Ikan lemon

Ikan Lemon, Si Kuning yang Galak Tapi Mudah Dipelihara

Posted on

Ikan Lemon – Berburu ikan hias di aquarium? Tentunya ada begitu banyak pilihan, mulai dari ikan berwarna hitam, kuning, merah bahkan warna campuran. Tapi di antara semua jenis ikan hias ada satu jenis ikan yang sangat galak yaitu Lemon Cichlid.

Ikan yang memiliki warna kuning hampir di sekujur tubuhnya ini memiliki julukan ikan lemon. Warna kuning memperlihatkan kesan yang ramah dari ikan ini, tapi sebenarnya ikan ini sangat galak. Bahkan sanggup memakan ikan yang ukurannya lebih kecil.

Jika berencana memelihara si ikan galak ini, kamu harus tahu bagaimana cara yang benar.

Mengenal Karakteristik Ikan Lemon

Karakteristik Ikan Lemon

Nama lain dari ikan ini adalah Neolamprologus Leleupi. Warna ikan ini adalah kuning lemon dan termasuk jenis ikan buas yang agresif. Tak heran jika disebut dengan ikan lemon galak.

Kebiasaan buruk yang dimiliki ikan ini adalah apapun yang diberikan mereka akan langsung memakannya sampai habis. Oleh karena itu ketika dipelihara harus dipisahkan dengan ikan kecil dan dikombinasikan dengan ikan tertentu.

Apalagi ketika ikan kuning ini telah diberikan makan dan kelaparan akan sangat berbahaya bagi ikan kecil lainnya. Bahkan mereka juga akan memakan sesamanya. Bentuk fisik dari ikan ini sedikit ramping dan mirip dengan roket atau ikan komet.

Baca Juga  Ikan Komet: Ciri-ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Panjang ikan dewasa hanya mencapai 4 inci dan setara dengan 10 cm saja. Ikan kecil yang sangat buas. Habitat aslinya adalah di Danau Tanganyika di Afrika, namun ikan ini juga sudah banyak dijual di Indonesia.

Karakternya yang liar, maka makanan ikan ini pun organisme zoobenthos dan juga serangga air. Mereka mampu hidup di perairan dangkal hingga dalam. Biasanya danau yang memiliki kedalaman 5 hingga 40 meter.

Mereka Hidup menyendiri dan tidak berkoloni. Banyak sekali ditemukan di bebatuan atau ceruk. Yah tentu saja hidup sendiri mengingat sifatnya yang galak. Tak masalah jika ingin menggabungkan ikan lemon putih ini dengan jenis lainnya.

Hanya saja aquarium sebaiknya disediakan ukuran yang lebih besar karena mereka akan membuat teritorial. Tak perlu memelihara spesies ini dalam akuarium terlalu banyak karena akan meningkatkan stress pada ikan.

Di Indonesia, harga ikan lemon per ekornya sangatlah murah yaitu 2.500 hingga 5 ribuan. Jika ingin ukuran yang lebih besar ikan ini dijual dengan harga 12 ribuan. Cukup murah bukan?

Jenis-Jenis Ikan Lemon Cichlid

jenis ikan lemon

Ciri utama dari ikan lemon adalah siripnya yang berwarna hitam di punggung. Garis putih juga akan terlihat pada pangkal sirip punggung hingga bagian belakang. Lainnya bagian tubuhnya diliputi dengan warna kuning.

Walaupun disebut sebagai ikan lemon, namun pada jenis ikan lemon lainnya yang warnanya tak selalu kuning. Berikut ini jenis-jenisnya.

1. Blue Moorii

Disebut sebagai blue moorii karena ikan ini memiliki warna tampak biru ketika terkena cahaya. Pada bagian perut hingga ekor berwarna kuning dan lainnya biru.

Ciri khas dari jenis ini adalah bagian dahinya yang menonjol seperti ikan lohan. Ukuran dari ikan ini pun lebih besar yaitu sekitar 20 cm.

2. Malawi Eye Biter

Tubuhnya lebih besar dibandingkan Moori yaitu bisa mencapai 23 cm dan termasuk yang terbesar. Bentuk mulutnya panjang dan lebar dengan rahang sangat kuat. Mereka memiliki warna putih keperakan dan terdapat garis lurus berwarna coklat sepanjang tubuh.

3. Livingstonii Cichlid

Memiliki istilah lain yaitu ikan kalingini yang karakternya unik yaitu mampu berkamuflase dengan area yang ditempati. Warnanya sebenarnya adalah putih dengan beberapa corak hitam seperti karang. Sirip ikan berwarna biru, orange dan tampak bintik putih.

Baca Juga  Ikan Wader: Jenis dan 4 Manfaatnya yang Luar Biasa

4. Red Empress

Memiliki nama latin Protomelas taeniolatus dan terkenal sebagai ikan hias yang sangat cantik. Warna tubuhnya pelangi dan menjadi daya tarik utama dari ikan lemon ini.

5. Electric Yellow Cichlid

Inilah yang dimaksud dengan ikan lemon yang dikenali banyak orang. Ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dan hitam yang ada pada bagian siripnya. Warna kuning lemon di tubuhnya sangat berkilau dan menjadi daya tarik utama.

6. Trewavas Red Finned Cichlid

Merupakan ikan yang memiliki warna biru pada bagian sirip sedangkan tubuhnya berwarna merah gelap. Di sisik tubuhnya tambak semburat biru menyala.

7. Venustus

Ikan jenis ini memiliki warna yang sangat unik yaitu kuning dengan kehijauan yang terdapat pada bagian siripnya. Ikan ini juga cukup besar dengan panjang lebih dari 20 cm. Pada bagian tubuh ikan juga terdapat corak warna kehitaman.

Cara Mudah Merawat Ikan Lemon

Cara Merawat Ikan Lemon

Berencana untuk memelihara ikan yang galak nan indah ini? Kamu harus melakukan persiapan dengan benar untuk bisa memeliharanya.

Mulai dari menyediakan aquarium, suhu air hingga memberi pakan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti untuk memeliharanya.

1. Menyediakan aquarium

Aquarium menjadi tempat tinggal ikan dan khusus ikan ini membutuhkan aquarium air tawar yang hangat. Setidaknya aquarium bisa digunakan untuk menampung 100 liter air lebih agar ruang gerak ikan tidak terbatas.

Hias aquarium menyerupai habitat ikan seperti memberikan paralon sebagai tempat bersembunyi. Tambahkan juga tumbuhan air dan pastikan kebersihannya. Jangan sampai ada siput tanah di dalam aquarium.

Suhu air pun sebaiknya 24 derajat, merupakan suhu yang baik hingga 28 derajat. Tambahkan filter air yang akan selalu menjaga kebersihan air dan memberikan oksigen.

Tingkat keasaman air di dalam aquarium juga harus tepat yaitu sekitar pH 6 hingga 7. Pastikan saja bahwa kadar asam ini harus sesuai dan tepat karena ikan membutuhkan mineral dalam air cukup tinggi.

Menguras aquarium juga harus dilakukan dengan rutin. Jika sudah menggunakan filter maka pengurasan cukup dilakukan 3 hari sekali tapi tak perlu semua, hanya ¼ bagian air saja.

Baca Juga  12 Jenis Ikan Air Tawar Ini Sangat Mudah Dipelihara

2. Memberikan Makan Pada Ikan

Tanpa makanan ikan tidak akan bertahan hidup apalagi jika salah memberikan makanan. Makanan ikan lemon yang tepat adalah udang air asin, kutu air dan cacing sutra. Ingat juga jangan terlalu sering memberikan pelet karena akan menurunkan kesehatannya.

Mengingat ikan ini adalah karnivora maka memberikannya serangga akan lebih baik. Selain itu juga akan melindungi populasi ikan yang dapat berkurang karena mereka akan saling memakan.

Pakan yang bagus juga akan membuat ikan memiliki warna tubuh yang kuning cerah. Warna tersebut tergantung jenis makanan yang kamu berikan secara rutin.

3. Jumlah ikan yang dipelihara dan jenisnya

Ikan lemon adalah jenis yang galak, oleh karena itu pemeliharaan di dalam aquarium harus dibatasi. Sebaiknya pelihara ikan harus minimal 6 ekor karena akan berpengaruh dengan ketenangan mereka.

Ditambah lagi ikan ini berukuran cukup kecil, jika terlalu sedikit mereka tidak akan terlalu terlihat karena sering bersembunyi. Jika ingin dikombinasikan dengan jenis ikan lainnya harus dipilih dengan benar.

Ikan agresif ini bisa dipelihara dengan jenis ikan yang juga dari Danau Malawi. Contohnya saja ikan Sumatra dan ikan niasa yang juga agresif. Hindari mencampurkannya dengan ikan berukuran lebih kecil.

Jangan juga memelihara ikan lemon jantan terlalu banyak. Mereka adalah jenis ikan agresif sehingga akan saling berkelahi jika terlalu banyak yang jantan. Akan lebih baik jika kamu memelihara lebih banyak ikan betina.

Cara Mengembangbiakan Ikan Lemon

Karakteristik Ikan Lemon

Ikan ini termasuk jenis ikan yang akan berkembangbiak dengan sangat cepat karena satu jantan membutuhkan dua hingga empat betina. Oleh karena itu jika reproduksinya tidak diatur maka akan membuat jumlahnya tumbuh lebih cepat.

Supaya proses pengembangbiakkan juga terjadi dengan lancar, sebaiknya perhatikan suhu air. Pastikan kualitasnya bagus dan bersih. Proses perkawinan biasanya dimulai ketika jantan menarik perhatian sang betina.

Ikan jantan akan melakukan perubahan warna dari kuning menjadi orange. Betina yang tertarik biasanya akan bergabung pada ikan jantan dan keduanya akan membuat lingkaran yang terjadi selama beberapa menit.

Jika pembuahan berhasil, maka telur akan diamkan oleh ikan betina ke dalam mulutnya. Selama pengamanan ini, ikan betina akan selalu bersembunyi bahkan tak mau makan. Biasanya waktu inkubasi ikan betina berlangsung selama tiga minggu.

Baca Juga  18 Fakta Ikan Arapaima Yang Disebut Sebagai Ikan Raksasa

Setelahnya bayi ikan atau burayak akan keluar banyak. Pada saat inilah perlu pemisahan antara ikan betina dan anak-anaknya dengan ikan jantan. Karena jika tidak keamanan burayak akan terancam karena bisa dimakan oleh ikan jantan.

Pertumbuhannya ikan cukup lambat, dalam waktu delapan bulan barulah ikan berubah menjadi dewasa dan memiliki ukuran 5 cm. Setelah mereka berukuran lebih besar, harus dipisahkan kembali dari induknya agar selamat dan sehat semua.

Ikan betina dapat dikembalikan ke aquarium ketika burayak sudah menginjak usia 19 minggu. Apabila betina terlambat dikembalikan ke aquarium dia akan kehilangan
teritorialnya sehingga menimbulkan perebutan wilayah.

Pembudidayaan ikan lemon tergolong cukup mudah, sehingga tak heran jika ikan ini dijual dengan harga ribuan hingga belasan ribu. Bagaimana apakah Sahabat JH tertarik untuk membudidayakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *