengan lingkungan baru lebih mudah karena kemampuannya untuk bisa memakan segala jenis makanan yang ada di sekitar. Bisa dibilang omnivora berada di titik tengah rantai makanan, karena bisa menjadi predator dan sekaligus mangsa. Berikut adalah beberapa contoh hewan omnivora.

Baca Juga  Ayam Hutan Hijau: Ciri-ciri dan Cara Membudidayakannya

1. Ayam

Contoh hewan omnivora adalah ayam. Ayam merupakan hewan omnivora yang termasuk dalam jenis unggas. Ayam ini tentu saja sering kita temui di sekitar lingkungan kita, hal ini karena memang ayam banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi untuk daerah di perkampungan yang tentu saja akan ada banyak ayam berkeliaran di sekitar kita.

Ayam biasanya memakan bij-bijian, rumput, ulat, dan cacing. Karena bisa makan dari bahan hewani dan nabati, maka dari itu ayam juga termasuk ke dalam hewan omnivora. Selain makan dari yang sudah saya sebut diatas, ayam yang dipelihara dan diternakan juga kadang beri makan dedak atau tepun.

2. Bebek

Tidak jauh berbeda seperti ayam, bebek juga termasuk dalam contoh hewan omnivora jenis unggas. Bebek biasanya akan kita temui di sekitar area yang berair atau becek misalnya seperti di sungai dan juga rawa.

Bebek biasanya berkeliaran di sekitaran sungai kecil dan rawa untuk mencari makananan. Makanan dari bebek ini juga bervariasi, karena memang bebek termasuk dalam contoh hewan omnivora. Makanan dari bebek misalnya adalah seperti tanaman air, sayuran, rumput dan ikan kecil bahkan cacing.

Karena jenis makanan untuk bebek ini tergolong mudah untuk didapatkan, bebek sering dijadikan sebagai salah satu pilihan hewan budidaya.

Bebek dapat dimanfaatkan telur atau daging untuk diolah menjadi santapan yang lezat juga, oleh sebab itu bebek sering dibudidayakan juga.

3. Monyet

Hewan lain yang tergolong dalam jenis hewan omnivora adalah monyet. Monyet memang memiliki banyak jenis, dengan berbagai ukuran dan warna. Banyak orang yang mengira bahwa monyet hanya memakan pisang saja. Hal tersebut tidak benar 100%.

Monyet biasanya memakan biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan termasuk juga pisang. Namun, serangga, laba-laba, kadal kecil juga sering dimakan oleh monyet. Itu lah yang menyebabkan monyet juga termasuk ke dalam hewan omnivora.

Baca Juga  Sugar Glider: Jenis, Makanan, Harga dan Cara Merawatnya

4. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah salah satu jenis hewan mamalia atau hewan yang menyusui yang hidup di dalam air.

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang sangat bersahabat dengan manusia. hewan imut dan juga cerdas ini selain tergolong sebagai hewan mamalia, dia juga termasuk dalam jenis hewan omnivora.

Lumba-lumba ini bisa memakan cumi kecil, ikan kecil dan plankton. Lumba-lumba mempunyai sonar sistem yang menjadi cara berkomunikasi sekaligus melihat keberadaan benda lainnya yang ada disekitarnya.

5. Gorila

Contoh hewan omnivora berikutnya adalah gorila, selain menjadi hewan omnivora gorila juga termasuk dalam hewan yang menyusui atau mamalia loh.

Gorila biasanya akan memakan tumbuh-tumbuhan seperti serangga dan juga daging. Selain itu gorilla juga termasuk dalam hewan yang memiliki DNA hampir sama seperti manusia.

Kemiripan DNA tersebut dapat Anda lihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegap, memiliki kedua tangan dan kaki yang fungsinya sama seperti tubuh manusia.

6. Babi

Babi juga termasuk ke dalam hewan omnivora. Pasalnya, babi bisa memakanan apapun yang ada sekitarnya. Seperti babi hutan yang doyan makan buah, tumbuhan, serangga, tikus, dan reptil yang memiliki ukuran kecil.

Sama halnya dengan babi ternak, babi ternak biasa diberi makan biji-bijian, jagung, kedelai dan juga makanan yang disebut slop yang merupakan campuran dari sisa sisa makanan, seperti sisa sayuran, sisa daging, buah dan makanan lain.

7. Kucing dan Anjing

Para ilmuwan menganggap bahwa kucing dan anjing adalah hewan omnivora. Meskipun begitu, ternyata ada perbedaan dari kedua hewan ini. Contohnya kucing, kucing tidak bisa bertahan hidup hanya dengan memakan nabati saja.

Kucing masih membutuhkan beberapa bentuk daging. Sedangkan untuk Anjing, masih bisa bertahan hidup hanya dengan memakan nabati saja. Namun, kita juga perlu memberi daging kepada anjing dan kucing agar nutrisi terpenuhi.

8. Tikus

Siapa sih disini yang tidak tahu tikus? tentu saja semua orang sudah tahu tikus. Tikus adalah salah satu contoh hewan omnivora yang banyak dibenci karena dia bisa memakan apapun yang didepannya. Entah itu tumbuhan seperti padi, makanan seperti nasi, daging dan masih banyak lagi.

Bahkan tikus ini juga suka memakan serangga atau ikan asin yang ada di rumah kita. Tikus sering dianggap menjadi hama karena bisa mengganggu tanaman yang kita tanam di sawah, bahkan tikus juga sering merobek baju yang ada di lemari yang tidak pernah dibersihkan sehingga akan menjadi sarang untuk tikus itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *