Ikan Discus

Ikan Discus : Jenis dan Kisaran Harganya

Posted on

Ikan discus memiliki nama latin Symphysodon adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Tampilan yang menawan menjadikan banyak orang tertarik dan kepincut untuk memelihara ikan discus ini di rumah.

Sebenarnya habitat asli dari ikan discus ini berasal dari daerah sungai Amazon yang ada di Brazil. Ikan discus ini pertama kali ditemukan di tahun 1840 lalu oleh Dr. Johann Jacob Heckel Discus, oleh sebab itu ikan ini dinamakan ikan discus.

Ikan Discus ini dikenal sebagai ikan yang tidak suka mengganggu dan cenderung lebih suka menyendiri. Ikan discus akan terlihat begitu menawan dengan warna warni indah yang menghiasi tubuhnya

Ikan ini terlihat begitu sempurna untuk kita pelihara dan menghiasi akuarium rumah kita. Dimana setiap varian atau jenis ikan discus ini mempunyai pola corak dan juga warna yang berbeda.

Jenis-Jenis Ikan Discus dan Kisaran Harganya

Jenis Ikan Discus

Ikan discus memiliki bentuk yang pipih, ikan ini tergolong dalam kategori ikan hias yang mahal. Bisa dilihat dari keindahan warna dan juga kerumitan pola corak batik yang ia miliki, dimana semakin rumit corak ikan discus maka semakin mahal juga harga dari ikan discus.

Bahkan harga dari ikan discus ini bisa mencapai ratusan juta rupiah loh. Berikut adalah beberapa jenis-jenis ikan discus.

1. Ikan Discus Blue Diamond

Jenis ikan discus yang pertama adalah ikan discus blue diamond. Ikan discus jenis ini memiliki ciri khas yaitu warna biru yang menutupi semua bagian tubuh ikan. Di bagian siripnya terdapat warna biru yang terlihat sedikit putih, dan pada bagian tubuhnya akan berwarna biru tua.

Keunikan dari ikan discus biru ini selain memiliki warna full biru adalah apabila terkena cahaya matahari atau cahaya lainnya, bagian sirip ini bisa menyala. Karena memiliki keunikan inilah membuat harga ikan discus blue diamond menjadi lebih mahal.

Harga ikan discus blue diamond ini untuk yang paling murah adalah dijual dengan kisaran harga Rp. 50.000 hingga Rp. 250.000 tergantung ukuran dari ikan discus blue diamond ini.

Baca Juga  Ikan Wader: Jenis dan 4 Manfaatnya yang Luar Biasa

2. Ikan Discus Red Melon

Jenis ikan discus selanjutnya adalah ikan discus red melon. Ikan discus ini memiliki warna merah yang pekat menyelimuti semua tubuhnya. Banyak yang mengatakan jika jenis ikan discus red melon ini adalah ikan discus marlboro.

Padahal jika dilihat lebih detail kedua jenis ikan ini sangatlah berbeda. Dimana ikan discus red melon memiliki warna merah yang lebih pekat dibandingkan ikan discus marlboro.

Untuk harga ikan discus red melon ini lebih mahal dibandingkan ikan discus blue diamond. Dimana harganya berkisar antara Rp. 80.000 hingga Rp. 300.000 tergantung ukuran dari ikan discus.

3. Ikan Discus Marlboro

harga ikan discus

Jenis ikan discus berikutnya adalah ikan discus marlboro. Seperti yang sudah saya bilang diatas bahwa banyak orang yang menyamakan ikan discus marlboro dengan ikan discus red melon.

Yang membedakan antara ikan discus red melon dengan ikan discus marlboro adalah pada ikan discus marlboro ini memiliki warna yang jauh lebih cerah, dan pada bagian kepala ikan ini memiliki warna putih kekuningan.

Untuk harga dari ikan discus marlboro ini hampir sama seperti ikan discus red melon yaitu berkisar antara Rp. 80.000 hingga Rp. 300.000.

Baca Juga  18 Fakta Ikan Arapaima Yang Disebut Sebagai Ikan Raksasa

4. Ikan Discus Snake Skin

Jenis ikan discus yang terakhir adalah ikan discus snake skin. Sama seperti namanya, ikan discus ini memiliki corak yang sama seperti kulit ular yaitu garis vertikal yang memiliki corak tipis. Corak pada ikan discus ini bisa berwarna biru atau merah.

Ikan discus ini juga sering digunakan untuk kawin silang karena memiliki bentuk yang sangat menarik.

Ikan Discus Snake Skin juga bisa menghasilkan berbagai jenis ikan discus lainnya loh. Oleh karena keunikan tersebut membuat ikan discus snake skin ini menjadi mahal. Bahkan harga ikan discus snake skin ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *