Iguana Laut

8 Fakta Unik Iguana Laut, Spesies Kadal yang Bisa Menyelam

Posted on

Iguana Laut – Tahukah kalian kalau ada 6 tipe iguana? 6 jenis itu adalah Desert Iguana, Chuckwalla Iguana, Rock Iguanas, Marine Iguanas, Land Iguanas dan Spiny-tailed Iguanas.. Iguana merupakan hewan yang berjenis berdarah dingin.

Oleh karenanya, mereka suka yang bertempat tinggal di daerah yang hangat, seperti Mojave Desert, Caribbean, Galapagos Island, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Mexico.

Nah, yang akan kita bahas sekarang adalah Marine Iguanas atau iguana laut yang hanya ada di Kepulauan Galapagos, sebelah barat Ekuador di Amerika Latin. Hewan ini memiliki nama latin Amblyrhynchus Cristatus. Umumnya, mereka hidup berkoloni di sekitar pantai berbatu.

Karakteristik Iguana Laut

Karakteristik Iguana Laut

Iguana laut memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari iguana jenis lain. Penampilannya yang garang dengan deretan duri di punggung, berkulit tebal, dan umumnya berwarna hitam legam. Bahkan, pejantannya berukuran hingga 1,5 meter. Biasanya, mereka memiliki panjang moncong 12-56 cm dan panjang ekor 17-84 cm.

Berat maksimum iguana laut pun nggak sama. Mereka memiliki perbedaan ukuran tubuh yang disebabkan sedikit banyaknya jumlah makanan yang tersedia di pulau, yang bergantung pada suhu laut dan pertumbuhan alga.

Umurnya bisa sampai 60 tahun, tapi rata-rata hanya 12 tahun atau kurang. Kematangan seksual iguana laut betina pada usia 3–5 tahun, sedangkan iguana jantan pada usia 6–8 tahun.

Baca Juga  Bukan Cuma Ayam, Ini 11 Hewan Berkaki Dua Lainnya

Mereka mudah ditemukan di pesisir pantai karena senang berjemur di bawah sinar matahari sebelum mencari makanan di laut. Hal itu mereka lakukan untuk menyerap panas matahari. Apabila mereka nggak berjemur, tubuh iguana laut nggak akan bisa melakukan metabolisme.

Iguana laut juga memiliki predator seperti anjing laut dan burung elang. Saat predator mengejar, iguana akan menggunakan kemampuan larinya yang bisa mencapai 35 km per jam. Saat tertangkap predator, iguana akan memutus ekor panjangnya. Sama seperti cicak, ekor iguana bisa kembali beregenerasi.

Banyaknya predator termasuk dari burung, membuat iguana harus mengembangkan mata ketiga yang tepat berada di tengah dan di atas kepala. Mata ketiga itu dijuluki mata parietal yang nggak sempurna, tapi masih berfungsi untuk mendeteksi cahaya, bentuk, dan pergerakan.

Umumnya, iguana memiliki duri dari punggung hingga ekor untuk bertahan dan melawan predator, kecuali spesies Chuckwalla dan Iguana Desert yang nggak memilikinya.

8 Fakta Keunikan Iguana Laut

Fakta Keunikan Iguana Laut

Nah, selain yang diuraikan di atas, iguana laut juga mempunyai keunikan lain. Yuk, simak keunikan-keunikannya berikut ini.

1. Sejak bayi, iguana laut sudah bertaruh nyawa

Ketika akan bertelur, sang induk harus pergi ke tengah pulau, lalu menggali lubang di sekitar bebatuan untuk meletakkan telurnya di sana.

Setelah bertelur, iguana betina itu pun pergi. Saat telur itu menetas sekitaran bulan Juli setelah dua bulan di dalam pasir, hukum rimba sudah berlaku untuk bayi iguana laut.

Bayi iguana laut harus berhati-hati ketika keluar dari pasir. Segerombolan ular siap mengejar jika bayi iguana terlalu banyak bergerak.

Akibatnya, bayi iguana itu harus berlari untuk menghindari serangan ular yang datang dari segala arah. Namun kebanyakan, mereka tertangkap oleh ular yang muncul dari depan.

Perjuangan bayi iguana laut menuju pantai untuk menemui induknya sama sekali nggak mudah, ya. Mereka harus berlari melewati hadangan predator.

2. Iguana laut jantan bisa berubah jadi berwarna-warni

Warna hitam pada iguana laut sebenarnya hanya berfungsi untuk membantu menghangatkan diri. Tahukah kalian bagaimana warna ini bisa membantu iguana menjadi hangat? Warna hitam akan menyerap panas di sekitar iguana, sehingga mereka nggak akan merasa kedinginan. Bahkan meski mereka menyelam di dinginnya air laut.

Namun uniknya ketika musim kawin tiba, iguana jantan akan memiliki tubuh yang berwarna-warni. Kondisi ini merupakan salah satu cara untuk membuat sang betina jatuh hati padanya.

Warnanya bervariasi tergantung pada setiap populasi yang ada di pulau-pulau Galapagos. Mereka memiliki berbagai warna mulai dari merah koral, abu-abu batu, dan hijau hutan, sehingga dapat berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga  Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri dan Contohnya

3. Meski terlihat garang, iguana laut adalah herbivora

Terkesan sangar dan mempunyai kuku yang tajam, iguana laut tampak seperti karnivora ganas. Tapi ternyata, mereka adalah herbivora. Mereka memakan alga dan rumput laut. Jadi, iguana itu harus menyelam ke dasar laut untuk mencari makan.

Iguana menggunakan kuku-kukunya tersebut untuk berpegang erat-erat pada batu-batuan di laut dasar. Cara ini dilakukannya agar dirinya tetap aman saat makan dan nggak terbawa arus.

4. Mampu menahan napas untuk waktu yang lama di laut

Iguana laut bernapas dengan paru-paru. Seharusnya, mereka nggak bisa bernafas dalam air.

Tapi, iguana ini punya kemampuan menahan napas untuk waktu yang sangat lama. Iguana ini bisa menyelam ke laut selama 30 menit dengan kedalaman mencapai 20 meter.

5. Bersin adalah cara iguana laut mengeluarkan kelebihan garam dari dalam tubuhnya

Iguana ini tentu sering menelan air laut saat makan. Agar nggak kelebihan kadar garam di dalam tubuhnya, mereka memiliki kelenjar yang mampu menyingkirkan garam dari darah.

Hal ini penting agar iguana laut nggak dehidrasi. Kelebihan garam itu dikeluarkan dengan cara yang unik, yaitu bersin melalui hidungnya yang pendek dan berduri.

6. Iguana laut jantan suka mengangguk-angguk

Kebiasaan unik Iguana laut lainnya yaitu kepalanya suka diangguk-anggukkannya. Ternyata di balik gestur itu ada makna tertentu. Itu cara iguana jantan untuk mengintimidasi satu sama lain.

Lucu ya? Selain itu, iguana jantan juga akan mengangguk-angguk ketika berhadapan dengan betina yang akan kawin dengannya.

7. Jeritan Mockingbird adalah salah satu bantuan untuk iguana laut bertahan hidup

Iguana laut mempunyai banyak akal untuk bisa bertahan hidup. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan mockingbird.

Mendengar jeritan burung mockingbird, iguana laut akan tahu bahwa elang galapagos mendekat. Itu artinya, mereka dalam bahaya dan akan segera kabur ke bebatuan atau menyelam ke dalam laut.

Baca Juga  10 Ikan Predator Hias yang yang Aman Dipelihara di Akuarium

8. Mengecilkan ukuran tubuh ketika sumber makanan berkurang

Ketika sumber makanan berkurang, iguana laut juga harus bertahan hidup. Oleh karena itu, mereka beradaptasi dengan cara mengecilkan ukuran tubuh hingga 20 persen agar kebutuhan makanan juga berkurang. Namun, ketika makanan kembali melimpah, ukuran tubuh mereka akan kembali seperti semula.

Itulah fakta unik tentang iguana laut, satu-satunya kadal yang bisa menyelam selain ikan. Sejak bayi hingga dewasa, mereka memiliki keunikan dan cara beradaptasi untuk bertahan hidup yang tak kalah hebatnya.