jenis musang

11 Jenis Musang Paling Terkenal dan Cara Merawatnya

Posted on

Jenis Musang – Hewan Musang adalah salah satu jenis hewan omnivora atau hewan pemakan semuanya. Hewan musang ini adalah hewan nokturnal karena hanya akan keluar di malam hari. Di Indonesia nama musang sering disebut dengan nama lain sebagai hewan luwak, dan yang paling terkenal adalah jenis musang luwak.

Hewan musang ini paling sering ditemui di dekat pemukiman warga atau juga bisa terdapat di daerah perkotaan. Karena sering muncul di pemukiman warga maka musang juga bisa memangsa hewan peliharan seperti hewan ayam di malam hari.

Namun walaupun begitu, saat ini musang merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer di Indonesia. Musang ini memang mempunyai berbagai manfaat untuk pemiliknya.

Jenis Jenis Musang dan Harganya

musang bulan

Sama seperti hewan lainnya, tentu saja Musang juga memiliki jenis-jenis yang sangat beragam. Namun mungkin anda sebagai orang awam hanya mengetahui musang luwak saja, padahal untuk jenis musang ini sangat beragam.

Untuk itu, untuk anda yang penasaran dengan jenis-jenis musang apa saja yang ada dan paling terkenal di Indonesia. Berikut sudah saya jelaskan secara detail.

1. Musang Luwak

Menjadi musang yang paling populer di Indonesia dimana hewan ini bisa menghasilkan seperti kopi luwak yang sangat populer di Indonesia atau bahkan luar negeri kopi ini dihasilkan dari kotoran luwak dimana luwak akan diberi makan buah kopi.

Setelah itu melalui proses pencernaannya luwak akan mengeluarkan kotoran berupa kopi luwak setelah melalui beberapa proses yang cukup panjang kopi luwak dapat disajikan.

Musang luwak ini juga biasa disebut musang pandang karena memiliki aroma khas seperti pandan guna menarik perhatian musang betina dan juga sebagai tanda kawasan musang jantan.

Kisaran harga musang ini yaitu 300-350 ribu dan tergantung pada musang namun jika musang yang memiliki ekor yang putih maka harga juga jauh lebih mahal yaitu 700-1jt.

Baca Juga  Penjelasan Siklus Kupu Kupu dari Telur hingga Dewasa

2. Musang Akar

Musang yang sering ditemui pada Jawa dan Kalimantan, musang yang memiliki ciri ciri khas yang berwarna coklat dan pada bagian kepala memiliki warna abu abu. Biasanya musang hanya memiliki berat sekitar 3 kg dan memiliki panjang maksimal hanya 60 cm.

Musang jenis ini memiliki Indra penciuman yang lebih kuat dimana musang jenis ini bisa membedakan mana buah yang sudah matang dan yang belum matang. Musang hanya dapat berkembangbiak hingga 2 ekor saja dalam satu kali kelahiran. Kisaran harga musang jenis ini adalah 500-700 ribu.

3. Musang Bulan

Memiliki ciri tubuh yang lebih besar dari musang yang sebelumnya musang ini dapat memiliki berat 4-5 kg dan panjang 80 dan belum termasuk ekor. Disamping itu misan ini memiliki umur hidup yang lebih lama yaitu 22 tahun motif yang dimilikinya pun juga berbeda dengan musang lainnya.

Kebanyakan warna tubuh musang bulan ini berwarna coklat sedikit orange atau hitam gelap. Namun yang paling sering ditemukan untuk jenis musang bulan ini adalah memiliki warna hitam dengan corak putih di bagian ekornya.

Keunikan dari musang ini adalah di bagian kepala musang ini memiliki motif yang seperti topeng. Topeng ini memiliki garis putih menonjol terbentuk dari bagian hidung sampai kening, sementara di sisi sebelahnya memiliki warna hitam yang memanjang sampai jauh dari pipi bahkan dari dahi hingga melewati telinga dan juga bagian leher belakang.

4. Musang Binturong

Memiliki tubuh yang paling besar dari semua jenis musang hingga mencapai berat badan 20 kg dan panjang 1 meter. Musang jenis ini menjadi satwa yang dilindungi dengan bentuk tubuhnya yang besar dan menyerupai bentuk tubuh beruang.

Jenis musang ini memiliki bulu lebat serta kukunya yang panjang sehingga jenis musang ini sangat pandai untuk memanjat pohon. Kisaran harga musang ini adalah 7 juta.

Musang binturong ini mempunyai bentuk rambut yang panjang dengan warna hitam yang lebat, terkadang juga berwarna kecoklatan dan memiliki rambut putih yang samar hampir seperti uban yang kemerahan.

Pada ujung telinga dari jenis musang ini mempunyai rambut yang sedikit memanjang. Sementara untuk bagian ekornya memiliki rambut yang lebat dan juga panjang, apalagi di bagian pangkal ekor sehingga bentuk dari musang binturong ini terlihat seperti gemuk.

5. Musang Sulawesi

Musang yang mulai sulit untuk ditemui dah hanya bisa ditemui di daerah Sulawesi ini memiliki ciri tubuh yang kecil dan bulu yang tipis walaupun terkenal kecil namun ekor pada jenis musang ini bisa sampai 1 meter. Musang jenis ini memakan serangga kecil,buah atau bahkan hewan unggas.

Jenis musang Sulawesi ini mempunyai kepala yang panjang, rata-rata ukuran panjang kepala dan juga tubuh musang ini sekitar 90 cm dengan panjang ekor yang bisa mencapai 64 cm. Jenis musang ini terkenal dengan hewan yang suka memakan mamalia yang berbentuk kecil, buah dan juga rerumputan. Namun hewan ini juga gemar makan burung dan juga hewan pertanian lainnya.

6. Musang Rase

Musang jenis ini hanya memiliki panjang tubuh 540-630 mm dan panjang ekor 430mm berat musang jenis ini mencapai 2-4 kg. Jenis musang ini memiliki corak tubuh yang unik pada ekornya terdapat corak cincin.

Musang Rase ini mempunyai tubuh yang berwarna coklat di bagian atasnya, kemudian juga disertai dengan garis yang berwarna hitam memanjang di bagian punggungnya. Pada bagian tubuhnya juta memiliki deretan bintik berwarna hitam yang memanjang.

Makanan favorit dari musan gini adalah tikus, telur unggas dan juga serangga. Biasanya musang jenis ini akan mencari mangsa dengan menggali lubang dari tempat tinggal tikus tanah.

Baca Juga  Ular Sawah: Makanan, Jenis dan Cara Berkembangbiaknya

7. Garangan Jawa

Sama seperti jenis musang sebelumnya musang ini memiliki ukuran tubuh yang kecil sekitar 250-410 mm dan panjang ekor 60-80mm. Musang ini hanya memiliki berat tubuhnya yaitu 0.5-1 kg saja. Warna tubuh pada musang ini cenderung coklat kemerahan dan banyak ditemukan pada pulau Jawa dan Sumatera.

8. Musang Akar

Jenis musang berikutnya yang paling populer di Indonesia adalah musang akar. Dimana dalam bahasa inggris musang jenis ini disebut dengan Small Toothed Palm Civet. Musang ini mempunyai panjang tubuh yang mencapai 50 cm dengan berat tubuh yang bisa mencapai 3 kg.

Dalam sekali mengandung, jenis musang akar ini bisa melahirkan 1-2 ekor anak. Untuk warna dari jenis musang ini adalah berwarna abu-abu gelap atau coklat gelap di bagian kepalanya.

Sementara untuk sekitaran mulut musang ini memiliki warna coklat dengan disertai garis berwarna putih yang memanjang.

Musang Akar ini memakan makanan seperti buah-buahan yang matang. Salah satu yang menjadi kelebihan dari musang akar ini adalah memiliki indra penciuman yang sangat kuat dan lebih peka dibandingkan musang jenis lainnya.

9. Musang Air

Berikutnya ada musang air, dimana musang ini memiliki nama panggilan lain sebagai Cynogale Bennettii yang menjadi jenis musang seperti semi akuatik yang sering ada di hutan, apalagi musang ini sering ditemukan di dataran rendah atau di daerah rawa-rawa dan juga dekat dengan sungai.

Musang air paling sering ber populasi di daerah Kalimantan, semenanjung Thailand-Malaysia dan juga Sumatera. Ciri khas dari musang ini adalah memiliki mulut yang lebar dan juga memiliki kaki yang berselaput yang memiliki cakar panjang dan alas kaki telanjang.

Kemudian, moncong musang air ini juga lumayan panjang dengan kumis yang panjang dan banyak juga. Musang air ini menjadi salah satu spesie nokturnal yang biasa mencari makanan di daerah berair.

10.Musang Kelapa

Jenis musang berikutnya adalah musang kelapa atau yang memiliki nama latin Chrotogale Owstoni. Jenis musang ini berasal dari daerah dataran asia misalnya seperti di Cina Selatan, laos dan juga Vietnam. Namun meskipun begitu, di Indonesia musang jenis ini juga sangat diminati masyarakat.

Dengan memiliki wajah yang berbentuk runcing. Musang ini mempunyai warna abu coklat dengan memiliki tanda berwarna hitam yang tentu saja sangat kontras di bagian ekor.

11.Musang Bertopeng

Jenis musang berikutnya adalah musang bertopeng, dimana musang ini juga mempunyai nama ilmiah dengan sebutan Paguma Larvata yang menjadi salah satu jenis musang dengan habitat asli di Asia Timur dan juga di Asia Tenggara.

Musang ini memiliki ukuran tubuh dengan panjang yang bisa mencapai 70 cm dan memiliki ekor yang bisa mencapai 50 cm. Telinga dari musang ini juga tergolong sangat panjang karena memiliki panjang telinga yang mencapai 6 cm.

4 Cara Merawat Anakan Musang Dengan Benar

Cara Merawat Anakan Musang

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk memelihara beberapa jenis musang yang sudah saya jelaskan diatas. Untuk anda yang ingin memelihara dan juga merawat musang, berikut dibawah ini adalah beberapa cara merawat anakan musang dengan benar.

1. Siapkan Kandang Yang Besar

Sebelum anda mulai merawat anakan musang, lebih baik anda siapkan terlebih dahulu kandang musang. Siapkan kandang dengan ukuran yang besar supaya anakan musang tidak bisa memanjat dan kabur.

2. Siapkan Alas Kandang

Selain kandang yang berukuran besar, kita juga harus mempersiapkan alas kandang. Kita bisa menggunakan alas kandang yang terbuat dari serutan kayu.

Baca Juga  8 Kombinasi Terbaik Pakan Bebek Petelur untuk Produksi

3. Pasangi Lampu Pada Kandang

Jangan lupa juga agar memasang lampu di kandang, cukup dengan menggunakan lampu 5 watt yang akan berguna sebagai penghangat kandang atau bisa juga sebagai penerang kandang.

4. Berikan Pakan Cair

Karena anakan musang ini belum bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang biasa dikonsumsi pada musang dewasa. Anda harus menyediakan pipet tetes yang akan dipakai untuk pakan cair ini. Berikan pakan cair sebanyak 5 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *