jenis lovebird

27 Jenis Lovebird: Harga, Cara Ternak dan Makanannya

Posted on

Jenis Lovebird – Lovebird, siapa yang tak mengenal burung cantik satu ini? Selain memiliki ragam warna yang memukau, lovebird juga terkenal dengan kicauannya yang cukup merdu. Selain itu, ada banyak jenis lovebird yang bisa dipelihara oleh para pecintanya.

Dalam dunia aves, lovebird tergolong ke dalam jenis burung nuri atau burung beo yang terklasifikasi dalam genus Agapornis. Untuk mengenal lebih jauh, berikut ulasan seputar berbagai varian lovebird, harga, serta makanan yang diminatinya.

Daftar Jenis Lovebird

daftar jenis lovebird

Lovebird memiliki makna burung cinta. Diberi nama demikian karena burung ini nampak selalu berdekatan dan berkasih sayang satu sama lain. Mengingat akan hal itu, tentu sebutan lovebird sangatlah cocok disematkan.

Jika Anda ingin menemui spesies asli dari lovebird, maka dapat menjumpai sembilan spesiesnya di benua Afrika. Sedangkan beberapa lovebird yang tersebar di seluruh penjuru dunia merupakan hasil kawin silang atau hanya rekayasa genetika.

1. Lovebird Fischer

Memiliki nama latin agarponis fischeri, jenis burung lovebird satu ini ditemukan pada akhir abad 19. Nama tersebut diberikan oleh penemunya yakni Gustav Fischer, seseorang yang berkewarganegaraan Jerman.

Nyatanya, fischer memiliki rangkaian warna bulu yang indah, yakni warna hijau pada sayap, dada dan juga punggung. Kemudian, ia juga memiliki warna merah terang pada bagian paruh dan warna hijau zaitun pada sisi kepala bagian atas.

Selain itu, ada warna kuning keemasan hingga orange yang gelap pada sisi leher, serta warna biru mendekati ungu pada bagian ekornya.

2. Lovebird Blorok

Merupakan hasil dari perkawinan campuran, ada beragam lovebird yang memiliki gradasi cukup unik. Susunan dari gradasi tersebut pun tampak tidak merata.

Dalam hal ini, blorok termasuk dalam golongan papan atas dunia lovebird karena jumlahnya yang langka serta harganya yang mahal. Jenis Blorok yang cukup terkenal di kalangan para komunitas pecinta lovebird diantaranya adalah blue series, violet, lutino, serta biru.

Baca Juga  Burung Cendrawasih: Ciri-Ciri, Habitat dan Jenisnya

3. Lovebird Abisinia

Agarponis Taranta atau memiliki sebutan lain lovebird abisinia ini merupakan jenis lovebird yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Ukuran panjangnya berkisar antara 16 hingga 16,5 cm.

Selain itu, ia dikatakan Abyssinian karena sayapnya yang berwarna hitam. Sebagian besar warna bulunya pun hitam pekat.

Lovebird jantan dari jenis burung ini memiliki ciri khas adanya cincin berwarna merah pada area sekitar mata dan dahi. Lovebird Abisinia ini berasal dari Eritrea dan Ethiopia. Ia pun senang sekali tinggal di daerah dataran tinggi ataupun pegunungan.

4. Lovebird Muka Merah

Agapornis Pullarius memiliki panjang sekitar 14 cm hingga 15 cm. Ciri khas perpaduan warna yang dimilikinya yakni warna merah pada bagian muka, dahi, atas paruh, serta pada pertengahan mahkota. Bahkan, warna ini tak jarang hingga memanjang pada sisi tepi bagian dalam kelopak mata.

Namun, warna pada golongan betina ternyata sedikit berbeda. Pada lovebird muka merah betina, warnanya sedikit oranye. Selain itu, kebanyakan dari mereka memiliki bulu berwarna hijau cerah pada bagian badan serta warna abu-abu pada sisi kakinya.

Selain itu, pada lovebird betina akan ditemui warna merah pucat pada paruhnya.Sedangkan pada jenis kelamin jantan warna paruhnya merah terang.

5. Lovebird Lutino

Burung ini tergolong ke dalam jenis burung lovebird termahal yang memiliki harga fantastis. Ia merupakan lovebird campuran dari ras lovebird muka salem. Lovebird jenis ini memiliki panjang tubuh berkisar antara 16 sampai dengan 18 cm. Namun, lovebird lutino cukup berbeda dengan ras aslinya.

Lovebird satu ini memiliki warna merah terang sedikit orange pada bagian wajahnya. Kemudian, ada kolaborasi warna merah dan hitam pada area matanya. Ia juga memiliki warna kuning pada bagian tubuhnya.

6. Lovebird Pastel

Lovebird pastel, terutama pastel kuning, memiliki kemiripan dengan Lutino pada bagian tubuh. Dalam hal ini, warna kuning cerah melekat pada bagian tubuhnya, namun terkadang ada juga yang berwarna hijau.

Kemudian ada warna merah cerah pada sisi paruh dan kepala burung ini. Selain itu, ada kacamata putih pada sisi matanya.

Tak hanya berwarna kuning kemerahan, lovebird pastel memiliki ragam warna lain pada tubuhnya. Diantaranya adalah ungu bercampur dengan putih dan biru kehijauan dengan campuran putih. Selain itu, ada juga ungu bercampur putih, serta warna hijau yang dikolaborasikan dengan warna kuning.

7. Lovebird Albino

Cukup berbeda dengan jenis lovebird lainnya, lovebird albino memiliki pigmen kulit yang dapat dibilang kelainan. Ia memiliki warna tubuhnya putih secara keseluruhan.

Warna tersebut mencakup pada bagian paruh, kaki, sayap, dada, bahkan hingga pada kuku. Namun, warna mata yang dimilikinya antara hitam ataupun merah.

Banyak yang berasumsi bahwa sekilas lovebird albino mirip dengan lovebird pastel. Hanya saja, yang sedikit berbeda ialah, pada lovebird pastel putih masih dapat dijumpai warna lainnya.

8. Lovebird Biru Cobalt

Lovebird jenis ini memiliki bulu yang sangat menawan yakni perpaduan antara biru tosca dengan warna biru langit. Varian lovebird biru cobalt yang paling sering dijumpai yakni cobalt fischeri dan cobalt personata.

Burung ini juga memiliki warna putih pada dada, leher, dan paruh. Ada juga warna hitam legam pada tudung kepala serta ujung sayap. Selain itu, ia memiliki warna putih bermotif kacamata pada area mata.

Baca Juga  Burung Elang: Ciri-ciri, Jenis, Harga dan Makanannya

9. Lovebird Batman

jenis burung lovebird

Berdasarkan nama yang diembannya, jenis burung lovebird satu ini memanglah mirip dengan salah satu superhero, yakni batman. Ia pun memiliki warna hitam kelam pada sisi sayap serta tudung kepala. Selain itu, ada juga warna abu-abu pada sisi tubuh di sekitar sayap.

Burung ini memiliki mata berbentuk bulat dengan warna hitam, disertai adanya corak kacamata berwarna putih. Pada area leher, ada warna putih yang melingkar layaknya lovebird lainnya. Selain itu, ada warna putih sedikit kuning yang melengkung pada bagian paruh burung ini.

10. Lovebird Olive

Jenis burung ini merupakan hasil perpaduan kawin silang atau rekayasa genetika dari lovebird ras olive. Ia memiliki perpaduan warna yang anggun, yakni hijau gelap pada sisi punggung dan sayap. Burung ini juga memiliki perpaduan warna hijau dengan kuning pada bagian dada.

Selain itu, ada warna hitam pada ujung sayap dan juga ekor. Keindahannya ditambah lagi dengan adanya warna kuning melingkar yang terdapat pada sisi leher serta hitam di area tudung kepala. Sedangkan pada bagian matanya berwarna hitam disertai dengan corak kacamata putih.

11. Lovebird Halfsider

Burung ini tergolong dalam klasifikasi spesies blorok yang merupakan perpaduan kawin silang antara lovebird paruh putih dan juga paruh merah. Tak jauh berbeda dengan sebutannya yakni halfsider, bulu burung ini pun memiliki corak yang hanya setengah sisi.

Lovebird yang satu ini memiliki warna gradasi yang nantinya akan nampak dominan hanya pada sisi kanan atau sisi kirinya saja. Warna gradasi yang dimiliki diantaranya adalah hijau layaknya pastel biru, pastel kuning, serta warna biru terang.

12. Lovebird Dakori

Jenis burung ini memiliki warna dasar hijau pekat dengan sentuhan warna kuning cerah pada sisi dada. Ia juga memiliki warna hitam pada area kepala, disertai mata berwarna hitam dengan corak kacamata putih. Selain itu, jenis burung lovebird dakori memiliki warna merah pada bagian paruhnya.

13. Lovebird Pale Fallow

Untuk jenis ini merupakan hasil rekayasa genetika perpaduan antara ras latino serta albino. Dari perkawinan silang tersebut, lahirlah pale fallow yang memiliki warna putih bersih serta tampilan yang anggun.

Selain itu, ada corak abu-abu serta kuning yang agak memudar pada sisi sayapnya. Meski pale fallow merupakan keturunan dari Albino, mereka masih memiliki paruh serta kuku yang berwarna kuning cerah. Ia juga memiliki mata yang indah..

14. Lovebird Slaty

 Lovebird Slaty

Jika sebelumnya telah diulas seputar jenis burung lovebird cobalt, dapat dikatakan bahwa slaty tak jauh berbeda dengannya dalam hal corak. Hanya saja, slaty memiliki warna pudar yang mendekati putih sehingga cukup mirip juga dengan albino.

Ia juga memiliki warna abu-abu sedikit bercampur dengan biru pada sisi sayapnya, serta warna hitam pada bagian ujung kepala. Selain itu, slaty memiliki paruh berwarna putih dengan lingkar mata yang serupa, ditambah dengan mata yang berwarna hitam pekat.

15. Lovebird Australian Cinnamon

Bisa dikatakan bahwa jenis ini cukup mirip dengan Lovebird Pastel. Bedanya adalah, jenis lovebird australian cinnamon memiliki warna yang jauh lebih kalem dibandingkan pastel.

Beberapa warna yang dimiliki diantaranya adalah warna kuning yang memudar pada bagian badan. Di samping itu ada warna putih pada sisi leher dan dada. Burung ini juga memiliki warna hijau tosca pada sisi punggung. Sedangkan matanya yang berbentuk bulat warnanya hitam pekat.

Burung ini juga tampak lebih elegan dan memukau dengan adanya warna oranye terang pada paruhnya. Tentu perpaduan seluruh warna ini memang membuatnya tampak sangat indah.

16. Lovebird Biru Mangsi

Memiliki gradasi warna yang memukau seperti adanya warna biru samudra pada sisi sayap membuat burung ini sangat menarik. Apalagi ditambah dengan warna putih pada bagian leher, dada, dan juga paruhnya.

Selain itu, terdapat pula warna hitam pekat pada tudung kepalanya. Namun, ada beberapa jeni burung ini yang memiliki gradasi hitam dengan sebutan mangsi personata, atau burung mangsi standar dan mangsi fischeri.

17. Lovebird Violet

Burung ini tidak jauh berbeda dengan jenis biru mangsi ataupun biru cobalt. Hanya saja harga burung lovebird violet lebih tinggi diantara keduanya.

Hal ini lantaran gradasi warna yang dimilikinya cukup memukau. Diantaranya adalah adanya warna violet yang cukup gelap pada sisi sayap. Kemudian, ada sentuhan warna putih pada sisi dada dan leher.

Selain itu, tudung kepala yang dimilikinya berwarna hitam. Ia juga memiliki warna putih kekuningan pada paruh, serta warna hitam pada punggung, kaki, serta ujung sayap.

18. Lovebird Merah

Jeni yang satu ini tergolong dalam lovebird yang langka. Ia pun memiliki warna bulu yang unik dan menawan, yakni warna merah nercampur dengan oranye pada bagian tubuhnya.

Warna ini dipadu dengan warna kuning pada punggungnya. Di samping itu, ia juga memiliki warna putih pada sisi ujung sayapnya, dan warna merah cerah pada bagian paruhnya.

19. Lovebird Parblue

Partial blue atau yang memiliki nama lain parblue ini adalah hasil rekayasa genetika antara beragam jenis lovebird yang memiliki aneka warna. Warna wajah burung ini tampak kekuningan. Meski demikian tak jarang pula ditemui mereka yang berwarna kehitaman.

Sedangkan karakteristik dari jenis parblue ini adalah, adanya warna biru keputihan pada sisi sayapnya. Namun, sayap burung ini ada pula yang berwarna kuning dengan hitam pada ujungnya.

Lovebird yang satu ini berkembang biak di negara bagian Amerika Serikat. Jumlah burung ini pun tak banyak ditemui sehingga harga burung lovebird parblue tergolong tinggi.

20. Lovebird Biola

Dapat dikatakan bahwa lovebird biola tergolong dalam ras fischeri ataupun sable. Burung ini memiliki corak warna yang lucu, yakni warna hijau muda berpadu dengan kuning terang.

Kemudian, ada warna merah pekat atau cerah pada area kepala burun ini. Selain itu, ada warna putih pula pada sisi ekor dan warna hitam pada bagian punggungnya.

21. Lovebird Euwing

Jenis burung lovebird yang satu ini ditemukan pertama kali oleh Piet Verhijde, yang merupakan seorang peternak berkebangsaan Belanda. Burung lovebird euwing sendiri merupakan hasil dari perkawinan silang dari lovebird lutino dan juga lovebird jenis hijau standart.

Sebutan euwing diadopsi dari kata Melanin dan juga Wing, dimana sayapnya memiliki corak yang khas, berbeda dengan jeni umumnya. Sayap khas ini tampak memiliki sentuhan corak hitam disertai kuning. Ini juga ditemui pada bagian ekornya.

Baca Juga  Ikan Komet: Ciri-ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

22. Lovebird Misty

Burung jenis ini memiliki warna soft yang anggun nan memukau. Lovebird misty sendiri merupakan hasil dari rekayasa genetik juga. Ia memiliki sebutan mist dikarenakan warnanya yang menyerupai kabut.

Mungkin ia terlihat sedikit lusuh. Meski begitu, justru dari warna tersebutlah terpancar sebuah efek merah menyala apabila terkena cahaya. Pada dasarnya,lovebird misty memilki warna kuning yang mengkilap disertai warna hitam pada ekor dan kepalanya.

23. Lovebird Berkerah Hitam

Agapornis Swindernianus atau yang memiliki nama lain lovebird berkerah hitam ini merupakan salah satu ras Swindern. Ia memiliki ukuran tubuh dengan panjang berkisar antara 13 hingga 13,5 cm.

Sesuai dengan namanya, lovebird berkerah hitam memiliki corak warna yang unik yakni dengan warna dasar hijau pekat disertai warna coklat pada bagian leher. Ia juga memiliki garis yang menyerupai kerah yang berwarna hitam pada sisi leher.

24. Lovebird Kacamata Topeng

lovebird kacamata topeng
Image: id.wikipedia.org

Dengan nama latin Agapornis Personata, burung yang satu ini memiliki corak yang cukup unik. Diantaranya adalah warna hitam pada area wajahnya yang disertai dengan kacamata putih.

Selain itu, ia juga memiliki warna coklat pada bagian pupil yang membuatnya terlihat seperti menggunakan topeng. Karena itulah ia dinamai dengan lovebird kacamata topeng. Burung yang satu ini memiliki ukuran tubuh pada kisaran 14,5 hingga 15 cm.

25. Lovebird Muka Salem

Burung ini nama latinnya adalah Agapornis Roseicollis, dimana rasanya merupakan ras asli dari burung lovebird. Burung muka salem dapat Anda jumpai pada daerah padang pasir atau gurun Namib di wilayah Afrika barat daya.

Ia memiliki ukuran tubuh antara 17 hingga 18 cm, dengan ukuran sayap yang panjangnya mencapai 106 mm. Sedangkan bagian ekornya memiliki panjang antara 44 hingga 52 mm.

26. Lovebird Pipi Hitam

Agapornis Nigrigenis termasuk dalam monotypic yang dianggap sebagai klasifikasi ras Nyasa. Jenis burung ini dapat Anda temui pada daerah Zambia bagian barat daya. Ia memiliki panjang tubuh dengan kisaran antara 14 hingga 14,5 cm.

Sebagian besar bulu burung ini memiliki warna hijau. Di sisi lain, terdapat warna yang kecoklatan pada leher dan kepala belakangnya. Pada burung ini juga ada warna coklat kemerahan pada sisi depannya.

Burung yang satu ini juga memiliki warna oranye pada bagian dada atas dan warna merah terang pada sisi paruhnya. Tak ketinggalan pula, ada corak putih kacamata di area matanya.

27. Lovebird Madagaskar

Nama latin lovebird madagaskar ini ialah Agapornis Canus. Sesuai dengan namanya, burung ini berasal dari daerah Madagaskar yang merupakan spesies paling kecil jika dibanding dengan ras lainnya.

Jenis lovebird madagaskar memiliki panjang tubuh sekitar 13 cm, dengan berat hanya mencapai 30 sampai dengan 36 gram. Selain itu, ia memiliki warna hijau pada tubuhnya, serta abu-abu yang sedikit pucat pada bagian paruh dan kakinya.

Saat dewasa, punggung dan sayap lovebird madagaskar ini berwarna hijau pekat. Warna tersebut juga disertai warna abu-abu pada bagian dada dan kepala, terutama untuk yang berkelamin jantan.

Kisaran Harga Burung Lovebird

Kisaran Harga Burung Lovebird

* Harga Burung Lovebird Batman dan Violet

Diantara harga burung lovebird yang banyak ingin diketahui adalah lovebird batman dan violet. Dalam hal ini, Anda dapat memiliki anak lovebird batman dengan harga 900 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran dewasa dapat pula mencapai hingga 1,3 juta rupiah.

Selanjutnya, untuk lovebird violet, harga yang ditawarkan berkisar antara 400 ribu hingga mencapai 800 ribi rupiah. Tentunya harga ini tetap tergantung pada usia burung tersebut.

* Harga Burung Lovebird Albino, Cobalt dan Lutino

Untuk harga burung lovebird albino umumnya mencapai antara 500 ribu hingga 750 ribu rupiah. Sedangkan pada jenis albino mata merah harganya bisa mencapai hingga 1 juta rupiah.

Selanjutnya, untuk lovebird cobalt, jika Anda ingin memilikinya, maka cukup dengan mengeluarkan uang sebesar 450 ribu hingga 750 ribu rupiah. Sedangkan untuk lutino dibanderol dengan harga 400 ribu hingga 600 ribu rupiah.

* Harga Burung Lovebird Blorok dan Dakocan

Burung lovebird blorok di pasarannya dipatok dengan kisaran harga 200 hingga 300 ribu per ekor. Sedangkan untuk harga burung lovebird dakocan, kisarannya antara 400 sampai dengan 500 ribu per ekor.

Cara Ternak Burung Lovebird

Cara Ternak Burung Lovebird

Setelah mengetahui berbagai jenis lovebird dan harganya, kini saatnya memahami bagaimana cara ternak lovebird yang baik dan benar.

Yang utama, tentu saja berilah makanan yang bernutrisi pada peliharaan lovebird Anda. Hal ini untuk menghasilkan kicauan burung lovebird yang lantang dan tetap indah.

Merawat burung lovebird dapat dikatakan gampang-gampang susah. Untuk mendapatkan suara yang maksimal, sebaiknya Anda memandikan lovebird tersebut secara rutin. Tak lupa pula sertakan multivitamin untuk mendukung kesehatannya.

Makanan Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird

Ada banyak makanan yang bisa diberikan pada lovebird, dimana salah satunya adalah biji-bijian. Dalam hal ini, iji kenari adalah salah satu rekomendasinya.

Namun demikian, perlu diingat bahwa biji kenari mengandung lemak, sehingga sebaiknya berikan secukupnya dan tidak berlebihan untuk menghindari obesitas. Akan lebih baik lagi jika saat diberikan dicampur dengan millet.

Selain itu, bisa juga memberinya jagung manis sebagai alternatif. Kandungan vitamin B, C, Folat, dan beta karoten yang terdapat pada jagung manis dapat membantu menjaga kesehatan tubuh lovebird.

Baca Juga  12 Hewan Langka Indonesia dan Cara Melindunginya

Dalam hal ini, Anda bisa juga menggunakan biji oat sebagai makanan lovebird untuk memperoleh hasil suara yang merdu. Tak hanya itu, biji oat juga dapat memberikan ketenangan pada burung serta menjadikan bulunya semakin indah.

Makanan lain yang juga bisa diberikan dalam hal ini adalah tauge. Tauge yang diberikan pada burung lovebird untuk meningkatkan stamina serta memperlengkap serapan nutrisi bagi peliharaan kesayangan Anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *