Kucing Calico

Ini 10 Fakta Unik Kucing Calico yang Jarang Diketahui

Posted on

Kucing Calico – Kucing adalah salah satu hewan yang menggemaskan bagi orang. Kucing juga memiliki kepribadian yang sangat lucu dan tingkah laku yang gemas. Selain itu, kucing juga memiliki bulu yang indah. Kini, memelihara kucing bukanlah hanya untuk dipelihara saja.

Namun, kucing juga bisa membuat kita merasakan perasaan tersendiri ketika kita mempunyai kucing dirumah. Bagi Anda yang sering mengalami stress, memelihara kucing bisa jadi pilihan untuk mengurangi stress Anda.

Kucing juga memiliki jenis yang banyak sekali. Mulai dari kucing kampung, kucing Persia, kucing anggora, kucing british shorthair, dan masih banyak lagi jenis kucing lainnya. Pernahkan Anda mendengar kucing calico?

10 Fakta Unik Kucing Calico

kucing kaliko

Bagi seorang penggemar hewan kucing, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kucing calico. Ya, kucing calico merupakan salah satu kucing yang menggemaskan sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Kucing calico terkenal karena warna bulunya yang indah dan lucu. Kucing ini memiliki bulu yang mempunyai 3 warna sekaligus, yaitu putih, oranye, dan hitam.

Sebenarnya, kucing calico ini bukanlah ras kucing atau jenis kucing. Namun, kucing ini sering disebut kucing calico karena warna pada bulu tubuh.

Bahkan, corak calico juga bisa ditemui di beberapa jenis kucing yang lain, seperti kucing kampung, kucing british short hair, kucing Persia, dan jenis kucing lainnya. Nah, kucing kaliko ternyata juga mempunyai beberapa fakta unik lain, loh.

1. Calico Tidak Termasuk Jenis Kucing

Mungkin, masih banyak orang yang belum tahu bahwa kucing calico bukanlah sejenis ras kucing. Namun, istilah calico diambil karena warna corak pada bulu tubuh kucing. Jadi, yang perlu Anda tahu adalah kucing calico bukanlah jenis kucing.

Namun, dinamai calico karena coraknya saja. Corak calico biasanya memiliki 3 warna, yaitu putih, hitam, dan oranye. Corak seperti ini juga bisa dijumpai pada kucing Persia, kucing kampung, kucing british hair, dan kucing lainnya.

Baca Juga  Kucing Bulu Pendek Britania: Ciri, Perawatan dan Harganya

2. Kucing Calico Jarang Dijumpai Jantan

Hampir 99% kucing calico adalah betina. Bahkan, setiap kucing calico yang Anda jumpai, akan sangat jarang sekali yang berkelamin betina. Lalu, kenapa itu bisa terjadi? Kucing memiliki total jumlah kromosom 38. Kromosom kucing betina adalah XX sedangkan kucing jantan adalah XY.

Nah, kromosom yang menentukan warna bulu kucing adalah X. Kucing calico betina mempunyai 2 kromosom X yang membawa warna hitam.

3. Memiliki Kepribadian Yang Berbeda

Seperti yang sudah kita tahu, kucing calico bukanlah jenis kucing. Namun, hanya coraknya saja yang sama sehingga dinamai kucing calico. Karena kucing calico bisa terjadi pada jenis-jenis kucing tertentu, hal ini menyebabkan kepribadian dari tiap kucing berbeda.

Selain itu, kucing calico juga tidak bisa dikembang biakan. Umur kucing calico pun juga berbeda tiap jenis nya. Maka dari itu, Anda harus tetap menjaga kesehatan kucing Anda.

4. Genetik Yang Misterius

Banyak dari ilmuwan yang meneliti kucing ini karena dianggap memiliki gen yang misterius. Hal ini karena hampir semua kucing ini memiliki tiga pola warna yang mempunyai dua kromosom x atau betina.

Untuk kucing, pembawa warna bulu merupakan kromosom X. Saat salah satu kromosom dinonaktifkan, maka akan menimbulkan pola yang random. Hal ini karena pola warna kucing ini selalu berbeda.

Penelitian ini sudah dilakukan sejak tahun 1940 lalu, namun sampai sekarang topik ini masih menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas.

fakta kucing kaliko

5. Masa Hidup Yang Lama

Kucing kaliko ini memiliki masa hidup yang lama. Kucing ini bisa bertahan hidup hingga 12 sampai 16 tahun lamanya, namun tentu saja itu semua tergantung dari bagaimana perawatan dari pemiliknya.

Apabila pemilik kucing bisa merawat kucing kaliko dengan benar dan bisa menjaga kondisinya agar selalu sehat, maka umur dari kucing kaliko ini bisa bertahan lebih panjang dari hanya sekedar 16 tahun.

6. Pola Warna

Sudah menjadi hal biasa bahwa setiap kucing terkadang memiliki pola warna tertentu. Hampir semua jenis kucing pastinya juga memiliki pola warna pada kulit atau bulunya, termasuk juga pada kucing calico ini. Lalu seperti apa pola warna pada kucing calico ini?

Kucing calico ini mempunyai 3 jenis pola warna yaitu dilute atau bercak halus, tortoiseshel dan juga tabby.

Kucing yang memiliki pola dilute mempunyai pola warna yang halus atau soft. Untuk pola tortoiseshel cenderung lebih berbintang di bagian kaki, dada dan wajah kucing. Sedangkan untuk kucing tabby pada umumnya memiliki warna bergaris dengan bintik yang hitam.

Baca Juga  Kucing Siam: Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Perawatannya

7. Kepribadian Kucing Yang Berbeda Masing-Masing Kucing

Karena kucing ini bukan termasuk dalam salah satu ras kucing tunggal dan tidak bisa dikembangbiakan, kucing ini tidak mempunyai ciri khas kepribadian atau kecenderungan tertentu dalam hal sifatnya.

Sifat dari setiap kucing calcio ini dapat berbeda satu sama lainnya. Namun banyak juga ras kucing yang dapat menjadi calico. Jadi apabila Anda sedang mencari tipe kepribadian tertentu, pastikan Anda harus mempelajari dulu kepribadian semua ras kucing yang populer. Apalagi untuk umur dari kucing calico ini sangat bervariasi.

8. Dianggap Membawa Keberuntungan

Kucing calico merupakan salah satu kucing yang memang jarang ditemukan. Hal ini membuat banyak orang yang menganggap bahwa mempunyai kucing calico akan membawa keberuntungan.

Saat Anda sedang berjalan-jalan di sekitar pertokoan, pastinya Anda pernah melihat patung dari kucing ini. Ya patung yang memiliki tangan yang dapat bergerak-gerak ini adalah patung kucing calico. Patung tersebut sering disebut dengan nama Maneki Neko.

Maneki Neko adalah patung kucing yang mempunyai tiga warna yang bisa dipercaya dapat mengundang orang untuk masuk ke tempat dimana patung tersebut dipajang. Hal ini karena diyakini kucing calico jantan sangat jarang muncul di jalanan, oleh sebab itu sering dianggap sebagai simbol keberuntungan.

9. Kucing Calico Menjadi Kucing Resmi Di Negara Bagian AS

Saking terkenalnya kucing kaliko ini, ada beberapa negara di bagian Amerika Serikat yang menjadikan kucing calico ini sebagai perwakilan kucing resmi mereka. Yaitu daerah Maine, Massachusetts, dan Maryland adalah daerah yang menjadikan kucing Calico ini menjadi kucing resmi pada daerah mereka.

Yang unik adalah pada negara bagian Maryland yang menjadikan kucing Calico sebagai kucing resmi mereka karena mempunyai warna yang sama seperti Baltimore Oriole yang menjadi burung resmi negara bagian tersebut.

10.Kucing Yang Tidak Bisa Dikawin Silangkan

Kita tidak bisa mendapatkan kucing calico ini dengan cara mengawinkan secara silang dengan cara sengaja.

Hal ini karena kucing yang memiliki tiga warna berbeda akan terlahir berdasarkan genetika kromosom kucingnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *