Karakteristik Kucing

6 Karakteristik Kucing Ini Perlu Anda Ketahui

Posted on

Karakteristik Kucing – Kucing merupakan salah satu hewan yang memang sudah menjadi hewan favorit bagi orang-orang untuk dipelihara. Kucing sendiri memang memiliki penampilan dari segi bulu maupun dari segi postur tubuh yang menarik perhatian manusia.

Selain itu, kucing juga memiliki sifat yang mengemaskan sehingga dapat membuat pemiliknya menjadi senang. Jika anda tertarik untuk memelihara kucing di rumahnya, sebelumnya anda harus mengerti bagaimana cara memelihara kucing yang baik dan benar.

Sebelum anda memelihara kucing dirumah anda, anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana karakteristik kucing itu. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih mudah dalam memelihara kucing dirumah.

Selain itu, mengetahui karakteristik kucing juga bisa membuat anda tahu bahwa terdapat beberapa hal yang kucing miliki. Dengan begitu, anda kan bisa lebih dekat kucing anda.

Karakteristik Kucing Yang Berbeda-Beda

Manfaat Mengetahui Karaktersitik Kucing

Sebelumnya, penelitian tentang karakteristik kucing memang jarang sekali dilakukan oleh peneliti. Namun, kini sudah banyak para peneliti yang sudah meneliti seperti apa karakteristik kucing itu.

Kucing sendiri memang memiliki banyak ras yang sudah tersebar di seluruh dunia. Sebelum anda ingin memelihara kucing dirumah, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Seperti, kesehatan kucing, pemenuhan gizi kucing, dan juga karakteristik yang dimiliki kucing.

Salah satu tim peneliti yang berasal dari University of South Australia telah mencoba untuk meneliti seperti apa gerak-gerik atau karakteristik yang biasa miliki. Tim peneliti tersebut menamai karakteristik kucing dengan Filine Five dengan isi neuroticism, extraversion, dominance, impulsiveness, dan agreeableness.

Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa kucing memiliki beberapa karakteristik dasar yang biasa dimiliki kucing. Berikut merupakan karakteristik kucing.

1. Neuroticism

Karakteristik dasar pertama yang kucing miliki adalah neuroticism. Neuroticism merupakan karakter dasar yang dianggap banyak dimiliki oleh kucing.

Yang dimaksud dengan karakteristik neuroticism adalah kucing yang memiliki sifat cemas terhadap sesuatu, pemalu dengan orang atau lingkungan yang baru, dan juga memiliki sifat tidak aman dengan lingkungan sekitar. Karakteristik neuroticism membuat kucing bisa menjadi stress apabila mengalami beberapa hal diatas.

2. Dominance

Dominance adalah karakter kedua yang biasa dimiliki oleh kucing. Sifat ini membuat kucing memiliki karakter ingin mendominasi ketika bertemu dengan kucing lain.

Kucing memang dikenal sebagai salah satu hewan yang agresif jika ada kucing lain yang mengganggu daerah kekuasaannya. Hal ini akan membuat kucing memiliki sifat agresif dan ingin menyerang kucing lain.

Baca Juga  7 Fakta Kucing Hitam Putih, Menarik dan Unik

3. Impulsiveness

Karakter impulsiveness lebih kearah dengan sifat tidak hati-hati. Kucing juga dikenal dengan hewan yang sembrono. Kucing dengan sifat seperti itu biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan yang mempengaruhinya.

Selain itu, adanya stres yang muncul juga dalam diri kucing yang bisa berakibat pada kesehatan kucing anda.

4. Agreeableness

Karakter agreeableness juga biasa dimiliki oleh kucing yang lebih tertuju pada sifat keramahan kucing pada manusia. Seperti yang kita tahu, kucing bisa menjadi menjadi manja sekali terhadap manusia.

5. Extraversion

Sifat ini lebih kearah dengan sifat kegigihan pada kucing yang biasa kita lihat. Kucing juga merupakan salah satu hewan yang gigih ketika menginginkan sesuatu.

Manfaat Mengetahui Karaktersitik Kucing

Manfaat Mengetahui Karaktersitik Kucing

1. Karakteristik Kucing Membantu Menentukan Lingkungan Terbaik

Sama seperti hewan lainnya, tentu saja kucing juga membutuhkan lingkungan yang terbaik dan sesuai dengan karakteristik dirinya sendiri. Dengan begitu kucing bisa nyaman untuk tetap tinggal dan kita pelihara.

Terkadang ada kasus kucing yang hilang dari rumah atau pergi dari sang pemilik karena mungkin mereka tidak betah dan tidak cocok dengan lingkungan hidup yang disediakan oleh sang pemilik.

Klasifikasi dari karakteristik kucing akan sangat berguna untuk para pecinta kucing untuk menjadi referensi mereka dalam memberikan lingkungan hidup yang sesuai dengan hewan peliharaan kucing mereka. Kucing yang memiliki karakter atau sifat Neurotic akan sangat suka lingkungan yang memiliki banyak tempat untuk bersembunyi dan tenang.

Sementara untuk kucing ekstrovert mereka membutuhkan banyak mainan, stimulasi dan lingkungan yang menarik agar mereka tidak bosan. Sama halnya seperti manusia ekstrovert yang membutuhkan mainan atau interaksi sesama manusia.

Kucing yang mempunyai sifat impulsif kemungkinan akan bereaksi pada kondisi yang menegangkan di sekitar lingkungan hidupnya. Sementara untuk kucing dengan karakteristik Agreeableness tinggi akan lebih menunjukan tanda mereka sedang tidak nyaman saat ada yang tidak beres pada tubuh kucing tersebut, misalnya ketika ia terluka.

Baca Juga  12 Jenis Kucing Hutan Di Indonesia, Mana Favoritmu?

2. Menyesuaikan Karakter Pemilik Dengan Hewan Peliharaan

Tentu Saja saat kita sudah memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, paling tidak kita harus bisa akrab dan menyesuaikan diri dengan hewan peliharaan yang akan kita adopsi tersebut.

Misalnya saja untuk hewan peliharaan kucing yang sudah sering dipelihara oleh manusia. Paling tidak tuan atau pemilik hewan peliharaan harus dapat menyesuaikan karakternya dengan kucing tersebut.

Dengan kita mengetahui jenis karakter dari hewan yang nantinya akan kita pelihara atau kita adopsi selain bisa membantu pemilik dalam menyediakan lingkungan yang sesuai, pemahaman ini juga bisa membantu proses penyesuaian diri dari pemilik kepada hewan peliharaan mereka.

Misalnya pada kucing dengan karakteristik Neuroticism tinggi kemungkinan akan mempunyai hubungan yang tidak terlalu kompleks dan akan minim drama dengan kucing lainnya.

Itulah beberapa karakteristik kucing yang perlu anda ketahui, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang ingin mengadopsi atau memelihara kucing baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *