in

Mari Mengenal Jenis-Jenis Ikan Air Payau Disini

ikan air payau

Ikan Air Payau – Air payau adalah air perpaduan dari ari tawar dengan air laut yang asin. Air payau ini bisa dengan mudah kita jumpai di daerah muara atau pesisir pantai.

Dimana di perairan air payau ini ada banyak sekali jenis ikan yang bisa hidup karena berhasil beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sebagian ikan yang hidup di air payau ini seperti ikan laut yang bisa beradaptasi dengan perairan air tawar dan juga sebagian ikan air tawar yang juga bisa beradaptasi dengan kondisi perairan yang asin. Ikan air payau ini termasuk ke dalam jenis ikan yang bisa dengan mudah kita budidayakan.

Dimana ikan yang hidup di perairan ini banyak diminati oleh orang-orang yang ingin membudidayakan ikan. Selain mudah, ikan air payau ini juga bisa dengan cepat besar serta banyak diminati oleh pasar serta harga jual yang cenderung tinggi.

Jenis-Jenis Ikan Air Payau

ikan kerapu

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa air payau adalah air campuran dari air tawar dengan air asin. Dimana bisa dibilang dalam perhitungan setiap 1 liter air payau ini mengandung 0,5 sampai 30 gram kandungan air tawar di dalamnya.

Jika kandungan air tawarnya lebih dari itu maka termasuk sebagai air laut atau air asin. Nah berikut adalah beberapa jenis-jenis ikan air payau yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

1. Ikan Kerapu

ikan kerapu

Jenis ikan air payau yang pertama adalah ikan kerapu. Dimana ikan kerapu ini termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang dapat hidup di ekosistem dari air payau.

Dulunya ikan kerapu ini banyak dijumpai di sekitaran muara sungai. Namun belakangan ini ikan Kerapu sangat sulit untuk ditemukan.

Penyebab dari kelangkaan ikan Kerapu ini adalah karena penangkapan ikan oleh nelayan dengan cara yang ilegal serta tidak ramah lingkungan. Akibatnya karena ikan Kerapu yang sulit untuk didapatkan ini maka berdampak terhadap harga ikan yang mahal di pasar.

Ikan Kerapu ini sebenarnya banyak diminati oleh masyarakat karena terkenal memiliki rasa yang sangat lezat serta daging ikan yang sangat bergizi untuk dikonsumsi.

Baca Juga  7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar

2. Ikan Kakap

ikan kakap

Berikutnya ada ikan kakap yang juga termasuk ke dalam salah satu jenis ikan air payau. Ikan jenis ini bisa hidup di air payau dengan memakan ikan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil serta memakan udang-udangan.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis ikan kakap yang bisa dengan mudah ditemukan seperti ikan kakap merah, kakap bakau, kakap putih dan juga kakap merah sejati. Habitat asli dari ikan kakap ini adalah di pantai mangrove, di sungai dengan air yang jernih serta pantai yang berkarang.

Ikan kakap ini juga terkenal di masyarakat karena kelezatannya. Oleh sebab itu tentu saja kita tidak heran jika ikan kakap menjadi salah satu menu paling favorit di beberapa rumah makan atau di restoran.

3. Ikan Nila

ikan nila

Biasanya kita memelihara ikan Nila ini di perairan air tawar. Namun seiring dengan perkembangan Zaman, sekarang ikan Nila ternyata juga bisa kita budidayakan di perairan payau.

Walaupun sekarang persentase dari ikan Nila ini semakin berkurang, namun ada banyak daerah di Indonesia yang sudah mulai kembali membudidayakan ikan NIla.

Misalnya seperti di daerah Jawa Timur, dan juga di Lampung yang banyak membudidayakan dan juga menjadi sentra dari budidaya ikan Nila yang berbasis di ekosistem air payau tersebut.

Permintaan pasar terhadap ikan Nila yang cukup tinggi ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang ingin budidaya ikan Nila untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Ikan Mujair

ikan mujair

Ikan air payau berikutnya adalah ikan Mujair. Dimana seperti yang sudah kita ketahui bahwa ikan Mujair ini juga termasuk dalam salah satu jenis ikan yang dapat dibudidayakan di lingkungan air tawar atau air payau.

Hal ini karena seiring dengan berkembangnya zaman dan juga bertambahnya ilmu pengetahuan sekarang sudah ada banyak orang yang mulai budidaya ikan mujair di perairan air payau.

Jika dilihat dari segi kualitas atau hasil, budidaya ikan mujair di air payau ini juga tidak jauh berbeda. Bahkan terkadang juga hasil budidaya ikan Mujair di air payau ini jauh lebih berkualitas loh.

5. Ikan Buntal

makanan ikan buntal air tawar
Image: en.wikipedia.org

Untuk anda yang sering menonton kartun Spongebob tentu saja kalian sudah tahu apa nama ikan ini. Ikan buntal memiliki ciri khas dengan duri di seluruh tubuhnya. Dimana ikan buntal ini bisa hidup di habitat perairan air payau. Dalam serial kartun Spongebob, ikan buntal ini digambarkan sebagai Nyonya Puff.

Dimana sama seperti pada serial kartun Spongebob, ikan buntal ini juga akan mengembangkan tubuhnya dengan bentuk yang membulat di sekujur tubuh yang dipenuhi oleh duri jika mereka merasa terancam. Hal tersebut sebagai bentuk perlindungan diri untuk menjaga dari serangan atau ancaman musuh.

Untuk anda yang tinggal di dekat muara pastinya anda akan sering menemukan jenis ikan buntal ini di sekitaran muara sungai yang dekat dengan area pesisir. Namun walaupun memiliki bentuk yang lucu, ikan buntal ini tidak boleh dikonsumsi karena memiliki daging yang beracun.

Hanya orang-orang atau koki yang bisa mengolahnya saja yang dapat memasak ikan buntal ini agar aman dikonsumsi. Sama seperti yang terjadi di Jepang, dimana banyak orang-orang Jepang yang tahu tentang bagaimana cara mengolah ikan buntal tersebut.

6. Ikan Bandeng

jenis ikan air payau

Sebenarnya ikan bandeng ini hidup di air asin. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan banyak orang yang sudah pintar, sekarang ikan bandeng ini juga bisa kita budidayakan di perairan air payau. Ikan bandeng bahkan juga menjadi salah satu jenis ikan air payau yang unggulan loh.

Permintaan dari ikan bandeng yang cukup tinggi di pasar ini membuat bisnis budidaya ikan bandeng menjadi salah satu bisnis sampingan yang sangat menjanjikan.

Jenis ikan bandeng ini juga sangat populer karena memiliki rasa yang lezat jika dikonsumsi. Walaupun memiliki duri yang banyak, namun jika ikan bandeng ini disajikan menjadi bentuk bandeng presto rasanya akan enak dengan duri yang aman untuk dikonsumsi.

7. Ikan Goby

ikan gobby

Berikutnya ada ikan air payau bernama Goby. Dimana ikan ini menjadi salah satu penghuni dari habitat perairan payau di Indonesia. Namun kebanyakan juga ikan Goby ini tinggal di lautan luas.

Jenis ikan air payau yang satu ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat khas seperti berbentuk torpedo. Jenis ikan air payau ini juga dapat kita pelihara di dalam aquarium rumah kita loh.

Selain mempunyai bentuk yang sangat unik serta cantik, ikan Goby ini juga mempunya karakteristik pendiam jadi kita tidak perlu khawatir jika ingin mencampurkan ikan Goby di dalam aquarium yang sama dengan jenis ikan lainnya.

8. Ikan Mono

ikan mono

Berikutnya ada ikan air payau bernama Ikan Mono. Dimana ikan yang satu ini mempunyai bentuk yang sama seperti layang-layang. Bentuk ikan ini memiliki ukuran yang pipih serta mempunyai ekor dan sirip berwarna kuning dengan warna tubuh seperti putih mutiara.

Ikan yang tinggal di air payau ini sangat cocok untuk kita pelihara dan kita jadikan ikan hias di dalam akuarium karena memiliki bentuk yang sangat cantik.

9. Ikan Kiper

ikan kiper

Selanjutnya jenis ikan air payau ada ikan kiper yang sangat populer di kalangan ikan jenis air payau. Ikan ini mempunyai ciri fisik berbentuk pipih lengkap dengan totol hitam di sekujur tubuhnya terkecuali dibagian bawah mulut hingga sirip.

Memiliki nama unik juga membuat ikan kiper ini sangat bagus untuk mengisi akuarium di rumah kita. Karena memiliki bentuk dan juga warna yang unik, ikan kiper ini juga memiliki karakteristik yang tidak begitu agresif.

Baca Juga  Rekomendasi 16 Jenis Ikan Aquascape yang Menarik

10. Ikan Penyumpit

ikan panyumpit

Jenis ikan air payau yang satu ini juga memiliki nama lain sebagai Ikan pemanah. Disebut sebagai ikan pemanah ini karena mempunyai kemampuan untuk mencari mangsa di luar air dengan menyemburkan air yang bersumber dari dalam mulutnya tersebut.

Ikan penyumpit ini juga menjadi salah satu jenis ikan air payau yang bisa kita temui dengan mudah di sekitar perairan hutan bakau. Tempat seperti perairan di hutan bakau ini sangat disukai oleh ikan Penyumpit ini karena di daerah tersebut banyak sekali jenis serangga yang bisa menjadi makanan atau mangsa ikan penyumpit.

Keunikan dari ikan penyumpit ini adalah bukan hanya bisa menembak air dari dalam mulutnya sekali saja, namun ia bisa memanah hingga 7 kali berturut-turut dalam sekali waktu. Jika semburan air yang ia keluarkan tidak bisa mengenai ikan atau mangsa nya, biasanya ikan memanah akan melompat dari dalam air untuk kemudian menyerap mangsa.

11. Ikan Patin

ikan patin

Mungkin sebagian anda disini sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan patin adalah salah satu jenis ikan air payau yang memiliki bentuk seperti lele. Hal ini karena jenis ikan air payau ini mempunyai kumis sama seperti lele.

Ikan patin ini terkenal di kalangan masyarakat terutama nelayan karena mempunyai daging yang sangat tebal. Keunggulan lainnya dari ikan patin ini adalah masa panen dari ikan yang tergolong sangat cepat, oleh sebab itu jenis ikan ini menjadi favorit dari para budidaya ikan air payau di Indonesia.

12. Ikan Sidat

ikan sidat

Sebenarnya ikan sidat adalah ikan air tawar, namun ia juga bisa hidup di dua jenis perairan yaitu air asin dan air tawar atau hidup diantara kedua perairan tersebut.

Jika kita melihat sekilas ikan ini sama seperti dengan belut. Namun perbedaan yang bisa kita lihat dari ikan air tawar ini dengan belut adalah terdapat di bagian kulit serta siripnya. Ikan sidat ini mempunyai sirip, sementara untuk belut tidak memiliki sirip.

Kulit dari ikan Sidat ini mempunyai bentuk sisik yang halus sama seperti anyaman bambu. Sementara untuk kulit di belut ini sangat licin karena dilapisi oleh lendir.

Namun keduanya ini memiliki kesamaan, dimana baik belut atau Ikan Sidat adalah hewan hermaprodit atau hewan berkelamin ganda. Dimana belut bisa berganti dari kelamin betina menjadi jantan saat mereka sudah mulai tumbuh dewasa.

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
grooming kucing

Grooming Kucing : Manfaat, Harga, dan Caranya 

ikan sembilang

Mengenal Ikan Sembilang Kembaranya Ikan Lele