in

Mengetahui Perbedaan 5 Jenis Ikan Cupang Marble

ikan cupang marble
Image: Flickr

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang suka dengan ikan cupang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentu saja suka dengan ikan cupang.

Ikan cupang adalah ikan yang sangat unik karena memiliki ciri khas yang unik dan cantik. Yaitu pada bagian ekornya yang memiliki bentuk seperti kipas.

Nah habitat asli dari ikan Cupang ini adalah berada di daerah sekitar Asia Tenggara misalnya seperti di Indonesia, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia hingga Singapura.

Klasifikasi Jenis Ikan Cupang Marble

Jenis Ikan Cupang Marble 
Image: Flickr

Terakhir kita akan mengetahui tentang klasifikasi atau jenis-jenis ikan cupang yang memiliki gen marble. Untuk anda yang penasaran dengan apa saja sih klasifikasi dari ikan cupang yang memiliki gen marble lainnya, berikut sudah saya tuliskan secara lengkap.

  • Cupang Marble Galaxy

Jenis ikan cupang marble galaxy ini mempunyai sisik yang iridescent parsial. Kebanyakan warna dari ikan cupang marble ini berwarna orange dengan bintik-bintik yang berwarna putih di sekitar tubuh dan juga siripnya.

  • Cupang Marble Candy

Berikutnya ada jenis ikan cupang marble candy, dimana ikan cupang marble ini memiliki campuran warna merah, biru dan juga hitam. Terkadang ikan cupang ini juga memiliki warna kuning yang menjadi perpaduan warna nya.

  • Cupang Marble Tiger

Tentu saja anda sudah tahu kenapa cupang yang satu ini diberi nama ikan cupang marble tiger. Alasanya tentu saja adalah karena ikan cupang ini memiliki tubuh yang berwarna kuning dengan memiliki marble atau bercak warna yang berwarna biru atau hitam.

Baca Juga  7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar
  • Cupang Marble Nemo

Berikutnya ada jenis cupang marble nemo, dimana ikan cupang marble ini memiliki warna dasar tubuh oranye.

Sementara itu untuk warna marblenya adalah berwarna hitam dan juga merah. Ikan ini sangat cantik dan juga banyak dicari oleh orang-orang.

  • Cupang Marble Samurai

Terakhir ada jenis ikan cupang marble yang memiliki warna dan bentuk paling indah. Cupang ini memiliki marble dengan sisik yang seperti naga atau dragon parsial.

Karena bentuk yang sangat unik ini wajar saja jika ikan cupang marble ini banyak diminati oleh orang-orang pecinta ikan hias.

Perbedaan Jenis Ikan Cupang Marble

Perbedaan Jenis Ikan Cupang Marble
Image: Flickr

Sebenarnya secara dasar ini ikan cupang dibagi menjadi 2 jenis yaitu ikan cupang hias dan juga ikan cupang untuk aduan. Daya tarik dari ikan cupang ini terdapat pada bentuk dan juga warna serta sifat agresif yang dimiliki oleh ikan cupang.

Nah salah satu ikan cupang yang memiliki penampilan unik adalah ikan cupang marble. Lalu apa sih itu ikan cupang marble? Kemungkinan anda akan sedikit bingung dengan banyaknya istilah yang dimiliki oleh ikan cupang.

Misalnya seperti ikan cupang marble, ikan cupang koi. Untuk ikan cupang koi sebenarnya hanya sebuah label dari nama komersial atau nama panggilan, untuk warna tertentu yang dimiliki oleh ikan cupang marble ini biasanya memiliki tubuh yang berwarna putih cerah.

Namun selain memiliki tubuh yang berwarna putih cerah tersebut, ikan cupang marble ini juga memiliki bintik-bintik berwarna merah dan juga hitam sama seperti ikan koi.

Baca Juga  Cantik, Ini 10 Jenis Ikan Tetra dan Cara Budidayanya

Jenis ikan cupang marble merupakan nama untuk gen melompat atau transposon. Urutan DNA ini bisa mengubah posisinya di genom, oleh sebab itu jenis ikan cupang marble ini juga sering mempunyai bercak berupa pigmen di semua bagian tubuhnya termasuk bagian sirip.

Karena gen marble ini merupakan transposon, maka warnanya tentu saja tidak stabil dan juga tidak jarang ikan cupang marble ini bisa meningkatkan atau juga meredupkan warna ikan sepanjang hidup.

Hal ini merupakan hasil dari gen yang menonaktifkan atau mengaktifkan pigmen di dalam tubuhnya. Sementara transposon tidak bisa berubah menjadi suatu gen yang normal. Jadi kesimpulannya adalah ikan cupang marble ini mempunyai pola warna atau bintik warna yang sama sepanjang hidupnya.

Hal ini bisa mempengaruhi semua pigmen dari ikan dan juga benar-benar bisa memunculkan banyak sekali variasi warna lainnya.

Lalu sebenarnya apa hubungan dari ikan cupang koi dengan ikan cupang marble? Perlu anda ketahui bahwa cupang koi merupakan ikan cupang marble. Namun tidak semua ikan cupang marble merupakan cupang koi.

Apa Itu Fancy Pada Ikan Cupang?

Apa Itu Fancy Pada Ikan Cupang
Image: Flickr

Lalu ada istilah lain yaitu fancy pada ikan cupang. Lalu sebenarnya apa itu fancy pada ikan cupang? Fancy sendiri merupakan istilah untuk ikan cupang yang berwarna warni atau multiwarna.

Ikan cupang fancy ini dipopulerkan oleh peternak ikan cupang dari Thailand yang mengacu terhadap warna cupang marble di awalnya. Untuk istilah dari peternak Indonesia, cupang fancy ini biasa juga dikenal dengan cupang blantong atau cupang belang bentong.

Fancy juga merupakan merek dagang, jadi bukan jenis warna ikan cupang. Dimana dalam perkembangannya, ikan cupang fancy ini berkemang menjadi sedemikan rupa sehingga memiliki warna-warna yang metalik dragon sehingga membuat warnanya semakin menyala dan juga rancak.

Sementara dalam standar IBC, Fany termasuk dalam kategori atau jenis multiwarna dari ikan cupang marble. Dimana penamaan multiwarna yang diberikan terhadap ikan cupang yang mempunyai dua warna atau lebih yang tidak bisa dimasukan pada beberapa kategori dari kombinasi yang sudah ada sebelumnya.

Cupang fancy seperti ini termasuk dalam kategori atau kelas multiwarna. Dimana jika warna kepala dari fancy mempunyai warna seperti daging seperti pink atau orange kemerahan maka mereka akan dimasukkan dalam kategori ikan cupang marble.

Sebenarnya yang ideal adalah, cupang fancy mempunyai warna yang sangat kontras antara satu dengan lainnya. Untuk itu, dalam kategori ini penilai warna yang baik adalah jika cupang memiliki jumlah warna warni lebih dari dua, kombinasi warna juga harus kontras serta terdistribusi merata di semua badan ikan dan juga sirip ikan.

Baca Juga  13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya

Misalnya jika ikan cupang memiliki tiga warna, maka semua bagian harus memiliki tiga warna tersebut mulai dari sirip, kepala dan juga tubuh. Persentase dari warnanya juga harus sama atau proporsional.

Begitu juga jika terdapat empat warna pada cupang fancy, tentu saja keempat warna tersebut juga harus terdapat di semua sirip serta badan ikan. Jumlah persentase warnanya juga harus terbagi rata.

Tentu saja sangat sulit untuk bisa mendapatkan warna fancy yang ideal. Apalagi jika gen yang dimiliki oleh cupang fancy ini merupakan gen dari ikan cupang marble, seperti yang sudah saya bahas diatas bahwa cupang marble ini selalu berubah warna.

Karena sangat sulit untuk bisa mendapatkan warna fancy yang proporsional atau ideal ini, maka tentu saja sangat wajar jika ikan cupang fancy yang mempunyai gen ikan cupang marble ini laku jika dijual dengan harga yang sangat mahal. Hal ini karena kesulitan untuk mendapatkannya.

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
cara memelihara ikan cupang

7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar

umpan ikan bawal

Umpan Ikan Bawal Paling Jitu dan 11 Cara Meraciknya