in

Cantik, Ini 10 Jenis Ikan Tetra dan Cara Budidayanya

ikan tetra

Ikan Tetra atau ikan neon dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang ternyata banyak diminati. Ikan Tetra ini mempunyai nama latin Paracheirodon Innesi, dimana berasal dari daerah Rio Taquari, Brazil dan juga sungai di Negara Paraguay, Amerika Selatan.

Sebenarnya ikan Tetra ini terkenal sebagai ikan yang hidup secara berkelompok. Oleh sebab itu banyak para pecinta ikan hias yang kemudian memelihara ikan jenis ini karena memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah untuk ditampung di dalam akuarium.

Jenis Jenis Ikan Tetra yang Cantik Untuk Menghiasi Akuarium

Ikan Tetra ini mempunyai tampilan yang cantik dan juga mempunyai berbagai macam pilihan warna dan juga corak yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dari ikan Tetra tersebut. 

Kemudian ikan ini juga memiliki sifat yang begitu tenang sehingga kita tidak perlu khawatir jika ikan ini disatukan dengan ikan jenis lainnya dalam akuarium yang sama.

Nah untuk anda yang ingin memelihara ikan Tetra di dalam akuarium namun masih bingung dengan apa saja jenis ikan Tetra, berikut dibawah ini sudah saya sajikan informasi lengkapnya terkait jenis ikan Tetra yang bisa kita pelihara di akuarium.

1. Ikan Tetra Neon

jenis ikan tetra
Image: Wikipedia

Jenis ikan Tetra yang pertama dan menjadi pembuka dari daftar jenis ikan Tetra adalah ikan Tetra Neon. Ikan Tetra ini menjadi jenis ikan Tetra yang paling klasik dan tentu saja anda yang menjadi pecinta ikan hias sudah pernah mendengar jenis ikan Tetra yang satu ini.

Ikan ini memiliki warna biru dan juga merah serta perak yang sangat atraktif, oleh sebab itu ikan ini diberi nama Ikan Tetra Neon.

Nah untuk anda yang ingin membuat tampilan akuarium yang anda miliki semakin cantik, anda bisa memadukan semua jenis ikan Tetra neon ini menjadi satu di akuarium yang sama.

2. Ikan Tetra Lemon

Ikan Tetra Lemon

Apakah anda ingin mencari jenis ikan Tetra yang berbeda dari yang mainstream? Nah anda bisa memelihara ikan Tetra lemon ini di dalam akuarium. Sebenarnya ikan Tetra lemon ini memiliki bentuk atau wujud yang sangat indah, hanya saja jarang ada yang memelihara ikan Tetra lemon ini.

Ikan Tetra lemon memiliki tampilan warna perak yang sangat indah, lengkap dengan sirip berwarna kuning neon dan juga mata yang berwarna senada.

Sama seperti kebanyakan ikan Tetra, ikan Tetra neon ini merupakan salah satu spesies ikan yang damai dan tentu saja menjadi jenis ikan hias paling sempurna untuk kita pelihara di dalam akuarium untuk kita satukan dengan ikan hias lainnya.

3. Ikan Tetra Buenos Aires

Ikan Tetra Buenos Aires

Jika kita lihat secara signifikan maka kita bisa menyimpulkan jika jenis ikan Tetra Buenos Aires ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan dua spesies sebelumnya.

Selain itu sifat dari ikan hias yang satu ini juga lebih bersemangat, dengan sifat yang aktif ini tentu saja membuat jenis ikan Tetra ini kurang cocok jika dipelihara dan dijadikan satu dengan jenis ikan hias lainnya.

Ciri khas dari ikan Tetra Buenos Aires ini adalah mereka juga terkenal mempunyai perilaku nippy atau perilaku menggigit sirip. Namun bukan berarti ikan jenis ini tidak bisa kita pelihara di rumah ya. Paling tidak kita harus memiliki akuarium dengan kapasitas 110 liter air untuk bisa memeliharanya.

4. Ikan Tetra Kongo

Ikan Tetra Kongo

Jenis ikan Tetra Kongo ini mungkin akan sedikit aneh di telinga kita. Hal ini karena jenis ikan ini berbeda dengan sebagian besar jenis ikan Tetra lainnya. Pasalnya jenis ini secara alami tidak bisa ditemukan di daerah Amerika Selatan. Sama seperti namanya, ikan ini hanya bisa ditemukan di Kongo, Afrika Tengah.

Ikan Tetra jenis ini memiliki tubuh yang bisa dibilang besar jika dibandingkan jenis ikan Tetra lainnya. Oleh sebab itu kita tentu saja memerlukan akuarium yang besar untuk memeliharanya.

Untuk bisa memelihara ikan Tetra ini, kita membutuhkan akuarium yang bisa menampung volume air 200 liter. Hal ini wajar saja karena ikan Tetra Kongo ini memiliki ukuran yang besar.

5. Ikan Tetra Glowlight

Ikan Tetra Glowlight

Jenis ikan Tetra berikutnya adalah ikan Tetra Glowlight. Nah untuk anda yang ingin membuat komunitas ikan hias yang damai di dalam akuarium, anda bisa memilih jenis ikan Tetra Glowlight. Hal ini karena ikan kecil ini mudah untuk dirawat dan juga bisa mencerahkan akuarium anda dengan warna yang perak dan merah.

Untuk bisa memelihara ikan hias ini, anda hanya membutuhkan akuarium dengan volume 55 liter saja. Selain itu, ikan Tetra ini juga paling baik jika kita pelihara di dalam air asam.

Baca Juga  13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya

6. Ikan Tetra Bloodfin

Ikan Tetra Bloodfin

Berikutnya ada ikan Tetra Bloodfin, ikan ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula yang ingin memelihara ikan hias. Hal ini karena dengan tampilan warna perak kemerahan, ikan ini akan semakin terlihat mempesona di dalam akuarium anda, apalagi jika anda memelihara banyak ekor sekaligus di dalam akuarium.

Sebenarnya ikan ini tidak besar, namun karena mereka memiliki sifat yang aktif sangat dianjurkan untuk anda menggunakan akuarium dengan panjang 75 liter apabila anda ingin memelihara ikan hias ini.

7. Ikan Tetra Ember

Ikan Tetra Ember

Untuk yang satu ini memiliki ukuran sekitar 1 inchi saja, ikan Tetra ember merupakan jenis ikan Tetra paling kecil dibandingkan jenis ikan lainnya. Karena memiliki ukuran yang sangat kecil tentu saja anda tidak membutuhkan akuarium dengan ukuran yang besar untuk bisa memeliharanya.

Paling tidak anda hanya membutuhkan akuarium dengan volume 37 liter saja untuk bisa memelihara ikan Tetra jenis ember ini. Dengan begitu, untuk anda yang tidak ingin memiliki akuarium yang besar atau memakan banyak space, ikan Tetra ember ini sangat cocok untuk menjadi pilihan anda dalam memelihara ikan Tetra.

8. Ikan Tetra Bleeding Heart

Ikan Tetra Bleeding Heart

Berikutnya ada jenis ikan Tetra Bleeding Heart. Dimana ikan ini mempunyai tubuh yang sebagian besar berwarna perak, namun di bagian siripnya berwarna merah.

Kenapa ikan ini diberi nama Bleeding Heart? Hal ini karena terdapat titik merah cerah yang ada di tengah-tengah tubuhnya sama seperti darah hati.

9. Ikan Tetra Emperor

Ikan Tetra Emperor

Apakah anda sedang mencari ikan yang memiliki penuh warna yang menarik dan sirip yang indah? Nah anda bisa memelihara jenis ikan Tetra Emperor di dalam akuarium yang anda miliki. Ikan ini akan sangat bagus di dalam akuarium. Dengan sifat tahan banting mereka membuat ikan ini mudah kita pelihara, bahkan ikan ini juga bisa beradaptasi dengan berbagai macam kondisi di dalam akuarium.

Untuk anda yang ingin memelihara ikan Tetra Emperor ini, paling tidak anda harus menyediakan akuarium dengan ukuran volume 75 liter agar bisa menyediakan ruang yang cukup untuk ikan Tetra Emperor ini.

10. Ikan Tetra Black Skirt

Ikan Tetra Black Skirt

Jenis ikan Tetra yang satu ini adalah salah satu jenis Ikan Tetra klasik yang paling banyak kita temukan di toko ikan hias terdekat. Untuk anda seorang pecinta ikan hias tentu saja sudah tahu dengan ikan Tetra yang satu ini.

Ikan Tetra Black Skirt ini tidak membutuhkan persyaratan khusus seperti tempat tinggal, suhu air dan sebagainya. Dengan begitu maka ikan Tetra ini sangat cocok untuk dipelihara oleh orang pemula sekalipun dalam urusan pemeliharaan ikan hias.

Cara Budidaya Ikan Tetra Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Tetra Untuk Pemula
Image: Wikipedia

Terakhir, saya akan memberikan sedikit tips dan cara budidaya ikan Tetra untuk pemula. Nah mungkin anda tertarik untuk menjadikan budidaya ikan Tetra ini sebagai salah satu lahan bisnis yang pastinya sangat menjanjikan.

Baca Juga  Jenis Cupang Plakat : Si Cantik yang Kini Naik Daun

Hal ini karena permintaan pasar terhadap ikan hias kecil ini sangat tinggi, oleh sebab itu anda bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah cara budidaya ikan Tetra untuk pemula.

  • Pertama anda siapkan dulu aquarium, dan isi dengan air lunak setidaknya memiliki pH 6,0 dan juga suhu air sekitar 25 derajat Celcius. Untuk sepasang ikan Tetra, setidaknya membutuhkan kapasitas 10 liter air.
  • Selanjutnya siapkan semprotan yang bisa mendatangkan aliran air kecil di dalam akuarium. Jangan lupa agar menutupnya, karena bisa saja ikan melompat keluar dari dalam akuarium.
  • Desain akuarium dengan cara menambahkan beberapa tanaman akuatik, hal ini bertujuan agar ikan Tetra betina bisa nyaman untuk bertelur di dalamnya.
  • Masukkan induk dari Ikan Tetra yang telah kalian pilih. Kriteria dari Indukan Ikan Tetra yang baik adalah berusia 7 bulan dan juga paling tidak memiliki panjang tubuh 4 cm.
  • Selanjutnya anda tutup dinding akuarium dengan menggunakan kertas agar bisa mengurangi cahaya yang masuk dalam akuarium. Jangan lupa berikan makanan yang cukup untuk sepasang ikan Tetra tersebut.
  • Proses pemijahan biasanya akan terjadi ketika pagi buta dan betina bisa mengeluarkan hingga ratusan telur dalam sekali pemijahan.
  • Setelah betina bertelur, lebih baik anda pisahkan dengan telur-telur yang mereka hasilkan. Hal ini karena jika tidak anda pisahkan bisa-bisa mereka akan memakan telurnya sendiri.
  • Turunkan ketinggian air sampai 10 cm supaya keadaan akuarium benar-benar teduh.
  • Telur ikan Tetra ini sangat sensitif dengan Cahaya, untuk itu anda harus memasukannya di dalam lemari agar bisa terhindar dari cahaya.
  • Tunggu hingga 5 hari sampai larva muncul dari telur, dan 3 hari selanjutnya mereka akan berenang di dalam akuarium.
  • Pastikan juga bahwa tidak ada lendir yang berada di atas permukaan air. Hal ini supaya anakan ikan Tetra ini bisa menghirup udara secara leluasa serta mengisi kandung kemih berenang.
  • Anda bisa memberikan makanan berupa kuning telur atau infusoria dengan ukuran kecil sekitar 3 kali sehari.
  • Terakhir, anda tambahkan air secara bertahap dan lebih baik hindari menggunakan filter karena mereka masih kecil dan rentan mati jika menggunakan filter air.

Nah itulah beberapa rekomendasi ikan Tetra yang cantik dan bagaimana cara budidaya ikan Tetra yang menjanjikan dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah bagi Sahabat JH. 

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
ikan nemo

6 Jenis Ikan Nemo :  Cara Merawat dan Harganya

kambing boer

Mengenal Lebih Dekat Kambing Boer Si Raksasa Lucu