Jenis ikan Oscar

10 Jenis Ikan Oscar yang Ganas Tapi Cantik Dipelihara

Posted on

Jenis Ikan Oscar – Ikan Oscar, salah satu jenis ikan predator yang berasal dari sunga Amazon ini banyak dipelihara di Indonesia. Sebagai ikan air tawar, si Oscar yang galak ini sering dipelihara di dalam akuarium.

Nama latin dari ikan Oscar adalah Astronotus Ocellatus dan termasuk dalam keluarga Cichild. Sifatnya sangat agresif dan hanya bisa dipelihara sendiri, jika berniat memeliharanya jangan campur dengan ikan jenis lain.

Mereka memakan ikan yang lebih kecil, di habitat aslinya makanan mereka adalah jangkrik, kepiting hingga udang kecil. Apabila dibandingkan dengan ikan lain, namanya pasti masih asing sehingga hanya digemari kalangan tertentu saja.

Ada banyak jenis ikan Oscar yang bisa dijadikan pilihan untuk dipelihara. Harganya pun bervariasi tergantung warna dan juga umurnya.

Jenis-Jenis Ikan Oscar

Jenis jenis ikan Oscar

Oscar adalah ikan yang bisa tumbuh hingga ukurannya cukup besar yaitu panjang 40 cm dengan beratnya hingga 3 kg. Usianya bisa mencapai 14 tahun jika dipelihara dengan benar.

Daya tarik utamanya adalah pada coraknya yang belang. Apalagi ikan ini hanya bisa dipelihara sendiri maka akan menghiasi akuarium di rumah. Berikut ini beberapa jenis ikan Oscar yang ada di pasaran.

1. Oscar Hitam

Sesuai dengan namanya, sisik dari ikan ini berwarna hitam dan terjadi di keseluruh tubuhnya. Apalagi pada bagian sirip atas dan ekor. Pada bagian kepala hingga perut ada beberapa warna silver dan motif bulat-bulat tidak beraturan di dekat ekor.

Oscar hitam merupakan ikan dari persilangan Oscar tiger yang kelainan genetik. Jadi jenis ini cukup sulit ditemukan, untuk harga ikan Oscar hitam anakan sekitar 25 ribu hingga 40 ribu rupiah dengan ukuran 10 sampai 15 cm.

Sedangkan untuk Oscar dewasa dengan ukuran hingga 35 cm dijual dengan harga 85 ribu hingga 100 ribu rupiah.

2. Oscar Batik

Sekilas tampilan dari Oscar batik sama seperti ikan Oscar tiger namun ada beberapa bagian yang berbeda. Oscar batik memiliki warna hitam dan berbintik yang lebih dominan. Bintik warna orange juga lebih banyak.

Harga dari Oscar batik dewasa yang ukuranya sampai 35 cm adalah 75 ribu sampai 90 ribu rupiah. Sedangkan anakannya dijual dengan harga 20 ribu sampai 30 ribu rupiah dengan ukuran 10 cm hingga 15 cm.

Baca Juga  10 Ikan Predator Hias yang yang Aman Dipelihara di Akuarium

3. Oscar Tiger

Ini dia jenis Oscar yang paling banyak disukai, keindahannya justru pada warnanya yang belang hitam dan orange. Namun belangnya lebih dominan warna hitam. Pada bagian kepalanya tampak semburat abu-abu.

Jika dilihat secara keseluruhan warnanya seperti belang harimau oleh karena itu disebut dengan Oscar tiger. Merupakan jenis Oscar yang murni dan bukan hasil persilangan, sifat aslinya pun masih kuat seperti suka menyendiri.

Oscar tiger dewasa dijual dengan harga 90 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah dengan ukuran sampai 35 cm. Sedangkan Oscar tiger anakan dijual dengan harga 30 ribu sampai 40 ribu yang ukurannya mencapai 15 cm.

4. Oscar Lemon

Apakah kamu pecinta warna kuning?Jika iya perlu memilih jenis ikan Oscar lemon ini. Warnanya mirip dengan buah lemon dengan sirip bagian atas berwarna hitam dan bagian bawahnya semburat hitam. Matanya berwarna hitam yang kontras dengan warna kuning.

Jika diletakkan di dalam akuarium dan diberi cahaya lampu, warnanya akan tampak menyala. Harga ikan Oscar Lemon anakan cukup murah yaitu 30 ribu hingga 60 ribu dengan panjang sampai 15 cm.

Sedangkan ikan dewasanya dijual dengan harga 120 ribu hingga 150 ribu yang panjangnya mencapai 35 cm.

5. Oscar Red

harga ikan oskar

Ikan Oscar yang berwarna merah namun sedikit orange dan akan menyala. Pada bagian kepala, sirip atas, bawah dan ekor berwarna hitam. Ikan ini bisa memiliki panjang 50 cm setelah 10 tahun.

Oscar red termasuk jenis ikan Oscar yang mudah ditemukan di pasaran. Harga ikan dewasa adalah 1120 ribu hingga 125 ribu rupiah. Sedangkan oscar anakan dijual dengan harga 35 ribu hingga 45 ribu rupiah.

6. Oscar Albino

Hampir semua ikan memiliki jenis albino dan ikan ini menjadi yang paling mahal. Harga ikan dewasa saja bisa mencapai 150 ribu dengan panjang 35 cm. Sedangkan anakannya dijual rata-rata dari 45 ribu hingga 55 ribu rupiah.

Ikan jenis ini menjadi mahal karena termasuk sulit untuk ditemukan. Keunikannya terdapat pada warna dasar putih dan terdapat pola bintik berwarna emas kemerahan. Mata ikan ini berwarna merah menyala.

7. Oscar Wild

Nama lain dari ikan ini adalah Astronotus Ocellatus dan ciri utamanya berwarna hitam dengan warna kuning keabuan di bagian perut dan bawah kepala. Ikan ini adalah jenis ikan asli sungai Amazon yang hingga kini masih banyak ditemukan di sana.

Sekilas warnanya mirip seperti batuan sungai dan pada bagian pangkal ekor ukuran lingkarnya sangat kecil. Oscar wild dijual dengan harga 20 ribu hingga 45 ribu rupiah untuk anakan. Sedangkan dewasanya dijual dengan harga 65 ribu sampai 90 ribu rupiah.

8. Oscar Paris

Ikan yang memiliki warna sedikit unik yaitu kombinasi warna kuning pucat dengan hitam. Di bagian atas kepala, sirip atas, ekor dan bawahnya berwarna hitam. Sedangkan bagian perut hingga hampir ekor berwarna kuning pucat.

Karena keunikannya ikan ini banyak disukai. Harga dari ikan Oscar paris dewasa adalah 70 ribu hingga 100 ribu rupiah. Sedangkan ikan Oscar paris dewasa adalah 20 ribu hingga 50 ribu rupiah.

9. Oscar Slayer

Disebut dengan slayer karena bagian sirip atas, bawah dan ekornya sangat panjang seperti slayer. Warnanya putih di seluruh bagian tubuhnya dan warnanya berwarna hitam.

Apabila dipelihara, Oscar slayer termasuk yang sangat indah dan juga mahal. Jenis ikan Oscar ini bukan asli melainkan karena kelainan genetik. Harga dari ikan anakan saja mencapai 50 ribu hingga 65 ribu rupiah.

Ikan Oscar slayer dewasa bisa mencapai 140 ribu hingga 160 ribu rupiah. Karena termasuk ikan yang kelainan genetik, ikan ini cukup jarang ditemukan di pasaran.

10. Oscar Red Tail Bahia

Apabila dilihat sekilas, Oscar jenis ini mirip sekali dengan ikan mujair karena warnanya yang hampir sama. Sedangkan ciri khusus yang dimiliki adalah tubuh dengan warna hijau keabuan.

Pada bagian luar matanya terdapat warna lingkar merah yang sangat khas. Pada bagian tubuhnya terdapat bintik berwarna merah dan juga orange hingga sampai pada ujung ekor.

Dijual dengan cukup murah, Oscar Red Tail Bahia dewasa berada di harga 75 ribu rupiah hingga 90 ribu rupiah. Sedangkan anaknya dijual dengan harga 20 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Cara Membudidayakan Ikan Oscar

Cara Membudidayakan Ikan Oscar

Jika tertarik untuk memeliharanya, membeli satu ikan Oscar kemudian diletakkan pada sebuah akuarium tidaklah sulit. Tapi beda cerita jika ingin membudidayakannya, mengingat sifatnya yang sangat agresif bahkan bisa memakan sesamanya.

Supaya pembudidayaan berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

1. Cara Memilih Indukan

Jika ingin membudidayakan harus dimulai dari pemilihan induk yang terbaik. Induk yang sudah siap untuk dikawinkan adalah berusia 1,5 hingga 2 tahun dengan panjang sekitar 15 cm. Pastikan ikan memiliki tinggi 10 cm dengan warna cerah.

Pemilihan ikan ini bisa dilakukan ketika indukan masih berusia 6 bulanan. Pilih indukan betina dan jantan dan campurkan 5 ekor dari masing-masing ke dalam satu akuarium. Tujuannya supaya ikan mencari pasangannya sendiri.

Jika ikan sudah mendapatkan pasangan, maka pisahkan ke akuarium yang berbeda. Cara membedakan jantan adalah dengan tubuh yang panjang sedangkan betina memiliki alat kelamin yang menonjol.

2. Pembuahan Ikan

Proses perkawinan ikan dimulai dari persiapan akuarium khusus. Pilih akuarium dengan ukuran 1,5X1X0,5 meter. Isi air dengan ketinggian 30 atau 40 cm yang sudah diendapkan semalaman.

Baru setelah itu masukan sepasang ikan dan letakan batu ceper warna gelap di dalamnya. Tutup aquarium supaya gelap dan proses bisa berhasil. Biasanya proses pembuahan terjadi di pagi atau sore hari.

Tunggu hingga ikan bertelur dan pindahkan ke akuarium yang lebih kecil untuk proses penetasan. Telur akan menetas setelah 3 hari dan tambahkan emalin ke dalam air.

3. Pemeliharaan benih

Ikan yang sudah menetas telah menjadi benih yang harus dipelihara secara ekstra supaya bisa hidup semua. Makanan ikan oscar yang masih menjadi benih ini adalah kurotifera dan diberikan setelah empat hari dari waktu menetas.

Pada saat ikan berusia 10 hari maka bisa ditambahkan makanan yaitu kutu air. Jika usianya mencapai 2 minggu lebih bisa ditambahkan cacing rambut. Ikan bisa makan biasa seperti jangkrik dan dipindahkan ke akuarium besar setelah berusia 25 hari.

Baca Juga  Ikan Lemon, Si Kuning yang Galak Tapi Mudah Dipelihara

4. Cara membesarkan ikan Oscar

Ikan yang sudah berusia 25 hari perlu dipindah ke kolam sendiri yang ukurannya besar yaitu 2X1X1 meter. Satu ukuran kolam tersebut bisa digunakan untuk memelihara sekitar 300 ekor.

Supaya mengurangi terik matahari masuk ke dalam kolam sebaiknya tambahkan tanaman eceng gondok di atasnya. Langkah ini juga membuat ikan seperti tinggal di habitat aslinya.

Kolam yang sudah berisi ikan dengan usia lebih dari 1 bulan harus dikurangi jumlahnya. Jika sebelumnya berisi 300 ekor harus dikurangi menjadi 200 ekor saja. Supaya ruang gerak ikan masih luas.

Makanan ikan Oscar seperti udang kali, rebon atau cacing rambut juga harus diberikan secara rutin. Dari semua ikan yang sudah dewasa ini bisa dipilih lagi menjadi indukan dan proses budidaya bisa terus berulang.

5 Tips Merawat Ikan Oscar agar Sehat

5 Tips Merawat Ikan Oscar agar Sehat

Ketika memelihara Oscar di dalam akuarium ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya ikan bisa tetap sehat. Berikut ini beberapa tips pemeliharaanya.

1. Suhu air dalam akuarium harus stabil sekitar 23 hingga 27 derajat Celcius. Ph air juga dijaga stabilitasnya yaitu 6 hingga 8.

2. Tambahkan aksesoris dalam akuarium supaya mereka lebih nyaman, karena Oscar sangat suka bersembunyi.

3. Rutin membersihkan kondensor atau filter air supaya air bisa dibersihkan hingga 10 sampai 15% setiap minggunya.

4. Pastikan makanan ikan Oscar yang diberikan adalah yang disukai seperti kepiting atau udang kecil.

5. Tambahkan alga atau gangga yang berfungsi sebagai vitamin C untuk ikan.

Apapun jenis ikan Oscar yang dipelihara, ikuti kelima tips ini. Agar ikan yang dipelihara bisa berumur panjang dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *