Jenis Kucing Anggora

Jenis Kucing Anggora : Ciri, Perawatan, dan Harganya

Posted on

Jenis Kucing Anggora – Siapa yang tidak kenal dengan kucing anggora? Binatang manja yang satu ini banyak diburu oleh para penggemar kucing karena keunikan, kecantikan dan kelucuannya. Jenis kucing anggora sendiri ada bermacam-macam, dan semuanya memiliki keunikan tersendiri.

Tidak heran bila kucing ini menjadi binatang kesayangan semua orang. Pada dasarnya, semua jenis kucing memang merupakan binatang lucu dan menggemaskan.

Meski demikian, berbeda dengan jenis kucing lainnya, kucing anggora memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Hal itu pula yang menyebabkan kucing jenis ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

Asal Usul Kucing Anggora

Asal Usul Kucing Anggora

Berbicara mengenai kucing anggora, mungkin Anda bertanya-tanya, dari mana sebenarnya kucing jenis ini berasal, dan mengapa diberi nama kucing anggora.

Memang, banyak orang menyukai kucing jenis ini dan menjadikannya binatang peliharaan di rumah. Tetapi, barangkali masih sedikit yang mengetahui asal usulnya.

Kucing anggora sebenarnya berasal dari negara Turki, tepatnya dari kota Ankara. Pada zamannya dahulu, kucing ini merupakan kucing kesayangan para raja, dan sering dijadikan sebagai hadiah atau souvenir bagi para tamu kerajaan yang berkunjung ke negara ini.

Baca Juga  Kucing Savannah : Karakteristik, Ciri dan Cara Merawatnya

Meski demikian, pada kenyataannya, di negara asalnya sana, yaitu negara Turki, kucing anggora justru terus berkurang populasinya, sehingga hampir mengalami kepunahan. Itu sebabnya, pemerintah Turki sekarang terus mengembangbiakkan kucing anggora di berbagai kebun binatang yang ada di negara itu.

Jenis kucing anggora tersebut pada akhirnya terus menyebar ke berbagai negara di belahan dunia, dan berkembang dengan baik, termasuk di Indonesia. Tetapi, tidak bisa dipungkiri, kucing anggora yang biasa dijumpai disini jarang yang merupakan jenis anggora asli, dan merupakan hasil persilangan.

Ciri khas Kucing Anggora

Ciri khas Kucing Anggora

Bila mendengar nama kucing anggora, pasti yang terbayang adalah seekor kucing dengan bulu banjang dan kulit putih bersih serta mata bulat bersinar kebiruan.

Ciri-ciri tersebut biasanya memang merupakan ciri kucing anggora yang banyak diketahui orang. Namun demikian, bagaimana ciri khas dari kucing anggora yang sebenarnya? Ini beberapa listnya.

* Kepala Segitiga

Bentuk kepala kucing anggora bila diperhatikan memang seperti bentuk bangun segitiga. Bila diperhatikan dari samping akan terlihat kepala bagian atas lebih lebar, dan semakin mengecil atau lancip pada bagian mulutnya. Sedangkan telinganya biasanya tidak ditumbuhi bulu lebat badannya.

* Mata Sedikit Menyudut ke Atas

Bentuk mata kucing anggora bila diperhatikan agak sedikit menyudut ke atas. Bola matanya sendiri ada yang berwarna kuning, tetapi lebih banyak yang berwarna kebiru-biruan. Sedangkan hidung dari kucing ini cenderung mancung, hingga lubang hidungnya sedikit kelihatan.

Baca Juga  Jenis jenis Kucing, Karakteristik, dan Harganya

* Tubuhnya Langsing dan Tinggi

Tubuh dari kucing anggora ini tergolong cukup langsing dan tinggi. Bila dilihat dari samping, badan bagian belakangnya akan lebih tinggi dibandingkan badan bagian depan,

* Bulu Lebat Warna Putih

Bulu kucing anggora biasanya lebat, panjang, dan kebanyakan berwarna putih. Pada bagian leher dan ekor, bulunya pun tampak lebih lebat dan panjang.

Jenis Jenis Kucing Anggora

 Jenis Kucing Anggora

Karena peminat kucing ini sangat banyak, maka banyak orang mencoba menyilangkan kucing anggora dengan jenis kucing lain. Selain untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat, harga kucing anggora hasil kawin silang ini juga cenderung lebih murah dan terjangkau.

* Anggora X anggora

Jenis kucing anggora yang pertama adalah kucing anggora yang dikawinkan dengan kucing anggora juga. Dengan demikian, kucing yang lahir adalah jenis kucing anggora asli.

Kucing ini tidak memiliki darah campuran atau rekayasa. Tentunya, kucing anggora jenis ini adalah yang paling banyak diburu pecinta kucing.

* Angora X Persia

Perkawinan antara kucing anggora dan kucing persia akan melahirkan keturunan baru yang tak kalah cantiknya dengan anggora asli. Biasanya, kucing hasil kawin silang ini mempunyai bentuk badan agak pendek dan bulat seperti kucing persia. Tetapi, bulu serta matanya lebih mirip ke kucing anggora

Baca Juga  Kucing Maine Coon : Ciri, Fakta dan Cara Merawatnya

* Anggora X Kucing Kampung

Kucing hasil perkawinan silang antara anggora dan kucing kampung ini ini memiliki struktur badan dan bulu seperti kucing kampung.

Meski demikian, pada bagian mata dan wajah tetap mirip dengan kucing anggora, Bentuk wajah atau kepalanya segitiga, dengan lubang hidung sedikit kelihatan, serta mata berwarna kebiruan.

Cara Perawatan Kucing Anggora

Cara Perawatan Kucing Anggora

* Perawatan Terhadap Kandang

Kandang merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Hal ini karena kucing anggora termasuk jenis kucing yang aktif, maka sebaiknya disediakan kandang yang cukup lapang untuk bergerak.

* Pemberian Makanan yang Baik

Makanan sangat berpengaruh pada kesehatan kucing, terutama kesehatan bulu-bulunya. Sebaiknya kucing ini diberi makanan kering untuk menghindari bulunya mengalami kerontokan.

* Memandikan Kucing Secara Rutin

Memandikan adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga agar tubuh dan bulu kucing yang panjang tetap bersih. Tetapi, memandikannya tidak perlu setiap hari. Cukup seminggu sekali bagi anggora putih dan bisa lebih lama untuk anggora dengan warna lain.

* Memotong Kuku

Ini harus dilakukan karena anggora termasuk jenis kucing yang aktif, dan mempunyai kebiasaan mencakar benda-benda di rumah. Apalagi pertumbuhan kukunya termasuk cepat, jadi harus sering dipotong.

Baca Juga  12 Jenis Kucing Hutan Di Indonesia, Mana Favoritmu?

* Membersihkan Telinga

Kucing anggora rentan sekali mengalami ketulian. Untuk itu, kucing ini harus sering dibersihkan telinganya untuk menghindari hal tersebut.

* Menyediakan Pasir Untuk Buang Kotoran

Karena kucing anggora tidak mau buang kotoran di sembarang tempat, maka harus disediakan pasir khusus untuk tempat buang kotoran. Pasir ini harus sering diganti agar tidak mengotori bulu panjangnya.

* Memberikan Vaksin

Memberi vaksin adalah hal penting yang harus dilakukan, mengingat kucing anggora sangat mudah diserang penyakit. Pemberian vaksin bisa dilakukan sejak kucing berumur 8 sampai 10 minggu.

Harga Kucing Anggora

makanan kucing anggora

Membicarakan harga kucing anggora memang merupakan hal yang menarik. Bagaimana tidak? Harga kucing jenis ini di pasaran bisa mencapai angka jutaan rupiah. Apalagi untuk kucing anggora asli, harganya lebih fantastis lagi. Berikut ini daftar harga kucing jenis ini yang ada di pasaran.

* Kucing Anggora Murni

Untuk harga kucing anggora kecil, yaitu sekitar umur 3 bulan, harga pasaran sekitar 3 juta rupiah. Bila kucing tersebut sudah diberi vaksin, harga bisa mencapai 6 juta rupiah.

Sedangkan kucing anggora yang sudah dewasa, yaitu 6 bulan, harganya sekitar 6-9 juta apabila belum divaksinasi, dan 12-15 juta rupiah bila sudah beri vaksin.

Baca Juga  Ini 10 Fakta Unik Kucing Calico yang Jarang Diketahui

* Kucing Anggora X Persia Kecil

Harga kucing anggora kecil hasil kawin silang dengan kucing Persia, harganya sekitar 600-00 ribu bagi yang belum diberi vaksin.

Bagi yang sudah diberi vaksin, harganya sekitar 900 ribu hingga 1 jutaan. Sedangkan untuk usia 6 bulan keatas, harganya sekitar 1.5 juta rupiah, dan 2.5 juta untuk yang sudah divaksinasi.

* Kucing Anggora X Kucing Kampung

Untuk harga kucing anggora hasil kawin silang dengan kucing kampung hanya sekitar 200-400. Ini untuk kucing umur 3 bulanan baik yang sudah divaksin maupun yang belum. Sedangkan kucing umur 6 bulan, harganya kisaran 600 ribuan.

Kucing memang binatang yang lucu dan menggemaskan. Tetapi, untuk memeliharanya, terutama jenis kucing anggora dibutuhkan kesabaran ekstra, dan ketersediaan dana untuk perawatannya. Dengan demikian, kucing anggora kesayangan Sahabat Jh akan tumbuh sehat, cantik, dan semakin menggemaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *