ikan air tawar

12 Jenis Ikan Air Tawar Ini Sangat Mudah Dipelihara

Posted on

Ikan Air Tawar – Memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing memang sangat menyenangkan. Namun apakah anda pernah berpikiran untuk memelihara ikan? Memelihara ikan tentu saja tidak kalah mengasyikkan.

Apalagi bagi Anda yang lebih suka dengan ketenangan dan juga lingkungan yang bersih. Untuk Anda yang sedang mencari hewan peliharaan yang mudah dirawat, Anda bisa mencoba untuk memelihara ikan air tawar hias di dalam akuarium.

Ikan air tawar hias selain tidak menimbulkan kebisingan dan juga tidak membuat rumah berantakan. Memelihara ikan air tawar hias juga sangat mudah dalam hal perawatan nya.

Dibandingkan dengan kita memelihara kucing atau anjing, memelihara ikan hias sangat mudah dan tidak begitu menyita banyak waktu. Kita tidak perlu repot-repot mengajak hewan peliharaan tersebut untuk main-main seperti kita memelihara kucing atau anjing.

12 Jenis Ikan Air Tawar Hias Yang Mudah Dipelihara

jenis ikan air tawar

Ikan air tawar memang sedang menjadi primadona bagi semua orang untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Entah itu ditempatkan dalam akuarium atau dibuatkan kolam khusus ikan air tawar hias tersebut.

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara dengan biodiversitas paling tinggi di dunia. Oleh sebab itu kita tidak usah heran lagi jika Indonesia memiliki banyak sekali jenis ikan air tawar hias yang bisa kita pelihara dengan mudah.

Data dari kementerian kelautan dan perikanan di Indonesia sendiri menyebutkan jika, di negara Indonesia terdapat lebih dari 400 jenis ikan air tawar hias dari total 1000 ikan air tawar yang ada di seluruh dunia. Ikan air tawar hias adalah jenis ikan hias yang memiliki habitat asli hidup di air tawar misalnya seperti danau, sungai atau waduk.

Bagi para pecinta ikan air tawar hias biasanya mereka akan memilih untuk memelihara ikan air tawar tersebut di dalam akuarium. Sementara untuk orang yang memiliki niat untuk budidaya, mereka akan memelihara ikan air tawar hias tersebut pada kolam khusus dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan aquarium dan terletak di luar ruangan.

Memelihara ikan air tawar hias memang gampang-gampang susah. Yang terpenting adalah Anda harus selalu menjaga kebersihan termasuk penggantian air. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa ikan air tawar hias yang bisa anda pelihara dengan mudah.

1. Bala Shark

Jenis ikan tawar yang pertama adalah bala shark. Walaupun memiliki nama yang hampir sama seperti ikan hiu, dan ikan tawar ini tidak ganas dan tidak termasuk dalam kategori hewan predator. Jadi tenang saja bagi Anda yang ingin memelihara ikan air tawar hias jenis ini, ikan air tawar balashark sangat aman dan mudah untuk dipelihara di akuarium.

Ciri-ciri ikan air tawar balashark ini adalah mempunyai warna dasar perak dan juga memiliki garis hitam di bagian punggung tubuhnya. Jenis ikan air tawar ini mempunyai mata yang bisa dibilang cukup besar, fungsi mata yang besar ini adalah untuk membantu mencari makan ketika berada dalam kondisi yang gelap.

Jenis ikan air tawar balashark ini bisa tumbuh hingga 35 cm ketika dewasa. Habitat asli dari ikan air tawar ini adalah berada di sungai yang besar dan dalam. Ketika berada di alam liar ikan ini biasanya memakan larva kecil, phytoplankton, crustacea kecil dan juga berbagai serangga kecil lainnya di dalam air.

Apabila kalian ingin memelihara ikan jenis ini, sebaiknya selalu tutup akuarium karena bala shark adalah jenis ikan air tawar yang suka melompat jika mereka merasa kelaparan atau dalam bahaya.

Baca Juga  Ikan Komet: Ciri-ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

2. Discus

Jenis ikan air tawar berikutnya yang mudah untuk dipelihara di akuarium adalah ikan discus. Ikan discus adalah salah satu jenis ikan air tawar hias yang berasal dari daerah Amazon, Amerika Selatan.

Ikan discus ini memiliki tubuh yang warna-warni sehingga bisa membuat semua orang yang melihatnya menjadi terkesima. Selain itu, dengan bentuk yang unik membuat ikan discus ini menjadi jenis ikan air tawar hias kesukaan banyak orang.

Jenis ikan air tawar discus ini memiliki bentuk yang pipih jika dilihat dari depan, sementara jika kita lihat dari samping tapi ikan ini akan terlihat memiliki bentuk yang bundar.

Dengan karakteristik ikan discus ini tentu saja membuatnya mudah dikenali oleh orang yang melihatnya. Jenis ikan air tawar hias yang satu ini juga mempunyai sirip yang besar dan juga memanjang, memiliki mata berwarna merah, panjang ikan discus ini bisa mencapai 25 cm ketika dewasa.

3. Arwana

ikan arwana

Siapa sih yang tidak tahu dengan ikan air tawar yang satu ini? Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memang sudah populer dipelihara di Indonesia. Daya tarik dari ikan arwana ini adalah berada pada bentuk tubuh dan juga warna yang sangat indah. Selain itu sifat dari ikan arwana yang aktif juga membuatnya digemari oleh banyak orang.

Yang unik dari ikan air tawar satu ini adalah memiliki mitos yang dipercaya turun-temurun sejak dulu. Mitosnya adalah siapa saja yang memelihara ikan arwana ini di rumahnya maka akan mendatangkan keberuntungan dan juga melindungi rumah.

Ikan arwana ini mempunyai ciri khas yaitu 2 sungut di bagian bawah bibir ikan. Sungut yang dimiliki tersebut bukan menjadi hiasan saja, namun juga sebagai sensor getar yang akan mendeteksi mangsanya.

4. Botia

Jenis ikan air tawar hias yang satu ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja loh, namun juga menjadi ikan air tawar hias idola di berbagai belahan dunia.

Ikan botua adalah ikan yang termasuk dalam jenis ikan air tawar hias dari keluarga cobitidae. Ikan ini termasuk jenis ikan yang paling banyak dicari oleh para pecinta ikan air tawar hias di Indonesia untuk mengisi akuarium yang mereka miliki.

Ada beberapa jenis ikan air tawar hias botia yang menjadi primadona oleh orang-orang, salah satunya adalah ikan botia badut, ikan botia macan, dan juga ikan botia India. Ikan botia ini memiliki warna kuning yang cerah dengan memiliki 3 garis lebar yang berwarna hitam di tubuhnya. Habitat asli dari ikan Botia ini berada di area perairan jernih dengan bebatuan di dasarnya.

5. Mas Koki

mas koki

Berikutnya ada ikan air tawar hias mas koki yang termasuk ke dalam jenis air tawar hias yang paling banyak dicari dan diminati oleh para pecinta ikan air tawar di Indonesia.

Jika kita melihat dari segi warna, ikan mas koki ini memang mempunyai warna yang sangat cantik. Dengan perpaduan warna orange keemasan dan juga warna putih, membuat ikan mas koki ini semakin menarik untuk dipelihara.

Ikan air tawar mas koki ini juga bisa dibilang menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang paling laris dijual di pasaran. Selain mempunyai warna yang sangat indah, ikan jenis ini juga mempunyai karakteristik yang sangat unik yaitu perut buncit.

Memiliki perut yang buncit lengkap dengan mata yang besar dan juga ekor berumbai membuat ikan mas koki ini bisa memikat para pecinta ikan air tawar hias ketika melihatnya.

6. Ikan Louhan

Selain ikan Arwana, Ikan Louhan juga menjadi salah satu jenis ikan air tawar hias yang cukup terkenal di Indonesia loh. Bahkan bukan hanya terkenal di kalangan pecinta ikan hias saja, namun masyarakat awam tentu saja juga mengetahui ikan louhan ini.

Hal ini karena ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang khas, ciri khas utama dari ikan louhan adalah memiliki benjolan di bagian kepala depan yang menonjol.

Di Indonesia sendiri, ikan jenis ini menjadi salah satu ikan air tawar hias yang banyak diburu oleh para kolektor dan pecinta ikan hias profesional. Dengan bentuk yang sangat unik, ditambah lagi dengan warna yang indah membuat ikan louhan sering dikaitkan dengan simbol keberuntungan. Tidak heran, harga dari ikan Louhan ini dijual dengan harga yang sangat tinggi.

7. Ikan Lemon

Jenis ikan air tawar berikutnya yang bisa dengan mudah anda pelihara dalam akuarium adalah ikan air tawar lemon. Memang namanya unik dan sama seperti nama buah.

Hal ini karena ikan lemon ini memiliki warna yang kuning sama seperti buah lemon. Jika anda sedang mencari ikan air tawar untuk dipelihara, ikan lemon ini patut anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan.

Ikan air tawar hias ini berasal dari daerah Afrika, dengan ciri khas warna kuning seperti lemon lengkap dengan garis hitam di bagian sirip punggung ikan. Ikan air tawar ini termasuk ke dalam jenis ikan yang memiliki sifat territory, atau memiliki daerah kekuasaan. Unik ya, ikan saja memiliki daerah kekuasaan, sama seperti manusia.

Baca Juga  Ikan Aligator; Jenis, Karakteristik, dan Makanannya

8. Ikan Neon Tetra

Rasanya tidak lengkap ketika anda memiliki akuarium, namun di dalam akuarium tersebut tidak berisi jenis ikan air tawar yang satu ini. Ikan air tawar hias yang satu ini memiliki sifat unik yaitu bisa memancarkan cahaya kebiruan ketika malam hari.

Oleh sebab itu ikan ini diberi nama ikan neon tetra, karena mampu memancarkan cahaya seperti lampu neon. Ikan neon tetra bisa menjadi pelengkap koleksi ikan hias air tawar yang anda miliki di akuarium rumah.

Ikan air tawar yang satu ini termasuk ke dalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk gerombolan. Ikan ini bisa memancarkan cahaya kebiruan ketika malam hari karena dalam sisik ikan ini memiliki zat bioluminesen.

9. Ikan Molly

Berikutnya ada ikan air tawar molly yang merupakan jenis ikan air tawar hias yang mudah untuk dibudidayakan. Yang unik dari ikan air tawar ini adalah memiliki bentuk tubuh yang gendut dengan sifat pemalu.

Jadi apabila ikan ini melihat musuh atau benda asing di sekitarnya, dengan cepat ikan ini akan bersembunyi atau menghindar dari benda asing atau musuh tersebut.

Walaupun memiliki badan yang gendut, ikan air tawar ini memiliki gerakan yang sangat gesit loh. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar yang bergerombol dalam jumlah yang kecil. Saat anda memutuskan ingin memelihara ikan air tawar molly ini, anda harus teliti dalam hal memberi makan. Pastikan jika kondisi pakan selalu ada untuk ikan air tawar yang satu ini.

10. Ikan Oscar

ikan lohan

Jenis ikan air tawar berikutnya yang mudah untuk dipelihara adalah ikan oscar. Ikan oscar ini memiliki habitat awal di perairan air tawar sungai Amazon. Ikan ini memiliki nama latin Astronotus Ocellatus, dimana dalam perkembangannya ikan jenis ini bisa dibudidayakan dengan mudah.

Ikan oscar ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar yang agresif. Sehingga jika anda ingin memelihara ikan air tawar ini, sebaiknya jangan dicampurkan dengan jenis ikan air tawar hias lainnya.

Sama seperti ikan Louhan, ikan oscar memiliki perawatan yang sangat mudah. Yang terpenting kita memberi makan dengan tepat dna juga selalu membersihkan akuarium dari kotoran ikan saja sudah cukup untuk memelihara ikan oscar ini.

Baca Juga  Ikan Koi: Jenis, Harga dan Tips Memeliharanya

11. Ikan Manfish

Ikan manfish ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar hias yang bisa dengan mudah anda temukan di akuarium-akuarium milik orang.

Banyak orang yang memilih ikan manfish ini untuk dipelihara di dalam akuarium karena perawatan dari ikan air tawar yang satu ini mudah. Selain itu ikan air tawar ini juga bisa dicampur menjadi satu dengan ikan hias lainnya dalam satu wadah akuarium.

Ikan air tawar manfish ini adalah jenis ikan air tawar yang memiliki badan penuh dengan sirip memanjang. Untuk bisa mendapatkan ikan air tawar yang satu ini, terdapat banyak sekali pilihan warna yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Sedangkan untuk harga dari ikan air tawar yang satu ini juga tergolong mudah, jadi anda bisa dengan mudah mendapatkan jenis ikan air tawar hias yang satu ini.

12. Ikan Guppy

harga ikan guppy

Jenis ikan air tawar hias yang terakhir adalah Ikan Guppy. Ikan ini termasuk kedalam jenis ikan air tawar hias yang wajib anda miliki di dalam akuarium. Alasan banyak orang memelihara ikan Guppy di dalam akuarium ini adalah karena memiliki harga yang murah dibandingkan ikan air tawar hias lainnya.

Selain itu juga ikan Guppy ini mudah untuk dipelihara dan juga dikembangbiakkan. Apalagi jika kita memiliki aquascape dengan habitat yang mirip seperti habitat asli dari ikan Guppy, tentu saja ikan Guppy ini bisa berkembang biak dengan sendirinya.Ikan air tawar jenis Guppy ini bisa kita temukan dengan mudah di para penjual ikan hias.

Dengan banyak campuran warna terang di badannya, membuat ikan hias yang satu ini semakin indah. Bagi anda yang memiliki ikan hias lainnya, tenang saja karena ikan Guppy ini bisa dicampur dengan jenis ikan air tawar hias lainnya kok.

Nah itulah beberapa jenis ikan air tawar hias yang bisa anda pelihara dengan mudah di akuarium rumah Anda. Yang terpenting anda selalu menjaga kebersihan dari akuarium, membersihkan kotoran dan juga tidak telat untuk memberikan makanan sudah cukup untuk memelihara berbagai jenis ikan hias air tawar yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *