ikan hias kecil

9 Jenis Ikan Hias Kecil Untuk Mengisi Akuarium

Posted on

Ikan Hias Kecil – Apakah anda adalah seorang yang hobi memelihara ikan di akuarium atau di kolam? Untuk anda yang pecinta ikan tentu saja harus bisa membedakan tempat untuk jenis ikan yang pendiam, jenis ikan yang bergerombol atau jenis ikan yang suka merusak atau predator.

Hal tersebut sangat penting untuk kita ketahui, karena bisa saja ikan kita stress atau bahkan mati karena kita salah tempat untuk memelihara nya karena disatukan dengan ikan yang predator atau suka merusak.

Ikan hias kecil bergerombol adalah ikan hias yang suka sekali berenang dengan berkelompok. Jenis ikan ini juga biasa dikenal dengan nama schooling fish.

Dimana jenis ikan hias kecil yang bergerombol ini bisa berenang kompak secara bersamaan menuju ke arah yang sama dengan cara melakukan koordinasi dengan ikan lainnya.

Rekomendasi Ikan Hias Kecil Untuk Mengisi Akuarium

Ikan Tetra Ember

Apakah anda bingung ingin memilih ikan hias kecil apa yang kira-kira cocok untuk kita pelihara di akuarium. Untuk anda yang bingung ingin memilih jenis ikan hias kecil bergerombol apa yang akan anda pelihara, sebaiknya anda simak daftar lengkap yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

Dimana pada dasarnya para pemula ini akan tertarik untuk memelihara jenis ikan hias kecil karena mudah untuk dipelihara dan juga kita tidak perlu repot-repot untuk perawatannya.

Selain itu, biaya yang harus kita keluarkan untuk memelihara dari ikan hias kecil ini juga sangat murah daripada kita harus memelihara ikan hias besar.

1. Ikan Cupang

Perbedaan Jenis Ikan Cupang Marble
Image: Flickr

Jenis ikan hias kecil yang pertama adalah ikan cupang, dimana ikan ini memiliki habitat tinggal di air tawar dan sangat populer di Indonesia karena terkenal dengan variasi pilihan warna yang sangat beragam lengkap dengan ekor yang menjuntai indah.

Ikan cupang ini sudah dibudidayakan sejak tahun 1970 lalu dan juga biasa dipelihara untuk dijadikan sebagai ikan aduan oleh orang-orang di Indonesia.

Hal ini wajar saja sebab ikan cupang mempunyai sifat yang sangat agresif dan juga lebih suka menyerang saat ditarungkan.

Dengan memiliki sifat yang agresif ini, tidak heran jika ikan hias yang satu ini memiliki umur panjang daripada jenis ikan hias kecil lainnya. Perawatan dari ikan hias kecil ini juga sangat mudah karena mereka bisa tinggal dimana saja yang terpenting ada air.

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy Super Red Singapore

Ikan hias bergerombol berikutnya adalah Ikan Guppy yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Ikan hias kecil ini hanya memiliki ukuran tubuh 3 cm saja. Jika dilihat sekilas memang ikan Guppy ini memiliki penampilan yang sama seperti ikan cupang.

Namun kenyataanya kedua ikan hias ini memiliki sifat yang sangat berbeda loh. Hal ini karena Ikan Guppy memiliki sifat yang tidak begitu agresif sehingga sangat bagus jika kita pelihara bersamaan dengan ikan hias kecil lainnya.

3. Ikan Molly

ikan molly pllaty

Ikan Molly adalah salah satu jenis ikan hias bergerombol yang sangat terkenal karena sifatnya yang sangat damai dan juga tenang. Ikan hias jenis ini bisa menjadi pilihan untuk kita yang bingung ingin mengisi akuarium dengan ikan hias apa.

Ikan Molly juga memiliki corak yang sangat beragam dan juga cantik. Dimana jenis kelamin dari ikan Molly ini juga sangat mudah untuk dibedakan. Dimana ikan hias molly yang berkelamin jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping jika dibandingkan dengan ikan molly yang betina.

4. Ikan Neon Tetra

jenis ikan tetra
Image: Wikipedia

Ikan hias kecil berikutnya yang bisa kita pelihara di akuarium rumah adalah Ikan Neon Tetra. Dimana ikan hias ini mempunyai tampilan yang sangat menarik dan juga berkilau.

Ikan Neon Tetra memiliki sifat yang cinta damai, cinta ketenangan dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungan hidup.

Cara merawat dari ikan hias ini juga sangat mudah, karena Ikan Neon Tetra termasuk dalam hewan Omnivora sehingga kita tidak perlu bingung memberikan makanan apa untuk Ikan Neon Tetra.

Baca Juga  13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya

5. Ikan Corydoras

Ikan Corydoras

Berikutnya ada jenis ikan hias kecil yang bernama Ikan Corydoras. Habitat asli dari ikan hias kecil ini adalah di Amerika Selatan, dengan karakter yang bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya dan juga pendiam tentu saja cara perawatan dari Ikan Corydoras ini sangat mudah.

Kita tidak wajib memberikan makanan untuk ikan hias ini secara rutin. Hal ini karena Ikan Corydoras bisa memakan apa saja seperti lumut, alga dan juga sisa-sisa makanan dari ikan lainnya.

6. Ikan Bandit

ikan bandit

Jenis ikan hias kecil berikutnya yang bisa kita pelihara di rumah adalah Ikan Bandit. Dimana ikan hias bandit ini menjadi salah satu jenis dari ikan Corydoras yang mempunyai tampilan berwarna putih pucat lengkap dengan semburat berwarna merah mudah.

Bukan hanya itu, namun terkadang juga ada aksen hitam di bagian mata dan juga ekornya. Ikan hias kecil bandit ini mempunyai sifat asli yang kalem dan cinta damai.

7. Ikan Platy

harga ikan guppy

Sama seperti ikan hias bandit, Ikan Platy memiliki sifat asli yang pendiam dan juga dapat beradaptasi dengan jenis ikan hias kecil lainnya.

Ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan di Indonesia karena mempunyai corak warna tubuh yang sangat unik dan juga indah.

Cara perawatan dari Ikan Platy ini juga sangat mudah, apalagi ikan hias kecil bergerombol ini juga tergolong sebagai ikan yang memiliki usia panjang.

8. Ikan Cardinal Tetra

jenis ikan hias kecil

Jenis ikan hias kecil berikutnya yang bisa kita pelihara dengan mudah di akuarium rumah adalah Ikan Cardinal Tetra. Dimana ikan ini termasuk salah satu ikan yang mudah untuk dirawat.

Dengan bentuk tubuh yang sangat indah dan juga corak warna yang menarik tentu saja menjadi salah satu keunggulan dari Ikan Cardinal Tetra.

Ikan Cardinal Tetra ini memiliki garis yang berwarna biru dan juga garis merah yang berada di bawah dari garis biru. Dengan tubuh yang kecil tentu saja ikan hias ini semakin enak dipandang jika bergerombol di aquarium rumah kita.

9. Ikan Zebra

ikan zebra

Ikan Zebra adalah ikan hias kecil yang memiliki sifat aktif. Hal ini karena Ikan Zebra ini bisa melewati celah dari akuarium walaupun celah tersebut berukuran sangat kecil.

Karena keunikan dari ikan ini, membuat banyak pecinta ikan hias lokal yang berminat untuk mendapatkan ikan hias Zebra tersebut.

Ikan Zebra adalah salah satu ikan hias kecil yang dapat berenang dengan cepat dan juga aktif bergerombol jika ada di permukaan akuarium. Ciri khas dari ikan hias kecil ini adalah mempunyai tubuh dengan pola garis berwarna hitam dan putih seperti pada Zebra.

Itulah beberapa rekomendasi ikan hias kecil bergerombol yang bisa kita pilih untuk mengisi akuarium yang kita miliki di dalam rumah. 

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *