Ikan Guppy

Ikan Guppy: Jenis, karakteristik, Makanan dan Harganya

Posted on

Ikan Guppy – Pecinta ikan hias tentu tak asing dengan ikan guppy. Dengan ciri khas memiliki corak menarik pada morfologinya, membuat ikan ini memiliki banyak peminat. Bisa dikatakan, guppy menjadi pilihan hewan peliharaan favorit di rumah selain kucing dan anjing.

Sebelum Anda mencoba untuk memelihara guppy di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini termasuk pola hidup ikan tersebut dan harganya. Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ulasan tentang jenis guppy beserta harga dan makanannya.

Sekilas Tentang Ikan Guppy

jenis ikan guppy

Guppy adalah sebutan untuk spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Kemampuan ikan ini yang pandai menyesuaikan diri dan mudah berkembangbiak menjadikannya memiliki daya tarik. Ikan dengan nama ilmiah Poecilia reticulata ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1920.

Semula, ikan ini banyak dimanfaatkan untuk membasmi jentik nyamuk. Namun nyatanya, hal ini tidak cukup berhasil untuk mengendalikan wabah malaria.

Karena penampakan morfologinya yang indah, ikan ini akhirnya memikat untuk dilihat. Alih-alih pengendali wabah, guppy justru menjadi eksis dijadikan ikan hias di rumah.

Berdasarkan nama ilmiah yang diberikan, guppy berasal dari suku Poecilidae. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, perbedaan betina dan jantan pada ikan ini dapat diamati dengan ukuran dan bentuk tubuhnya.

Panjang total tubuh ikan betina adalah antara 4-6 cm, sedangkan jantannya lebih kecil. Ciri khas guppy yang lainnya adalah perutnya terlihat gendut dengan warna putih.

Baca Juga  Ikan Aligator; Jenis, Karakteristik, dan Makanannya

Menurut beberapa sumber, ikan ini mulanya ditemui sebagai ikan asli dari Amerika Tengah dan Selatan dengan nama suwakadar. Kemudian, keberadaannya menyebar di Kep, Barbados, Trinidad dan Tobago. Selanjutnya ia merambah ke Guyana, Antillen, Belanda, lalu tersebar ke seluruh dunia.

Penyebarannya didukung melalui jalur perdagangan dan berbagai jalur lainnya. Selain itu, hal ini dapat terjadi karena kemampuan adaptasi ikan guppy yang baik dengan lingkungannya. Semakin lama guppy semakin tersebar ke berbagai tempat di semua benua, kecuali antartika, dan hidup liar di perairan bebas.

Mengapa Ikan Guppy Istimewa?

harga ikan guppy

Memiliki daya tarik yang cukup besar membuat ikan ini menjadi ikan hias terpopuler di dunia. Hal ini didukung dengan fakta bahwa guppy memiliki banyak sekali keistimewaan pada dirinya. Keistimewaan dan keunikannya sangat berpengaruh pada harga ikan guppy.

Keistimewaan yang dimiliki menjadi keunikan tersendiri untuk guppy sehingga menarik sekali untuk dipelihara. Berikut beberapa keistimewaan guppy yang menjadikanya unik untuk dijadikan ikan hias di rumah.

1. Ekor yang Indah

Bagian morfologi ikan yang sangat menarik adalah ekornya. Begitu juga dengan guppy, ekor menjadi aset utama yang paling menarik untuknya. Bagaimana tidak? Ekor menjadi bagian tubuh yang paling mudah digerakkan setelah sirip sehingga geraknya yang dinilai paling memukau.

Guppy memiliki ekor yang lebih lebar jika dibandingkan ukuran tubuhnya. Selain itu, pada ekornya juga terdapat modifikasi bentuk yang berbeda-beda untuk setiap jenis. Hal ini membuat guppy semakin unik dengan daya tarik tersendiri.

2. Campuran Warna yang Unik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penampakan morfologi guppy sangat indah. Hal ini didukung oleh campuran warna yang menarik pada sisiknya. Keunikan warna sisik ini dikarenakan pigmen ikan ini bermacam-macam, sehingga membentuk hasil akhir yang mengesankan.

Salah satu jenis guppy dapat ditemui dengan warna biru muda sekaligus aksen navy di ekornya. Selain itu, guppy jenis lain dapat dijumpai dengan warna hijau keemasan dengan aksen silver di sisik tubuhnya.

Dengan campuran warna-warni pada bagian tubuhnya sekaligus karakter warna berbeda pada tiap jenisnya, menjadikannya terkesan sangat variatif. Tampilan yang warna-warni ini membuat ikan guppy menjadi sorotan pengoleksi ikan hias untuk dipelihara di rumahnya.

Baca Juga  Ular Sawah: Makanan, Jenis dan Cara Berkembangbiaknya

3. Tubuh yang Mungil

Sebelumnya telah dikatakan bahwa guppy memiliki panjang total tubuh 4-6 cm untuk jenis kelamin betina. Sedangkan untuk guppy jantan memiliki panjang tubuh yang lebih pendek dan lebih kecil dari betinanya. Hal ini membuat ikan yang satu ini terkesan memiliki tubuh yang mungil.

Tampaknya, tubuh mungilnya ini memberikan keistimewaan tersendiri untuk ikan tersebut. Meskipun terkesan lebih kecil dari jenis ikan lainnya, banyak peminat yang justru tertarik olehnya.

Ukuran tubuhnya memberikan keunggulan bahwa ikan ini dapat dipelihara meski di akuarium kecil sekalipun. Biasanya, keberadaan akuarium kecil yang berisi guppy dijadikan hiasan rumah andalan agar terkesan lebih hidup.

Jenis-Jenis Ikan Guppy Beserta Harganya

Jenis-Jenis Ikan Guppy

Segala keistimewaan guppy membuatnya memiliki banyak penggemar dan sering diadopsi para pecinta ikan hias. Ditambah lagi karena perawatannya yang mudah dan tempat hidupnya yang minimalis, guppy dapat menjadi incaran untuk dipelihara di dalam rumah yang kecil sekalipun.

Berkaitan dengan itu, ada banyak sekali jenis ikan tersebut yang dapat ditemui di pasaran. Jika Anda tertarik, maka ketahui dulu beberapa jenis tersebut. Nah, berikut ulasan mengenai jenis ikan guppy yang cukup menarik menjadi teman Anda di rumah.

1. Young Pain Champion Purple

Guppy jenis ini memiliki tampilan menarik dengan gradasi warna tosca, biru navy dan ungu pada bagian sisiknya. Memiliki corak warna yang terang di bagian kepala dan semakin menggelap ke bagian ekornya memberikan keunikan tersendiri bagi ikan jenis ini.

Young pair champion purple merupakan salah satu jenis ikan guppy termahal di dunia. Ikan ini memiliki harga pasaran sekitar 30 ribu hingga satu juta rupiah. Harga jual ini dapat ditemui dengan penjualan per ekor, maupun per pasangnya.

2. Metal Yellow Lace

Metal yellow lace memiliki kesan yang mewah dan elegan pada morfologi tubuhnya. Dengan ciri khas yang hampir menyerupai guppy metal lace, ada perbedaan khusus pada jenis ini. Perbedaannya adalah, ia memiliki warna semburat kuning di bagian tubuh dan ekornya.

Bentuknya yang hampir sama dengan silver lace memberikan kesan mengkilap pada tampilannya. Harga pasar ikan guppy jenis ini sangat beragam. Tergolong sebagai salah satu guppy termahal, ikan ini dihargai mulai 200 ribu hingga jutaan per ekornya.

3. Platinum Crown Tail

jenis jenis ikan guppy

Platinum crown tail dapat dibilang jauh lebih unik jika dibandingkan guppy lainnya. Keunggulan yang dimiliki adalah bentuk ekornya yang cukup unik. Daya tarik maksimal yang dimilikinya ekor dan siripnya yang terkesan terputus-putus layaknya sisir sehingga dinamakan crown tail.

Harga pasaran dari guppy jenis ini adalah 10 ribu hingga 100 ribu rupiah. Dengan harga yang terjangkau ikan ini dapat dibawa pulang bagi Anda yang budgetnya minim dan ikan menjadikannya sebagai ikan hias di rumah.

4. Tuxedo

Pemberian nama tuxedo pada jenis guppy ini karena sebaran warna yang terdapat pada tubuhnya. Ikan guppy tuxedo mulanya dapat dijumpai di alam bebas Amerika Selatan, di gunung tropis dan di sungai brackish.

Harga guppy tuxedo bermacam-macam, tergantung pada variasi ukurannya. Namun, pada umumnya, harga tuxedo tidak terlalu mahal. Mayoritas ikan tuxedo dibanderol dengan harga sekitar 35 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah per ekornya. Kembali lagi hal ini ini dipengaruhi corak dan variasi tampilannya.

Baca Juga  Burung Hantu: Jenis, Makanan dan Cara Merawatnya

5. Red Mozaic

Guppy jenis red mozaic memiliki corak warna merah yang mewah dan elegan. Beberapa keunggulan red mozaic adalah memiliki sirip dada yang lebih besar dari jenis guppy lainnya. Selain itu, ikan ini memiliki tampilan gradasi warna yang hidup, baik pada jenis jantan maupun betina.

Guppy jenis red mozaic bahkan terkesan bersahabat bagi ikan lainnya jika dimasukkan sebagai penghuni akuarium. Ikan ini sangat cocok untuk menempati aquarium bagian atas.

Harga pasaran guppy jenis red mosaic juga beragam tergantung ukuran dan tampilannya. Dengan harga sekitar 10 ribu hingga 50 ribu per ekornya, membuat Anda sudah mampu membawa red mozaic guppy menjadi penghuni akuarium rumah tanpa harus menguras kantong.

6. Blue Moscow

Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini berasal dari Moscow. Ikan ini terkenal dengan warna birunya yang indah.

Keindahan ini ditambah dengan gradasi ungu dan navy pada bagian ekornya. Tak hanya itu, ekor ikan blue moscow guppy memiliki bentuk menjuntai indah hingga membuatnya memiliki daya tarik yang kian tinggi.

Terlihat eksotis, guppy jenis ini menjadi wajib dimiliki para pecinta ikan hias. Harga guppy blue moscow juga variatif tergantung corak dan ukuran tubuhnya. Di pasaran, dapat ditemui guppy jenis ini dengan harga sekitar 10 ribu hingga 200 ribu rupiah.

7. Black Moscow

Masih sama dengan blue moscow, guppy jenis ini juga berasal dari moscow, sesuai dengan namanya. Perbedaanya terletak di tampilan morfologinya, black moscow menjadi eksotik dengan warna tubuhnya yang hitam pekat.

Tampilannya ini menjadikannya terlihat kontras saat dicampurkan bersama ikan sejenis lainnya. Hal ini menjadikannya wajib juga dimiliki oleh para pecinta guppy.

Harga pasaran guppy black moscow dinilai lebih terjangkau, yakni dengan harga paling murah sekitar 9 ribu rupiah. Namun demikian, untuk guppy jenis black moscow ribbon harganya bisa mencapai 150 ribu rupiah per ekornya.

Makanan Ikan Guppy

Makanan Ikan Guppy

Memelihara guppy dapat dikatakan gampang-gampang susah. Ini menjadi susah saat tidak tau cara merawatnya dan makanan yang tepat untuknya. Pada dasarnya, guppy tergolong hewan omnivora, yaitu golongan hewan yang memakan segala sesuatu.

Dalam hal ini, makanan ikan guppy memang harus disesuaikan dengan ukuran mulutnya agar mudah dimakan dan ikan dapat hidup dengan baik. Makanan ikan ini juga mudah di dapatkan di toko ikan hias, khususnya jika Anda memberinya makanan sejenis pelet.

Lebih sederhana lagi, guppy juga dapat bertahan dengan memakan remahan roti tawar. Selain itu, ikan guppy juga bisa diberikan makanan alami, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

* Cacing sutra

Keuntungan yang didapat dengan memilih sumber makanan cacing sutra untuk guppy adalah ia adalah kategori makanan yang mudah ditemukan. Selain itu, satu cacing sutra ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Perlu diperhatikan, sebaiknya dilakukan pengolahan yang tepat sebelum memberikannya agar ikan ini dapat memakannya dengan mudah. Hal lain yang pelru dipertimbangkan adalah, saat memberikan makanan ini pada guppy, akuarium akan menjadi mudah kotor.

* Microworm

Cacing renik atau microworm memiliki warna putih. Ukuran cacing ini terbilang kecil yakni berkisar antara 1 sampai 8 mm. Cacing ini sangat cocok untuk ikan guppy karena ukurannya yang kecil sehingga cocok untuk mulut guppy yang juga kecil.

Microworm memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh ikan tersebut. Cacing ini memiliki kandungan protein, glikogen, lemak, asam organik, dan air. Kandungan nutrisi yang demikian tentu sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan ikan ini.

Baca Juga  12 Hewan Langka Indonesia dan Cara Melindunginya

* Daphnia magna

Daphnia magna atau kutu air memiliki ukuran yang lebih besar dari kutu air lokal. Meskipun daphnia magna berasal dari Amerika Utara, sekarang makanan ini dapat dijumpai di berbagai negara karena banyak masyarakat yang membudidayakannya untuk dijual.

* Grindal worm

Selanjutnya, guppy juga memakan grindal worm. Cacing renik yang memiliki ukuran lebih besar dari microworm ini dapat dijadikan pilihan untuk dijadikan sumber makanan yang baik untuk ikan tersebut. Grindal worm memiliki ukuran sekitar 0,8 sampai dengan 1,5 cm.

Ukurannya yang demikian sangat sesuai dan dapat beradaptasi secara mudah dengan mulutnya. Selain itu, kandungan nutrisi dari jenis cacing ini cukup mampu menunjang pertumbuhan guppy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *