ikan manfish

Ikan Manfish: Jenis, Karakteristik dan Habitatnya

Posted on

Ikan Manfish – Bagi para pecinta ikan hias, ikan manfish tentu sudah cukup populer. Ikan ini berasal dari perairan Amazon dan juga dikenal dengan nama Angelfish atau ikan layar.

Ikan hias ini termasuk kedalam keluarga cichlid yang mempunyai karakter lebih agresif terhadap sesama jantan meskipun kelihatannya tampak damai. Keagresifan mereka cukup membahayakan karena mereka biasanya saling menggigit mulut atau biasa disebut jaw-locking.

Seperti kebanyakan ikan hias, ikan ini disukai karena corak dan bentuk tubuhnya. Karakteristiknya juga unik, sehingga bisa dijadikan sebagai media hiburan di rumah.

Jenis Ikan Manfish

Jenis Ikan Manfish

Secara keilmuan ikan ini terbagi menjadi tiga spesies. Ketiganya adalah pterophyllum scalare yang ditemukan oleh Schultze pada tahun 1823, pterophyllum altum yang ditemukan oleh Pellegrin di tahun 1903, dan pterophyllum leopoldi yang dicatatkan oleh J. P. Gosse pada tahun 1963.

Penggolongan ini didasarkan pada bentuk tubuh yang memiliki sirip yang sangat panjang. Pterophyllum sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya sirip pada kata pteron dan layar atau daun pada kata phylon.

Dari ketiga jenis spesies manfish ini terdapat berbagai jenis ikan tersebut yang punya keindahan dan karakteristik masing-masing. Tentu saja tetap dengan siripnya yang sangat unik karena bentuknya yang sangat panjang.

Baca Juga  Ikan Koi: Jenis, Harga dan Tips Memeliharanya

1. Zebra Manfish

Pada umumnya, ikan zebra manfish mempunyai 4 sampai 6 garis vertikal. Ini hanya berbeda jumlah dengan manfish silver. Jika Anda penggemar manfish pasti akan paham tentang ciri unik tersebut.

2. Leopard Manfish

Disebut sebagai leopard karena manfish jenis ini mempunyai bintik-bintik yang tersebar di seluruh tubuh mereka. Saat dewasa nanti, bintik-bintik ini akan merapat dengan sendirinya.

3. Silver Manfish

Seperti disinggung sebelumnya silver manfish merupakan salah satu jenis yang populer. Tubuhnya berwarna keperakan dengan mata berwarna merah. Selain itu, terdapat tiga garis hitam yang melintang vertikal di bagian tubuhnya.

Uniknya tiga garis ini merupakan parameter suasana hati silver manfish. Garis ini ini bisa memudar atau berwarna gelap tergantung suasana hati si ikan. Silver manfish merupakan jenis yang paling mewakili bentuk manfish secara umum di alam liar.

4. Diamond Manfish

Jenis manfish yang satu ini juga dijuluki sebagai pearlscale. Hal ini disebabkan karena sisik dari diamond manfish berkilauan seperti permata atau mutiara.

Sebenarnya sisik diamond manfish bergelombang dengan tampilan yang tidak teratur. Namun demikian, justru bentuk unik sisik ini memantulkan cahaya sehingga menciptakan efek berkilauan.

5. Gold angelfish

Tampilan ikan gold angelfish ini berwarna kuning dan orange gelap di sekitar kepala ikan. Dia tidak mempunyai garis hitam vertikal atau mata merah yang terdapat pada manfish asli di alam liar. Ikan gold angelfish ini bersifat resesif, maka dari itu warna keemasan dalam tubuhnya bisa menyala terang.

6. Veil Manfish

Veil Manfish

Diantara beberapa jenis ikan manfish, veil manfish adalah yang paling populer ditemukan di pasaran komunitas pecinta manfish. Hal yang membuatnya populer adalah siripnya yang super panjang. Bagusnya lagi, dia bisa digabungkan dengan jenis manfish lain dalam satu habitat.

Namun, jangan pernah berpikir menggabungkan dia dengan ikan agresif. Hal ini karena siripnya yang panjang pasti akan mengundang ikan agresif untuk menggigit sirip tersebut. Ikan ini juga sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga jika memeliharanya, Anda harus terus mengontrol suhu aquarium.

7. Albino Manfish

Ciri utama dari ikan albino manfish adalah tidak adanya warna hitam pada tubuhnya. Selain itu, matanya merah dan hidupnya tidak panjang. Meski Anda merawatnya sebaik mungkin, usia ikan albino manfish ini memang relatif pendek.

Dalam hal ini, dipastikan pula bahwa penampilan ikan albino yang demikian dianggap sebagai mutasi genetik. Meskipun begitu, mereka bisa mempunyai garis keemasan atau kuning. Jika Anda memeliharanya, hati-hatilah karena ikan ini sensitif terhadap suatu penyakit.

Karakteristik Manfish

Karakteristik Manfish

Ada beberapa karakteristik ikan jenis ini yang membedakannya dari ikan hias yang lain. Selain karakternya yang agresif terhadap sesama jantan, Anda bisa melihat beberapa ciri yang bisa tampak dari luar dan perilakunya sehari-hari sebagaimana berikut.

* Anatomi Tubuh

Tubuh ikan ini ramping dan mempunyai sirip di bagian atas dan bawah. Sirip tersebut berukuran sangat panjang. Anatomi tubuh seperti ini memungkinkan manfish untuk bersembunyi di antara bebatuan, akar tanaman atau di tempat-tempat sempit lainnya.

Manfish sendiri bersembunyi bukan karena takut namun dia merupakan ikan ambush predator yang suka tiba-tiba menyergap targetnya. Mereka biasanya menyamar dan bersembunyi dan jika targetnya sudah lengah mereka mulai menyerang secara tiba-tiba.

Target ikan manfish ini adalah ikan kecil atau serangga kecil. Penyamaran mereka dibantu oleh garis vertikal di seluruh bagian tubuhnya.

* Bisa Hidup Bersama dengan Ikan Spesies Lain

Manfish bisa hidup bersama dengan ikan spesies lain atau yang biasa disebut dengan tankmate. Beberapa contoh spesies yang bisa hidup dengan manfish adalah ikan sapu-sapu, ikan gurame, ikan dwarf cichlids, loaches/botia atau ram cichlids.

Namun ada juga beberapa spesies ikan yang tidak diperbolehkan menjadi satu akuarium dengan manfish. Mereka adalah ikan neon, ikan guppy, ikan sumatra (tiger barbs), atau ikan bettas (cupang). Ikan neon dan ikan guppy berbahaya karena biasanya ikan ini akan memangsanya.

Sedangkan dengan ikan Sumatra justru sirip manfishlah yang akan lebih banyak diserang, sama halnya dengan ikan cupang yang kebiasaannya memburu sirip panjang.

Baca Juga  Ikan Aligator; Jenis, Karakteristik, dan Makanannya

* Perkembangbiakan

Ikan hias dari Amazon ini terkenal setia dengan pasangan. Mereka hidup monogami atau hidup dengan satu pasangan. Karena itulah, mereka sesama jantan sering bertarung untuk mendapatkan seekor manfish betina.

Manfish betina sendiri berkembangbiak dengan mengeluarkan telur dan meletakkannya di atas kayu atau akar yang terendam air. Kadang ikan betina juga bertelur di atas daun yang permukaannya rata.

Habitat Ikan Manfish

Habitat Ikan Manfish

Meskipun berasal dari sungai Amazon, sebenarnya manfish mempunyai habitat yang lebih spesifik yaitu cekungan. Mereka hidup di Cekungan Orinoco, cekungan Amazon dan berbagai cekungan lain di sungai Guiana Shield, sebuah kawasan tropis Amerika Selatan.

Manfish yang memiliki bentuk dan warna beragam akan membuat akuarium Anda menjadi sedap dipandang. Anda bisa menggabungkan jenis-jenis ikan ini dalam satu akuarium dan memeliharanya dengan baik sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *