ikan sembilang

Mengenal Ikan Sembilang Kembaranya Ikan Lele

Posted on

Ikan Sembilang – Siapa yang tidak tahu dengan ikan Sembilang ini? Untuk para pemancing tentu saja ikan sembilang ini sudah sangat tenar dan terkenal.

Nama ikan Sembilang ini memiliki bahasa Inggris Eeltail catfish yang menjadi salah satu ikan air laut yang sampai saat ini bisa dengan mudah ditemukan di perairan laut yang dangkal.

Nah selain bisa dengan mudah kita temukan di perairan air laut yang dangkal, ikan sembilang ini juga biasa kita temukan di daerah sekitar muara sungai dengan tingkatan air payau. Ikan sembilang ini termasuk ke dalam keluarga Plotosidae atau eeltail catfish dan juga memiliki ordo Siluriformes atau Catfish.

Populasi dari ikan ini berada di daerah yang memiliki iklim tropis yang terdistribusi mulai dari sekitar perairan India, laut Pakistan sampai di perairan Indonesia, Filipina hingga Australia.

Baca Juga  Rekomendasi 16 Jenis Ikan Aquascape yang Menarik

Untuk ikan Sembilang yang ada di Indonesia ini sendiri ikan Sembilang di bagi menjadi dua jenis yaitu ikan sembilang batu dan juga ikan sembilang lubang.

Untuk ikan sembilang batu ini tinggal di area atau celah batu, sementara sembilang lubang merupakan ikan sembilang yang sudah dewasa serta biasa hidup di area atau lubang-lubang yang sudah dibuatnya sendiri.

Bobot dari ikan sembilang lubang ini bisa mencapai maksimal 5 kilogram dengan panjang tubuh bisa mencapai 70 cm.

Rekor dari ikan Sembilang terbesar dan terpanjang pernah didapatkan oleh seorang pemancing dari Thailand yang pernah mendapatkan ikan Sembilang dengan memiliki panjang 150 cm yang saat itu didapatkan ketika ia sedang memancing di malam hari.

Rasa Ikan Sembilang 

Sebenarnya ikan Sembilan ini mempunyai rasa yang gurih jika kita bisa mengolahnya dengan baik misalnya dibakar atau digoreng. Selain itu ikan sembilang ini bisa dimakan dengan cara di pepes dengan daun pisang yang bisa membuat rasa dari ikan sembilang ini semakin terasa gurih. Ada banyak sekali pemancing yang juga memburu ikan sembilang ini untuk dipancing.

Sementara untuk cara memancing ikan Sembilang ini dapat dipancing dengan menggunakan umpan seperti udang api-api yang didapatkan dengan mudah. Hal ini karena jenis udang api-api ini bisa bergerak di dalam air laut sehingga dapat menarik perhatian dari ikan sembilang agar memakannya.

Saat umpan kita sudah dimakan oleh ikan Sembilang ini, kita hanya tinggal menarik pancing dan ikan sembilang akan bisa kita dapatkan dengan mudah.

Ciri-Ciri Ikan Sembilang

Ciri-Ciri Ikan Sembilang

Ikan Sembilang ini merupakan jenis ikan yang tinggal di laut sampai di muara sungai. Ciri khusus dari ikan Sembilang ini terdapat di bagian tubuhnya yaitu di bagian sirip ikan. DImana sirip punggung kedua, sirip ekor dan juga sirip anus ini menyatu sehingga terkadang ikan Sembilang ini sekilas sama seperti ikan Sidat.

Selain itu, ikan Sembilang ini juga sering dianggap sebagai saudara kembar dari lele, tentu saja ikan Sembilang ini juga memiliki patil. Untuk jumlah patil yang dimiliki oleh ikan Sembilang ini berjumlah 3 buah yaitu terdapat di bagian atas kepala, di kepala samping dan juga di belakang kepala.

Efek Racun Dari Ikan Sembilan

Efek Racun Dari Ikan Sembilan

Karena memiliki tiga patil, tentu saja efek racun dari patil ikan Sembilang ini dapat membuat korban yang dipatil merasakan rasa nyeri yang sangat luar biasa. Korban yang dipatil ini bisa merasakan jantung yang berdebar dengan kencang, badan yang terasa panas dingin.

Karena memiliki efek samping yang sangat berbahaya ini tentu saja ikan Sembilang ini juga tergolong sebagai salah satu ikan yang berbahaya. Dimana jika sampai kita tergores maupun tertusuk patil dari Ikan Sembilang ini rasa sakitnya akan terus bertambah jika kita tidak segera mengobatinya.

Dampak dari patil ikan Sembilang ini bisa menempel di tubuh korban hingga 3 hari 3 malam. Setelah melewati masa itu, racun dari Ikan Sembilang bisa hilang dan juga korban akan kembali hidup sehat seperti sebelum dipatil ikan Sembilang.

Cara Mengatasi Racun Ikan Sembilang

Cara Mengatasi Racun Ikan Sembilang

Apabila anda pergi memancing ikan Sembilang ini tentu saja anda harus hati-hati dengan patil dari ikan Sembilan ini. Seperti yang sudah kita bahas bersama sebelumnya, bahwa patil dari Ikan Sembilan ini tergolong beracun. Jangan sampai kita tertusuk atau tergores oleh patil dari ikan Sembilang.

Kita juga jangan sampai menganggap enteng rancung dari ikan ini. Setidaknya kita bisa menggunakan beberapa tips yang bisa membantu saat ternyata terkena patil dari ikan Sembilang ini.

Cara paling jitu adalah dengan cara melepaskan dan juga membuang patil semiblang yang berhasil menusuk bagian tubuh kita, biarkan bagian yang tertusuk patil tersebut mengeluarkan darah segar yang masih terkandung racun di dalamnya.

Selanjutnya anda harus segera mengikat bagian tubuh yang terpatil tersebut setidaknya satu jengkal dari bagian luka. Hal ini berguna supaya patil ikan Sembilang tidak menyebar ke bagian tubuh kita yang lainnya. Hal ini karena untuk orang dengan kondisi fisik yang kurang kuat bisa menimbulkan pingsan sampai kematian jika sampai terkena patil dari ikan Sembilang ini.

Baca Juga  Mari Mengenal Jenis-Jenis Ikan Air Payau Disini

Apabila darah yang keluar dan mengandung racun dari ikan Sembilang tersebut berkurang, selanjutnya anda bisa mengencingi atau menyiram dengan air seni untuk bisa mengatasi racun dari ikan Sembilang tersebut. Sebenarnya cara ini sedikit aneh, namun cara ini sudah dibuktikan oleh para nelayan untuk bisa mengatasi patil atau racun dari Ikan Sembilang tersebut.

Cara lain yang bisa kita lakukan jika terkena patil dari ikan Sembilang ini adalah dengan memberikan air hangat. Hal ini karena racun yang dihasilkan oleh ikan Sembilang ini tergolong sebagai racun heat labile. Oleh sebab itu cara yang paling tepat adalah dengan merendam bagian tubuh kita yang terkena patil ikan Sembilang dengan menggunakan air hangat.

Air hangat ini adalah air yang tidak terlalu panas ya, karena jika air terlalu panas tentu saja bisa menyebabkan kulit kita menjadi lebih. Anda bisa merendam bagian yang terkena patil ini selama 30 hingga 90 menit. JIka masih terasa sakit, anda bisa tetap merendamnya lagi.

Ada juga cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengobati terpatil ikan Sembilang ini Caranya adalah dengan mengobati bagian tubuh kita yang terpatil dengan menggunakan biji asam jawa atau asam polong. Cukup dengan membelah biji asam ini menjadi dua bagian, selanjutnya pada bagian sebelah dalam biji tersebut anda tempelkan pada bekas luka sengatan atau patilan dari ikan Sembilang.

Lebih baik segara anda tempelkan setelah anda tersengat patil ikan Sembilang. Bukan malah setelah rasa sakitnya yang mulai parah. Hal ini karena bisa membuat proses penyembuhan bagian tubuh kita menjadi semakin lambat.

Harga Ikan Sembilan 

harga ikan sembilang

Ikan Sembilang ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang sangat disukai oleh masyarakat. Hal ini karena selain memiliki rasa yang enak serta bergizi, ikan sembilang ini juga dianggap sebagian masyarakat memiliki khasiat magis tertentu. Biasanya ikan sembilang ini dikonsumsi oleh masyarakat dengan diolah sebagai ikan asap.

Ikan Sembilang ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk pertumbuhan anak karena ikan ini kaya akan protein yang pastinya sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan. Selain itu ikan sembilang ini juga terkenal sebagai makanan yang dapat menjaga dan juga mengontrol kadar kolesterol.

Mungkin apabila dilakukan penelitian oleh para ahli yang lebih lanjut bisa ditemukan lagi banyak manfaat lainnya dari ikan Sembilang ini. Jadi tunggu apalagi? Apakah anda tidak berminat untuk mengkonsumsi kuliner berbahan ikan Sembilang ini?

Untuk harga ikan Sembilang ini juga tergolong sebagai ikan yang cukup mahal. Dimana setiap 1 kg ikan Sembilang ini dijual dengan harga 50 ribu rupiah.

Namun tentu saja harga tersebut sebanding dengan rasa daging yang lezat serta perjuangan dari para pemancing yang memancing ikan Sembilang ini dengan penuh perjuangan. Nah itulah ulasan singkat tentang ikan Sembilang yang termasuk dalam saudara ikan Lele.

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *