ikan Oscar albino

Selain Ikan Oscar Albino, Ini Jenis Oscar Cantik Lainnya

Posted on

Ikan Oscar Albino – Ikan Oscar, salah satu jenis ikan yang berasal dari Amerika Selatan dan termasuk ikan predator ini cocok dijadikan sebagai ikan hias. Sebagai ikan dari sungai Amazon, mereka memiliki corak yang sangat beragam.

Salah satu jenis yang paling terkenal dan cukup mahal adalah ikan Oscar Albino. Sama seperti jenis albino hewan lainnya. Kulit ikan berwarna putih dengan corak kemerahan bermotif pada bagian tubuhnya. Warna matanya yang merah menjadi daya tarik yang luar biasa.

Selain jenis albino, ada beberapa jenis Oscar lainnya yang juga menarik perhatian. Yuk simak apa saja yang menarik untuk dipelihara dan bagaimana cara memelihara Oscar Albino.

Mengapa Memelihara Ikan Oscar?

Jenis ikan Oscar

Oscar merupakan jenis ikan air tawar yang ukurannya besar, mereka ditemukan hampir di sepanjang sungai Amazon. Ukurannya yang besar tentu menjadi pertimbangkan ketika hendak memeliharanya.

Alasan mengapa ikan Oscar sebaiknya dipelihara karena ikan ini membawa beragam manfaat. Ketika dijadikan ikan hias di dalam akuarium, mereka bisa menghiasi ruangan. Corak dan juga warna yang ada pada jenisnya sangat berbagai.

Oscar juga merupakan jenis ikan yang tidak sulit perawatannya ketika hanya dijadikan ikan hias. Tetapi beda cerita jika kamu ingin membudidayakannya. Memelihara Oscar bisa menjadi bagian dari relaksasi di rumah.

Ikan ini bisa menghilangkan rasa stress ketika dijadikan peliharaan karena mereka adalah jenis ikan yang tenang. Syaratnya adalah hanya bisa dipelihara sendiri dan tidak bisa dicampur dengan ikan lainnya. Karena mereka termasuk ikan yang galak dan bisa memangsa jenis ikan lain.

Memelihara ikan Oscar juga bisa jadi hobi yang sangat menyenangkan. Di akhir pekan kamu bisa meluangkan waktu untuk membersihkan akuarium dan menata ulang bagian dalamnya. Langkah ini juga meningkatkan kepedulian terhadap hewan.

Manfaat lainnya dari memelihara ikan Oscar adalah bisa mendatangkan rupiah. Jika kamu memiliki lahan yang cukup luas, bisa juga mulai mencoba untuk membudidayakannya. Karena ikan Oscar sendiri cukup menguntungkan dan cukup banyak peminatnya.

Jenis Ikan Oscar Selain Oskar Albino

Cara Membudidayakan Ikan Oscar

Oscar Albino memang lebih terkenal dibandingkan jenis lainnya. Setidaknya ada 8 jenis Oscar lainnya yang cukup menarik dipelihara baik itu keturunan asli atau silang. Jika kamu kurang menyukai ikan yang berwarna putih, bisa memilih dari beberapa jenis berikut ini:

Baca Juga  Ikan Wader: Jenis dan 4 Manfaatnya yang Luar Biasa

1. Oscar slayer

Kamu suka dengan ikan cupang tapi versi besar? Oscar slayer bisa jadi pilihannya karena sirip bagian ekor, atas dan juga bawahnya berukuran panjang seperti slayer. Keunikan ini membuat Oscar slayer sangat unik dan menarik untuk dipelihara.

Jika ingin memelihara ikan ini, siapkanlah dana sekitar 140 ribu hingga 120 ribu rupiah. Ikan ini memiliki banyak sekali pilihan warna dan motif. Termasuk jenis ikan hibrida dari Oscar tiger namun coraknya lebih beragam warnanya.

2. Oscar Red

Salah satu jenis ikan Oscar yang banyak disukai karena coraknya yang dominan warna merah orange pada bagian tubuh. Sedangkan kepala bagian atas, sirip atas dan juga ekornya berwarna hitam.

Sekilas ikan ini mirip seperti mujair, tetap yang berbeda adalah warna orange yang lebih terang. Ikan Oscar jenis ini dijual dengan harga 110 ribu hingga 125 ribu untuk ukuran dewasa.

3. Oscar Tiger

Merupakan jenis Oscar yang murni dan belum dikawin silangkan. Disebut dengan tiger karena kekhasan dari corak tubuhnya berwarna orange dan hitam. Sekilas jika dilihat seperti loreng dari harimau.

Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 30 hingga 35 cm dan dijual tidak terlalu mahal. Untuk membeli ikan dewasa kamu hanya perlu mengeluarkan uang 90 ribu hingga 110 ribu rupiah. Ikan Oscar tiger juga cukup mudah ditemukan.

4. Oscar Gold

Disebut dengan gold karena ikan ini coraknya keemasan pada bagian perut. Sedangkan sirip bawah dan kepalanya berwarna abu-abu kehitaman. Karena adanya warna keemasan inilah yang membuat Oscar gold ampak mahal.

Pada bagian sirip punggungnya berwarna putih yang memberikan kesan mahal juga. Ikan Oscar gold dijual dengan harga yang cukup murah yaitu 75 ribu rupiah untuk ikan dewasa. Sedangkan anakannya hanya 35 ribu rupiah saja per ekor.

5. Oscar Batik

Apabila dilihat sekilas, Oscar batik ini mirip seperti Oscar tiger. Hanya saja coraknya lebih seperti terumbu karang dengan dominan warna hitam dibandingkan orange. Perlu hati-hati ketika hendak membeli ikan Oscar batik dan tiger karena harganya jauh lebih murah ini.

Ikan Oscar batik dijual dengan harga 75 ribu sampai 90 ribu rupiah untuk ukuran dewasa bisa mencapai 35 cm panjangnya. Sedangkan anakan dijual dengan harga sampai 30 ribuan rupiah.

6. Oscar Veiltail

Ikan ini memiliki sirip yang lebih panjang dibandingkan Oscar slayer. Panjang sirip ini terdapat pada bagian ekor dan sirip bawahnya. Ketika ikan berenang tampak seperti kain sutra yang sangat tipis.

Baca Juga  Mengenal 11 Jenis Ikan Molly dan Kisaran Harganya 

Ikan ini juga hanya memiliki satu warna saja yaitu biru gelap dan perawatannya lebih ekstra karena siripnya yang tipis lebih mudah rusak. Apalagi ketika musim kawin. Untuk mendapatkan Oscar jenis ini kamu harus mengeluarkan dana 100 ribu rupiah hingga 200 ribu.

7. Oscar Biru

Jika kamu suka dengan ikan yang berwarna biru agar apik ketika terkena lampu akuarium, Oscar biru bisa jadi pilihannya. Merupakan jenis ikan persilangan dengan pola sisik warna hitam terputus-putus dengan warna biru.

Warna biru gelap lebih dominan sehingga akan sangat cantik ketika terkena lampu. Blue Oscar dijual dengan harga sekitar 100 ribu rupiah untuk ukuran dewasa.

8. Oscar Hijau

Disebut juga dengan Green Oscar karena warna tubuhnya yang hijau tetapi juga ada corak warna hitam. Sekilas ikan ini mirip seperti karang dan jika kamu menghiasi akuarium dengan karang maka bisa jadi tempat bersembunyi ikan ini.

Sekilas ikan ini tampak seperti memiliki warna hijau, tetapi jika diamati, warna hijaunya lebih ke arah kekuningan. Pola perpaduan antara hitamnya juga sangat menarik. Ikan ini cukup murah, hanya dengan 90 ribu rupiah kamu bisa membelinya.

Daya Tarik Ikan Oscar Albino

jenis oskar albino
Image: azgardens.com

Di antara semua jenis ikan Oscar di atas, Oscar albino tetap menjadi daya tarik yang utama. Ikan ini merupakan jenis asli seperti Oscar tiger dan bukan persilangan. Harganya pun cukup mahal yaitu sekitar 130 ribu hingga 150 ribu untuk ikan dewasa yang panjangnya 35 cm.

Sedangkan ikan Oscar albino anakan yang besarnya 10 sampai 15 cm dijual dengan harga 45 ribu hingga 55 ribu rupiah. Corak dan warnanya yang cantik tentu sepadan dengan harga yang harus kamu keluarkan.

Daya tarik utama yang dimiliki Oscar albino ini terdapat bercak warna merah di sepanjang tubuhnya. Penampakan Oscar albino hampir mirip dengan Oscar asli. Panjang tubuhnya bisa mencapai 40 cm untuk ukuran dewasa jika dipelihara dengan baik. Ikan ini bisa berumur panjang hingga 15 sampai 20 tahun.

Cara membedakan ikan Oscar albino dengan jantan dan betina harus diketahui supaya memudahkan untuk masuk ke proses perkawinan. Ikan jantan memiliki kecenderungan tumbuh lebih cepat. Sehingga ukuran tubuh ikan yang bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin.

Pada masa perkembangbiakan, ikan jantan dan betina selalu mengambil peran untuk perawatan burayak. Mereka bisa mencapai kedewasaan pada usia 1 tahun dan sia untuk bereproduksi sampai 10 tahun.

Baca Juga  18 Fakta Ikan Arapaima Yang Disebut Sebagai Ikan Raksasa

Perawatan Ikan Oscar Albino Sehari-Hari

Perawatan Ikan Oscar Albino Sehari-Hari
Image: aquaticarts.com

Merawat Oscar albino pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan ikan predator secara umum. Bahkan caranya juga sama seperti memelihara jenis Oscar lainnya dan tidak perlu perhatian secara khusus.

Ikan ini tidak lemah seperti pada jenis albino hewan lainnya yang biasanya memiliki daya tahan tubuh lebih rendah. Perawatannya tidak sulit, cukup menyiapkan akuarium dengan air cukup, menjaga kebersihan dan pemilihan pakan. Berikut ini cara untuk merawat Oscar jenis albino sehari-hari di rumah.

1. Persiapan akuarium

Akuarium ikan Oscar harus menyesuaikan ukuran tubuhnya. Ikan dewasa yang memiliki tubuh sepanjang 35 cm membutuhkan akuarium yang bisa menampung setidaknya 200 liter air. Ini hanya digunakan untuk satu ekor saja.

Hindari menggabungkan ikan Oscar albino dengan jenis ikan lainnya karena mereka galak. Hanya campurkan ikan ketika masa pemijahan. Kemudian sediakan oksigen dan filter air di dalam akuarium. Akan lebih baik jika mengisi akuarium dengan air dan diamkan selama semalaman.

Kamu juga bisa memberikan hiasan seperti tanaman dan bebatuan, karena ikan Oscar suka bersembunyi.

2. Menjaga suhu air

Suhu air perlu dijaga supaya ikan nyaman dan tetap sehat. Oleh karena itu jangan langsung masukan ikan ke dalam akuarium yang baru saja diisi dengan air. Sebaiknya diamkan air selama semalaman supaya air memiliki suhu yang tetap.

Suhu air biasanya yang dibutuhkan adalah 22 derajat Celcius sampai 25 derajat. Sedangkan untuk pH airnya adalah 6 sampai 7,5. Kamu bisa mengukur pH ini dengan pH meter. Setelah ikan dimasukan ke akuarium terus pantau suhu dan pH air setiap hari.

3. Pemberian pakan dan jadwal menguras

Jangan pernah melewatkan waktu makan ikan dan berikan rutin setiap hari. Pakannya adalah cacing serabut, jangkrik atau udang kecil. Jika ingin memberikan pelet, pilih yang khusus ikan Oscar.

Akuarium harus sering dikuras, jangan hanya memanfaatkan filter air. Kamu bisa membersihkan filter air setiap akhir pekan. Sedangkan jadwal menguras sebaiknya sekitar dua atau tiga minggu sekali.

Untuk proses pengurasan tidak perlu secara keseluruhan. Cukup ganti setengah air dalam akuarium saja. Dengan begitu ikan tidak perlu berpindah tempat dan mengurangi tingkat stresnya.

Inilah cara merawat ikan Oscar albino serta jenis Oscar lainnya yang bisa jadi pilihan jika kamu tertarik untuk memeliharanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *