jenis ikan molly

Mengenal 11 Jenis Ikan Molly dan Kisaran Harganya 

Posted on

Jenis Ikan Molly  – Tahukah Anda bahwa ikan Molly merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki bentuk dan juga warna yang sangat menarik. Ikan Molly ini mempunyai nama latin Poecilia SP dengan bentuk yang tidak terlalu besar sehingga kita bisa dengan mudah memelihara ikan Molly ini di akuarium yang berukuran kecil.

Selain bisa memelihara di akuarium yang berukuran kecil, kita juga bisa memelihara dan merawat ikan Molly di fish bowl.

Dimana kita tidak perlu khawatir untuk meletakkannya bersamaan dengan jenis ikan hias lainnya. Hal ini karena ikan hias yang satu ini tidak memiliki sikap yang agresif.

Jenis-Jenis Ikan Molly dan Kisaran Harganya

Ikan Molly

Ikan Molly atau biasa juga dikenal dengan nama ikan balon ini sudah menjadi salah satu ikan hias idaman dari para pecinta ikan yang ada di Indonesia. Dimana dengan penampilan yang imut dan memiliki bentuk fisik yang sangat menggemaskan jika dilihat.

Ikan yang berasal dari negara meksiko ini awalnya banyak dikonsumsi. Namun karena memiliki bentuk tubuh yang sangat indah lengkap dengan corak yang sangat indah di seluruh badan dari hewan yang satu ini. Namun apakah Anda tahu jenis ikan Molly?

Baca Juga  13 Jenis Ikan Hias Cantik dan Tips Merawatnya

Untuk Anda yang penasaran dengan apa saja jenis ikan Molly, berikut dibawah ini adalah beberapa jenis ikan Molly yang bisa kita pelihara di rumah.

1. Golden Molly

Jenis ikan Molly yang pertama adalah Golden Molly. Dimana jenis ikan yang satu ini mungkin akan terlihat seperti ikan biasa pada umumnya.

Namun jangan sepelekan ikan ini, karena Golden Molly termasuk dalam salah satu dari jenis ikan langka. Dengan warna tubuhnya yang keemasan tentu saja semakin memancarkan pantulan dari cahaya lampu yang semakin menambah keindahan bentuk tubuh dari Golden Molly ini.

Untuk Anda yang ingin mempercantik akuarium yang dimiliki di rumah, Anda bisa memelihara ikan yang satu ini karena harga ikan Molly jenis Golden Molly ini juga sangat murah yakni hanya sekitar Rp. 25.000.

2. Black Molly

Jenis ikan Molly berikutnya ada black Molly, dimana memiliki warna yang hitam pekat menjadi keunikan tersendiri dari ikan yang satu ini. Sekujur tubuh dari hewan ini berwarna hitam mulai dari sisik ikan hingga ekor ikan. Namun yang unik dari ikan ini adalah bisa menyala ketika diberi lampu dari akuarium.

Apalagi saat ikan Molly hitam ini berenang di dalam akuarium bersamaan dengan ikan hias lainnya. Tentu saja ikan ini akan terlihat paling mencolok sendiri. Untuk Anda yang ingin memelihara ikan Molly jenis ini, tenang saja karena harga ikan Molly black dijual hanya sekitar Rp 10.000.

3. Black Sailfin Molly

Black Sailfin Molly

Sama seperti ikan Molly black Molly, Black Sailfin Molly ini juga memiliki warna yang hitam di sekujur tubuhnya. Hanya saja yang membedakan adalah ikan Molly ini memiliki sirip yang jauh lebih panjang dan juga lebar. Dengan warna buntut dari ikan mobil ini juga berwarna sedikit biru dan juga oren.

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias, Anda juga bisa menjadikan jenis ikan Molly yang satu ini sebagai salah satu ikan hias yang kita pelihara di akuarium.

4. Dalmatian Molly

Sama seperti anjing Dalmatian, ikan Molly jenis ini juga memiliki corak titik hitam pada bagian tubuhnya. Semakin banyak titik hitam yang dimiliki oleh Dalmatian Molly, maka semakin cantik juga penampilan dari ikan Dalmation Molly tersebut.

Tentu saja semakin banyak dari titik hitam dari ikan jenis ini juga bisa membuat harga jualnya yang juga semakin mahal. Rata-rata panjang dari ikan jenis ini bisa tumbuh mencapai 13 cm panjangnya.

5. Molly Balon

Jenis ikan Molly berikutnya adalah Molly Balon. Dimana bentuk tubuh dari ikan jenis ini tentu saja sudah bisa menggambarkan alasan kenapa ikan Molly yang satu ini diberi nama Molly Balon. Bentuk perut dari ikan jenis ini bisa juga menjadi semakin besar ketika ikan Molly jenis ini sedang hamil.

Setidaknya butuh sekitar 6 sampai 8 minggu untuk ikan jenis ini melahirkan puluhan anak. Ikan Molly Balon ini juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu dari warnanya.

Baca Juga  Berencana Budidaya Ikan Blue Elektrik? Intip Dulu Caranya

6. Silver Sailfin Molly

harga ikan Molly

Tidak hanya memiliki warna hitam saja, namun ikan Molly juga memiliki jenis lainnya dengan warna yang putih mengkilat loh.

Silver Sailfin Molly adalah jenis ikan Molly yang berwarna putih mengkilat tersebut. Ditambah lagi dengan bintik putih yang ada di sekujur tubuh dari jenis ikan ini.

Untuk Anda yang ingin memadukan Black Molly dengan Silver Sailfin Molly, Anda bisa melakukannya dengan aman karena kedua nya bisa hidup berdampingan.

7. Lyretail Molly

Apabila jenis ikan Molly Sailfin memiliki buntut yang lebar, namun jenis ikan Molly yang satu ini yakni Lyretail Molly memiliki ekor yang panjang di bagian atas dan bawahnya. Kemudian selain itu, warna dari jenis ikan Molly yang satu ini juga beragam.

Setidaknya ada beberapa pilihan warna yang bisa kita pilih untuk memelihara ikan ini yaitu warna orange, emas atau bahkan perpaduan dari dua warna tersebut.

8. Wild Green Sailfin Molly

Untuk jenis ikan Molly yang satu ini berasal dari daerah Amerika Tengah. Dengan warna dasar ikan yang berwarna hijau menyala, membuat ikan ini semakin cantik. Selain memiliki warna hijau menyala, Wild Green Sailfin Molly juga memiliki warna lain misalnya seperti perpaduan dari warna merah dan hijau, atau warna orange.

9. Liberty Molly

Ikan Molly yang satu ini ditemukan di daerah El Savador dan tergolong menjadi salah satu ikan bersirip pendek. Kekuatan dari ikan ini terdapat di warna nya yang sama seperti transparan dengan perpaduan dari warna coklat dan juga abu-abu.

Jenis ikan Molly yang satu ini mempunyai tubuh yang panjang dan juga besar. Namun ukuran dari ikan ini tidak lebih dari 8 cm.

Baca Juga  Ikan Zebra: Ciri dan Cara Memelihara Dengan Benar

10. Marble Molly

Berikutnya ada jenis ikan Molly Marble Molly. Dimana ikan jenis ini menjadi salah satu hasil perkawinan silang dari dua ikan yang berbeda. Marble Molly memiliki warna dasar yang berwarna hitam dengan memiliki bercak putih di bagian dari sisiknya. Warna inilah yang membuat ikan hias jenis ini diminati banyak orang.

11. Yucatan Molly

Terakhir ada jenis ikan Molly Yucatan Molly. Dimana ikan ini memiliki nama latin Poecilia Velifera. Jenis ikan ini juga memiliki sirip yang lebar dan juga cantik sama seperti sirip dari ikan Sailfin Molly. Dengan warna dasar yang gelap namun menuju bagian perut semakin memutih tentu saja menjadi keunikan tersendiri dari ikan Molly yang satu ini.

Itulah beberapa jenis ikan Molly lengkap beserta harga ikan Molly yang bisa kita pelihara dengan mudah dan aman di rumah. 

Comments

0 comments

Gravatar Image
Situs informasi terlengkap mengenai dunia hewan yang ada di indonesia, menjelaskan secara detail mengenai hewan baik dari segi makanan dan tempat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *