13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya

Posted on

Jenis Ikan Hias – Mempunyai akuarium di dalam rumah tentu saja dapat menghadirkan suasana yang berbeda. Apalagi jika kita memiliki akuarium dengan warna-warna lampu yang berkedip setiap saat, ditambah lagi riak air yang bisa semakin menenangkan suasana orang yang memilikinya.

Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi dari manusia. Dimana hobi sendiri merupakan sesuatu yang tidak mungkin dapat dipisahkan oleh manusia. Tentu saja setiap orang di dunia ini juga memiliki hobi, tidak mungkin ada orang yang tidak memiliki hobi sama sekali.

Dengan menjalani hobi yang kita sukai tentu saja dapat mengurangi stress dan juga bisa menghilangkan beban pikiran yang kita hadapi. Nah untuk anda yang memiliki hobi memelihara jenis ikan hias, kali ini Tedas akan memberikan informasi yang pastinya sangat menarik untuk kalian.

Jenis Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara Di Rumah

5 Tips Merawat Ikan Oscar agar Sehat

Ikan adalah salah satu hewan yang hidup di air, entah itu di sungai, danau, laut atau bahkan di dalam akuarium sekalipun. Nah untuk anda yang memiliki akuarium dan berencana mengisi akuarium dengan ikan hias, alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis-jenis ikan hias yang gampang untuk dipelihara.

Tentu saja anda penasaran kan dengan apa saja sih jenis ikan hias yang gampang untuk dipelihara di akuarium rumah? Untuk itu, berikut dibawah ini adalah beberapa jenis-jenis ikan hias yang gampang dipelihara di rumah.

1. Ikan Hias Oscar

Jenis ikan hias yang paling mudah dipelihara di rumah yang pertama adalah ikan hias oscar. Ikan yang memiliki sifat agresif ini memiliki tampilan yang cantik.

Ketika kamu ingin memeliharanya cukup sediakan aquarium yang besar sebab ikan ini akan besar saat dewasa. Saat hidup di alam bebas ikan ini sanggup hidup hingga 12 tahun lamanya tergantung pada ketahanan tubuh dari ikan ini.

2. Ikan Hias Koi

Ikan yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi orang yang mempercayai sering dipelihara karena memiliki corak warna yang bagus. Tak heran banyak orang yang suka memelihara ikan ini karena mudah dan ikannya yang cantik.

Namun untuk anda yang ingin memelihara jenis ikan hias ini, paling tidak anda harus memiliki akuarium yang berukuran besar. Hal ini karena jenis ikan hias ini memerlukan ruangan yang luas untuk bisa hidup karena kebutuhan oksigen.

3. Ikan Hias Discus

Jenis Ikan Discus

Jenis-jenis ikan hias berikutnya adalah ikan hias discus. Dimana ikan hias ini ditaksir dengan harga yang mahal ikan ini berasal dari sungai Amazon, Brazil yang memiliki corak cantik yaitu garis warna merah yang dapat berguna bagi ikan untuk melindungi dirinya dari para predator.

4. Ikan Hias Mas Koki

Ikan yang sering dipelihara oleh orang orang dan memiliki ciri ciri bentuknya yang gendut dan menggemaskan ini tidak bisa disatukan oleh banyak ikan. Karena ikan koi memerlukan oksigen yang cukup banyak untuk hidup.

5. Ikan Hias Corydoras

Sering disebut juga ikan tikus karena ikan ini berenang yang sama dengan gaya tikus berlari. Ikan yang sering berenang di dasar kolam ini berasal dari sungai Amazon. Ikan ini juga suka memakan sisa ikan lain atau bahkan kotoran.

6. Ikan Hias Black Ghost

Ikan yang dominan warna hitam ini cukup elegan untuk ditaruh pada akuarium. Memilih tubuh yang bergelambir membuat ikan berenang maju mundur atau bahkan jungkir balik ini biasanya juga disebut ikan ballet.

7. Ikan Hias Louhan

Ikan yang memiliki ciri khas ada benjolan jenong pada kepala dan juga memiliki corak yang indah ini juga sangat populer, tak heran ikan ini sering terjual dengan harga yang mahal.

Mahalnya ikan ini juga dapat diukur dari besarnya jenong yang dimilikinya. Ikan yang cukup agresif dengan ikan lainnya dan terkadang ikan louhan juga memakan ikan ikan kecil yang ada di dekatnya.

8. Ikan Hias Guppy

Ikan Guppy

Memiliki tubuh yang kecil dan hampir memiliki kesamaan dengan ikan cupang ikan gupi ini lebih memiliki bentuk sirip yang indah.

Ikan guppy ini memiliki beberapa jenis yang paling terkenal seperti cobra, dragon dan koi. Saat memelihara ikan guppy anda hanya memerlukan aquarium kecil tanpa oksigen bukankah sangat simple.

9. Ikan Hias Clownfish

Ikan yang biasa disebut ikan badut ini menjadi sangat populer bahkan sebelum adanya film finding nemo. Saat ingin memeliharanya anda hanya perlu menambahkan terumbu karang pada akuarium agar ikan merasa lebih nyaman seperti tinggal di tempat aslinya yaitu di dekat karang guna bersembunyi dari predator.

Baca Juga  10 Ikan Predator Hias yang yang Aman Dipelihara di Akuarium

10.Ikan Hias Arwana

ikan arwana

Ikan yang terkenal dengan kemahalannya dan keindahan sisiknya tak heran membuat para orang diluar sana ingin memeliharanya. Ada banyak jenis arwana seperti silver, golden red dan masih banyak lagi.

11.Ikan Hias Cupang

Ikan yang tengah populer belakangan ini merupakan ikan yang amat digemari oleh para pecinta ikan hias karena penampilannya yang cantik dan perawatannya yang mudah.

Selain itu ikan cupang digemari karena harganya yang relatif lebih murah daripada ikan ikan sebelumya kisaran 10 ribu hingga yang Paling mahal bisa tembus ratusan ribu rupiah.

12.Ikan Hias Blue Devil

Jika di akuarium ada yang namanya ikan hias black phantom, nah untuk anda yang ingin memelihara ikan hias lainnya ada jenis ikan hias blue devil.

Dimana ikan hias ini sangat terkenal karena memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan cenderung ramping. Kemudian selain itu, ikan hias ini juga memiliki bintik yang berwarna kebiruan yang mencolok di kegelapan.

13.Ikan Hias Butterflyfish

Jenis-jenis ikan hias yang mudah dipelihara di dalam rumah berikutnya adalah ikan hias butterfly fish. Dimana sama seperti namanya, ikan hias ini memiliki corak yang bergaris dan juga warna yang cerah sama seperti kupu-kupu.

Bentuk dari ikan ini juga lumayan ramping dengan bibir yang moncong sehingga membuat ikan hias ini lucu saat kita pelihara di akuarium.

Tips Memelihara Ikan Hias Di Rumah

 Tips Memelihara Ikan Hias Di Rumah

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan hias yang paling mudah untuk dipelihara di rumah tentu saja anda langsung tertarik untuk memelihara beberapa jenis-jenis ikan hias yang sudah saya rekomendasikan di atas kan. Namun sebelum itu, paling tidak anda harus mengetahui tips memelihara ikan hias di rumah di bawah ini.

1. Ketahui Kebutuhan Ikan

Setiap jenis-jenis ikan hias tentu saja mempunyai kebutuhan berbeda. Untuk itu anda harus mengetahui kebutuhan ikan hias yang akan anda pelihara tersebut, misalnya dengan berapa hari sekali perlu mengganti air akuarium dan sebagainya.

2. Siapkan Akuarium

Sebelum anda memutuskan untuk membeli ikan hias, tentu saja anda harus memiliki akuarium terlebih dahulu. Siapkan dulu akuarium dan juga peralatan akuarium dengan kualitas terbaik. Beberapa peralatan yang harus anda siapkan adalah seperti filter penjernih air, aerator, lampu akuarium dan juga penghangat air.

Baca Juga  Ikan Discus : Jenis dan Kisaran Harganya

3. Perhatikan Kebersihan Akuarium

Berikutnya anda harus menjaga dan memperhatikan kebersihan dari akuarium. Karena walaupun kita sudah memberikan filter yang berguna untuk menyaring air, tapi jangan lupa juga untuk selalu rutin mengganti air paling tidak satu minggu sekali.

Air yang tidak bersih tentu saja bisa mengganggu kesehatan dari ikan hias yang kita pelihara di dalam akuarium tersebut. Untuk itu menjaga dan memperhatikan kebersihan akuarium tempat ikan hias sangat penting untuk dilakukan.

4. Beri Makanan Alami

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kita berikan untuk ikan hias. Namun lebih baik jika kita memberikan pakan ikan hias dengan pakan alami karena bisa menjaga kebersihan air aquarium bisa bertahan lebih lama.

Itulah beberapa jenis ikan hias yang gampang dipelihara dan juga tips untuk memelihara ikan hias yang wajib Sahabat JH perhatikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *