kucing bulu pendek britania

Kucing Bulu Pendek Britania: Ciri, Perawatan dan Harganya

Posted on

Kucing bulu pendek britania saat ini sedang banyak diburu oleh para penggemar kucing. Memiliki ciri khas kepala dan mata bulat, serta bulu pendek dan lebat dengan bermacam warna menarik, membuat kucing jenis ini semakin banyak penggemarnya.

Hal itu pula lah yang membuat harga kucing ini semakin lama semakin melambung tinggi di pasaran. Selain dari ciri-ciri fisik yang unik dan juga menarik, ternyata ada fakta-fakta lain yang membuat kucing ini semakin digemari oleh pecinta binatang khususnya kucing.

Bagi Anda pecinta binatang peliharaan yang tergolong dalam jenis binatang manja ini, ulasan berikut mungkin akan berguna. Terutama bagi anda yang ingin menambah koleksi jenis binatang kesayangan in di rumah.

Sejarah Kucing Bulu Pendek Britania

Sejarah Kucing Bulu Pendek Britania

Kucing jenis ini sebenarnya sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Menurut sejarahnya, kucing ini dahulunya bukan termasuk jenis kucing peliharaan.

Kucing ini dibutuhkan keberadaannya, hanya untuk mengusir hama tanaman yaitu tikus, oleh para petani Romawi. Dengan kata lain, kucing ini termasuk binatang yang hidup bebas berkeliaran tanpa ada pemiliknya.

Karena hidup bebas, maka perkembangan kucing ini juga sangat pesat. Kebiasaan hidup bebas dan mencari sendiri kebutuhan makannya, membuat kucing ini rata-rata memiliki tubuh yang kuat dan gagah.

Meskipun dikenal sebagai kucing pemburu hama tikus, tetapi bila dilihat dari penampilannya, kucing ini terlihat sebagai kucing yang kalem dan tidak aktif bergerak.

Daerah asal kucing ini yang sebenarnya adalah dari negara Inggris. Itu sebabnya, kucing ini disebut dengan kucing britania.

Baca Juga  Kucing Siam: Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Perawatannya

Seperti diketahui, Britania adalah sebutan lain dari Inggris. Ada juga yang menamai kucing ini dengan sebutan kucing british shorthair. Ini karena kucing tersebut memiliki ciri khas berupa berbulu pendek, dan berasal memang dari Inggris.

Bentuk kepala yang bulat serta bulu pendek dan lebat, membuat kucing ini nampak lucu dan menggemaskan. Hal ini baru disadari oleh masyarakat Inggris pada waktu itu.

Akhirnya, sekitar tahun 1800 an, masyarakat di kota itu mulai memelihara kucing jenis ini sebagai kucing peliharaan. Sekitar tahun 1871 mulai diadakan kontes kucing british shorthair yaitu kucing britania berbulu pendek.

Ciri-ciri Fisik Kucing Bulu Pendek Britania

Ciri-ciri Fisik Kucing Bulu Pendek Britania

Faktor utama yang menyebabkan kucing ini digemari oleh para pecinta kucing adalah terletak pada bentuk fisiknya. Dari penampilan luar saja, kucing ini memiliki daya tarik yang menarik, lucu dan juga menggemaskan.

Sedangkan yang menjadi ciri khas utama dari kucing ini adalah bulunya yang pendek, lebat dan memiliki warna-warna unik. Adapun ciri-ciri khusus kucing ini adalah sebagai berikut.

1. Badannya Besar dan Gemuk

Kucing britania yang satu ini rata-rata memiliki badan yang cukup besar dan gemuk. Untuk kucing jantan, berat badannya bisa mencapai 6-10 kilogram. Sementara untuk kucing betina, berat badannya rata-rata antara 4-7 kilogram. Cukup besar dan berat untuk seekor kucing.

2. Kepala Bulat

Ciri fisik lainnya adalah dari bentuk kepala. Kucing jenis ini mempunyai bentuk kepala bulat. Demikian juga dengan pipinya, berbentuk bulat dan nampak penuh.

Apalagi bentuk matanya yang juga bulat, sehingga kucing ini semakin terlihat gemuk. Sedangkan hidung kucing ini sangat pesek, dagunya bulat, serta di leher ada lekukan lebar dan lurus hingga sampai ke dagu.

Baca Juga  Kucing Persia Medium: Ciri-ciri, Jenis dan Perawatannya

3. Tubuh Padat dan Pendek

Dari bentuk tubuhnya, kucing ini rata-rata memiliki ciri bertubuh padat dan juga pendek. Keempat kakinya nampak bulat dan sedikit panjang. Di samping itu, pada bagian dada terlihat memiliki otot dada, sehingga kucing ini nampak sangat kuat dan kokoh.

4. Bulu Pendek dan Lebat

Ciri yang paling utama dari kucing britania ini adalah bulunya. Kucing ini memiliki bulu yang cukup pendek tetapi lebat, dengan warna-warna polos yang menarik. Diantara warna tersebut adalah abu-abu, putih, hitam, keemasan, krem, dan warna-warna colour paint.

Kebiasaan dan Fakta Unik Kucing Bulu Pendek Britania

Fakta Unik Kucing Bulu Pendek Britania

Selain karena ciri-ciri fisiknya, kucing jenis ini ternyata memiliki beberapa fakta unik. Hal inilah yang membuat penggemar kucing semakin menyukainya dan tertarik untuk memeliharanya. Fakta unik yang dimiliki kucing ini diantaranya sebagai berikut.

* Termasuk Kucing Yang Berumur Panjang

Dengan perawatan yang baik, kucing jenis shorthair ini bisa mencapai usia 12 hingga 20 tahun. Benar-benar fantastis bukan usia tersebut.

* Penampilannya Sangat Kalem

Meskipun dalam sejarahnya kucing jenis ini dimanfaatkan sebagai binatang pemburu hama tikus, tetapi pada kenyataannya, penampilan kucing ini sangat berlawanan.

Penampilannya sangat kalem, jarang bergerak aktif, bahkan bisa dikatakan kucing ini tergolong jenis kucing pemalas. Akibatnya, kucing ini sangat rentan dengan obesitas atau kegemukan.

* Merupakan Kucing Tertua

Fakta unik lainnya, kucing british shorthair disebut sebagai jenis kucing tertua. Keberadaan kucing ini sudah ada sejak abad 1, yaitu sekitar 2000 tahun yang lalu.

Makanan dan Cara Perawatan Kucing Bulu Pendek Britania

kucing british shorthair

Bagi Anda penggemar kucing, bila ingin menjadikan kucing ini sebagai kucing peliharaan di rumah, sebaiknya harus mengetahui makanan yang bagus untuk kucing ini.

Makanan terbaik yang harus diberikan adalah jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya saja ikan salmon, ikan tuna, dan juga daging merah.

Protein dibutuhkan oleh kucing ini untuk pembentukan massa otot. Mengingat kebiasaan kucing ini yang tergolong malas bergerak, protein sangat bagus untuk membuang lemak di tubuh.

Sementara, untuk menjaga kesehatan dan warna bulunya agar tetap mengkilap, asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat bagus diberikan. Untuk perawatan sehari-hari, kucing jenis shorthair ini sebaiknya dimandikan setiap harinya. Hal ini agar kucing tetap dalam keadaan bersih dan sehat.

Dengan menggunakan shampo khusus untuk kucing, memandikan kucing juga berguna untuk menghilangkan atau mencegah kutu kucing. Memandikan kucing setiap hari juga membuat kucing tetap sehat, cantik, dan harum.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

Perawatan lainnya yang harus Anda berikan adalah merawat gigi dan kukunya. Biasakan untuk menggosok gigi kucing dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk kucing.

Berkaitan dengan itu, ada jenis pasta gigi dengan rasa ikan tuna, yang tentunya sangat disukai oleh kucing ini. Jangan lupa untuk memotong sedikit kukunya, agar tidak terlalu tajam yang biasanya digunakan untuk mencakar perabotan di dalam rumah.

Selain untuk perawatan sehari-hari, perawatan lain yang harus Anda lakukan adalah rajin memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan. Karena kucing ini termasuk kucing yang kalem dan tidak pernah bertingkah agresif, membuat kebanyakan orang tidak menyadari saat kucing sakit.

Kisaran Harga  Kucing British Shorthair

harga kucing british shorthair

Memiliki penampilan lucu dan menggemaskan, ditambah dengan berbagai keunikan yang dimiliki, membuat harga kucing british shorthair terbilang fantastis. Apalagi dalam setiap kontes kucing yang diadakan, kucing jenis ini seringkali menyabet kejuaraan.

Mau tidak mau, ini membuat harga kucing  british shorthair tersebut semakin meroket tinggi hingga mencapai puluhan juta rupiah. Meskipun harga kucing ini tergolong sangat mahal, yang mengherankan tidak membuat penggemar binatang manja yang suka mendengkur ini menjadi enggan untuk memeliharanya.

Baca Juga  Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Justru sebaliknya, penggemar kucing ini juga ikut-ikutan meroket. Harga mahal tidak menyurutkan minat penggemar kucing untuk tetap berburu dan memeliharanya. Harga  kucing british shorthair, yang paling sudah mendekati satu juta rupiah.

Itupun untuk kucing jenis campuran dengan kucing persia yang masih berumur sekitar 5 bulan. Untuk indukan asli, sudah pasti harganya sangat fantastis. Berikut perkiraan harga kucing britania berbulu pendek mulai dari indukan hingga campuran.

* Kucing indukan dengan umur sekitar 8 bulan. Jenis indukan ini harganya bisa mencapai 30 juta rupiah.

* Kucing ras asli dengan umur sekitar 6 bulan. Untuk harganya bisa mencapai 28 juta rupiah

* Untuk kucing jenis british kitten usia 2.5 bulan. Jenis kucing ini harganya sekitar 25 juta rupiah.

* Anakan british shorthair yang berumur 2 bulan. Harga kucing ini berkisar 17 juta rupiah.

* Jenis shorthair british. Dengan usia sekitar q tahun, harga mencapai 3.5 juta rupiah.

* Kucing british shorthair hasil persilangan dengan kucing persia. Untuk kucing ini harganya sekitar 850 ribu rupiah.

Bagi anda yang mempunyai keinginan untuk memelihara kucing bulu pendek britania ini, tidak ada salahnya lebih dahulu mengetahui informasi seputarnya dengan baik.

Dengan demikian, Anda akan paham bagaimana karakter kucing ini dengan baik. Tentu saja dengan begitu Anda bisa memberikan perawatan yang baik dan tepat baginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *