kelinci anggora

Kelinci Anggora : Jenis, Ciri Khas dan Kisaran Harganya

Posted on

Kelinci Anggora – Anda semua tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan kelinci kan? Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh orang-orang.

Hewan mamalia berkaki empat dengan bulu yang tebal di seluruh tubuhnya ini ternyata dibagi menjadi dua, yaitu kelinci pedaging dan juga kelinci peliharaan.

Perlu Anda ketahui jika kelinci ini juga memiliki jenis yang beragam juga loh, ada yang kelinci lokal hingga kelinci luar negeri. Salah satu kelinci yang sedang populer saat ini adalah kelinci Anggora.

Apa Itu Kelinci Anggora?

Apa Itu Kelinci Anggora

Kelinci Anggora merupakan salah satu varietas kelinci yang mempunyai ciri khas bulu yang tebal dan juga lebat. Kelinci Anggora ini biasanya dibudidaya untuk diambil wool atau bulunya. Bulu dari kelinci Anggora ini memang sudah dikenal memiliki tekstur yang halus dan juga lembut.

Lalu darimana kelinci Anggora ini berasal? Kelinci Anggora ini berasal dari negara Turki, tepatnya di daerah Ankara. Dimana daerah ini juga dikenal sebagai tempat berasalnya kucing Anggora dan juga kambing Angora.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Bisnis bulu kelinci Anggora sedang berkembang di berbagai negara yang beriklim dingin, terutama pada daerah seperti Amerika dan Eropa. Bahkan saking dibutuhkannya bulu kelinci Anggora ini, setiap 4-5 bulan sekali bulu kelinci Anggora ini akan dipanen dengan cara mencukur atau mencabut bulu kelinci Anggora tersebut.

Namun metode pencabutan bulu kelinci Anggora ini dianggap kontroversi untuk para pecinta binatang karena bisa menyakiti hewan yang bersangkutan. Di Indonesia sendiri, kelinci Anggora ini banyak dipelihara menjadi hewan peliharaan yang disayang.

Jenis Jenis Kelinci Anggora

Jenis Jenis Kelinci Anggora

Di dunia sendiri ada banyak sekali jenis kelinci Anggora. Untuk di Indonesia ada beberapa jenis kelinci Anggora yang populer, diantaranya adalah kelinci Anggora Inggris, Kelinci Anggora Giant, Kelinci Anggora Perancis, dan kelinci Anggora Satin.

Ada juga kok hasil kawin silang dari kelinci yang kurang populer seperti Kelinci Anggora Korsel, Kelinci Anggora Jerman dan juga kelinci Anggora Swiss. Nah bagi Anda yang penasaran tentang apa saja jenis kelinci Anggora, berikut adalah jenis kelinci Anggora yang perlu Anda ketahui.

1. Kelinci Anggora Inggris

Jenis kelinci Anggora yang pertama adalah kelinci Anggora Inggris. Salah satu ciri khas dari kelinci Anggora Inggris ini adalah memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kelinci Anggora lainnya. Kelinci Anggora Inggris ini juga termasuk kedalam kelinci hias.

Kelinci jenis ini memiliki bobot tubuh kelinci dewasa maksimal 3 kg saja. Jenis kelinci Anggora yang satu ini juga merupakan jenis kelinci yang paling favorit untuk dijadikan sebagai hewan pertunjukan.

Kelinci Anggora Inggris ini membutuhkan perawatan harian yang sangat intensif dan benar-benar harus diperhatikan.

Bahkan tidak dianjurkan untuk pemula memelihara hewan khusus ini. Kelinci Anggora memiliki bulu yang panjang dna juga halus, namun gampang kusut sehingga harus dibersihkan secara rutin karena gampang rontok.

2. Kelinci Anggora Perancis

Jenis Kelinci Anggora berikutnya adalah kelinci Anggora Perancis. Dimana biasanya kelinci Anggora jenis ini akan mempunyai bobot tubuh berkisar antara 3,5 hingga 5kg.

Kelinci Anggora Perancis memiliki bulu yang tumbuh panjang dan cepat sekali masa pertumbuhan bulu tersebut. Jenis kelinci ini memiliki warna bulu yang beragam dan juga cara perawatannya yang bisa dibilang cukup mudah sebab tidak seintensif perawatan jenis kelinci Anggora Inggris.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

3. Kelinci Anggora Giant

Kelinci Anggora Giant merupakan hasil kawin silang dari kelinci Anggora dengan flemish giant. Sesuai dengan namanya, kelinci jenis ini memiliki fisik tubuh yang paling tinggi, dimana bobot kelinci dewasa anggora giant ini bisa mencapai 5,2 kg.

Dengan warna bulu yang putih, jenis kelinci Anggora ini cocok untuk diambil wolnya. Hal ini karena badan kelinci ini yang besar, hasil panen bulunya lebih tinggi jika dibandingkan jenis kelinci lainnya.

4. Kelinci Anggora Satin

Jenis kelinci Anggora berikutnya adalah kelinci Anggora Satin. Dimana kelinci jenis ini mempunyai bobot antara 3 hingga 4,4kg.

Banyak orang yang memelihara kelinci Anggora satin ini untuk diambil wool atau kulitnya. Jenis kelinci Anggora ini mempunyai beberapa variasi pilihan warna. Banyak kalangan industri yang menyukai kelinci Anggora jenis ini karena bulu atau wol kelinci ini mudah dipintal. Jadi bisa dibilang kurang lebih jenis kelinci Anggora yang satu ini sama seperti binatang domba.

5. Kelinci English Lop

Kelinci English Lop merupakan salah satu jenis kelinci yang paling terkenal di Indonesia. Ciri khas dari kelinci angora jenis ini adalah memiliki telinga yang cukup panjang.

Saat usianya 4 bulan, telinga kelinci ini akan turun sampai menyentuh tanah sehingga akan terlihat sangat unik. Kelinci ini merupakan hasil mutasi gen Anggora, Dutch dan Himalaya.

6. Kelinci Anggora Jerman

Jenis kelinci Anggora yang terakhir adalah Kelinci Anggora Jerman. Dimana jenis kelinci ini banyak ditemukan di daerah Kanada dan Amerika Serikat.

Ciri utama dari kelinci ini adalah mempunyai bulu yang sangat panjang dan juga sangat lebat. Umumnya banyak yang memelihara jenis kelinci untuk diambil wool atau bulunya.

Kisaran Harga Kelinci Anggora

Harga Kelinci Anggora

Nah setelah kalian mengetahui jenis-jenis kelinci Anggora, tentu saja Anda akan langsung tertarik untuk memelihara atau menjadikan hewan ini sebagai hewan hias di rumah.

Lalu pertanyaannya adalah berapa harga kelinci Anggora? tentu saja masing-masing jenis kelinci Anggora tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut akan saya sajikan beberapa informasi harga kelinci Anggora yang dijual di Indonesia saja.

1. Harga Kelinci Anggora Inggris

Dari banyaknya jenis kelinci Anggora, salah satu yang mudah ditemukan di Indonesia adalah jenis kelinci Anggora Inggris. Hal ini karena kelinci ini memiliki bulu yang sangat tebal sehingga akan terlihat lucu dan juga menggemaskan.

Untuk harga kelinci Anggora Inggris ini dijual dengan harga 600 ribu pada usia 1 hingga 3 bulan per ekornya. Ketiak sudah menginjak usia lebih dari 4 bulan, harganya akan naik drastis hingga mencapai 2 juta rupiah per ekor.

2. Harga Kelinci Anggora Jerman

Selain kelinci anggora Inggris, ada juga loh jenis kelinci Anggora lainya yang cukup populer di Indonesia yaitu kelinci Anggora Jerman. Dimana jenis kelinci yang satu ini memang terlihat unik sebab memiliki bulu yang sangat lembut dan juga halus.

Jenis kelinci Anggora Jerman ini memang paling banyak dibudidayakan untuk diambil bulunya dan dijadikan baju atau perhiasan. Harga kelinci Anggora Jerman pada usia 1 hingga 3 bulan berkisar 400 ribu, sedangkan jika sudah menginjak dewasa atau diatas usia 4 bulan harga kelinci Anggora ini bisa sampai 700 ribu.

Baca Juga  12 Hewan Langka Indonesia dan Cara Melindunginya

3. Harga Kelinci Anggora Giant

Terakhir kita akan membahas tentang harga kelinci Anggora Giant. Dimana jenis kelinci Anggora yang satu ini adalah yang paling besar dibandingkan jenis kelinci Anggora lainnya yang ada di Indonesia.

Kelinci Anggora jenis ini lebih baik jika dibebaskan berkeliaran di sekitar rumah, yang terpenting pastikan rumah Anda benar-benar bersih. Untuk harga kelinci Anggora giant ini berkisar antara 300 ribu pada usia 1-3 bulan, sementara jika sudah menginjak usia 4 bulan kelinci Anggora ini bisa mencapai 1 hingga 2 juta rupiah per ekor.

Nah bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli dan membudidayakan kelinci Anggora di Indonesia? Anda bisa memilih beberapa jenis kelinci Anggora yang cocok untuk dipelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *