in

Jenis Cupang Plakat : Si Cantik yang Kini Naik Daun

jenis cupang plakat

Jenis Cupang Plakat – Mungkin anda sedang mencari hewan yang akan dijadikan peliharaan. Nah ikan cupang ini bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang mencari hewan peliharaan di rumah.

Memelihara ikan cupang tentu saja juga bisa membantu anda agar bisa menghilangkan rasa stress atau depresi dan trend memelihara ikan cupang ini juga menjadi salah satu hobi yang paling banyak diminati oleh orang-orang di masa pandemi seperti saat ini hingga ikan cupang kini naik daun dan harganya pun ikut melonjak. Dari banyaknya jenis ikan cupang, jenis ikan yang paling banyak dicari oleh orang-orang adalah ikan cupang plakat.

Mengenal Jenis Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat adalah

Ada banyak sekali jenis cupang plakat yang bisa kita pelihara, nah salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah ikan cupang plakat. Dimana jenis cupang plakat adalah salah satu dari jenis ikan cupang liar yang cantik. Dimana ikan cupang plakat ini bisa dikembangbiakan di daerah Asia Tenggara.

Jenis cupang plakat juga sering digunakan oleh orang-orang untuk menjadikan ikan aduan. Jadi kebanyakan orang malah menjadikan ikan yang sebenarnya ikan hias ini menjadi ikan aduan. Hal ini karena sifat dari ikan cupang plakat ini terkenal dengan sifat yang sangat agresif dan juga mempunyai tendensi meloncat keluar dari dalam air.

Baca Juga  9 Jenis Ikan Hias Kecil Untuk Mengisi Akuarium

Jika dilihat secara fisik, jenis ikan cupang plakat ini mempunyai sirip dan juga ekor yang kecil. Ikan cupang plakat ini mempunyai badan yang lebih besar serta lebih kuat dibandingkan jenis ikan cupang yang lainnya.

Namun walaupun begitu tidak berarti jenis ikan cupang plakat ini tidak mempunyai bentuk tubuh yang indah ya. Ikan cupang plakat ini mempunyai warna dasar putih dengan warna di bagian sirip dan juga ekor berwarna kebiruan.

Karakteristik Ikan Cupang Plakat

Karakteristik Ikan Cupang Plakat

Setiap hewan, entah itu hewan peliharaan tentu saja mempunyai karakteristik atau sifat dan wataknya sendiri. Hal ini sama seperti yang dimiliki oleh ikan cupang plakat. Nah mungkin anda tertarik ingin memelihara ikan cupang plakat ini, tentu saja anda harus tahu dengan karakteristik dari ikan cupang plakat.

Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa karakteristik dari ikan cupang plakat yang mungkin bisa menambah wawasan anda sebelum memelihara ikan cupang plakat.

1. Memiliki Bentuk Tubuh Yang Kokoh

Sebagai salah satu ikan hias yang sering dijadikan sebagai ikan aduan tentu saja ikan cupang plakat ini mempunyai bentuk tubuh yang kuat dan juga terlihat kokoh. Untuk lebar dan juga tinggi dari ikan plakat ini mempunyai ukuran yang sangat lebar dan juga tinggi.

Mulai dari leher hingga ekor ikan ini mempunyai ukuran dan juga ketebalan yang sama. Hanya saja pada bagian menuju ekor tentu saja berubah menjadi semakin mengecil.

2. Ikan yang Agresif

Ikan cupang plakat ini juga memiliki sifat dan juga karakter yang agresif. Berbeda dengan ikan hias lainnya yang terkesan mempunyai pergerakan yang lambat dan juga terkesan anggun. Ikan cupang plakat ini memiliki gerakan yang cepat dan terkesan sangat agresif.

Hal ini wajar saja karena ikan cupang plakat sering digunakan untuk ikan aduan, oleh sebab itu wajar jika mereka memiliki sifat yang agresif untuk bertahan diri ketika diadu dengan ikan cupang lainnya.

3. Memiliki Mental Petarung yang Bagus

Ikan cupang plakat juga mempunyai mental petarung yang sangat bagus. Hal ini ditandakan dengan sirip-sirip dari ikan yang bisa mengembang penuh ketika mereka melihat musuh-musuh. Hal ini sebagai tanda bahwa ikan cupang plakat ini memiliki mental yang bagus dan berani bertarung dengan ikan cupang lainnya.

4. Penampilan yang Tidak Kalah Cantik

Ikan cupang plakat juga memiliki penampilan yang tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Walaupun sering dijadikan sebagai ikan aduan, namun pada dasarnya ikan cupang plakat ini adalah ikan hias sehingga wajar saja jika mereka memiliki tampilan yang sangat cantik.

Ikan cupang plakat ini memiliki sirip yang lurus, dengan bentuk yang kekar dan juga memiliki warna yang tegas sama seperti kebanyakan ikan cupang aduan lainnya.

Baca Juga  Mengenal 11 Jenis Ikan Molly dan Kisaran Harganya 

5. Mudah Ditemukan Di Kawasan Asia Tenggara

Ikan cupang plakat ini bisa dengan mudah kita temukan di kawasan sekitar Asia Tenggara. Banyak para peternak cupang di Asia Tenggara termasuk juga di Vietnam, Indonesia, Malaysia hingga Thailand yang membudidayakan ikan cupang plakat ini karena tergolong sebagai salah satu ikan cupang dengan harga jual yang cukup tinggi.

Terlebih lagi ikan cupang ini lebih banyak ditemukan di kawasan Thailand. Hal ini terbukti dari namanya “Plakat” yang dalam bahasa Thailand berarti petarung atau aduan.

6. Mempunyai Tendensi Untuk Melompat Keluar Dari Air

Berikutnya, karakteristik dari ikan cupang plakat ini memiliki tendensi untuk bisa melompat dan keluar dari dalam air akuarium yang kita gunakan untuk menampung atau menjadi tempat tinggal dari ikan cupang plakat tersebut.

Untuk itu, bagi anda yang ingin memelihara ikan cupang plakat, sangat dianjurkan untuk memiliki akuarium atau fishbowl yang cukup tinggi untuk menghindari ikan cupang plakat ini melompat keluar dari dalam air.

Tentu saja anda tidak ingin kehilangan ikan cupang kesayangan anda kan? Terlebih lagi harganya yang mahal ini tentu saja sangat disayangkan jika kita sampai kehilangan ikan cupang tersebut.

Ikan Cupang Plakat Masuk Daftar Ikan Aduan Termahal Di Indonesia

harga Ikan Cupang

Ikan cupang plakat ini termasuk dalam salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati dan sedang menjadi salah satu trend remaja Indonesia. Hal ini karena di masa pandemi seperti sekarang tentu saja banyak orang yang ingin mencari kesibukan untuk mengisi waktu luang di rumah aja.

Ikan cupang plakat ini menjadi salah satu jenis dari ikan cupang yang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Dimana daya tarik ini dihasilkan dari sirip ikan dan juga tubuh ikan tersebut. Dengan bentuk dan juga karakter yang unik tentu saja wajar saja jika ikan cupang plakat ini memiliki harga jual yang tinggi.

Ikan cupang plakat ini menjadi salah satu ikan cupang petarung yang sangat terkenal di Indonesia. Untuk anda yang suka dengan jenis-jenis ikan cupang tentu saja anda sudah tahu jika ikan cupang plakat ini banyak dicari oleh orang-orang di Indonesia karena menjadi salah satu ikan cupang aduan terbaik dan juga paling mahal di Indonesia.

Dengan ekor yang pendek, sebenarnya ikan cupang plakat ini berasal dari Thailand. Dengan sifat yang suka berkelahi, namun ikan cupang plakat ini juga mempunyai sisi keindahan yaitu dari bentuk sirip dan juga giginya yang tajam ketika bertarung.

Bahkan ikan cupang Plakat ini bukan hanya terkenal di kalangan pecinta ikan aduan di Indonesia saja. Namun ikan cupang plakat ini juga sudah sangat familiar di dunia internasional dan sering dijadikan sebagai ikan untuk aduan.

Tentu saja kita masih ingat tahun 2000an, banyak para penggemar ikan hias Indonesia yang mulai mengenal ikan ini.

Baca Juga  Berencana Budidaya Ikan Blue Elektrik? Intip Dulu Caranya

Bahkan di tahun 2003 lalu ikan cupang plakat ini pertama kali menjadi salah satu peserta dari kontes ajang inBS Award II. Kontes tersebut dilangsungkan di Gajah Mada Plaza, walaupun saat itu ikan cupang plakat ini hanya sampai di tahap eksibisi saja.

Setelah mengikuti kontes tersebut, jenis ikan cupang plakat ini mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan berkat kontes tersebut juga menjadikan harga jual dari ikan cupang plakat ini semakin naik.

Dengan tampilan warna dan juga bentuk yang menyegarkan tentu saja ikan cupang plakat ini berhasil menarik minat banyak hati para pecinta ikan aduan di Indonesia.

Selain itu berkat mengikuti kontes tersebut ikan cupang plakat ini sekarang dijual dengan harga termurah Rp.200.000.

Bagaimana? Apakah anda berminat untuk membeli dan memelihara ikan cupang plakat ini di dalam rumah?

Atau malah anda sudah memiliki ikan cupang plakat ini di akuarium rumah anda? Semoga informasi yang saya berikan diatas bermanfaat untuk anda yang sedang bingung mencari ikan cupang apa yang cocok untuk mengisi akuarium rumah.

Written by Jendela Hewan

Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
hewan aves

Hewan Aves : Ciri-Ciri, Karakter dan Contohnya

ikan nemo

6 Jenis Ikan Nemo :  Cara Merawat dan Harganya