in

Rekomendasi 16 Jenis Ikan Aquascape yang Menarik

ikan aquascape

Ikan Aquascape – Tahukah Anda bahwa aquascape adalah seni menghias akuarium menggunakan media seperti batu karang, tanaman, dan kayu apung.

Biasanya ikan aquascape akan dimasukan untuk mempercantik aquascape tersebut. Ikan yang dipilih sebaiknya jenis ikan yang tidak memakan tanaman sehingga tidak merusak aquascape. 

16 Rekomendasi Ikan Hias untuk Aquascape yang Menarik

ikan tetra

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis ikan hias dapat dipelihara dalam aquascape. Beberapa ikan hias yang cocok untuk tangki aquascape antara lain adalah sebagai berikut. 

1. Neon Tetra

Salah satu ikan hias yang paling banyak diminati untuk digunakan dalam aquascape adalah Neon Tetra.

Jenis ikan ini memiliki warna yang indah dan cantik dengan ciri khasnya warna biru sian yang terlihat menyala. Ikan hias yang sangat populer ini memiliki sifat yang cenderung tenang. 

Selain bentuk dan warnanya yang menarik, ikan ini banyak diminati karena sangat mudah untuk dipelihara. Neon Tetra juga menjadi salah satu jenis ikan hias yang tidak mudah terkena penyakit. 

2. Angel Fish

Bentuknya yang unik dan warnanya yang cantik membuat Angel Fish banyak digandrungi oleh para pecinta ikan hias.

Angel fish atau yang juga disebut manfish merupakan salah satu jenis  ikan aquascape yang sangat populer.

Bentuk tubuhnya tipis dengan sirip yang panjang dan melengkung. Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat tumbuh hingga 15 cm.

Sementara itu, untuk warnanya, Angel Fish memiliki warna dan corak yang bervariasi seperti warna silver, garis-garis, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Mengetahui Perbedaan 5 Jenis Ikan Cupang Marble

3. Dwarf Gourami

Dwarf Gourami atau gurami kerdil sering dijumpai sebagai ikan hias aquascape dengan warna-warnanya yang cantik. Corak dan warna ikan hias ini sangat beragam, mulai dari merah dengan sirip punggung berwarna biru, garis-garis biru dengan tubuh berwarna orange, hingga warna biru terang seperti neon. 

Sifat ikan ini biasanya tenang, namun bisa menjadi lebih agresif apabila disatukan dengan ikan berwarna cerah dan ukurannya sama. Dwarf Gourami akan lebih baik jika berada dalam akuarium yang banyak tanamannya. 

4. Guppy

Jenis-Jenis Ikan Guppy

Ukurannya yang mungil dengan warna yang indah menjadi daya tarik dari ikan Guppy. Ikan hias kecil ini memiliki berbagai variasi warna seperti orange, silver, dan lain-lain. Bentuk ekornya menjuntai dan ada pula yang berbentuk bulat. 

Ikan guppy menjadi salah satu jenis ikan hias incaran dengan sifatnya yang sangat lincah. Banyak pecinta ikan hias yang memasukan ikan guppy ini untuk mempercantik aquascape di rumah. 

5. Chili Rasbora

Salah jenis ikan aquascape yang bentuknya kecil adalah Chili Rasbora. Jenis ikan air tawar asli Indonesia ini memiliki ukuran tubuh hanya sepanjang 1 inci. Memiliki warna mencolok dengan warna merah menyala dan warna hitam. Bentuk tubuhnya pun sangat ramping seperti ikan Guppy.

Jenis ikan ini dapat dimasukan dalam akuarium dengan bebatuan hias agar lebih betah. Ikan Chili Rasbora juga tidak agresif sehingga bisa disatukan dengan ikan-ikan kecil lainnya. 

6. Symphysodon Discus

harga ikan discus

Ikan yang memiliki bentuk tubuh bulat menyerupai piringan ini populer sebagai salah satu ikan aquascape. Warna-warnanya begitu unik dan atraktif dengan corak yang sangat bervariasi. 

Ikan yang dijuluki sebagai rajanya ikan air tawar ini memiliki bentuk dan warna yang sangat indah. Namun untuk perawatan ikan yang berasal dari perairan amazon ini cukup sulit. 

7. Rainbow Boesemani

Ikan hias ini berasal dari Thailand dengan ciri khas warnanya yang mencolok. Variasi warna pada ikan ini mulai dari merah terang, hijau neon, dan biru. Warna-warna yang beragam seperti pelangi membuat ikan ini banyak diminati para pecinta ikan hias. 

Jenis ikan ini cukup aktif dan termasuk salah satu ikan omnivora. Sebaiknya tidak menempatkan ikan ini dalam satu akuarium dengan ikan-ikan yang lebih kecil karena bisa dianggap mangsa. 

8. Red Rainbow Fish

Selanjutnya ada Red Rainbow Fish yang banyak dijadikan ikan hias aquascape. Ikan pelangi merah ini merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Papua. 

Ukuran tubuhnya dapat mencapai 12 cm. Warna merah terang biasanya dimiliki oleh ikan jantan. Sedangkan untuk betina, warna merahnya lebih pucat. 

9. Ikan Molly

ikan molly pllaty

Salah satu jenis ikan aquascape yang mudah dipelihara adalah Molly. Ikan hias ini termasuk omnivora dengan tubuh yang mungil dan warnanya yang terang. Kecantikan corak warna pada ikan ini menjadi daya tarik untuk memasukkannya ke dalam akuarium. 

Ikan molly juga termasuk ikan yang mudah ditemukan di pasaran. Selain untuk mempercantik aquascape, ikan molly juga terkenal sebagai salah satu ikan pembersih. Hal tersebut karena ikan ini dapat memakan alga, ganggang, dan lumut sehingga dapat mengurangi lendir pada akuarium. 

10. Platy Fish

Ikan hias ini memiliki tampilan warna yang unik dan mencolok. Bentuknya mungil dan dapat berbaur dengan ikan-ikan kecil lainnya. Gerakannya cukup lincah dan lebih suka bergerombol. 

Ada beragam jenis ikan platy seperti platy red balloon, platy pedang, platy gold magtail, platy micky mouse, dan lain-lain. Ikan hias yang juga menjadi ikan pembersih ini termasuk jenis ikan yang harganya cukup murah. 

11. Bloodfin Tetra

Ikan yang suka bergerombol ini terkenal sebagai salah satu jenis ikan penghias aquarium. Ikan tangguh yang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi air. Ikan aquascape yang tidak agresif ini memiliki warna yang cerah pada sirip ekor dan bawah perutnya 

Ikan ini sebaiknya dipelihara dalam komunitas yang lebih banyak. Jika hanya 2-5 jenis ikan, Bloodfin Tetra akan menjadi lebih agresif. Akuarium yang cukup besar akan lebih disukai untuk gerak ikan-ikan yang sangat aktif ini. 

12. Siamese Algae Eater

Sesuai namanya, jenis ikan hias ini suka makan alga atau lumut. Selain untuk penghias aquascape, keberadaan ikan ini juga bisa menjadi pembersih akuarium dari lumut-lumutan. Cocok untuk pemula karena ikan ini juga lebih mudah dalam perawatannya.

Bentuk tubuhnya kecil dan panjang dengan gerakan yang cukup aktif. Warnanya yang cantik menjadi daya tarik dari ikan ini. Ciri khas warnanya adalah corak warna perak atau silver dan garis hitam di bagian tengah tubuhnya yang memanjang dari kepala hingga ekor. 

13. Zebra Danio

makanan ikan zebra
Image: Wikipedia

Zebra Danio merupakan ikan hias aquascape yang terkenal lincah dan bentuknya kecil. Tubuhnya hanya bisa mencapai ukuran maksimal sepanjang 5 cm saja. Ikan yang berasal dari wilayah Asia Selatan ini dapat tumbuh nyaman di dalam akuarium tropis. 

Zebra Danio adalah salah satu ikan hias yang menghibur dengan gerakannya yang sangat lincah. Akuarium dengan gua, celuk tanaman, dan celah adalah tempat yang disukainya. Ikan ini suka bergerombol dan akan lebih agresif apabila dengan kelompok yang lebih kecil. 

Baca Juga  7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar

14. Corydoras Panda

Corydoras Panda adalah jenis ikan aquascape yang lebih suka berenang di dasar. Ikan ini akan mencari-cari makanan di pasir atau kerikil dan sangat aktif saat siang hari. 

Ikan ini semakin populer sebagai penghias aquascape karena ikan ini tidak agresif sehingga dapat digabung dengan ikan lain. Daya tarik dari Corydoras Panda adalah pada warnanya yang hitam pada tubuhnya dengan perpaduan warna lain. 

15. Harlequin Rasbora

Salah satu jenis ikan yang dapat menghiasi aquascape adalah Harlequin Rasbora. Ikan hias aquascape yang satu ini perawatannya mudah dengan sifatnya yang tidak agresif. Biasanya di dalam akuarium akan berenang secara bergerombol dengan ikan lain. 

Warnanya indah dengan corak perak, biru, dan pink kemerahan. Ikan ini termasuk ikan yang tangguh dan bisa menambah daya tarik aquascape Anda. 

16. Cherry Barb

Sisik berwarna merah ceri menjadi daya tarik dari ikan Cherry Barb. Selain merah, ikan ini juga memiliki corak warna yang lebih gelap di bagian tengah tubuhnya dari kepala hingga ekor. Tubuhnya memiliki ukuran yang kecil atau mungil. 

Ikan dengan warna yang mencolok ini biasanya aktif jika berada dalam akuarium dengan jenis ikan yang sama. Apabila dipelihara dalam akuarium dengan jenis ikan lain, Cherry Barb akan lebih mudah terintimidasi dan memilih untuk bersembunyi. 

Itulah beberapa jenis ikan hias aquascape dengan daya tariknya masing-masing. Jenis ikan-ikan yang suka bergerombol bisa menjadi penghias akuarium di rumah. Namun untuk pemula, sebaiknya memilih ikan-ikan hias yang mudah dipelihara.

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
burung hantu putih

Burung Hantu Putih : Ciri, Cara Berburu dan Faktanya

ikan buntal air tawar

Ikan Buntal Air Tawar : Jenis dan Cara Merawatnya