Ikan Parrot : Ciri dan Cara Merawat dan Harganya

Posted on

Ikan parrot adalah salah satu jenis ikan yang sangat unik, hal ini karena ikan jenis ini mempunyai mulut yang hampir sama seperti paruh dari burung parrot.

Oleh sebab itu mungkin ikan ini diberi nama sebagai ikan parrot. Ikan parrot berasal dari keluarga cichlid yang umumnya memiliki warna merah.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, ditemukan beberapa warna baru dari ikan parrot ini seperti warna biru, kuning, hijau hingga ungu.

Ikan parrot ini masih satu saudara dengan ikan Louhan. Namun walaupun begitu ikan parrot ini memiliki sifat yang sangat ramah, berbeda jika dibandingkan dengan saudaranya tersebut yang lumayan temperamental.

Ikan Parrot ini lebih cantik jika kita pelihara dalam banyak jumlah sekaligus dan kita masukkan ke dalam satu wadah akuarium yang sama.

Sejarah Ikan Parrot

Sejarah Ikan Parrot
image: Wikipedia

Ikan Parrot ini pertama kali dikembangkan di daerah Taiwan sekitar tahun 1986. Dimana diberi nama ikan parrot karena memiliki bentuk mulut dan juga kepala yang hampir sama seperti paruh dari burung nuri atau burung beo. Oleh sebab itulah agar lebih mudah dalam penamaannya, ikan ini disebut dengan nama ikan Parrot.

Ikan Parrot ini memiliki nama lain Red Parrot yang merupakan ikan Hybrid atau ikan yang memiliki campur tangan manusia.

Setidaknya ada dua versi dari ikan jenis ini yaitu yang pertama adalah ikan Parrot hasil dari kawin silang midas cichlid dengan ikan redhead cichlid. Versi kedua adalah ikan hasil kawin silang dari ikan Severum dengan ikan Red Devil.

Seiring dengan perkembangannya, ikan parrot ini mempunyai varian warna baru seperti hijau, ungu, biru atau kuning.

Dimana variasi ini dilakukan melalui penyuntikan warna atau ikan parrot ini direndam di dalam wadah yang berisi larutan air dengan warna tertentu yang kita inginkan.

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 4 Cara Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Namun jika kita menggunakan cara merendam ini, warna ikan parrot tidak akan bisa bertahan lama. Paling tidak hanya akan bisa bertahan hingga maksimal 10 bulan saja.

Selain itu, jika kita menggunakan metode pewarnaan ini juga bisa berdampak terhadap umur ikan yang tidak bisa bertahan lebih lama lagi. Ada juga beberapa orang yang mengembangkan ikan parrot dengan cara memotong bagian sirip ikan agar terlihat unik. Padahal metode seperti ini sangat tidak manusiawi.

Spesies ikan parrot ini dikembangkan menjadi ikan hibrida. Dimana spesies induk dari ikan Parrot ini tidak bisa kita pastikan, namun spekulasi yang beredar menunjukkan jika ikan Parrot ini dihasilkan dari kawin silang ikan Midas dengan redhead seperti yang sudah saya katakan sebelumnya.

Dari hasil perkawinan silang tersebut menghasilkan ikan air tawar yang dapat bertahan hidup mencapai 15 tahun lama nya jika kita memeliharanya dengan baik dan menempatkan di lingkungan yang sehat.

Pastikan juga agar anda tidak keliru saat membedakan ikan parrot ini dengan ikan parrotfish air asin. Jadi anda harus bisa memperlakukan ikan red Parrot ini sebagaimana memperlakukan spesies ikan Cichlid Amerika Tengah.

Ciri Fisik dan Perilaku Ikan Parrot

Ciri ikan parrot
image: Wikipedia

Kita bisa memelihara ikan ini secara sendirian atau berkelompok di dalam satu akuarium dengan menempatkan beberapa teman ikan jenis lainnya yang cocok dengan ikan parrot ini.

Dimana sebenarnya perilaku dari ikan parrot ini merupakan spesies ikan yang cinta damai, namun mereka juga bisa dengan mudah dibuat stress oleh ikan lainnya yang lebih agresif.

Ikan parrot ini bisa sangat pemalu dan lebih sering bersembunyi di balik bebatuan atau dekorasi. Jika anda berhasil menempatkan dekorasi atau bebatuan ini di dalam akuarium, ikan parrot bisa lebih aktif di dalam akuarium yang anda miliki.

Sebagian besar waktu dari ikan parrot ini dihabiskan untuk di tingkat menengah di air akuarium. Namun terkadang ikan parrot ini juga bisa turun menjadi lebih rendah serta bisa mulai menggali dasaran aquarium untuk menemukan makanannya.

Saat memakan makanan, ikan parrot ini sangat berantakan dalam mengkonsumsi makanan nya. Jadi setidaknya anda harus rajin-rajin membersihkan akuarium ikan parrot.

Untuk ukuran dari ikan parrot dewasa ini bisa tumbuh mencapai 20 cm panjangnya. Dengan memiliki bentuk tubuh yang bulat, dengan sirip besar dan juga mata besar tentu saja semakin mempercantik tampilan dari ikan parrot ini.

Selain itu warna merah yang cerah ini bisa membuat ikan parrot bersaing dengan jenis ikan lainnya yang ada di akuarium bersama mereka.

Baca Juga  Mari Mengenal Jenis-Jenis Ikan Air Payau Disini

Warna ikan parrot ini bisa solid di sekujur tubuhnya, namun biasanya warnanya juga dapat dipecah karena bercak-bercak lainnya.

Warna lain dari ikan parrot yang sudah dikembangbiakkan adalah seperti warna kuning dan juga warna merah. Pewarna khusus yang sering digunakan adalah dengan cara merendam ikan parrot ke dalam larutan air berwarna khusus.

Untuk ikan parrot jantan dan betina ini tidak memiliki ciri khusus yang terkadang membuat kita sulit untuk membedakan mana ikan parrot jantan dan mana ikan parrot betina. Namun untuk ikan parrot jantan ini memiliki bentuk yang sedikit lebih besar.

Saat muda, beberapa ikan parrot terkadang dipotong pada bagian ekornya agar berbentuk seperti hati. Untuk ikan parrot yang dipotong bentuk ekornya ini mereka dikenal dengan nama heart cichlid dan untuk sebagian orang, cara ini tergolong sebagai proses yang sangat tidak manusiawi.

Cara Merawat Ikan Parrot

ikan parrot

Untuk cara memelihara ikan parrot ini sebenarnya sangat mudah. Kita bisa menyediakan pakan berupa pakan alami atau pakan buatan. Untuk pakan alami kita bisa menggunakan cacing sutra, atau cacing darah yang tersedia di pasaran.

Namun untuk anda yang ingin mengetahui lebih detail terkait bagaimana sih cara merawat ikan parrot ini, berikut adalah cara merawat Ikan parrot yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1. Siapkan Tempat Ikan Parrot

Cara merawat ikan parrot yang pertama tentu saja adalah kita harus bisa menyediakan tempat atau wadah dari ikan parrot ini. Dimana perlu anda ketahui bahwa ikan parrot ini adalah ikan yang sangat aktif dan juga suak bergerak.

Oleh sebab itu anda harus bisa menyiapkan akuarium dengan ukuran yang sangat luas agar ikan parrot ini tidak merasa bosan atau jenuh karena bisa berenang dengan leluasa mengelilingi akuarium.

Tidak lupa agar kita bisa menjaga kebersihan air di dalam akuarium ini anda bisa memasang filter di akuarium. Paling tidak dengan kita memasang filter pada akuarium ini kita dapat menyaring kotoran ikan serta sisa-sisa makanan dari ikan parrot ini dengan baik.

2. Tambahkan Dekorasi Pada Akuarium

Selain menyediakan akuarium dengan ukuran yang sangat luas, tentu saja kita juga harus bisa menambahkan beberapa dekorasi pada akuarium ikan parrot yang kita pelihara tersebut. Walaupun sebenarnya masalah dekorasi ini tidak terlalu penting.

Tapi tentu saja tidak ada salahnya jika kita menambahkan dekorasi pada akuarium agar bisa memperindah akuarium yang kita miliki. Namun yang paling penting adalah jangan sampai kita menambahkan dekorasi yang bisa mudah rusak terkena air.

Lebih baik anda menambahkan ornamen yang terbuat dari kayu dan juga bisa menambahkan batu-batuan yang bisa digunakan untuk tempat bersembunyi dari ikan parrot tersebut.

3. Makanan Ikan Parrot

Setidaknya ikan parrot ini membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan agar bisa menjaga kekebalan tubuh serta untuk memperindah warna dari ikan parrot itu sendiri.

Nah makanan ikan parrot ini bisa kita berikan berupa makanan alami atau makanan buatan. Untuk makanan alami yang bisa kita berikan adalah berupa cacing sutra dan juga cacing darah.

Lalu berapa kali idealnya kita memberi makanan untuk ikan parrot ini? Idealnya kita bisa memberikan makanan untuk ikan parrot ini 2 kali dalam sehari.

Anda bisa memberikan makanan ikan parrot saat siang, sore atau saat malam hari. Yang terpenting adalah memberikan makanan 2 kali sehari untuk ikan parrot.

Baca Juga  7 Cara Memelihara Ikan Cupang Dengan Mudah dan Benar

4. Bersihkan Akuarium

Cara merawat ikan parrot berikutnya tentu saja adalah kita harus bisa membersihkan akuarium. Dimana akuarium yang sehat pastinya akan ditumbuhi oleh banyak jamur, lumut dan juga alga.

Oleh sebab itu paling tidak anda harus bisa rutin membersihkan akuarium ikan parrot ini agar tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, anda juga harus bisa menambahkan ikan hias lainnya yang bisa membantu untuk membersihkan akuarium ikan parrot.

Selain membersihkan akuarium dari jamur, tentu saja kita juga harus bisa membersihkan air akuarium tersebut.

Dimana walaupun kita sudah memberikan filter pada akuarium. Tentu saja kita harus tetap mengganti air di dalam akuarium agar ikan parrot bisa tetap hidup sehat serta air tidak mudah keruh.

Untuk waktu yang tepat dalam mengganti air akuarium ini kita bisa melakukannya 2 minggu sekali. Dalam proses pergantian air ini, kita tidak perlu mengganti air akuarium secara keseluruhan. Cukup dengan mengganti 1/4 air di dalam akuarium saja sudah cukup.

5. Ikan Lain Untuk Teman Ikan Parrot

Sebenarnya cukup sulit untuk menemukan pasangan yang cocok untuk ikan parrot ini, hal ini karena jika kita salah untuk menemukan pasangan yang cocok sebagai teman ikan parrot bisa berdampak terhadap kondisi psikis dari ikan parrot itu sendiri.

Kita bahkan juga tidak bisa menemukan sahabat alami dari ikan parrot karena ikan jenis ini tidak ada di alam liar.

Namun jika kita mempertimbangkan spesies induk dari ikan Parrot dan juga pengalaman masa lalu. Kita bisa mendapatkan gambaran yang cocok tentang ikan lain apa yang cocok untuk ditaruh ke dalam wadah yang sama bersama dengan ikan parrot.

Dimana beberapa pilihan yang bagus untuk dijadikan teman dari ikan parrot adalah seperti dwarf gourami, angelfish, tiger barb, firemouth cichlid. Namun jangan memilih ikan dengan ukuran yang kecil, karena bisa dimakan oleh ikan Parrot.

Kisaran Harga Ikan Parrot

ciri ikan parrot

Karena ikan parrot ini tergolong sebagai ikan yang mudah ditemukan di Indonesia, maka harga dari ikan parrot ini juga bisa dibilang sangat terjangkau.

Harga ikan parrot di pasaran Indonesia ini berkisar Rp. 90.000 – Rp. 125.000 tergantung dari ukuran dan juga kualitas warna dari ikan parrot. 

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *