Jenis Hamster

4 Jenis Hamster Lucu Cocok Dipelihara di Rumah

Posted on

Jenis Jenis Hamster  – Siapa sih, yang nggak tahu hamster? Itu, lho, hewan pengerat yang mirip tikus, tapi bisa dipelihara di rumah.

Hewan ini sangat disukai anak-anak. Selain karena lucu dan menggemaskan, hewan ini mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak perhatian.

Ciri-ciri Hamster

Ciri-ciri Hamster

Meski mirip tikus, hamster memiliki ciri-ciri khusus yang bisa membuatmu mengenalinya dengan lebih baik. Berikut ini beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh hamster, hewan pengerat imut kesukaan anak-anak:

1. Badannya gemuk.

2. Memiliki ekor yang lebih pendek dari tubuhnya.

3. Telinganya berambut.

4. Memiliki kaki lebar, pendek dan berisi.

5. Warnanya beragam tergantung jenisnya, ada yang coklat, putih, hitam, abu-abu, kuning, dan bahkan merah.

6. Ukurannya berkisar antara 15 – 20 cm. Namun ada hamster kerdil berukuran 5 – 10 cm. Ada pula hamster raksasa dengan ukuran 30an cm.

Hewan pengerat yang masuk dalam subfamili Cricetinae ini sebenarnya termasuk binatang nokturnal. Alias hewan yang lebih aktif di malam hari. Namun tak jarang mereka juga bisa beraktifitas lebih padat di siang atau sore hari, terutama hamster yang dipelihara di rumah.

Baca Juga  Mudah, Ini 7 Cara Merawat Hamster Syrian yang Benar

Hamster ternyata memiliki hobi untuk menggali lubang. Selain itu hamster yang dipelihara sangat senang bermain roda. Tak heran jika banyak memelihara hamster selalu menyediakan mainan beroda di kandang hewan pengerat yang lucu ini ya?

Siklus hidup dari hewan kecil ini ternyata tak lama. Jika dipelihara dengan baik, hamster bisa bertahan hingga tiga tahun. Namun jika hidup di alam bebas, seringnya justru tidak bisa mencapai hingga tahun ketiga.

Jenis-jenis Hamster Lucu dan Aman Dipelihara

harga Hamster Syrian

Ada banyak jenis hamster, namun hanya 4 jenis hamster yang sering dijumpai di Indonesia. Sayangnya tidak semuanya aman buat anak-anak, lho. Yuk, simak penjelasannya sebelum kamu memutuskan hamster jenis apa yang cocok dipelihara di rumahmu!

1. Hamster Syrian

Hamster ini ditemukan di Timur Tengah, tepatnya di gurun daerah Syria/Suriah. Ukurannya hampir sebesar tikus. Hamster ini mempunyai corak yang beragam, seperti warna panda (hitam putih), keemasan, coklat, dan lain sebagainya. Hamster jenis ini mempunyai varian bulu longhair, keunikan yang tidak dimiliki hamster jenis lain.

Hamster ini juga mempunyai gerakan yang lambat, cenderung lebih jinak, dan mudah dipegang. Jadi sangat cocok buat kamu yang mau kasih hadiah ke anak kecil. Biasanya, hamster lucu ini memiliki estimasi umur hanya 1,5-2,5 tahun saja dengan ukuran 12-20 cm ketika sudah dewasa.

2. Hamster Campbell

Hamster Campbell memiliki ukuran yang lebih kecil dari Hamster Syrian dan mempunyai bentuk yang sama sekali tidak menyerupai tikus.

Hamster Campbell memang lucu, tapi jenis ini adalah yang paling agresif di antara jenis hamster lainnya. Bisa saja ia akan menggigit kalau kamu nggak tahu cara meng-handle hamster ini dengan baik. Jadi, jenis ini tidak disarankan untuk dipelihara anak-anak dan pemula, ya.

Baca Juga  Jenis Kucing Anggora : Ciri, Perawatan, dan Harganya

3. Hamster Winter White

Hamster Winter White (Hamster WW) adalah jenis hamster yang sangat mirip dengan Hamster Campbell. Kalau belum berpengalaman tentang hamster, pasti bakal kesulitan untuk membedakannya.

Namun, perbedaan yang paling signifikan antara Hamster WW dengan Hamster Campbell adalah tingkat agresifnya. Hamster WW lebih jinak daripada Hamster Campbell.

Kalau sudah dijinakkan, hamster jenis ini senang memanjat ke tangan manusia. Tapi, jenis ini tergolong hamster yang malas. Ia lebih sering menghabiskan waktunya untuk tidur dibandingkan untuk bermain.

Nah, bagi kamu yang ingin memelihara hamster jenis Campbell, kamu bisa pelihara Hamster WW sebagai alternatifnya. Hamster ini juga termasuk aman untuk dipelihara anak-anak dan pemula.

Hamster imut ini memiliki tiga variasi warna unik, yaitu normal, sapphire, dan pearl. Hamster WW memiliki estimasi umur 2-2,5 tahun dengan ukuran mencapai 9-12 sentimeter ketika sudah dewasa.

4. Hamster Roborovski

Jenis hamster yang paling kecil, paling gesit, dan paling lincah di antara hamster lainnya yaitu Hamster Roborovski. Jenis hamster ini terkenal dengan larinya yang sangat cepat dan gesit. Biasanya sering dijadikan ajang balap hamster.

Hamster jenis ini disebut robo karena hanya mempunyai 2 varian warna, yaitu: brown face dan juga white face dengan bulu kekuningan dan putih.

Meski mempunyai daya tarik tersendiri, hamster ini tidak disarankan untuk anak-anak. Karena terlalu gesit dan lincah, takutnya anak-anak tidak bisa meng-handle, yang ada malah si hamster kabur melarikan diri.

Hamster Roborovski ini juga lebih takut kepada manusia dibanding jenis yang lainnya. Biasanya, jenis ini memiliki estimasi umur 2-4 tahun dengan ukuran sekitar 45 cm ketika sudah dewasa.

Nggak perlu takut buat memelihara hamster karena hewan ini beda banget sama tikus. Hewan ini juga tergolong bersih, asal rajin merawatnya.

Selain harganya murah, hewan ini juga nggak makan tempat. Kandang kecil dengan sedikit permainan di dalamnya, cukup membuat kamu terhibur melihat polah lucunya. Jadi, jenis hamster mana yang bakal Sahabat JH pelihara di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *