ikan nemo

6 Jenis Ikan Nemo :  Cara Merawat dan Harganya

Posted on

Ikan Nemo – Untuk para pecinta ikan hias tentu saja ikan nemo menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan paling banyak diminati untuk dipelihara di dalam akuarium rumah. Ikan nemo ini memiliki penampilan yang sangat menarik karena memiliki warna warni yang sangat mencolok sehingga menjadi ciri khas dari ikan ini.

Keindahan dari ikan nemo ini membuat banyak pecinta ikan hias mau mengeluarkan banyak uang untuk memiliki dan juga memberikan perawatan terhadap ikan nemo tersebut. Bahkan saking populernya ikan nemo ini sempat dibuat film animasi Hollywood yaitu Finding Nemo. Bahkan kementerian Kelautan dan Perikanan juga selalu mengembangkan ikan lucu ini.

Jenis-Jenis Ikan Nemo

Ikan nemo adalah ikan hias yang memiliki nama latin amphiprioninae. Dimana ikan nemo ini tersebar di laut pasifik, laut merah dan juga terkadang di karang besar Australia. Habitat asli dari ikan nemo adalah biasanya bersembunyi di anemon laut.

Ikan nemo sering bersembunyi di anemon laut karena di anemon laut inilah mereka bisa berlindung dari pemangsa. Kemudian selanjutnya, ikan nemo ini juga akan memakan makanan sisa-sisa dari anemon agar membersihkannya. Kegiatan ini juga disebut dengan nama simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan untuk kedua nya.

Baca Juga  Jenis Cupang Plakat : Si Cantik yang Kini Naik Daun

Ikan nemo sebenarnya menjadi ikan yang memiliki habitat asli di laut, lebih tepat ikan ini tinggal dan bersembunyi di balik terumbu karang. Dimana warna dari ikan nemo ini lebih banyak berwarna, putih, orange, jingga dan juga sedikit ada warna hitam. Dengan corak ini tentu saja membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan nemo di rumah.

Nah mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk membudidayakan ikan nemo ini di rumah. Berikut sudah saya berikan informasi tentang apa saja jenis ikan nemo yang bisa anda pelihara dengan mudah di akuarium rumah.

1. Ikan Nemo Merah Marun

Ikan Nemo Merah Marun

Jenis ikan nemo yang pertama adalah Ikan Nemo Merah Marun. Sama seperti namanya, ikan ini memiliki warna merah marun dengan memiliki kombinasi corak warna putih sehingga menjadikan jenis ikan nemo ini menjadi sangat bagus untuk kita pelihara di dalam akuarium rumah kita.

Meskipun sebenarnya ikan ini berasal dari daerah perairan indo pasifik. Tapi di era modern seperti saat ini kita tidak harus khawatir karena saat ini ikan nemo sudah bisa kita pelihara sendiri di dalam rumah dengan menempatkannya di akuarium yang berisi jenis air tawar. Untuk jenis ikan nemo yang satu ini memiliki panjang tubuh 17 cm.

2. Oranye Clownfish

jenis ikan nemo

Jenis ikan nemo berikutnya adalah Oranye Clownfish. Dimana sesuai dengan namanya, ikan nemo Oranye Clownfish ini memiliki warna yang dominan orange. Jenis ikan nemo yang satu ini sangat populer sehingga sering diburu oleh kalangan para kolektor dari ikan hias di seluruh dunia.

Namun meskipun ikan nemo ini memiliki banyak penggemar, para pelaku budidaya ikan nemo ini cukup mengalami kesulitan karena akan memerlukan kerja keras ekstra.

3. Ocellaris Clownfish

nemo Ocellaris Clownfish

Berikutnya ada jenis ikan nemo Ocellaris Clownfish. DImana ikan nemo ini bisa kita temukan di negara Jepang, negara bagian Australia Utara dan juga di Asia Tenggara. Ikan nemo jenis Ocellaris Clownfish ini memiliki warna corak hitam dan juga putih.

Tubuh dari ikan nemo ini termasuk dalam kategori jenis ikan nemo dengan tubuh yang gempal atau gemuk. Meskipun jenis ikan ini terlihat sama seperti ikan nemo lainnya, namun kita bisa melihat perbedaanya dari corak warna yang hitam dari ikan nemo tersebut.

4. Amphiprion Sebae

Nemo Amphiprion Sebae

Jenis ikan nemo berikutnya adalah Amphiprion Sebae, dimana ikan ini memiliki panjang tubuh yang bisa mencapai 14 cm dan juga pada bagian punggungnya memiliki duri yang bisa berjumlah 10 hingga 11 duri. Ikan badut ini tidak memiliki warna orange namun memiliki warna kuning dengan perpaduan warna coklat tua atau hitam.

Warna kuning dari ikan nemo ini terdapat di bagian siripnya dan juga di bagian ekor serta dada. Berikutnya ikan ini juga memiliki perpaduan warna putih yang menjadi pelengkap warnanya.

Baca Juga  9 Jenis Ikan Hias Kecil Untuk Mengisi Akuarium

5. Ikan Nemo Kuning

Jenis-Jenis Ikan Nemo

Berikutnya adalah Ikan Nemo Kuning. Dimana jenis ikan ini memiliki nama panggilan lainnya yaitu clownfish saddleback. Sebenarnya warna kuning dari ikan nemo ini mendekati warna jingga, kemudian dikombinasikan dengan corak warna putih dan juga warna hitam khas ikan nemo. Ukuran dari ikan nemo ini bisa mencapai 13 cm.

6. Amphiprion Chagosensis

nemo Amphiprion Chagosensis

Terakhir ada ikan nemo Amphiprion Chagosensis, jenis ikan nemo ini menjadi yang paling sering kita temukan di kawasan samudra hindia. Dimana ukuran tubuh dari ikan nemo jenis ini memiliki ukuran sekitar 10 hingga 18 cm. Warna dari ikan nemo ini kebanyakan berwarna merah kehitaman, kuning dan juga 2 corak dasar ikan yaitu putih.

Cara Merawat dan Memelihara Ikan Nemo

Untuk cara merawat ikan nemo ini sebenarnya kita harus memberikan perhatian yang ekstra, hal ini karena ikan jenis ini mempunyai perbedaan dalam hal perawatan jika kita bandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Nah mungkin anda disini adalah salah satu orang yang berminat untuk memelihara ikan nemo sendiri di rumah atau di akuarium. Untuk itu, sebagai bekal untuk anda berikut adalah bagaimana cara merawat ikan nemo dengan mudah di rumah sendiri.

Cara Merawat dan Memelihara Ikan Nemo

  • Siapkan Dulu Akuarium Sebagai Tempat Tinggal Ikan Nemo

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum merawat ikan nemo tentu saja adalah anda harus menyiapkan akuarium terlebih dahulu untuk menjadi tempat tinggal ikan nemo ini. Untuk ukuran akuarium yang harus anda sediakan memang lebih besar lebih baik.

Hal ini karena ikan nemo adalah ikan yang biasa tinggal di laut. Namun kembali lagi ke budget dan juga ruangan yang anda miliki. Jika budget dan juga ukuran ruangan tidak mencukupi, lebih baik tidak usah dipaksakan.

  • Berikan Air Laut Di Akuarium

Selanjutnya, seperti yang sudah kita ketahui jika ikan nemo ini merupakan ikan hias yang berasal dari laut. Untuk itu maka anda juga harus memberikan air laut di akuarium yang akan anda jadikan sebagai tempat tinggal dari ikan nemo.

Bagaimana cara mendapatkan air laut? Kita bisa mendapatkan air laut dengan cara membelinya di toko ikan hias, walaupun harganya juga sedikit mahal. Nah untuk anda yang ingin mendapatkannya secara gratis, anda bisa mengambil sendiri air laut dari pantai secara gratis saat berlibur ke pantai.

  • Atur Akuarium Agar Mirip Dengan Habitat Asli Ikan Nemo

Setelah anda selesai menyiapkan air laut untuk akuarium ikan nemo, sekarang anda harus bisa mengatur dan juga mendesain sedemikian rupa agar suasana di dalam akuarium ikan ini bisa mirip dengan habitat asli dari ikan nemo.

Untuk bisa membuat suasana di dalam akuarium bisa mirip dengan suasana habitat dari ikan nemo, anda bisa menambahkan batu-batu kecil atau terumbu karang yang bisa menjadi tempat bersembunyi.

Selain itu anda juga harus menjaga suhu di dalam akuarium dalam kisaran 27 derajat celcius agar ikan bisa nyaman tinggal di dalam akuarium.

Baca Juga  13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya
  • Ganti Air Akuarium Dengan Rutin

Berikutnya tentu saja kita harus bisa mengganti air di dalam akuarium secara rutin. Untuk berapa lama waktu yang tepat untuk kita mengganti air akuarium? Hal ini tergantung dari alat untuk filter air yang anda gunakan.

Untuk anda yang memiliki filter air bagus, maka anda bisa mengganti air sebulan sekali. Namun jika ternyata filter air yang anda pakai kurang bagus, dan baru beberapa minggu saja air sudah kotor, maka anda harus menggantinya dengan air laut yang lebih bersih.

Hal ini karena ikan nemo biasa tinggal di air yang bersih. Mereka tidak bisa tinggal di air yang keruh atau kotor.

  • Memberi Makan Ikan Nemo

Ikan nemo adalah makhluk omnivora, untuk itu makanan ikan nemo tentu saja sangat mudah untuk kita temukan. Untuk anda yang ingin memberikan makan ikan nemo, anda bisa memberikannya dengan makanan beku, makanan hidup atau serpihan makanan.

Untuk anda yang ingin memberikan makanan ikan nemo berupa makanan beku, lebih baik anda cairkan terlebih dahulu makanan tersebut. Hal ini berguna agar ikan nemo bisa dengan mudah mencerna makanan yang anda berikan.

Nah untuk masalah makanan, ikan nemo ini termasuk dalam ikan yang tidak rewel soal makanan. Dengan begitu tentu saja kita tidak akan repot jika memelihara ikan nemo ini. Yang terpenting kita harus memberikannya makanan dua atau tiga kali dalam satu hari.

Sebagai tanda, jika anda melihat sisa makanan terlalu banyak di dasar air berarti tandanya anda terlalu banyak memberikan porsi makanan ikan nemo. Untuk itu anda perlu mengurangi sedikit porsi makanan yang akan anda berikan untuk ikan nemo.

Kisaran Harga Ikan Nemo

Kisaran Harga Ikan Nemo

Terakhir, setelah anda mengetahui tentang apa itu ikan nemo, jenis ikan nemo dan juga bagaimana sih cara yang tepat untuk merawat ikan nemo tentu saja anda akan tertarik kan memelihara ikan nemo sendiri di rumah di dalam akuarium?

Nah lalu bagaimana cara mendapatkan ikan nemo ini? Untuk bisa mendapatkan ikan nemo ini kita bisa membelinya di toko ikan hias sekitar tempat tinggal kita.

Sementara untuk masalah harga dari ikan nemo ini sangat bervariasi tergantung jenis-jenis ikan nemo mana yang ingin kita pelihara. Sebagai perbandingan harga, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi terkait daftar harga ikan nemo.

  • Ikan Nemo Orange Anemonefish Kisaran Harga Rp 20.000 – Rp. 40.000
  • Ikan Nemo Spinecheek Anemonefish Kisaran Harga Rp 3.000 – Rp. 50.000
  • Ikan Nemo False Clown Anemonefish Kisaran Harga Rp 25.000 – Rp. 50.000
  • Harga Ikan Nemo Clown Anemonefish Kisaran Harga Rp 20.000 – Rp. 35.000

Harga ikan nemo yang sudah saya jelaskan diatas tentu saja tidak pasti, namun tentu saja harga yang saya jelaskan diatas bisa menjadi patokan. Dimana paling tidak anda bisa menyiapkan uang yang pas atau cukup untuk membeli ikan nemo di tempat jual ikan hias terdekat. 

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *