kelinci rex

Kelinci Rex: Jenis, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

Posted on

Kelinci Rex – Sebagai mamalia kecil, lucu dan imut, hewan kelinci juga merupakan hewan yang mampu berkembangbiak dengan sangat cepat dan banyak. Setidaknya, kelinci mampu mengandung 3-4 kali dalam setahun, dengan tingkat kelahiran 3 sampai 8 ekor per kehamilannya.

Saat ini, beragam jenis kelinci banyak dibudidayakan oleh masyarakat, karena dinilai dapat memberikan banyak keuntungan dari proses perkembangbiakannya tersebut. Oleh karenanya bisnis kelinci dinilai sebagai bisnis yang cukup prospektif.

Bisnis kelinci dinilai menguntungkan, karena sebagai hewan peliharaan, kelinci dikenal sebagai hewan yang paling mudah dan murah perawatannya. Salah satu jenis kelinci yang dijadikan hewan piaraan adalah jenis kelinci rex.

Kelinci jenis ini, sebenarnya awalnya merupakan kelinci liar asal Eropa. Berasal dari Perancis, hewan ini mulai dikenal banyak orang mulai tahun 1919. Bulunya yang lembut, layaknya kain beludru dengan coraknya yang cantik membuat banyak orang senang memeliharanya.

Selain sebagai hewan peliharaan, kelinci jenis ini juga seringkali dimanfaatkan bulunya untuk bahan jas, jaket, syal atau baju. Selain itu, keindahan dari corak bulunya membuat kelinci ini lebih dikenal sebagai kelinci karpet.

Jenis Jenis Kelinci Rex

Jenis Jenis Kelinci Rex

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis dari kelinci ini, ada baiknya mari perhatikan terlebih dahulu ciri-ciri umum dari kelinci ini. Ukuran standar dari kelinci ini adalah 3,6 sampai 5 kilogram dan hampir semua memiliki bulu pendek yang halus.

Walau untuk warna bulu, kelinci rex memiliki banyak variasi antara lain putih, biru, hitam dan yang paling mahal adalah yang berwarna merah. Karena warna bulu ini mirip sekali dengan warna karpet beludru merah.

1. Kelinci Rex Karpet

Jenis kelinci rex terbagi tiga yaitu kelinci karpet, kelinci mini dan kelinci standar. Hal yang membedakan dari ketiga jenis kelinci ini adalah berat tubuhnya dan warna bulunya. Untuk jenis kelinci karpet bobot tubuhnya sangat besar sekitar 3,6 hingga 5 kg.

Dengan warna bulu, seperti yang telah diulas sebelumnya memiliki warna bulu yang paling indah dan cantik yaitu warna merah.

Untuk jenis kelinci ini, karena keindahan dan keunikan bulunya, kelinci ini seringkali diikutsertakan dalam kontes kelinci.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

2. Kelinci Rex Mini

Sedangkan untuk kelinci mini, bulunya masih indah dan orang lebih senang menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan saja. Biasanya berat tubuh kelinci rex mini ini hanya mencapai 1,4 sampai 2 kilogram saja.

3. Kelinci Rex Standar

Untuk jenis kelinci yang terakhir yaitu kelinci standar, ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda dengan kelinci karpet, hanya saja orang lebih suka memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Sedangkan kulit atau bulunya biasa dimanfaatkan untuk bahan dasar pakaian.

Cara Merawat Kelinci Rex

Cara Merawat Kelinci Rex
Sebagai hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan, kelinci jenis rex ini memerlukan perawatan tubuh terutama kulit dan bulunya lebih khusus lagi. Diantara perawatan rutin yang harus Anda lakukan terhadap kelinci ini adalah :

Hewan harus ditempatkan di suhu udara yang rendah alias sejuk. Sesekali perlu juga untuk menyisir bulu kelinci rex ini sebulan sekali, untuk memastikan tidak ada kotoran yang dapat merusak kondisi kulit atau bulunya.

Untuk pemberian makanan, jangan pernah memberi sayuran basah pada kelinci ini, karena pemberian sayuran basah dapat menyebabkan kulit atau bulu kelinci menjadi rusak atau rontok.

Jika Anda menjadikan kelinci ini sebagai hewan peliharaan, maka perlakukanlah kelinci dengan lemah lembut. Begitu juga jika kelinci ini Anda bebaskan berkeliaraan di sekitar rumah yang terdapat banyak anak-anak.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Seringkali anak-anak belum mengerti betul bagaimana cara memperlakukan dan bermain dengan kelinci rex. Agar kelinci ini tidak menjadi galak dan suka mencakar, hal utama yang harus diperhatikan adalah cara memegang kelinci.

Jangan pernah memegang kelinci mulai dari kupingnya, karena kelinci akan sangat marah dan langsung memberontak. Jangan pula menjatuhkannya secara tiba-tiba, tetapi turunkan ia secara perlahan dan lembut.

Untuk menghindari cakaran kelinci, Anda juga bisa menggunting kuku kelinci sesering mungkin dengan begitu, kuku kelinci tidak akan membahayakan anak Anda ketika mereka sedang bermain dengan kelinci ini.

Kisaran Harga Kelinci Rex

harga kelinci rex
Begitu istimewanya kelinci ini membuat harga kelinci rex tidak bisa dibilang murah. Walau untuk harganya, kelinci ini sangat bervariasi tergantung usia dan corak dari bulunya. Misalnya untuk anakan kelinci usia 1 sampai 3 bulan, harganya sekitar 50 hingga 300 ribu.

Baca Juga  Ayam Hutan: Jenis, Ciri, Habitat, dan Harganya

Sedangkan untuk anakan kelinci dengan usia lebih dari 3 bulan dan corak bulu yang indah, harganya berkisar antara 300 ribu hingga maksimal 4 jutaan. Biasanya untuk harga jual 4 juta, kondisi kelinci memang berkualitas dan bulunya sangat cantik.

Demikian ulasan singkat tentang kelinci rex, mulai dari harga kelinci rex dan jenis kelinci rex dengan kelebihan dan manfaat yang biasa digunakan orang. Untuk menjaga kesehatan kelinci, jangan lupa untuk memberinya tambahan madu seminggu 2 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *